Cara Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ini lho beberapa cara mengatur keuangan agar bisa bertahan di masa pandemi.

Masa pandemi seperti sekarang ini memang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan keuangan kita. Pasalnya, hampir semua bisnis mengalami penurunan omzet. Yang lebih parah lagi, tak sedikit karyawan yang dirumahkan atau di PHK oleh perusahaan tempat mereka bekerja karena perusahaan tempatnya bekerja tidak mampu bertahan melewati krisis ekonomi yang terjadi begitu saja dimasa pandemi ini.

Kondisi tersebut tentu membuat keuangan menjadi tidak stabil, bahkan kasus terburuk bisa membuat kita mengambil pinjaman uang ke beberapa teman atau bahkan bank untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui cara mengatur keuangan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Untuk itu, BlogUnik.com akan membagikan beberapa tips dan cara mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan agar bisa melewati kesulitan ekonomi di masa pandemi ini dengan baik. So let’s check it out guys!

1. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

photo via swpanel.pl

Cara mengatur keuangan di masa pandemi yang wajib kamu lakukan pertama adalah memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Pastikan kamu dapat membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Kebutuhan adalah hal-hal yang sifatnya wajib dipenuhi atau dibayar terlebih dulu. Mulai dari kebutuhan pokok seperti makan dan minum, hingga menabung biaya pendidikan anak. Selain itu, juga pengeluaran wajib lainnya yaitu membayar tagihan listrik, air, BPJS dll.

Nah kalau keinginan ini merupakan hal-hal yang berkaitan dengan hobi dan gaya hidup. Untuk dapat lebih hemat di masa pandemi, tentu hal-hal menyangkut keinginan bisa dikurangi atau bahkan dihindari sejenak, apalagi jika kondisi keuangan sedang tidak sehat.

2. Hitung pendapatan yang masuk setiap bulannya

Cara berikutnya adalah dengan menghitung setiap pendapatan yang masuk ke rekening kamu setiap bulannya. Pendapatan disini bukan hanya gaji bulanan saja, melainkan pendapatan dari sumber lain seperti pendapatan dari investasi, dari usaha sampingan ataupun dari proyek freelance. Sebagian orang mungkin mendapatkan penghasilan yang lebih kecil dari hari-hari sebelum adanya pandemi. Untuk itu penting halnya untuk menghitung semua pendapatan yang kamu hasilkan setiap bulannya. Tujuannya agar kamu bisa membagi penghasilan yang kamu dapatkan untuk memenuhi semua kebutuhan, menabung maupun berinvestasi.

3. Buat anggaran biaya untuk kebutuhan pokok dan biaya tagihan setiap bulannya

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

photo via mumsmoney.com

Cara mengatur keuangan di masa pandemi berikutnya adalah dengan membuat anggaran biaya untuk kebutuhan pokok dan biaya tagihan yang menjadi prioritas setiap bulannya. Dengan demikian maka kamu sudah tahu mana biaya kebutuhan yang harus diutamakan. Sehingga keuangan bulanan kamu menjadi tertata dengan baik.

4. Manfaatkan diskon dan promo

Saat kamu berbelanja untuk kebutuhan yang diprioritaskan, ada baiknya kamu memanfaatkan barang-barang yang tengah diskon ataupun sedang promo. Dengan potongan harga yang diberikan, pengeluaran belanja kebutuhan pokok akan menjadi lebih hemat. Namun meskipun murah, kamu juga tetap harus menyesuaikan dengan daftar belanja yang sudah disusun sebelumnya, agar jangan sampai belanja melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

5. Jangan lupa untuk menyisipkan dana darurat

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

photo via moneycrashers.com

Meskipun pendapatan kamu saat pandemi ini kecil, namun jangan lupa untuk menyisipkan sedikit uang kamu untuk dana darurat. Dana darurat yang disiapkan untuk pengeluaran yang tidak terduga ini, sangat penting mengingat dalam menjalani kehidupan tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai yang direncanakan. Banyak hal yang tiba-tiba saja terjadi di luar rencana kita. Apalagi situasi akibat pandemi seperti sekarang ini menuntut persiapan yang lebih ekstra dalam menghadapinya.

6. Hindari cicil mencicil barang

Cara mengatur keuangan di masa pandemi berikutnya adalah dengan menghindari cicil mencicil barang. Disituasi krisis seperti sekarang ini, sebaiknya kamu menghindari pembelian dengan sistem cicilan. Meskipun barang tersebut sangat ingin kamu miliki dan kamu juga sudah menyiapkan dana lebih untuk biaya cicilannya setiap bulan, tapi akan lebih baik jika kamu menunda keinginan tersebut sampai masa kritis selesai.

7. Proteksi diri dengan membuat asuransi kesehatan

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

photo via indianexpress.com

Jangan ragu untuk memiliki asuransi kesehatan untuk diri maupun keluarga. Pasalnya memiliki jaminan kesehatan untuk diri sendiri maupun keluarga sangatlah penting apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Ini juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan di masa pandemi, karena asuransi kesehatan akan membantu ketersediaan untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi, jika sewaktu-waktu kamu jatuh sakit. Sehingga kamu tidak akan merasa bingung mencari biaya untuk hal-hal tersebut.

8. Pastikan kamu tetap menabung dan berinvestasi yang aman

Selain menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk dana darurat, kamu juga wajib menyisihkan pendapatan bulanan kamu untuk menabung dan berinvestasi. Ingat, menabung atau berinvestasi merupakan tujuan keuangan di masa depan, sehingga sangat penting untuk disisihkan.

Khusus untuk investasi, pilihlah jenis investasi yang aman seperti deposito dan tabungan berjangka atau investasi yang tahan inflasi seperti emas. Investasi tersebut bisa menjadi sumber cadangan dana ketika kamu menghadapi kebutuhan mendesak yang tak terduga di masa depan.

9. Cari penghasilan tambahan

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

photo via womensweekly.com.sg

Jika penghasilan kamu setiap bulannya dirasa masih kurang untuk menutupi semua kebutuhan hidup kamu sehari-hari apalagi untuk menabung. Maka jangan malas untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa memanfaatkan bakat yang kamu miliki untuk menciptakan sumper pendapatan lain. Seperti menjual kue atau masakan via online ketika kamu pandai memasak, menawarkan layanan freelance, seperti menulis, mengedit, konsultasi, desain grafis, dan lain-lain sampai membuat blog pribadi atau berbisnis didunia digital. Banyak pilihan yang bisa kamu kerjakan untuk mendapat penghasilan tambahan di masa pandemi seperti sekarang ini. Intinya kamu harus aktif mencari dan mencoba peluang yang ada.

10. Usahakan untuk membawa bekal atau selalu makan dirumah

Cara untuk mengatur keuangan di masa pandemi berikutnya adalah dengan menghindari makan atau jajan diluar. Pasalnya, rata-rata orang memiliki pengeluaran yang besar setiap harinya karena digunakan untuk pergi makan di luar. Akan lebih baik jika makan di rumah, atau membawa bekal makanan dan minuman yang disiapkan dari rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, cara ini juga akan membuat kamu lebih hemat dan dapat menabung uang kamu untuk hal yang lebih berguna.

11. Menghemat pengeluaran dengan menanam sayur dirumah sendiri

Berkebun sayuran dirumah

Photo via hoegl.com

Satu lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan di masa pandemi adalah dengan menanam sayuran dirumah sendiri. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran kamu. Selain menghemat pengeluaran dapur, berkebun sayur juga dapat jadi kegiatan untuk menghilangkan stres lho!

Nah itu dia beberapa cara mengatur keuangan di masa pandemi yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.