Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

Dibuat oleh blogunik

Sering menyatok rambut tapi bentuk lurusnya hanya bisa bertahan beberapa jam saja? Mungkin caramu dalam merawatnya belum tepat guys! Untuk itu, kali ini kita akan membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat rambut catok agar tetap lurus seharian.

Seperti yang kita tahu, sebagian cewek menginginkan agar rambut mereka lurus dan rapi, dan salah satu cara agar rambutnya menjadi lurus dan rapi adalah menyatoknya setiap kali menata rambut. Sayangnya hasil catokan nggak selalu bertahan lama, dalam beberapa jam rambut catokan akan kembali berantakan dan memperlihatkan bentuk asli rambut yang sedikit bergelombang atau keriting. Sehingga cara merawat rambut catok agar tetap bertahan lurus seharian sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Nah bagi kamu yang sering menggunakan alat catokan dan ingin rambut lurus seharian, berikut ini merupakan beberapa cara merawat rambut catok agar tetap lurus. So check it out guys!

1. Pilih shampoo yang melembabkan

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

photo via tasteofhome.com

Yang paling pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut catok agar tetap lurus seharian adalah memastikan agar rambut kalian bersih. Dan yang lebih penting adalah memilih shampoo yang bisa melembabkan rambut. Pasalnya, ketika kelembaban rambut terjaga, kondisi rambut akan lebih kondusif sehingga lebih mudah diatur, hasil catokan juga akan terlihat lebih rapi. Jadi pastikan kamu memilih shampoo yang mampu menjaga kelembaban rambut tanpa membuatnya menjadi lepek karena berminyak ataupun mengembang karena kering.

2. Gunakan shampo  yang mengandung keratin

Tips kedua yang bisa kamu lakukan agar rambut catokan tetap lurus sepanjang waktu adalah dengan menggunakan shampoo dan conditioner yang mengandung keratin. Jadi selain bisa melembabkan, kamu juga bisa memilih shampoo yang mengandung keratin.

Keratin sendiri merupakan protein alami yang terdapat dalam rambut. Dan protein alami pada rambut ini bisa rusak jika terus dicatok. Maka dari itu, kamu membutuhkan shampoo dan conditioner yang mengandung keratin agar terjadi regenerasi sel rambut yang rusak.

3. Gunakan conditioner

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk merawat rambut catok agar tetap lurus sepanjang hari, kamu juga perlu menggunakan conditioner. Pemakaian conditioner sangat penting bagi kamu yang memiliki tipe rambut yang kering dan mengembang agar mendapatkan hasil yang maksimal saat dicatok. Pasalnya conditioner dapat membantu memberikan kelembaban pada rambut kamu yang kering.

Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keramas, tapi kamu bisa menggunakan jenis conditioner tanpa bilas untuk menyingkat waktu keramas. Perlu diingat, cara menggunakan conditioner yang benar adalah dengan mengusapakn conditioner mulai dari tengah rambut hingga ujung. Jangan pakai conditioner di akar rambut dan kulit kepala ya!

4. Semprotkan anti frizz

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

photo via aiirprofessional.com

Selanjutnya saat rambut setengah kering, kamu bisa menyemprotkan anti frizz spray. Produk rambut ini bermanfaat untuk menghindari rambut kusut dan keriting. Difungsikan agar rambut mudah diatur dan memiliki tekstur yang lembut dan berkilau.

Kamu bisa memilih produk anti frizz spray yang mengandung hydroglycolic form virgin olive dan wild theme yang berfungsi menjadi tonik bagi batang rambut yang mengalami pelurusan dan cenderung mudah rapuh.

5. Keringkan rambut dengan benar

Sebelum di catok, pastikan rambut kamu benar-benar kering. Pasalnya, jika rambut masih setengah kering dan kamu langsung mencatoknya, maka rambut lebih mudah rusak dan pecah-pecah. Bila perlu lakukan blow dry agar rambut kering seluruhnya.

Blow dry sendiri merupakan proses mengeringkan rambut dengan menata sekaligus. Beberapa kelebihan diantaranya dapat membentuk rambut yang diinginkan secara singkat, penataannya lembut dan alami, dengan pengerjaan yang baik dan benar dapat meminimalisir kerusakan. Blow dry juga bermanfaat agar rambut hasil catokan bisa tahan lebih lama.

6. Gunakan heat protection spray

Selanjutnya kamu wajib menggunakan produk heat protection spray sebelum mulai mencatok rambut. Produk ini digunakan untuk melindungi rambut dari paparan suhu panas yang ekstrem. Ketika kalian sering menata rambut menggunakan hair dryer, catokan (flat iron), ataupun curling wand, kalian wajib mengaplikasikan produk rambut ini sebelumnya.

Kandungan keratin yang menyebar secara rata akan bekerja efektif dan membuat rambut tidak gampang kering dan rusak. Kandungan yang terdapat di dalamnya juga bisa membuat rambut lebih mudah ditata. Rambut juga akan terasa lebih mudah lurus saat dicatok.

7. Pilih material dan ukuran alat catokan yang sesuai

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

photo via allthestuff.com

Untuk mendapatkan hasil catok yang maksimal yang tetap lurus dalam waktu yang lebih lama, kamu juga harus mempertimbangkan material dan ukuran alat catokan yang cocok untuk model rambut kamu.

Meskipun berfungsi sama, namun tidak semua alat catok berefek sama untuk rambutmu. Alat catok yang disarankan yakni memiliki lapisan pemanas yang terbuat dari keramik, titanium, atau emas. Lapisan yang dilapisi ketiga bahan tersebut dapat menyebarkan panas secara merata, sehingga tidak merusak lapisan rambut.

Lebar plat catokan juga berpengaruh untuk menjaga agar hasil catokan tahan lama. Jika kamu ingin rambut lurus yang bervolume, kamu bisa memilih plat catokan yang agak lebar. Namun jika kamu ingin meluruskan bagian poni saja atau kamu memiliki style rambut yang pendek, kamu bisa menggunakan plat catokan yang lebih langsing. Jika kalian salah mencari ukuran catokan, jangan heran kalau hasil catokan tidak bisa bertahan lama.

8. Catok rambut dengan suhu yang tepat

Selain memperhatikan material catokan, kamu juga harus memastikan jika alat catokmu memiliki pengatur suhu. Pasalnya ada banyak merk alat catokan yang tidak memiliki pengatur suhu dan langsung otomatis diatur pada suhu di atas 200 derajat celcius.

Suhu ini terlalu panas untuk rambut dan berisiko menimbulkan kerusakan pada rambut. Jadi, gunakan alat catok yang memiliki pengatur suhu dan sesuaikan suhu tersebut dengan jenis rambutmu. Untuk rambut yang sudah lurus, sebaiknya suhu yang digunakan tidak melebihi 150 derajat. Namun jika rambutmu tipis, gunakan suhu 130 derajat saja.

9. Gunakan sisir yang tepat

Tips lain yang bisa kamu coba agar rambut catok tetap lurus adalah dengan memilih sisir yang tepat. Kamu bisa memilih jenis sisir sasak atau sisir bergigi rapat saat menyatok rambut. Fungsinya untuk membuat rambut yang telah dicatok lebih lurus dan sleek tanpa kusut.

10. Catok rambut selapis demi selapis

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

photo via herstyler.com

Menyatok rambut memang harus sabar, kamu tidak bisa terburu-buru dengan menyatok bagian rambut yang terlalu tebal, sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. Ada baiknya kamu membagi beberapa bagian rambut dan mencatok rambut selapis demi selapis. Meskipun cara ini akan memakan waktu yang lebih lama, terutama buat para pemilik rambut tebal, namun hasilnya tidak akan membuat kamu kecewa.

Dengan menyatok rambut dengan bagian yang kecil, selapis demi selapis, maka suhu panas dari alat catok akan lebih tersebar merata dan hasil catokan tahan lama serta lurusnya lebih terlihat.

11. Gunakan sisir sambil mencatok rambut

Tips agar rambut catok kamu tetap lurus sepanjang hari yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan menyisir rambut sambil dicatok secara perlahan. Dengan menggunakan sisir saat menyatok rambut, maka kamu akan mendapatkan hasil yang lebih halus dan tidak ada rambut yang tertekuk selama kamu menjepitnya dengan catokan. Cara ini juga tentu akan membuat hasil catokan menjadi lebih tahan lama.

12. Gunakan serum atau vitamin rambut

Sangat penting untuk mengaplikasikan serum atau vitamin rambut untuk menjaga kesehatan rambut ketika kamu sering menyatoknya. Vitamin atau serum berguna untuk melembapkan atau mengunci kelembapan rambut, sekaligus memberinya nutrisi ekstra. Karena itu, gunakan di bagian tengah hingga ujung batang rambut untuk menghindari lepek. Nah buat kamu yang ingin mencatok rambut, produk ini sebaiknya digunakan saat rambutmu setengah basah sebelum blow dry atau gunakan setelah mencatok rambut.

13. Jangan terlalu banyak kena angin atau matahari

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

photo via twenty20.com

Cara agar rambut catokkan tetap lurus sepanjang hari selanjutnya adalah deng menghindari terlalu banyak kena angin atau matahari. Ini karena ketika rambut terlalu banyak kena angin, maka akan cepat kusut dan rambut bisa kembali ke bentuk semula. Begitu juga ketika kepanasan, maka rambut akan cepat lepek.

14. Jangan terlalu sering menyisir rambut

Satu lagi yang bisa kamu lakukan agar rambut hasil catokan bisa standout lebih lama adalah dengan menghindari terlalu sering menyisir rambut. Ini karena jika rambut terlalu sering terkena gesekan sisi, maka rambut akan menjadi berminyak dan membuat rambut lurus hasil catokan tidak terlihat lurus.

Nah itu dia beberapa tips dan cara merawat rambut catok agar tetap lurus yang bisa kamu coba dengan mudah. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.