Cara Unik Dunia Sambut Lebaran

2 tahun lalu, by blogunik

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari yang paling membahagiakan bagu umat islam diseluruh dunia sebab pada hari raya Idul Fitri umat muslim sedunia merayakan kemenangan setelah berpuasa menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki tradisi dalam menyambut lebaran di berbagai belahan negara di dunia juga memiliki cara cara tersendiri untuk merayakan hari lebaran Idul Fitri, kamu mau tahu tradisi semacam apa iti simak 10 tradisi unik lebaran di berbagai negara di dunia.

1. Arab Saudi


Jika di Indonesia lebaran identik dengan berbagai makanan lezat, beda halnya di Riyadh, Arab, Saudi, jika lebaran tiba maka suasana di negara tersebut akan kental dengan acara kesenian. Sejumlah pagelaran akan diadakan, mulai dari teater, baca puisi, pertunjukan musik hingga parade.

 

2. China

Tradisi di China saat menyambut hari lebaran adalah mengunjungi makam leluhurnya. Bahkan tradisi tersebut dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing. Saat hari lebaran, para pria akan mengenakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita akan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

 

3. Turki

Satu yang unik yang tidak pernah absen jika lebaran di Turki adalah festival gula atau seker bayram. Seker bayram sendiri merupakan sebutan lain untuk hari raya idul fitri. Di hari itu, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

 

4. Australia

Perayaan lebaran di negara Kanguru terbilang cukup meriah. Meskipun bukanlah negara muslim, namun pemerintah tetap menetapkan hari libur saat lebaran dan mereka akan mengeluarkan aturan bahwa seluruh umat muslim di Australia berhak untuk menggunakan jalan umum untuk melakukan shalat ied.

 

5. Afrika Selatan

Di akhir Ramadan, seluruh masyarakat muslim Afrika Selatan akan berkumpul di Green Point, Cape Town, mereka akan berbuka bersama dan melakukan takbir menyambut hari raya.

 

6. Amerika Serikat

Keunikan lebaran di Amerika Serikat bukanlah perihal makanan atau pernak perniknya, melainkan penentuan waktunya. Jika di Indonesia dilakukan sidang isbat untuk penetapan hari lebaran, maka di Amerika Serikat hal tersebut tidak terjadi. Sehingga penduduk Amerika Serikat akan mengonfirmasi penetapan 1 syawal melalui kerabat mereka dengan sambungan telpon ataupun email.

 

7. India

 

Keberadaan penduduk muslim di India terbilang cukup banyak. Biasanya mereka akan merayakan lebaran di New Delhi. Ibu kota dari India tersebut memang menjadi pusat perayaan lebaran.

Hidangan yang tidak pernah absen saat lebaran di India adalah siwaiyaan, yaitu makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu.

Save

Save

Artikel Terkait