Positif Dan Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

1 bulan lalu, by blogunik

Positif dan negatif nya hubungan LDR

Siapa nih yang lagi menjalani hubungan jarak jauh dengan pacarnya? Bagaimana rasanya guys? Pastinya sangat menyebalkan dan kadang membuat sedih bukan? Ya, pacaran jarak jauh atau biasa disebut Long Distance Relationship alias LDR memang menjadi hal yang menakutkan bagi setiap pasangan. Bagaimana tidak, hubungan yang masih berstatus pacaran ini harus dijauhkan satu sama lain dengan yang namanya jarak, bahkan jaraknya bisa beribu-ribu mill, yang nggak akan bisa kamu tempuh dalam waktu sehari. Meskipun masih bisa berkomunikasi lewat telepon dan bertatap-tatapan lewat video call, tapi tetap saja mereka yang menjalani pacaran jarak jauh tidak bisa sering-sering bertemu dengan kekasihnya dikala rindu menggerogoti. Bukan hanya jarak, dalam LDR, juga rentan diganggu dengan hal-hal kecil berseperti masalah kepercayaan, kesepian, godaan dan lain-lainnya.

Penyebab LDR yang pada umumya sering terjadi dikalangan masyarakat adalah pindah ataupun melanjutkan sekolah keluar kota, luar pulau atau lebih parah luar negeri. Sering juga terjadi karena pekerjaan yang mengharuskan pacar pindah pulau atau pindah negara. Apapun itu, tentunya keputusan pacar untuk berada jauh dari kekasihnya sendiri haruslah dihormati. Karena pastilah hal tersebut sangat penting bagi hidupnya sehingga terkadang cinta memang harus dikorbankan.

Namun berkorban disini bukan berarti mengakhiri cinta demi mengejar karir di negara orang. Namun lebih ke cara kamu menerima keadaan serta bagaimana cara kalian untuk memperjuangkan cinta meski terhalang jarak dan waktu. Tapi kembali lagi pada keputusan kalian, karena nggak semua orang mampu bertahan tanpa cinta, jadi kalian bisa bebas memilih untuk melanjutkan hubungan meski terhalang jarak, atau mengakhiri hubungan karena tidak mampu menjalani hubungan jarak jauh yang kadang memang menyakitkan. Semua tergantung keputusan kalian, yang penting ikuti kata hati yang dapat membuat kalian nyaman.

Buat kamu yang memilih untuk memperjuangkan cinta kamu padanya meski terhalang jarak beribu-ribu mill, nggak usah khawatir ataupun takut yang berlebihan jika kamu harus pacaran jarak jauh dengannya. Karena meski ada sisi negatif yang nggak bisa dipungkiri, menjalani LDR juga ternyata memiliki sisi positif yang akan membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani LDR. Untuk itu, berikut beberapa sisi positif pacaran jarak jauh alias LDR.

Sisi Positif Pacaran Jarak Jauh (LDR)

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

lifewire.com

1. Tidak perlu tampil menarik setiap saat

Meskipun cinta harus menerima apa adanyam namun terkadang kita ingin memberikan yang terbaik pada kekasih kita, iya kan? Nah salah satunya adalah dengan berpenampilan menarik agar pacar semakin bangga memiliki pasangan yang pandai berpenampilan dan merawat diri. Karena hal ini, banyak orang yang terkadang kebingungan harus menggunakan baju apa, style rambut seperti apa, makeup wajah seperti apa untuk bertemu dengan pacar. Sebagian cewek pasti pernah deh merasakan kegalauan ini. Tapi segala kegalauan tersebut tidak akan terjadi saat kamu menjalani LDR. Sebab akan jarang ada momen dimana kamu bisa berduaan dengannya. Palingan kamu hanya akan bertemu pandang lewat video call. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa tampil sembarangan ya guys, tetap perhatikan penampilan kamu, minimal agar enak dilihat saja!

2. Akan lebih menghargai waktu

Buat kamu yang rumah pacarnya hanya lima langkah dari rumahmu, maka bersyukurlah, karena setiap saat kamu bisa bertemu dengannya. Jangan mentang-mentang rumah kalian berdekatan, kalian jadi menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati waktu berdua. Sebab jika tiba-tiba kamu harus menjalani LDR, maka akan sangat sulit untuk kalian bertemu. Jangankan diajak kencan atau ke traveling ke suatu tempat, bersamanya barang 5 menit saja akan membuatmu merasa bersyukur.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via ideoblocks.com

3. Quality time yang berkualitas

Sisi positif selanjutnya dari LDR adalah kamu dapat lebih sering menikmati waktu sendiri dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Tak bisa dipungkiri jika terkadang waktu pacaran mendominasi keseharian kita, sehingga waktu untuk sendiri menikmati hal-hal yang kita suka menjadi berkurang. Apalagi terkadang pacar suka mengeluh atau bete saat kita lagi memanjakan diri sendiri. Mumpung pacar lagi jauh, waktunya kamu untuk memanjakan diri melakukan hal-hal yang kamu suka seperti perawatan diri ke salon, shopping di mall, hangout bareng sahabat, hibernasi didalam kamar seharian, atau apalah yang kamu suka, asal jangan ngelirik yang lain ya!

4. Bisa lebih mandiri

Menjalani hubungan pacaran jarak jauh, kamu dan pasangan akan dipisahkan dengan jarak dan waktu. Selama itu, kamu dan pasangan pasti akan menghabiskan waktu sendiri. Dan hikmahnya, kamu yang biasanya selalu bergantung padanya menjadi lebih mandiri karena dalam melakukan segalanya tanpa kehadiran dirinya. Kamu akan bisa mengatasi semua masalah dengan mandiri tanpa menunggu bantuan dari pasanganmu ataupun juga orang lainnya.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via best-wallpaper.net

5. Mengajarkan arti kesabaran

Bukan hanya keadaan yang terpisah jarak membuat kesabaranmu teruji, namun berbagai hal-hal kecil juga terkadang membuat kesabaran teruji. Seperti telepon yang tidak diangkat, chat yang nggak dibalas dan sebagainya. Disinilah biasanya titik kesabaran orang-orang yang menjalani LDR diuji. Berbagai prasangka negatif mulai memenuhi isi kepalamu. Jika pacarnya berada di daerah yang sama, mungkin saja kamu bisa dengan mudah mendatanginya. Namun buat yang lagi LDR dan pacarnya lagi diluar pulau atau bahkan di luar negeri, tentu tidak mudah untuk menemuinya detik itu juga. Sehingga mereka hanya akan bersabar menunggu kabar atau balasan dari kekasihnya yang jauh disana. Selain melatih kesabaran kamu juga akan belajar tentang kepercayaan.

6. Membuat komunikasi lebih bermakna

Dikutip dari Meramuda.com, penelitian terbaru dari Journal Communication menyebutkan jika memang mereka yang tinggal dalam satu kota memiliki intensitas komunikasi yang sering. Namun, pasangan jarak jauh cenderung memiliki interaksi yang jarang. Meskipun jarang namun komunikasi tersebut akan berlangsung lebih dalam dan lebih bermakna. Dengan begitu keduanya akan semakin menghargai waktu bersama, sehingga pasangan akan lebih mengenal satu sama lain.

7. Mendorong untuk berpikir positif

Secara tidak disadari, ternyata LDR atau pacaran jarak jauh juga mampu mendorong kita untuk berpikir lebih positif lho! Pasalnya, saat awal-awal menjalani hubungan jarak jauh, pikiran negatif pasti selalu memenuhi kepalamu. Rasa khawatir yang tinggi terhadap pasangan bisa berubah menjadi curiga. Disaat telepin tidak diangkat atau chat tidak dibalas, maka kamu akan curiga kalau dirinya telah berpaling dari dirimu. Padahal, bisa saja ia sedang sibuk dengan pekerjaannya. Karena hidupnya bukan hanya fokus terhadap dirimu, pastilah ia memiliki kehidupan lain untuk dijalani tanpa mengesampingkan tentangmu, sama halnya saat kamu menikmati quality timemu sendiri.

Nah kalau pikiran negatif ini selalu ada dikepalamu, maka hubungan asmaramu dengannya justru akan terancam pupus. Jika kamu ingin mempertahankan hubungan kamu, maka kamu harus mulai berpikir positif terhadap pasanganmu. Dengan begitu, hal-hal yang baik pasti akan datang kepadamu dan kamu lebih bisa mempercayai dirinya. Jika kamu sudah terbiasa berpikir positif kepada pasangan, maka hal ini bisa kamu terapkan untuk pekerjaan dan bidang lainnya.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via bebikkicsikesnagyok.hu

8. Membuat manajeman waktu lebih baik

Buat kamu yang menjalani hubungan jarak jauh antar negara, selain jarak, waktu juga menjadi penghalang terbesar untuk saling berkomunikasi. Maka dari itu, mereka yang menjalani hubungan jarak jauh harus memahami betul kapan pasangan akan available untuk diajak berkomunikasi berlama-lama sekedar melepas rindu.

Melalui hubungan ini, kamu bisa jadi lebih menghargai waktumu. Misalnya kamu dan pasangan sama-sama sepakat untuk saling menghubungi di malam hari, meski berbeda 3-4 jam, namun hal tersebut tidaklah masalah selama kalian telah menyepakati hal tersebut. Disisi lain, selain waktu malam, kamu akan menjadi lebih fokus dan konsentrasi untuk pekerjaan atau kegiatanmu karena kamu baru akan berhubungan dengan pasangan di malam hari, mulai dari ngobrol sampai bertukar cerita. Bahkan, saat kamu dan pasangan bertemu, kalian akan mempersiapkan semua hal dengan lebih matang dan dari jauh-jauh hari agar bisa memanfaatkan waktu bertemu dengan sebaik-baiknya.

9. Lebih mengerti makna cinta

Hal positif dari menjalani hubungan jarak jauh selanjutnya adalah kamu dan pasangan bisa lebih memahami makna cinta yang sesungguhnya. Walaupun kamu dan pasangan jarang bertemu secara langsung, namun sekalinya bertemu, rasa cintamu akan semakin kuat disertai dengan rasa rindu yang mendalam. Selain itu, tanpa kehadirannya disisimu setiap saat kamu akan merasa hampa dan kamu akan menyadari kalau keberadaan dirinya disisimu sangatlah penting. Meskipun kalian sama-sama tidak berada berdekatan setiap saat, namun hanya dengan mendengarkan suaranya melalui telepon saja dapat menghilangkan rasa lelahmu, karena cintalah yang menguatkan kamu dan pasangan saat menjalani hubungan jarak jauh ini.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via verachronicle.wordpress.com

10. Jadi pengalaman hidup yang berharga

Jangan cepat menyerah ketika kamu dihadapkan dengan kondisi dimana kamu harus LDR dengan pasangan kamu. Sebab jika kamu sukses menjalani hubungan jarak jauh dan berakhir dalam pernikahan, maka kamu akan mendapat sebuah pengalaman berharga dan sangat berpengaruh untuk kehidupan rumah tangga kalian nanti.

Pasalnya, setelah menjalani LDR dalam waktu yang cukup lama, biasanya setelah menikah kamu dan pasangan tidak akan menginginkan hal yang sama terjadi lagi. Sebab kamu dan pasangan telah mengetahui bagaimana menderitanya hidup berjauhan dengan orang terkasih, dan tak ingin mengalaminya lagi untuk kedua kali. Selain itu, karena pengalaman sukses menjalani LDR, kamu dan pasangan menjadi lebih mudah dan enteng untuk menghadapi permasalahan yang lainnya.

11. Dapat lebih hemat

Sebelum menjalani LDR, kamu dan pasanganmu selalu bertemu dan hampir setiap saat pergi hangout, dinner atau kencan bareng pacar. Tentunya hal itu butuh modal, dan kalau diitung-itung pengeluaran untuk kegiatan pacaran bisa melebihi uang jajan kita. Mumpung LDR, uang pacaran bisa ditabung untuk hal-hal yang lebih penting nantinya atau digunakan sebagai modal menikah nanti. Lebih bermanfaat bukan?

12. Melatih kejujuran, kepercayaan dan kesetiaan

Kunci utama dalam sebuah hubungan adalah kejujuran guys! Dan saat kamu menjalani hubungan LDR maka kejujuranmu dan pasangan akan teruji. Intensitas kita bertemu dengan kekasih yang jarang membuat kita leluasa melakukan hal apapun sesuka kita tanpa harus memikirkan pasangan yang kadang kesal melihat kita melakukannya.

Hal inilah yang akan menguji kejujuran, dan kesetiaanmu pada pasangan. Disaat dia jauh, apakah kamu benar-benar menjaga kepercayaannya yang diberikan kepadamu untuk tidak melirik cewek atau cowok lain? Kalau kamu menjaga kejujuran dan kepercayaan tersebut, maka niscaya pasanganmu juga akan melakukan hal yang sama padamu.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via lastingthedistance.com

13. Komitmen pasangan teruji

LDR atau hubungan jarak jauh identik dengan hal-hal yang hanya mengandalkan obrolan dari telepon atau pesan singkat. Dengan menjalani hubungan ini, kamu dapat tahu apakah pasangan kamu benar-benar mencintai dan tulus berkomitmen pada kamu. Karena hubungan jarak jauh tidak melibatkan fisik, kamu dan pasangan bisa melatih kesabaran dan memperkuat pengertian terhadap satu sama lain.

Setelah mengetahui sisi positif dari hubungan jarak jauh alias LDR, kita juga nggak bisa menutup mata dari sisi negatif hubungan jarak jauh yang menyakitkan dan kadang membuat hati menderita. Perlu kamu ketahui, berikut beberapa sisi negatif dari pacaran jarak jauh.

Sisi Negatif Pacaran Jarak Jauh (LDR)

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via modernlovelongdistance.com

1. Jarang ketemu

Pacaran jarak jauh, ya jelas kamu nggak akan bisa sering bertemu dengan pacarmu. Hal ini akan membuat kamu merasa kesepian apalagi pas malam minggu. Dimana teman-teman kamu lagi berbahagia menikmati malam minggu berdua dengan pacarnya masing-masing, kamu malah menatap layar telpon dan berharap kekasihmu yang jauh disana segera menghubungimu.

2. Tingkat kejenuhan meningkat

Sisi negatif dari pacaran jarak jauh selanjutnya adalah, kamu akan mudah bosan. Nggak heran sih, pasalnya selama bertahun-tahun kedepan, kamu nggak akan bisa sering-sering bertemu dengannya. Biasanya disaat ada dia, akan ada saja hal-hal lucu dan menarik untuk dibahas. Tapi setelah LDR, jangankan untuk kencan, menyentuh wajahnyapun akan sangat jarang. Menjalani kehidupan asmara tanpa kekasih didekat kita, tentu akan sangat membosankan.

3. Cepat curiga dan khawatiran

Tak dikabari pacar seharipun sudah membuat kamu galau, apalagi tidak bertemu dengannya bertahun-tahun? Tentunya hal itu akan menimbulkan pemikiran yang aneh-aneh. Seperti bagaimana kalau dia punya selingkuhan? Memang jarak yang jauh membuat kita nggak selalu bisa memantau apa yang dilakukan oleh pasangan disana. Dan hal itu tentu membuat perasaan khawatir dan curiga.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via luvze.com

4. Godaan untuk selingkuh meningkat

Sisi negatif yang paling ditakuti oleh banyak pasangan kekasih yang LDR adalah godaan untuk selingkuh. Jarak dengan kekasih yang jauh membuat kita jarang bertemu dengan kekasih, dan hal itu membuat kita merasakan iri saat melihat banyak pasangan yang sedang memadu kasih didepan mata kita. Tak bisa dipungkiri, pastinya secuil di benak kita juga ingin merasakan bahagianya bersenda gurau dengan pacar, dan merasakan hangatnya pelukan seorang pacar. Tapi kita tau, pacar kita sedang jauh di luar negeri sana. Hal ini terkadang menimbulkan pemikiran jika selingkuh sebentar saja rasanya tidak apa-apa, yang penting pacar tidak tahu. Padahal sebenarnya, selingkuh karena coba-coba diawal bisa menjadi keterusan yang dapat merusak kesetiaanmu pada kekasih.

Positif Negatif Pacaran Jarak Jauh Alias LDR

photo via cheatsheet.com

5. Biaya pacaran jadi lebih mahal

Sisi positif pacaran jarak jauh mungkin bisa membuat kamu lebih berhemat. Namun sisi negatif atau sisi buruknya, justru dengan cepat dapat melenyapkan uangmu. Pasalnya jika sudah dirundung rindu yang mendalam, maka jarakpun tak akan menghalangimu untuk menemuinya.

Contohnya saja, kamu ingin mengunjungi pacarmu yang udah lama tinggal di LA. Kamu yang ada di Indonesia, tentu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk dapat bertemu dengan pacarmu itu. Niat mau berhemat mumpung LDR, jadi amblas dengan sehari karena rindu yang tak tertahankan.

Nah setelah kamu mengetahui dampak positif dan negatif dari pacaran jarak jauh, berikut beberapat tips ampuh yang dapat membuat hubungan kamu dan pasangat tetap bertahan meski jarak memisahkan. Berikut tipsnya!

Tips Pacaran Jarak Jauh

1. Selalu jujur dan menjaga kepercayaan satu sama lain

Kunci penting untuk mempertahankan hubungan kamu agar tidak kandas akibat LDR adalah kejujuran. Jangan menutup diri pada pasangan, ceritakan segala hal padanya dan jangan ada rahasia-rahasiaan dalam hubungan asmara kalian. Seban jika kamu memendam rahasia, apalagi rahasia tersebut terjadi disaat dirinya ada jauh disana, maka sama saja kamu menyimpan bom waktu.

Selain itu, dalam suatu hubungan untuk mencapai kesuksesan kamu juga harus saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Dengan demikian kamu tidak akan berpikir macam-macam atau cemburu kepadanya. Jangan curiga dan terus-terus berpikiran secara negatif, karena hal itu justru membuatmu semakin tersiksa, padahal belum tentu di melakukan apa yang kamu pikirkan.

2. Tetap jaga komunikasi dengan baik

Dengan menjaga kepercayaan mungkin tidak akan cukup. Kamu juga perlu berkomunikasi untuk menjaga hubungan tetap erat. Jangan takut menghubunginya duluan jika dirinya tidak menghubungimu di waktu biasanya. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada sehingga obrolanmu dengan kekasih dapat berjalan dengan baik.

3. Jangan berkomunikasi secara berlebihan

Menjaga komunikasi yang intens dengan pasangan memang sangat penting, tapi hindari komunikasi yang berlebihan. Berlebihan disini maksudnya seperti, setiap saat menelponnya, setiap menit mengiriminya pesan chat atau pesan email. Sebab hal ini justru membuat pasanganmu merasa tidak lagi memiliki privasi untuk diri sendiri. Interaksi dan komunikasi yang sangat berlebihan juga membuat kesan yang spesial menjadi jauh berkurang atau tidak berkesan lagi. Belum lagi dengan hal ini sangat potensial memicu pertengkaran dan kecurigaanmu pada pasanganmu. Jadi, berkomunikasilah dengan pasangan secukupnya, sewajarnya saja dan manfaatkan waktu yang lain dengan kegiatan yang positif.

4. Buatlah tujuan yang tepat kenapa kamu harus mempertahankan hubungan meski harus menjalankan LDR

Setiap hubungan pasti ada tujuannya. Hubungan antar pasangan kekasih, tujuannya pasti pernikahan dan membangun rumah tangga yang harmonis, memiliki anak dan cucu dan hidup bahagia sampai kematian memisahkan.

Tapi jika hubunganmu dengan pasangan tidak memiliki tujuan yang jelas dan terkesan ngambang, ada baiknya kamu berpikir ulang untuk mempertahankan hubungan tersebut. Jangan buang-buang waktumu untuk menunggu hal yang tidak pasti.

5. Saling mendukung satu sama lain

Mungkin kamu tidak bisa selalu bersama atau saling mendampingi satu sama lain, tapi kamu harus saling mendukung satu sama lain dari berbagai hal yang dilakukan. Misalnya, mendukung pasangan kamu untuk jauh lebih baik, selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan selalu ada untuk dia jika dia sedang kesulitan walaupun hanya membantu lewat chatting dan lain-lain.

6. Jangan dengarkan gosip negatif dari orang lain

Di saat menjalani hubungan LDR, mungkin akan banyak gosip dan omongan negatif dari orang lain tentang pasangan kamu diluar sana. Untuk itu, jangan asal percaya dengan gosip negatif tersebut jika tidak ada buktinya. Jikapun ada buktinya, kamu juga harus berani mendengar penjelasan langsung dari pacarmu.

7. Tetaplah bahagia meskipun pacaran jarak jauh

Jangan terlalu dipusingkan, meskipun LDR, kamu dan pasanganmu harus tetap bahagia. Pasalnya nggak selamanya pacaran itu bisa selalu berdampingan setiap saat. Tapi, dengan cara kamu selalu berpikiran positif terhadap pasangan kamu dan berkomunikasi akan membuat kamu merasa ada di dekat pasanganmu.

Nah itulah beberapa hal positif dan negatif serta tips untuk para pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR agar hubungan tetap bertahan sampai akhir dan berbuah manis setelahnya. Tapi kembali lagi guys, pahit manisnya LDR bergantung pada pola pikir pasangan yang menjalaninya. Jadi, masa depan sebuah LDR, apakah akan bertahan atau berakhir ditengah jalan tergantung bagaimana niatmu dan seberapa keras kamu memperjuangkannya. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *