Deretan Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh

10 bulan lalu, by blogunik

Tanaman Pengusir Nyamuk - Marigold

Nyamuk merupakan salah satu musuh manusia yang keberadaannya sangat mengganggu. Gigitannya tidak hanya membuat kulit menjadi bentol, gatal dan kemerahan, namun juga bisa penyebab kematian seperti DBD dan malaria. Biasanya kita mengusir nyamuk mengunakan obat nyamuk, lotion anti nyamuk atau yang lainnya dan biasanya berbagan kimia yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, tahukah kamu? Jika ada beberapa tanaman hias yang bisa kamu jadikan sebagai pengusir nyamuk. Selain tanaman ini membuat ruangan menjadi cantik, tentunya nyamuk pun enggan untuk mendekat. Berikut ini deretan tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh

1. Geranium

Tanaman Pengusir Nyamuk - Geranium

Photo via : https://gilmour.com

Geranium merupakan salah satu tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk. Warna bungai ini terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Tanaman ini kebanyakan mekar pada saat tengah musih panas, namun ada juga yang beberapa spesies mekar di musim semi dan musim gugur. Selain itu, tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol, kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Sehingga tanaman ini bisa kamu letakkan di dekat jendela atau tempat yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar.

2. Catnip

Tanaman Pengusir Nyamuk - Catnip

Photo via : https://www.aspca.org

Nepeta cataria atau yang lebih dikenal dengan catnip, catwort atau catmint adalah tanaman asli dari selatan dan timur Eropa, Timur Tengah, Asia Tengah dan daerah bagian di Cina. Tanaman ini sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing akan menunjukkan perubahan prilaku yang semakin aktif. Berbeda halnya dengan nyamuk, tanaman ini sangat ditakuti oleh nyamuk. Hal ini dikarenakan kandungan minyak esensial dalam catnip yang dikenal nepetalactone ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide) yaitu unsur kimia yang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

3. Lavender

Tanaman Pengusir Nyamuk - Lavender

Photo via : https://www.crocus.co.uk

Lavender merupakan tanaman yang berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss. Tanaman ini berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Aroma wanginya ini sangat disukai manusia namun tidak dengan nyamuk. Hal ini karena lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat yaitu dua zat yang sangat tidak disukai nyamuk. Tanaman ini cocok di letakkan di dekat jendela agar nyamuk enggan untuk masuk karena aroma dari lavender ini.

4. Lemon Balm

Tanaman Pengusir Nyamuk - Lemon Balm

Photo via : https://www.spiceography.com

Lemon Balm merupakan salah satu tanaman yang paling ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman herbal mint ini memiliki aroma seperti lemon, dimana aroma ini menjadi salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Meskipun ampuh mengusir nyamuk, kamu mesti berhati-hati jika menamnya di perkarangan rumah. Hal ini dikarenakan sifat invasif atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

5. Serai Wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk - Serai Wangi

Photo via : https://lifestyle.kompas.com

Serai Wangi adalah salah satu tanaman yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman. Tanaman ini tergolong mudah tumbuh dan bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai wangi ini mudah ditemu dan dipelihara sendiri di rumah. Tanaman ini tidak cocok ditanam dalam pot, sehingga kamu bisa menanamnya dibawah jendela dan disekitar rumah agar nyamuk tidak masuk ke rumah.

6. Selasih

Tanaman Pengusir Nyamuk - Selasih

Photo via : https://gobotany.newenglandwild.org

Selasih merupakan salah satu tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung senyawa seperti linalool, eugenol dan geraniol sehingga nyamuk dan serangga lainnya tidak suka. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga banyak digunakan sebagai bumbu masak dan lalapan. Tanaman ini bisa kamu tanam dalam sebuah pot dan letakkan di rumah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Citrosa Mosquito

Tanaman Pengusir Nyamuk - Citrosa Mosquito

Photo via : https://athens.locallygrown.net

Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman yang ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini berasal dari negeri kincir angin yaitu Belanda. Tanaman ini tidak disukai nyamuk karena memiliki aroma jeruk yang sangat khas dan nyamuk tidak menyukai aroma ini. Selain itu, tanaman ini juga cocok digunakan sebagai tanaman hias di rumah untuk mempercantik ruangan. Tanaman ini juga sangat mudah untuk dirawat, kamu cukup menyiramnya dan memberikan sinar matahari yang cukup setiap harinya.

8. Rosemary

Tanaman Pengusir Nyamuk - Rosemary

Photo via : https://bonnieplants.com

Rosemary merupakan salah satu tanaman yang ampuh mengusir nyamuk, hal ini dikarenakan rosemary memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Tanaman ini bisa kamu tanam di tanah langsung atau menggunakan pot. Namun yang perlu kamu perhatikan yaitu tanaman ini harus selalu mendapatkan cahaya matahari dan air secukupnya agar pertumbuhannya berjalan dengan baik.

9. Zodia

Tanaman Pengusir Nyamuk - Zodia

Photo via : http://igedeketutsusrama.blogspot.com

Zodia merupakan tanaman yang masih tergolong dari suku jeruk-jerukan dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan oleh penduduk asli Papua untuk mengusir serangga dan nyamuk, biasanya digunakan dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh. Tanaman zodia ini mengandung Evodiamine dan Rutaecarpine, dimana kedua zat ini tidak disukai oleh nyamuk maupun serangga. Tanaman ini juga bisa kamu tempatkan disebuah pot agar aromanya dapat memenuhi ruangan sehingga nyamuk enggan untuk masuk keruangan tersebut.

10. Peppermint

Tanaman Pengusir Nyamuk - Peppermint

Photo via : https://bynatureskincare.com

Peppermint adalah salah satu tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini sama dengan lemon balm, pappermint juga memiliki aroma yang sangat pekat sehingga nyamuk tidak mau mendekat. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bumbu dapur. Kamu bisa memeliharanya dengan menggunakan pot dan menaruhnya di ruangan. Selain dapat mengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat mempercantik ruangan.

11. Marigold

Tanaman Pengusir Nyamuk - Marigold

Photo via : https://www.gardendesign.com

Marigold merupakan salah satu tanaman yang juga ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini berasal dari kawasan Meksiko dan Guatemala. Di Indonesia sendiri bunga ini banyak dijual dipinggir jalan. Bunga marigold ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang membuat nyamuk mabuk dan pusing. Tanaman ini bisa kamu pelihara di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

12. Akar Wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk - Akar Wangi

Photo via : http://www.jayatamanlandscape.id

Akar Wangi adalah sejenis rumput yang berasal dari India, dimana tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk karena memiliki aroma yang menyengat. Aromanya ini keluar dari bagian akar, daun dan kulit batangnya membuat nyamuk enggan datang. Baunya yang menyengat ini juga dapat mematikan nyamuk Aedes Aegypti, selain itu kamu juga bisa menamanya di perkarangan rumah. Jika tanaman ini dirawat dengan baik, tanaman ini bisa tumbuh hingga 20 meter.

13. Kecombrang

Tanaman Pengusir Nyamuk - Kecombrang

Photo via : https://www.flickr.com

Kecombrang merupakan salah satu tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini biasanya digunakan oleh para ibu-ibu sebagai campuran bumbu masakan karena rasanya memang enak. Selain dijadikan bumbu masakan, tanaman ini juga dapat digunakan mengusir nyamuk karena memang aroma tanaman ini terasa asam dan menyengat sehingga nyamuk enggan datang.

14. Bunga Krisan

Tanaman Pengusir Nyamuk - Bunga Krisan

Photo via : https://www.bukalapak.com

Bunga Krisan merupakan salah satu tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini termasuk tanaman hias yang banyak disukai, bunga ini memiliki warna yang indah dan tanaman ini dapat tumbuh hingga 50 cm. Bunga ini menghasilkan aroma yang akan membuat kamu terkesan, namun para nyamuk tidak ingin mendekat. Tanaman ini bisa kamu jadikan untuk memperindah rumah dan tentunya rumah akan bebas dari nyamuk.

15. Bunga Kamboja

Tanaman Pengusir Nyamuk - Bunga Kamboja

Photo via : https://pentax.id

Bunga Kamboja sering dikatakan bunga keramat karena sering ditemukan di pemakaman. Meskipun begitu bukan berarti tidak bisa ditanam di perkarangan rumah. Bungan kamboja ini memiliki berbagai macam warna dan jenis. Kamu juga bisa mengekstraksi minyak bunganya, minyaknya ini harum dan memiliki efek aromaterapi sekaligus ampuh mengusir nyamuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait