Danau Terindah di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

4 minggu lalu, by blogunik

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Indonesia dikenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan dimana keindahan alamnya ini tidak bisa kita temui di negara manapun, keindahan alam Indonesia ini terbentang dari Sabang hingga Merauke. Pada dasarnya Indonesia dikenal memiliki keindahan pantai yang menakjubkan seperti pantai di Bali, Jawa dan lainnya, selain keindahan pantainya ternyata Indonesia menyimpan keindahan lainnya dalam bentuk danau.

Mungkin tak banyak yang tahu, jika Indonesia juga memilki danau-danau terindah yang tak kalah indahnya dari pantai. Indonesia memiliki dua jenis danau yaitu danau alami dan danau buatan dan meskipun begitu keindahan alamnya tetap akan membuatmu takjub. Jika kamu bosan berlibur ke pantai, tak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi danau-danau terindah di Indonesia ini. Nah,berikut ini daftar danau terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi

1. Danau Toba – Sumatera Utara

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Toba, Sumatera Utara

Photo via indonesiatatler.com

Danau Toba adalah danau alami terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km dan kedalaman sekitar 1600 meter. Di tengah-tengah danau Toba ini terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir, pulau Samosir ini memiliki luas hampir sama dengan Singapura dan disini masih sangat asri dan kental akan budaya tradisional. Danau Toba ini merupakan lokasi letusan gunung berapi super masif yang berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu, dimana hal ini yang memicu perubahan iklim global. Letusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir.

Di danau ini terdapat flora dan fauna yang hidup seperti berbagai jenis fitoplankton, makrofita kecil, makrofita mengambang dan makrofita terbenam. Untuk daratannya ditutupi oleh hutan-hutan termasuk jenis hutan pinus tropis Sumatera. Untuk faunanya sendiri terdapat spesies zooplankton dan hewan bentos dan karena danau ini oligotrof ikan aslinya tergolong langka dan hanya ada dua ikan endemik yaitu Rasbora tobana dan Neolissochilus thienemanni, biasa disebut ikan Batak. Di danau Toba ini kamu bisa melihat air yang jernih dan biru lengkap dikelilingi dengan pepohonan hijau disekitarnya. Di danau ini kamu juga bisa menikmati matahari terbenam dari tepi Danau Toba.

2. Danau Maninjau – Sumatera Barat

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Maninjau, Sumatera Barat

Photo via superadventure.co.id

Danau Maninjau adalah danau yang terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter diatas permukaan laut. Danau ini terbentuk akibat letusan besar gunung api Sitinjau yang menghamburkan kurang lebih 220 – 250 km³ material piroklastik. Danau Maninjau ini merupakan sumber air untuk sungai Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antoka terdpat PLTA Maninjau.

Danau ini juga sering dikaitkan dengan legenda Bujang Sembilan yang memiliki hubungan erat dengan tanah Minang. Untuk mencapai Danau Maninjau ini kamu harus mempersiapkan stamina penuh karena kamu harus melewati Kelok 44. Kelok 44 ini adalah sebuah jalan khas pegunungan yang menurun dan berkelok-kelok dan setelah melewati jalan ini rasa lelahmu akan terbayar lunas. Danau Maninjau ini memiliki latar belakang bukit-bukit hijau yang asri, di danau ini terdapat puncak perbukitan tertinggi yang bernama Puncak Lawang.

3. Danau Singkarak – Sumatera Barat

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Singkarak, Sumatera Barat

Photo via kabarpadang.com

Danau Singkarak adalah danau yang membentang di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau Singkarak ini memiliki luas 107,8 km² dan menjadi danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah danau Toba. Danau ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin dan sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakan generator PLTA Singkarak.

Danau Singkarak ini adalah hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera, cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan aktivitas pergerakan Sesar Sumatera. Cekungan besar ini terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunung api disekitarnya dan akibat pembendungan material vulkanik ini terbentuklah Danau Singkarak. Di danau ini terdapat spesies ikan bilih yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini dan menjadi salah satu makanan khas. Di danau ini kita bisa melakukan banyak kegiatan yang menarik seperti berenang, berkeliling danau dengan sampan, memancing ikan dan lainnya.

4. Danau Kaco – Jambi

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Kaco, Jambi

Photo via bumimerangin.blogspot.com

Danau Kaco adalah danau yang terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau Kaco ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO. Danau Kaco ini memiliki luas sekitar 90 meter persegi. Menariknya, Danau Kaco ini dapat memancarkan cahaya terang di malam hari dan pancaran cahayanya semakin terang pada saat bulan purnama tiba. Konon cahaya yang keluar dari Danau Kaco ini adalah cahaya intan yang tersimpan di dasar air, intan ini disimpan oleh Raja Gagak yang berkuasa pada saat itu. Jadi tidak salah jika Danau Kaco menjadi salah satu danau terindah yang ada di Indonesia.

5. Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Photo via backpackerjakarta.com

Danau terindah di Indonesia berikutnya adalah Danau Ranu Kumbolo. Danau ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Bisa dikatakan danau Ranu Kumbolo merupakan surga tersembunyi karena untuk menuju danau ini kamu harus melakukan trekking yang cukup berat terutama untuk para pendaki pemula. Namun selama perjalanan ke sana kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Disini terdapat pemandangan jajaran pohon pinus dan cemara disepanjang bukit.

Pemandangan yang tidak boleh kamu lewatkan di danau ini yaitu matahari terbit di sela-sela bukit yang hijau. Tak hanya itu saja, ketika malam harinya kamu akan menikmati pemandangan emerlap galaksi bimasakti di langit malam. Selain itu, danau ini juga merupakan bagian darirute termudah untuk menuju puncak Gunung Semeru, sehingga tidak heran jika disini terdapat area perkemahan.

6. Danau Labuan Cermin – Kalimantan

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Labuan Cermin, Kalimantan

Photo via batasnegeri.com

Danau Labuan Cermin adalah salah satu danau terindah yang ada di Indonesia, dimana danau ini berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini dikelola oleh masyarakat sekitar dan bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya. Menariknya danau ini memiliki dua rasa, pada bagian dasar airnya terasa asin dan air berasa tawar dibagian permukaan. Tak hanya rasa airnya yang menarik, danau yang hanya memiliki kedalaman 3 meter ini juga memiliki keindahan di dasar danaunya. Selain itu, danau ini juga memiliki air yang sangat bening dan mengkilap sehingga diberi nama Labuan Cermin. Untuk menuju danau ini diperlukan perjalanan darat selama kurang lebih 6 hingga 7 jam dari Tanjung Redeb.

7. Danau Bratan – Bali

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Bratan, Bali

Photo via trover.com

Danau Bratan adalah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini menjadi salah satu danau terindah dengan Pura Ulun Danu yang menjadi landmarknya. Danau ini berada di jalur Denpasar – Singaraja dan letaknya dekat dengan Kebun Raya Eka Karya dimana tempat ini adalah salah satu objek wisata di Bali. Karena keindahannya, pemadangan Pura Ulun Danu dan Danau Beratan ini dipilih menjadi salah satu gambar di uang pecahan Rp. 50.000.

8. Danau Tamblingan – Bali

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Tamblingan, Bali

Photo via wikipedia.org

Danau Tamblingan adalah salah satu danau yang terletak di Bali dimana danau ini menjadi salah satu danau terindah di Indonesia. Danau Tamblingan ini terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini tidak dikembangkan ke arah pariwisata modern demi menjaga kelestarian alam dan lingkungannya. Danau ini kerap sekali dijadikan spot pre-wedding karena memang memiliki pemadangan yang indah.

9. Danau Kelimutu – Flores

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Kelimutu, Flores

Photo via instagram.com/nusaflorestour

Danau Kelimutu adalah salah satu danau terindah di Indoensia yang terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu. Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu dan masing-masing danaunya memiliki warna air yang berbeda-beda. Masing-masing warna air ini memiliki arti yang berbeda dan memiliki kekiataan alam yang dahsyat. Danau yang berwarna biru merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup melakukan kejahatan. Danau yang berwarna putih adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Para penduduk disekitar Danau Kelimutu percaya, jika pada saat warna danau berubah mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang-orang yang telah meninggal.

10. Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Photo via superadventure.co.id

Danau Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani yang berada di desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak ini berarti anak laut, dimana nama ini diberikan karena danau ini memilki air yang berwarna biru seperti air laut. Untuk mencapai danau ini tentunya kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu karena danau ini berada di ketinggian 2.000 meter. Danau ini juga dijadikan tempat beristirahat bagi para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Rinjani.

11. Danau Sentani – Papua

Danau Terindah Di Indonesia - Danau Sentani, Papua

Photo via superadventure.co.id

Danau Sentani adalah danau yang berapa di Papua berlokasi di lereng cagar alam Cycloop dengan ketinggan 75 mdpl. Danau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dari danau lainnya di Indonesia. Danau Sentani ini memiliki sekitar 22 pulau yang masih ditinggali oleh suku asalnya yaitu suku Sentani. Selain pemandangannya, Danau ini juga memiliki beragam fauna yaitu mulai dari ikan gabus, hiu gergaji, hingga hiu sentani. Jika kamu ingin kesini, disarankan untuk berkunjung pada pertengahan tahun karena biasanya pada waktu ini akan diselenggarakan Festival Sentani.

Nah, itulah danau terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Danau mana saja yang sudah kamu kunjungi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait