Daftar Film Pernah Diperankan Oleh Advent Bangun

    Film & Musik

Salah seorang aktor legendaris Indonesia yakni (alm) Advent bangun dulu sering kali mengisi layar kaca kita. Terutama buat kalian generasi 89-an dan 90-an pasti pernah melihat aksinya dalam film – film laga jaman dulu. Hal yang paling menonjol dari aktor yang satu ini adalah bagaimana sering kali kita lihat dirinya bermain sebagai tokoh antagonis dalam hampir setiap film – film yang dibintanginya.

Aktor yang bernama lengkap Thomas Advent Perangin-angin Bangun in ilahir di kabanjahe sumatra Utara pada 12 Oktober 1952. Mungkin banyak orang yang tak akan menyangka, jika sebelum dirinya terjun ke dunia hiburan, thomas merupakan seorang pegawai negeri di Bea & Cukai Tanjung Balai karimun.

Dirinya juga terjatat sebagai atlet karate nasional yang kerap kali mendapatkan juara 1 di berbagai tingkat kejuaraan nasional dan internasional selama 12 tahun lamanya sejak 1972 hingga 1984. Prestasi inilah yang membawa dirinya menuju seni peran yang melambungkan namanya. Dan berikut ini adalah beberapa daftar film yang pernah ia lakoni semasa hidupnya.

1. Rajawali Sakti (1976)

Advent memulai debutnya dalam industri perfilman dalam film yang satu ini. Film ini menceritakan tentang Tara sang pendekar rajawali yang turun gunung meninggalkan gurunya untuk mengamalkan ilmu yang didapatkan olehnya. Tara yang merupakan seorang anak yang ditemukan dan diasuh oleh gurunya ini berusaha untuk mencari petunjuk tentang siapa dirinya dengan hanya mengandalkan sepotong kalung yang dibawanya ketia dirinya diselamatkan oleh girinya 20 tahun yang lalu. Film yang diproduksi oleh PT Surya Dirgantara film dan Penas Film Studio ini dipenuhi dengan berbagai adegan action dan juga perkelahian namun tak lepas juga dari kisah percintaan.

2. Dua Pendekar Pembelah Langit (1977)

Film selanjutnya yang pernah dibintangi oleh Advent Bangun adalah film yan gberjudul dua pendekar pembelah langit yang ditayangkan di tahun 1977. Film yang satu ini mengisahkan antara dua orang pendekar yakni Somba yang diperankan oleh Advent Bangun dan Andini yang diperankan oleh Merry S. Mustaf. Kedua pendekar ini saling bertandinguntuk memperebutkan pedang pusaka milik perguruan yang bernama pedang garuda sakti.

photo via : merahputih.com

3. Golok Setan (1983)

Untuk film yang satu ini dibuat berdasarkan edisi pertama dari serial komik mandala. Dalam film yang disutradarai oleh Ratno Timoer ini, Advent beradu peran dengan aktor Barry Prima yang dalam film ini berperan sebaga protagonis. Golok setan sendiri bercerita tentang petualangan dan persaingan pendekar – pendekar sakti dalam mencari sebuah pedang sakti kuno dalam bentuk meteorit. Advent sendiri berperan sebagai Banyu jaga yang merupakan seorang pendekar bayaran. Ia tega membantai orang – orang desa demi menculik seorang tunangan putri desa setempat untuk dijadikan budak pribadi ratu buaya putih. Melihat apa yang dilakukan oleh Banyu, Mandala yang diperankan oleh barry Prima yang juga adalah mantanseperguruan dari banyu jaga akhirnya memutuskan untuk membantu putri desa tersebut untuk mendapatkan suaminya kembali dari ratu buaya putih.

4. Si Buta dari gua hantu (1985)

Salah satu yang membuat nama dari Adbent semakin terkenal adalah berkat aktingnya dalam film ini. Diangkat dari sebuah cerita silat dengan judul yang sama karya Ganes T.H di era 1960-an, karya ini pun dibuatkan sebuah filmnya. Didalam film ini, Advent yang berperan sebagai pendekar buta yang bernama Barda Mandrawata ini amat apik dalam memerankan tokohnya. Di dalam film ini juga bisa terlihat bagaimana aksi cekatan barda meskipun dirinya buta, namun mampu melakaukan berbagai hal yang biasanya tidak bisa dilakukan oleh orang buta. Barda juga selalu deitemani oleh monyet hitam peliharaannya yang lucu yang bernama kliwon.

photo via : tribunnews.com

6. Si Buta Lawan Jaka Sembung (1983)

Sebuah film yang merupakan sebuah adaptasi lepas dari salah satu komik Indonesia yang berjudul “Jaka Sembung” karya komikus Djair Warniponakanda ini kembali mempertemukan Advent dengan Barry Prima. Film ini bercerita tentang bagaimana sebuah pasukan tentara Belanda yang sibuk dan tidak mampu untuk menangkap Jaka Sembung yang diperankan oleh Barry Prima. Karena susahnya menangkap jaka sembung ini, akhirnya Belanda meminta bantuan seorang pendekar tunanetra yang bernama Soca Indrakusuma alias si buta dari gunung iblis yang diperankan oleh Advent bangun. Soca yang diberi iming – iming uang oleh pihak belanda bersedia membantu. Berbagai aksi silat laga dan juga kejar – kejaran terjadi di dalam film ini. Selain aksi laga, film ini juga diisi dengan kisah cinta dan pertobatan.

6. Mawar Berbisa (1984)

Untuk film selanjutnya, yang juga diperankan oleh Advent Bangun adalah film dengan judul Mawar Berbisa tahun 1984. Dalam film tersebut, Advent berperan sebagai mahesa yang merupakan seorang penjahat dimana menjadikan sejuymlah wanita sebagai korbannya. Salah satu korban mhesa adalah Ratih yang diperankan oleh Rnny Beatrice. Ratih yang amat dendam terhadap Mahesa akhirnya bersekutu untuk membunuh Mahesa.

photo via : tribunnews.com

7. Komando Samber Nyawa (1985)

Sedikit berbeda dari film – film yang diperankannya sebelumnya yang lebih banyak bertemakan film laga dan silat masa lalu dengan berbagai jurus – jurus yang dikeluarkannya. Nah untuk film kali ini yang diperankan oleh Advent adalah film berjudul Komando Samber Nyawa di tahun 1985. Film arahan dari sutradara Eddy G. Bakker ini mengambil latar belakang peperangan di era tahun 80-an. Dalam film ini Advent kembali di duetkan dengan aktor Barry Prima. Film ini sendiri menceritakan tentang seorang kopral bernama Abimanyu yang menutupi kemampuan bertempurnya. Banyak orang – orang yang tidak menyukai kopral yang satu ini karena mereka mengira Abimanyu adalah orang bodoh dan pandai bersolek.

8. Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986)

Untuk film lainnya yang dibintangi oleh Advent adalah film yang berjudul petualangan Cinta Nyi Blorong yang dibesut oleh sutradara Sisworo Gautama. Dalam film ini, Advent memerankan karakter Burhan yang merupakan seorang pemuda yang tengah menghadapi kenyataan pahit karena gagal menikah dengan putri seorang direktur. Saat merasa sakit hati tersebut, Burhan bertemu dan berkenalan dengan dukun ilmu hitam yang terkena kutuk Nyi Blorong yang diperankan oleh ratuhorror Suzanna. Meski seperti itu, ternyata justru hal sebaliknya terjadi yang mana Burhan menjadi korban sang dukun untuk membalas dendam pada Nyi Blorong. Burhan lalu berhasil membuat Nyi Blorong terperangkap dalam wujudnya sebagai seekor ular. Nah siapa yang menyangka ular ini kemudian dipelihara oleh Johan yang merupakan seorang penyayang binatang dan punya pacar bernama Susi yang juga diperankan oleh Suzanna. Disinilah sebuah babak cerita baru dimulai.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >