Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia

2 bulan lalu

Pedang merupakan salah satu jenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang dan memiliki dua sisi tajam atau hanya satu sisi tajam saja. Jika dibandingkan dengan senjata lainnya, pedang memiliki prestise yang lebih atau paling tinggi. Bilah pedang biasanya terbuat dari besi atau baja, tapi ada juga pedang dari emas namun itu hanya sebagai hiasan. Pada zaman perang dulu, pedang menjadi senjata utama yang paling banyak digunakan untuk memerangi musuh terutama dalam peperangan besar. Sehingga pedang diciptakan sangat serius mulai dari pertimbangan logam, desain dan ukurannya. Ada juga pedang yang harus didoakan, disimpan dengan baik dan diperlakukan sangat istimewa. Nah, berikut ini ada beberapa jenis-jenis pedang yang ada di dunia

1. Pedang Zulfiqar

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Pedang Zulfiqar

Photo via : https://www.turbosquid.com

Pedang Zulfiqar merupakan salah satu saksi bisu perjuangan umat Islam, dimana pedang ini milik Ali bin Abi Thalib yang merupakan salah satu sahabat dan juga saudara Nabi Muhammad SAW. Menurut cerita, Nabi Muhammad memberikan pedang ini kepada Ali pada saat perang Uhud. Pedang ini memiliki bentuk melengkung dan salah satu bilahnya sangat tajam membuat Zulfiqar diyakini mampu membuat pedang atau senjata musuh terpotong menjadi dua.

2. Pedang Goujian

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Pedang Goujian

Photo via : https://palinghebohsedunia.blogspot.com

Pedang Goujian merupakan pedang perunggu dengan konsentrasi tembaga yang tinggi, membuatnya lebih lentur dan lebih kecil kemungkinannya untuk dihancurkan. Ujungnya terbuat dari timah sehingga membuat mereka lebih keras dan mampu mempertahankan tepian tetap tajam. Selain itu, pedang ini juga mengandung sejumlah kecil besi, timah dan belerang sehingga memberikan kualitas tahan karat. Pedang ini berbentuk belah ketupat menutupi kedua sisi pedang, kemudian batu mulia glasir biru dan pirus terdapat pada pegangan pedang. Pedang ini memiliki panjang 55,7 cm termasuk 8,4 cm dibagian gagang dengan lebar 4,6 cm dan memiliki berat 875 gram.

3. Pedang William Wallace

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Pedang William Wallace

Photo via : http://48selamanya.blogspot.com

William Wallace merupakan seorang pahlawan Skotlandia yang paling disegani selama perang kemerdekaan Skotlandia di akhir abad ke-13. Selama hidupnya, William Wallace diangkat sebagai Guardian Skotlandia dan dia memimpin sebuah tentara infanteri yang terlibat di tangan musuh untuk memeranginya. Pedang ini dulunya digunakan oleh William Wallace dimana pedang ini sangat legendaris dan menurut legenda pedang ini memiliki sarung yang terbuat dari kulit manusia. Saat ini, pedang tersebut disimpan di National Wallace Monument dan selama berabad-abad telah mengalami perbaikan berkali-kali.

4. Urumi

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Urumi

Photo via : https://www.directexpose.com

Urumi merupakan pedang yang cukup mengerikan sebagai senja karena modelnya yang tidak seperti pedang pada umumnya. Urumi ini memiliki beberapa sulur bilah yang fleksibel dan jika diayunkan musuh tidak dapat menerka bilah mana yang akan mengenainnya. Meskipun pedang ini dapat membunuh musuh, namun diperlukan keahlian khusus untuk menguasainya karena jika sembarang bukannya musuh yang kena melainkan diri sendiri juga bisa terkena sabetannya.

5. Pedang Excalibur St. Galgano

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Pedang Excalibur St. Galgano

Photo via : https://www.ancient-origins.net

Kisah Raja Arthur dari Inggris pastinya sudah tidak asing lagi dan begitu juga dengan pedangnya. Dalam cerita legendanya, siapapun yang mampu mencabut pedang excalibur yang tertancap pada batu maka kelak akan menjadi Raja Inggris dan orang yang bisa adalah Arthur. Meskipun hanyalah cerita rakyat, namun pedang Excalibur ini benar-benar ada tapi bukan di Inggris melainkan di Italia tepatnya disebuah kapel di Monte Siepi, Italia. Pedang tersebut dipercaya dimiliki oleh seorang ksatria dari Tuscany yang bernama St. Galgano. Dimana ksatria ini dikenal sangat kejam dan bengis, dia tidak akan segan menghabisi semua musuhnya dengan pedang itu. Pada suatu ketika, Galgano didatangi oleh Malaikat dan diminta untuk bertobat. Galgano mengatakan bertobat untuknya seperti membelah batu dan untuk membuktikannya Galgano mencoba menancapkan pedangnya ke sebuah batu. Pedang tyersebut tertancap dengan mudahnya di batu dan sejak saat itu Galgano bertobat.

6. Pedang Marengo Napoleon

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Pedang Marengo Napoleon

Photo via : http://www.strongestinworld.com

Napoleon Bonaparte adalah tokoh paling keren dalam sejarah dimana dia seorang pemimpin yang sangat berpengaruh dimasanya, dalam setiap pertempurannya dia selalu membawa pistol dan pedang salah satu pedangnya yaitu pedang Marengo. Pedang Marengo ini adalah pedang yang bertahtakan emas dan sering digunakan Napoleon untuk membunuh manusia. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Zweihander

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Zweihander

Photo via : https://forum.kingdomcomerpg.com

Zweihander atau yang dikenal dengan nama Doppelhänder (tangan dobel) atau Beidhänder (kedua tangan) adalah sebuah pedang yang memiliki ukuran besar yang dipegang menggunakan dua tangan dan biasanya digunakan pada peperangan awal abad 16. Pedang ini mewakili tahap akhir dari tren bertambahnya ukuran pedang yang sudah dimulai sejak abad 14. Pedang ini mendapatkan karakteristik mirip polearm dibanding pedang karena ukuran dan beratnya sudah sangat besar sehingga jangkauan dan kekuatan pukulnya bertambah. Sehingga pedang ini terpaksa tidak bisa ditenteng namun harus dipanggul di pundak.

8. Khopesh

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Khopesh

Photo via : https://sabersmith.com

Khopesh adalah sebuah senjata yang digunakan oleh orang-orang Mesir kuno. Diperkirakan senjata ini diciptakan dan digunakan sekitar abad ke 3 SM sampai 1300 SM. Senjata ini bentuknya hampir mirip dengan pengait daripada pedang, bentuknya yang mirip celurit ini memiliki dua sisi yang sama tajamnya. Rata-rata Khopesh memiliki panjang sekitar 50-60 cm dan umumnya dibuat menggunakan perunggu atau besi.

9. Ulfberht Sword

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Ulfberht Sword

Photo via : https://forums.spacebattles.com

Ulfberht Sword merupakan pedang dari masa pertengahan awal sekitar abad 9 hingga 10 Maeshi. Pedang ini memiliki ciri khas bilah pedang dengan ukiran kata +VLBERHT+ (dan beberapa varian). Selain itu, pedang ini juga dianggap pedang bangsa Viking padalah sebenarnya pedang ini banyak dibuat Bangsa Frankish. Pedang ini juga merupakan awal dari ebiasaan mengukir tulisan dibilah pedang.

10. Khanda

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Khanda

Photo via : https://www.timetoast.com

Khanda berasal dari benua India yang memiliki pedang berbentuk lurus dan bermata dua. Khanda mengacu pada pemecahan sesuatu yang terpisah, memotong atau menghancurkan. Biasanya pedang ini digunakan dalam seni bela diri di India. Untuk bentuk, Khanda sendiri tidak mirip dengan pedang pada umumnya karena pada bagian ujungnya dibuat tumpul dan kedua sisinya diasah tajam.

11. Honjo Masamune

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Honjo Masamune

Photo via : https://soranews24.com

Honjo Masamune merupakan salah satu pedang buatan Masamune, dimana ia seorang ahli pembuat pedang terhebat dalam sejarah manusia. Pedang ini juga dijadikan sebagai simbol warisan Jepang dalam pembuatan pedang. Pedang ini memiliki kekuatan, kelenturan, kualitas dan keindahan dan popularitasnya akan terus di kenang dari abad ke abad. Pada zaman dulu, pedang ini digunakan para pewira Shogun di dinasti Edo, penggunanya dapat menebas tubuh lawan atau memotong senjata musuh dengan mudah.

12. Ngombe Executioner’s Sword

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Ngombe Executioner's Sword

Photo via : https://www.bidsquare.com

Ngombe Executioner’s Sword adalah senjata khas orang-orang di Kongo, namun pedang ini cukup populer di Eropa. Ngombe Executioner’s Sword ini memiliki bentuk yang unik dan beda dari pedang pada umumnya karena pedang ini memiliki bentuk seperti pengait dimana memiliki ujung yang tajam. Pedang ini cukup berbahaya dan mampu membuat lawannya mendapatkan luka yang serius.

13. Flammard

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Flammard

Photo via : https://www.quora.com

Flammard merupakan salah satu pedang yang terkenal pada saat era Renaissance karena bentuknya sangat unik jika digunakan pada era tersebut. Selain itu, pedang ini memiliki bentuk yang pada umumnya seperti pedang anggar dengan bilah meruncing dan tipis. Namun ad ajuga yang dibuat seperti keris yang bergelombang dan pedang ini cukup ampuh digunakan dalam membunuh lawan karena sekali kena tusukan dan sabetannya menghasilkan luka yang cukup serius.

14. Hook Sword

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Hook Sword

Photo via : https://www.karatemart.com

Hook Sword atau dikenal dengan nama Twin Hooks merupakan pedang tradisional dari Tiongkok sebelah utara. Pedang kembar ini bisa dibilang sangat tajam dengan kait yang terdapat pada bagian genggaman dan ujung rucing dibagian bawahnya. Pedang ini hanya dapat digunakan untuk orang yang terlatih yang nantinya mampu digunakan untuk membelah lawannya dengan mudah. Pedang ini masih digunakan hingga saat ini sebagai alat bantu olahraga wushu.

15. Kilij

Jenis-jenis Pedang Yang Ada Di Dunia - Kilij

Photo via : https://auction.catawiki.com

Kilij merupakan sebuah pedang yang pada umumnya digunakan oleh para penunggang kuda untuk membunuh musuhnya dengan cepat. Pedang ini pertama kali diciptakan di Turki pada 400 Masehi dan awal pembuatannya mengalami beberapa kali perombakan model dari tahun ke tahun. Pedang ini sangat menakutkan jika digunakan oleh seorang penunggang kuda yang berpengalaman karena dapat digunakan untuk membelah tubuh lawannya.

Facebook Comments

Baca Juga