Cara Membuat Foto dengan Efek Bokeh Menggunakan Kamera Smartphone

1 tahun lalu

Kualitas sebuah foto biasanya memang sesuai dengan kualitas kamera yang digunakan untuk mengambil gambar. Jika dahulu, untuk mengambil gamabr yang bagus, amat disarankan untuk menggunakan kamera DSLR ataupun sejenisnya. Namun dengan adanya perkembangan smartphone yang semakin terus berkembang, fungsionalitas kamera pada smartphone pun terus meningkat. Bahkan beberapa efek yang dulunya hanya bisa dihasilkan dari kamera DSLR, kini sudah bisa dihasilkan menggunakan kamera smartphone biasa.

contoh saja efek bokeh yang dulunya hanya bisa didapat menggunakan kamera DSLR, kini dengan sedikit pemahaman dan penggunaan aplikasi, maka efek bokeh pun bisa kita dapatkan dengan mudah. Efek bokeh sendiri merupakan sebuah efek foto yang didapat dimana objek di dalam foto akan terlihat lebih fokus dengan adanya bagian blur pada latar belakang foto. Nah buat kalian yang ingin menghasilkan efek bokeh di foto yang kalian hasilkan, berikut ini adalah tips dan cara menghasilkan efek bokeh menggunakan kamera smartphone.

1. Jarak antara objek foto dan latar belakang yang tepat

photo via : photographylife.com

Untuk menghasilkan sebuah efek bokeh menggunakan kamera hape, sebelum mengambil gambar, kalian harus bisa mengatur jarak yang tepat antara obej gambar dan latar belakang yang kan di blurkan. Jika menggunakan kamera depan dari smartphone, tentu saja hal tersebut dapat dilakukan dengan cukup mudah. Namun jika menggunakan kamera depan, akan diperlukan sedikit tantangan untuk mengambil gambar yang memiliki efek bokeh. Jika smartphone mu memiliki fasilitas, soft light flash, maka kalian bisa menggunakan fitur tersebut untuk membantu menghasilkan efek bokeh yang tentu saja sebelumnya kalian harus mampu mengatur jarak diri sendiri dengan latar belakang yang akan di blur bagian belakangnya.

2. Menggunakan kamera smatphone yang memiliki bukaaan lensa yang cepat

photo via : www.cashify.in

Smartphone yang ada di pasaran saat ini, memiliki kemampuan kamera yang luar biasa dimana mereka sudah mampu mendukung berbagai aktifitas dan mampu menghasilkan efek – efek yang sebelumnya hanya bisa digunakan menggunakan kamera DSLR. Untuk membuat sebuah efek foto bokeh dengan menggunakan kamera smartphone, akan lebih mudah jika kalian menggunakan kamera smartphone yang memiliki bukaan lensa yang kecil. Smartphone yang memiliki lensa dengan bukaan f/2.8 atau lebih kecil dari itu seperti f/2, f/1.8 atau f/1.4 tentu saja akan menghasilkan foto yang lebih baik.

3. Pastikan fokus objek foto jelas

photo via : erdan69.wordpress.com

Sebelum mengambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone, ada baiknya kamu menentukan objek mana yang akan kalian jadikan fokus utama foto. Misal saja foto seseorang dengan latar belakangnya. Untuk membuat efek foto bokeh, kalian bisa mengatur fokus kamera ke orang tersebut. Dan buat jarak antaraa kamera dan objek yang kalian fokuskan lebih dekat dengan kamera diabndingkan dengan latar belakang objek dengan kamera smartphone kalian.

4. Pencahayaan yang yang pas

photo via : nemanjasekulic.com

Setiap pengambilan gambar tentu saja memerlukan pencahayaan yang cukup untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu pasti pernah mengalami dimana gambar yang kalian ambil terlihat gelap. Nah untuk mendapatkan hasil gambar normal yang baik saja diperlukan cahaya yang cuku, apalagi untuk mendapatkan efek bokeh pada gambar itu, tentu saja diperlukan cahaya yang pas dan tepat pula. Oleh karenanya dengan pencahaayaan yang pas, maka akan mempermudah untuk membedakan antara fokus objek dan latara belakang objek yang akan di blur.

5. Objek foto lebih dekat

photo via : www.imagen-estilo.com

Seprti yang sempat disinggung sebelumnya, sebuah foto bokeh biasanya memiliki satu buah objek yang menjadi fokus utama dari foto tersebut. Nah agar lebih mudah untuk menghasilkan efek bokeh pada foto, kamu bisa mendekatnya objek yang akan dofukuskan ke kamera. Idealnya objek foto yang akan dijadikan fokus memiliki jarak sekitar 1,5 sampai 2,5 meter dari kamera. Kalau masih bingung seberapa dekat harus obejk utama tersebut, kalian bisa mengira – ngira jaraknya dengan melihat ukuran dari objek gambar tersebut. Normalnya, untuk menghasilkan efek foto bokeh, objek gambar biasanya hampir memnuhi frame dari gambar. Mungkin sedikit catatan, yang dimaksudkan jarak disini, jarak kamera langsung dengan objek nya yah, jadi jia terlalau jauh, kamera kalian harus mendekat dan bukan menggunakan fasilitas zoom.

6. Jarak objek foto dengan background foto

photo via : kicaupalembang.com

jika sebelumnya kita membahas tentang jarang objek foto dengan kamera, maka kali ini adalah jarak antara objek fokus foto dengan gambar latar belakang yang dimilikinya. Untuk membuat sebuah foto dengan efek bokeh, kalian harus mengatur jarak yang tepat antara objek foto dengan backgroudnnya. Idealnya, jarak antara objek foto dengan backgroundnya memiliki jarak yang lumayan jauh, sehingga gambar foto background akan mudah untuk blur. Jika jarak antara objek foto dengan beckground begitu dekan, maka akan susah untuk mendapatkan efek bokeh. Contoh saja, jika objek foto kalian berada dekat dengan dinding,maka bisa dibilang mustahil untuk menhasilkan efek bokeh pada foto tersebut dengan menggunakan foto normal saja.

7. Hindari banyak objek foto dan background yang ramai

photo via : clicklovegrow.com

Tips lainnya untuk menghasilkan efek bokeh pada foto adalah dengan mengurangi objek fokus foto dan menghindari background foto yang ramai. Idealnya, semakin sedikit obejk fokus foto,maka akan semakin gampang untuk menghasilkan sebuah efek foto bokeh. Dan tentu saja backgroundnya juga tidak ramai dengan berbagai penampakan. Jika kamu ingin membuat sebuah foto bersama orang lain dan tetap memiliki efek bokeh, sebaiknya kamu mencari posisi ataupun tempat yang tepat dan jangan terlalu banyak mengajak orang. Mungkin sekitra 2 sampai 3 orang masih bisa untuk tetap menghasilkan efek bokeh pada foto

8. Fokus manual

photo via : youtube.com

Untuk beberapa kamera yang ada saat ini, sebagian besar telah menyematkan fokus manual pada kamera smartphone milik mereka. Nah untuk mendapatkan hasil foto yang memiliki efek foto bokeh, kalian bisa menggunakan fitur kamera ini untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang diinginkan. Caranya pun cukup mudah. Jika biasanya saat mengambil gamabar dengan kamera smartphone kita hanya tinggal memencet tombol foto saja, namun dengan melakukan tap pada objek foto di layar kamera, aka akan ada lingkaran bantuan yang digunakan untuk menentukan fokus. Jadi saat foto diambil nantinya fokus kamera akan berada di titik sekitaran tersebut dan obej lainnya didalam frame tidak akan difokuskan oleh kamera smartphone yang biasanya akan menghasilkan gambara yang blur. Nah dengan cara ini kalian sudah bisa mendapatkan efek bokeh pada foto kalian.

9. Gunakan garis bantuan

photo via : youtube.com

Untuk emndapatkan gambar yang proporsional ataupun bahkan memiliki efek bokeh didalamya, kalian bisa menggunakan fasilitas garis bantuan apada smartphone yang kamu miliki untuk mendapatkan gambar yang proporsional. Cara ini biasanya dipakai juga oleh para foto grafer profesional untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan dramatis. Garis bantuan kamera ini bisa kalian aktifkan dengan menghidupkan fitur guideline pada smartphone. Nah untuk mendapatkan fitur bokeh, setelah menghidupkan fitur guidline ini, kalian cukup mengikuti komposisi rule of thrid yang biasa di pakai oleh para fotografer. Komposisi ini akan membagi gambar menjadi 8 buah blok dengan 2 buah garis vertikal dan 2 buah garis horisontal yang membagi layar foto. Nah kalin nantinya cukup melatakkan objek gambar fokus mu di salah satu garis vertikal yang ada dan menyisakn semua bagian dengan background yang ada.

10. Gunakan aplikasi pendukung

photo via : news4c.com

Saat ini kalian sudah dapat menemukan berbagai aplikasi pendukung kamera untuk menghasilkan sebuah foto yang memiliki efek bokeh. Salah satu aplikasi yang mungkin bisa kalian coba adalah fitur lensa blur yang dimiliki oleh Goolge Camera. Dengan menggunakan fitur ini, kalian bisa mendapatkan efek bokeh yang diinginkan. Caranya pun cukup mudah, setelah menginstal aplikasi google kamera, kalian cukup mengaktifkan mode lens blur lalu kamu harus mengambil gambar dengan jarak kurangl lebih 1.5 meter dari objek fokus lalu mengambil foto dengan menggerakan smartphone yang kalian miliki ke atas secara perlahan – lahan.

Baca Juga