Tips Dan Cara Merawat Tas Kulit

Dibuat oleh blogunik

Mau apapun itu bentuk tasnya, tas berbahan kulit masih menjadi pilihan terbaik. Tas berbahan kulit ini tak hanya meninggalkan kesan simple namun juga dapat memberikan kesa elegan dan pastinya timeless. Namun jika kamu suka dengan bahan tas kulit, kamu harus menjaganya agar tas kulit tetap awet dan tidak mengelupas. Cara merawatnya pun tidak boleh sembarangan, harus menggunakan cara-cara yang tepat dan benar. Nah, berikut ini beberapa tips dan cara merawat tas kulit agar tas tetap awet

1. Bersihkan Tas Kulit Secara Rutin

Tips Dan Cara Merawat Tas Kulit

photo via masfikr.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersihkan tas kulit secara rutin. Setidaknya kamu harus membersihkannya sekitar seminggu sekali saja. Membersihkan tas kulit ini tak perlu repot-repot mencucinya, kamu hanya perlu mengusapnya dengan kain yang lembut agar debu-debut yang melekat di tas menghilang.

2. Jangan Mencuci Tas Kulit Dengan Detergen

Walaupun detergen merupakan cairan pembersih, namun untuk tas kulit detergen bukanlah pilihan yang tepat. Pada detergen terdapat butiran-butiran yang cukup keras, dimana butiran ini dapat membuat pori-pori tas tersumbat dan pada akhirnya akan membuat tas menjadi kering dan pecah-pecah. Sebaiknya kamu menggunakan cairan pembersih tas kulit yang memang dibuat khsusus.

3. Keringkan Tas Kulit Secara Alami

Tips dan cara cara merawat tas kulit

photo via my24hours.net

Ketika tas kulit selesai dicuci, pada umumnya orang-orang akan menjemurnya dibawah terik matahari agar kering lebih cepat. Namun cara ini salah. karena tas kulit yang dijemur di terik matahari dapat merusak tas kulit itu sendiri. Tas kulit yang dijemur di terik matahari dapat kehilangan warna aslinya.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengeringkannya secara alami saja, dengan membiarkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tidak lembap. Setelah itu, simpan di dust bag dan tambahkan gel silika untuk mencegah datangnya jamur.

4. Bersihkan Tas Dengan Kapas atau Kain Microfiber

Tips selanjutnya, ketika akan membersihkan tas kulit gunakan kapas atau kain microfiber. Kapas dan kain microfiber ini memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan tas kulit.

5. Ketika Ada Noda Segera Bersihkan

Tips Dan Cara Merawat Tas Kulit

photo via urbanicon.co.id

Ketika ada noda yang menempel di tas kulit, lebih baik langsung dibersihkan. Karena jika semakin lama didiamkan, noda akan semakin susah untuk dibersihkan atau dihilangkan.

Namun jangan pernah menggunakan tisu atau kain basah untuk menghilangkannya karena tas kulit bisa rusak. Kamu bisa menghilangkannya dengan cairan pembersih khusus tas kulit atau gunakan lap lembut dan bersih kemudian tempelkan pada tas kulit. Biarkan noda tersbeut terserap ke lap tersebut.

6. Gunakan Lotion Anti Jamur

Selain membersihkan tas kulit secara rutin, kamu juga perlu mengoleskan lotion anti jamur pada tas kulit. Lotion anti jamur ini berfungsi untuk menjaga lapisan kulit agar tidak mudah rusak atau berjamur.

7. Ketika Menyimpannya Jangan Ditumpuk

Tips Dan Cara Merawat Tas Kulit

photo via futureloka.com

Tas kulit memiliki bentuk dan tekstur yang bisa rusak apalagi jika ditumbuh dibawah dengan barang-barang berat atau tas lainnya. Maka dari itu, jika kamu memiliki tas kulit sebaiknya posisikan berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya.

8. Di Dalam Tas Kulit Berikan Bubble Wrap

Saat disimpan, usahakan di dalam tas berisi bubble wrap agar bentuk tas selalu terjaga. Jika tidak ada bubble wrap, kalian bisa memasukan kain bersih atau kertas koran sebagai gantinya. Beberapa merk tas, biasanya sudah dilengkapi dengan gelembung udara yang dibungkus plastik, nah jangan menghilangkannya ya!

9. Gunakan Tas Kulit Sesering Mungkin

Tips Dan Cara Merawat Tas Kulit

photo via jevtonline.org

Terakhir, tips dan cara merawat tas kulit yang baik adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Khusus untuk tas kulit semakin sering digunakan maka akan tetap awet dan tidak rusak. Dan jika semakin lama disimpan dan tidak pernah digunakan akan membuatnya rusak dan mengelupas. Hal ini dikarenakan kelembapan dan kelenturan bahan kulit tas semakin berkurang. Maka dari itu usahakan untuk sering-sering menggunakan tas kulit jika kalian memilikinya.

 

Itulah beberapa tips dan cara merawat tas kulit yang baik dan benar. Semoga tips dan cara diatas bermanfaat ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait