Kenalkan, Inilah Ponggok Desa Wisata Terbaik Di Indonesia

2 minggu lalu, by blogunik

Desa Wisata Umbul Ponggok

Siapa nih yang suka olahraga air sampai selfie di bawah air? Kalau kalian salah satunya, maka jangan sampai ketinggalan untuk dapat menikmati keseruan bermain di bawah air sambil berfoto ria di Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir ini, Desa Wisata Ponggok memang menjadi salah satu desa wisata yang populer dikalangan masyarakat khususnya masyarakat Jawa Tengah. Pasalnya Desa Wisata satu ini menawarkan atraksi yang berbeda dari desa wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Di desa wisata yang terdapat di Klaten ini, kamu bisa menikmati bagaimana rasanya bermain bersama ikan-ikan hias air tawar dan berselfie ria dibawah air dengan background ikan-ikan cantik yang tentunya sangat instgramable di Umbul Ponggok. Umbul Ponggok sendiri merupakan sebuah kolam sumber mata air yang disulap menjadi sebuah wahana air dimana para pelancong tak hanya menikmati air jernih dari atas, tetapi juga bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving hingga berfoto di bawah air. Saking jernihnya air yang ada di Umbul Ponggok ini, masyarakat sampai menjulukinya dengan sebutan Bunaken Van Klaten.

Tidak hanya warga Klaten, dan warga Jawa Tengah lainnya yang berkunjung ke desa wisata ini, karena saking populernya, beberapa artis ibu kota seperti Irfan Hakin dan Baby Margarethapun tak ingin ketinggalan untuk dapat menikmati keseruan berfoto di bawah air satu ini.

Nah buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Desa Wisa Ponggok ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu berbagai hal tentang Desa Wisata Ponggok satu ini yang pastinya akan membuat kamu kagum dan tidak percaya. Check it out guys!

Sejarah Umbul Ponggok

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via instagram.com/umbul_ponggok

Bagi warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, keberadaan Umbul Ponggok bisa jadi merupakan sebuah legenda karena sumber mata air ini difungsikan sejak ratusan tahun lalu. Disebut Umbul Ponggok, karena Umbul yang diambul dari istilah Jawa memiliki arti yakni Sumber Mata Air, sedangkan Ponggok merujuk pada desa yang menjadi lokasi dari umbul ini.

Dikutip dari Jejakpiknik.com, catatan sejarah berdasarkan bukti-bukti dan data-data yang ada sekitar tahun 1920, Desa Ponggok merupakan kawasa industru dan menjadi tempat berdirinya Suikerfabriek Ponggok atau Pabrik Gula Ponggok.

Tidak jauh dari Pabrik Gula Ponggok, terdapat pula beberapa pabrik gula yang lain, yaitu Suikerfabriek Karanganom, Suikerfabriek Tjokro Toeloeng dan Suikerfabriek Delanggoe. Ketika itu daerah di sekitar Ponggok masuk ke dalam wilayah administrasi Kawedanan Ponggok dan banyak keluarga Belanda yang bertempat tinggal di kawasan ini, pasalnya sebagian besar karyawan yang menduduki jabatan sebagai manager, administratur, juru buku dan beberapa posisi yang lain adalah warga Belanda.

Ketika pabrik-pabrik gula beroprasi, Umbul Ponggok difungsikan sebagai water resevoir atau tempat penampungan air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional Suikerfabriek Ponggok dan Suikerfabriek Karanganom.

Disamping itu, Umbul Ponggok tidak pernah kering sepanjang waktu juga dimanfaatkan untuk mengairi areal perkebunan tebu yang terhampar di daerah Polanharjo, Karanganom, Ceper dan sekitarnya.

Sekitar tahun 1930an, Pabrik Gula Ponggok tutup karena terjadi krisis ekonomi menyusul kebangkitan rakyat Indinesia yang ingin memperjuangkan kemerdekaan. Pasca tutupnya pabrik, Umbul Ponggok beralih fungsi menjadi irigasi mengairi perkebunan dan sawah warga dan setelahnya beralih menjadi objek wisata seperti sekarang ini.

Awal perubahan Desa Ponggok yang miskin menjadi Desa Wisata Ponggok dengan pendapatan miliaran rupiah

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

Dulunya Ponggok merupakan desa miskin, dan bahkan masuk ke dalam golongan IDT (Infrastruktur Desa Tertinggal). Rendahnya tingkat pendidikan dan tingginya angka pengangguran, membuat desa Ponggok tertinggal dari desa-desa yang ada di wilayah tersebut. Penghasilan desa hanya bersumber dari pertanian, bahkan pendapatan pertahun hanya Rp 80 juta. Namun, gambaran lama itu sirna seiring dengan semakin berkembangnya wilayah yang berlimpah air tersebut. Kini Desa Ponggok telah berubah dari tertinggal menjadi terkaya, dengan wisata mata air sebagai andalan penghasilannya.

Desa Ponggok ini terletak di dataran rendah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang dilimpahi kekayaan mata air pegunungan dari Gunung Merapi dan Merbabu. Suasana pedesaan, juga hamparan sawah hijau kian menyejukkan mata para wisatawan yang datang.

Kepala Desa Ponggok Junaedi Mulyono adalah orang di balik tonggak keberhasilan program-program wisata di Desa Ponggok dengan memanfaatkan potensi mata air yang berlimpah sebagai sumber utama penghidupan warga. Berkat inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh Kades Junaidi Mulyono, Desa Ponggok kini menjadi tujuan wisata air yang diminati oleh wisatawan. Sejak 2009, Pemerintah Desa Ponggok perlahan mendirikan BUMDes Tirta Mandiri yang berfokus mengolah dan mengelola umbul atau sumber air alami itu menjadi obyek wisata selam air dangkal (snorkeling).

Dilansir dari nasional.tempo.co, sebagai desa mandiri yang baru mulai menggeliat sejak 2009, peningkatan pendapatan Ponggok dalam kurun tiga tahun melesat hingga 50 kali lipat (dari Rp 211 juta pada 2013 menjadi Rp 10,3 miliar pada 2016). Tentu saja, ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Dari sebuah desa miskin, menjelma menjadi sebuah lokasi yang menarik magnet wisatawan luar daerah untuk berkunjung.

Pendapatan Desa yang digunakan untuk kesejahteraan warga Ponggok

Selain mata air sebagai ekowisata, sektor perikanan juga menjadi salah satu andalan pendapatan desa Ponggok, dan dalam hal ini ikan Nila Merah. Program satu rumah satu empang/kolam ikan, menjadi salah satu yang didorong desa kepada warganya. Dalam seminggu, Desa Ponggok menghasilkan satu ton lebih ikan, yang diikuti juga berbagai varian produknya seperti abon ikan dan lain sebagainya.

Penghasilan desa Ponggok yang luar biasa ini, disalurkan desa untuk berbagai kesejahteraan masyarakatnya, termasuk jaminan kesehatan dan pendidikan, dengan program satu rumah satu sarjana. Selain itu, dikutip dari Detik.com, berkat tempat wisata ini, Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapat penghasilan sekitar Rp 14 miliar setahun.

Atraksi yang ada di Desa Wisata Ponggok

Nah setelah mengetahui tentang Desa Wisata Ponggok ini, berikut beberapa atraksi yang akan kamu temui jika berkunjung ke Desa Wisata Ponggok di Klaten Jawa Tengah ini. Check it out guys!

1. Umbul Ponggok

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via winnymarlina.com

Yang menjadi wisata utama di Desa Wisata Ponggok ini adalah Umbul Ponggok. Kolam alami yang ada sejak zaman Belanda ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter, sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Air di Umbul Ponggok bersumber dari mata air yang keluar langsung dari dalam tanah secara terus menerus dengan debit lebih dari 800 liter/dt, sehingga airnya terasa dingin, segar dan bersih. Sirkulasi air di dalam kolam Umbul Ponggok terjadi secara alami, dasar kolamnya juga alami dengan hamparan pasir bersih dan bebatuannya. Di dalam kolam juga hidup ribuan ikan warna warni dari berbagai jenis dengan ukuran besar seperti ikan mas, koi, bawal, dan ikan hias lainnya. Keberadaan ikan hias ini tidak mengganggu aktifitas pengunjung tetapi akan menjadi daya tarik utama untuk background foto atau video underwater. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus-menerus.

Untuk pengunjung yang datang membawa anak-anak, tidak perlu merasa khawatir karena pihat pengelola juga menyiapkan kolam renang khusus untuk anak-anak serta membuat anak-anak senang dengan berbagai wahana permainan. Selain itu, pengunjung yang tidak ingin berbasah-basahan juga dapat menyewa perahu untuk digunakan berkeliling di seputar kolam alam.

Atraksi yang ditawarkan

Umbul Ponggok tidak hanya sekedar kolam mata air alami yang dihiasi dengan ikan-ikan, namun juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang menarik. Diantaranya:

– Warrior Adventure

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via instagram.com/umbul_ponggok

Diatas Umbul Ponggok ini, kamu bisa menikmati berbagai permainan terapung yang tersaji dalam Warrior Adventure. Kamu bisa bermain perosotan, trampolin, berjalan di atas air dan lain-lain.

– Snorkeling dan underwater walker

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via youtube.com (Herda Wahyu Tetuko) & instagram.com/umbul_ponggok

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan dasar umbul dengan cara snorkeling dan underwater walker. Karena itulah ditempat ini disediakan pula tempat penyewaan peralatan power dive (walker) untuk berjalan-jalan di bawah air serta peralatan snorkeling yang meliputi swim suit, kaki katak, tabung oksigen dan googles.

Bagi kamu yang belum pernah melakukan aktifitas snorkeling, tersedia bimbingan gratis dari pemilik tempat penyewaan peralatan snorkel.

– Foto Underwater

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via instagram.com/umbul_ponggok

Diantara berbagai macam aktifitas yang dapat dinikmati pengunjung di Umbul Ponggok, salah satu yang menjadi favorit adalah membuat foto di bawah permukaan air. Ya, kamu bisa berfoto di bawah air dengan background ikan yang berwarna-warni. Berbekal kamera underwater, pengunjung dapat berfoto ria dengan background ikan-ikan yang sedang berenang di sekeliling atau ditemani dengan berbagai jenis property. Seperti sepeda kayuh, sepeda motor dari berbagai jenis, jet sky, tenda, becak, laptop, TV, set taman, dan property menarik lainnya. Buat kamu yang nggak punya kamera underwater, tenang saja, sebab tempat ini juga menyewakan kamera underwater yang juga lengkap dengan tukang fotonya.

Fasilitas di Umbul Ponggok yang Lengkap

Fasilitas wisata Umbul Ponggok pun tergolong lengkap seperti kolam dan taman anak-anak, sehingga cocok sebagai referensi wisata keluarga di Klaten. Tak hanya itu saja, disana pun tersedia berbagai penjual makan dan minuman, agar lebih jelasnya berikut fasilitas wisata bisa digunakan.

– Ruang Ganti Dan Tempat Istirahat

Sebagai akomodasi wajib, pengelola menyediakan tempat istirahat berupa tempat duduk yang berada di pinggiran kolam. Selain itu juga disediakan banyak ruang ganti dan kamar mandi yang digunakan sebagai membilas air bersih dan ganti pakaian pengunjung. Hanya saja, kamar mandi itu masih di kelola oleh warga sekitar, maka wajib membayar.

– Tempat Ibadah

Bagi pengunjung beragam islam, disana telah tersedia mushola yang letaknya berada di belakang lokasi wisata, sehingga jauh dari kebisingan. Mushola tersebut menyediakan peralatan lengkap ibadah.

– Sewa Kamera

Salah satu daya tarik dari wisata pemandian Klaten ini ialah sesi foto di bawah air, oleh sebab itu pengelola pun menyediakan kamera underwater. Sedangkan biaya penyewaan kamera sebesar Rp. 60.000 selama 30 menit dan Rp. 100.000 selama satu jam. Jika kawan ingin melakukan sesi pemotretan ter-konsep, maka di sana pun ada jasa pemotretan underwater dengan harga relatif terjangkau.

– Paket Prewedding

Tak jarang kok teman-teman menjadikan lokasi ini sebagai area prewedding unik nan eksotis. Dimana sesi pemotretan-nya berada di bawah air, kalau harga foto prewedding underwater disini berkisar dari Rp. 2.000.000 hingga Rp. 3.000.000 belum termasuk biaya sewa tempat sesi pemotretan sekitar Rp. 300.000, dijamin deh foto prewedding disini bakal berkesan dan tak terlupakan bersama orang dicintai.

2. Umbul Sigedang dan Kapilear

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via instagram.com/umbul.sigedang

Selain Umbul Ponggok, kamu juga bisa berendam dengan santai di Umbul Sigedang dan Kapilaler. Wahana wisata mata air ini juga berada Desa Wisata Air Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari. Kamu dapat merasakan suasana kawasan pedesaan yang tenang, teduh, dengan kesegaran airnya. Terdapat 2 mata air yaitu mata air Sigedang dan mata air Kapilaler. Tempat ini cocok untuk relaksasi, santai bersama dengan teman maupun keluarga.

Umbul Sigedang dan Kapilear ini memiliki keunikan yaitu, airnya cukup aman untuk diminum. Pasalnya Mata air satu memiliki kualitas air yang memenuhi batas syarat air minum dengan debit yang besar. Bahkan Umbul Sigedang letaknya berdekatan dengan sumber atau sumur milik PT TIV AQUA Klaten yang airnya mengandung mineral alami digunakan sebagai bahan baku AMDK merk AQUA.

Keunikan lain yang diberikan oleh Umbul Sigedang dan Kapilear adalah suasana yang sejuk, pasalnya di Umbul Sigedang dan Kapilear terdapat pohon beringin besar berusia tua yang rindang menaungi obyek wisata dan area sekitarnya sehingga membuat obyek wisata menjadi teduh dan sejuk. Berendam dengan keluargapun menjadi sangat nyaman.

3. Ponggok Ciblon

Fakta-seputar-Desa-Wisata-Ponggok-Klaten-Jawa-Tengah

photo via instagram.com/umbul_ponggok

Nah buat yang datang untuk menyenangkan hati anak-anak, kamu bisa mengajaknya untuk mengunjungi Ponggok Ciblon yang juga masih berada di Desa Wisata Ponggok. Ponggok Ciblon adalah kawasan wisata air yang memiliki arena bermain air dan taman untuk anak-anak, kolam renang standar untuk dewasa, area outbond maupun playground. Air di wahana Ponggok Ciblon berasal dari mata air yang segar dan dingin. Tersedia juga Resto Ponggok Ciblon yang menyajikan makanan khas ikan nila & lele dan aneka minuman. Untuk rest area tersedia fasilitas gazebo yang dibangun diatas kolam-kolam ikan. Fasilitas lainnya adalah area outdoor meeting, toilet dan mushola.

Nah itulah berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu temui jika berkunjung ke Desa Wisata Ponggok. Bagaimana menurut kalian guys? Mumpung week end sebentar lagi, nggak ada salahnya kamu ajak teman-teman, pacar ataupun keluargamu untuk menghabiskan waktu di Desa Wisata Ponggok dengan bermain air dan melihat keindahan ikan yang berwarna-warni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *