Etika Dan Cara Unik Saat Makan Di Dunia

9 bulan lalu

Kalau makan jangan bersuara, mungkin itu salah satu etika saat makan yang ada di Indonesia, lalu bagaimana dengan negara lain? Setiap negara ternyata mempunyai etika makan yang berbeda-beda menurut budaya masing-masing. Di Jepang piring yang bersih setelah makan adalah bentuk penghargaan untuk mereka yang memasak, namun etika tersebut bisa berubah menjadi bentuk penghinaan jika kalian berada di China. Nah apa saja etika-etika saat makan yang ada didunia ini? yuk cari tau!

1. Kanada – Harus Kentut Setelah Makan

photo via : www.vix.com

Penduduk asli Kanada mempunyai etika yang sangat unik dan jauh dari pikiran kalian saat mereka selesai makan. Jika di Indonesia setelah makan kita mengucapkan syukur, beda halnya dengan penduduk asli Kanada. Mereka akan buang angin alias kentut setelah mereka selesai makan. Mereka percaya dengan cara tersebut mereka sudah mengapresiasi makanan yang telah ia makan sekaligus menghormati mereka yang telah memasak makanan tersebut. Waduhh, kalau di Indonesia udah dicap gak sopan nih!

2. Jepang – Menyeruput Makanan Berkuah

photo via : https://japantouchid.blogspot.co.id/2015/08/

photo via : www.chiamhuiy.com

Kalau kamu berkunjung ke restoran yang ada di Jepang atau berkesampatan menikmati masakan di rumah warga Jepang, maka kamu harus tau etika saat makan di negara sakura ini. Jika mereka menghidangkan makanan berkuah, ataupun mie, kalian harus pastikan menyeruput makanan tersebut sekeras mungkin yang kalian bisa. Dengan hal itu berarti kamu menikmati makanan yang disajikan. Selain itu pastikan piring dan mangkok kamu sudah bersih dari makanan sebelum kamu memutuskan untuk selesai makan. Karena jika piring dan mangkok makanan kamu dalam keadaan bersih tanpa makanan berarti kamu sangat menikmati sajian tersebut dan kamu mengapresiasi yang orang memasak makanan tersebut.

3. Timur Tengah dan India – Makan Harus Dengan Tangan Kanan

photo via : mannersaroundtheworld.wordpress.com

Senada dengan orang Indonesia, warga Timur Tengah dan India pun menganggap tangan kanan sebagai tangan yang baik untuk bekerja terutama untuk makan. Jadi jika kalian seorang kidal dan sedang atau akan mengunjungi daerah tersebut jangan sekali-kali makan dengan tangan kiri kalau kamu tak mau disebut sebagai pelancong yang tak sopan.

4. Korea Selatan – Mengambil Makanan Setelah Yang Dituakan Terlebih Dahulu Mengambil Makanan

photo via : kwonsoonwoo.wordpress.com

photo via : www.airvan.kr

Senada dengan Jepang, penduduk Korea Selatan juga sangat menjunjung tinggi tingkat kesopanan. Di Korea kalau makan harus memakai sumpit, makan benda sekecil apapun harus menggunakan sumpit kecuali untuk makanan berkuah baru diperbolehkan menggunakan sendok. Di Korea Selatan juga harus mendahulukan orang yang dituakan untuk mengambil makanan terlebih dahulu sebelum kita mengambil makanan untuk diri sendiri. Dan makanan yang kita ambil harus kita habiskan sampai di piring atau mangkok sudah tidak bersisa makanan sedikitpun. Karena jika ada sisa mereka akan menganggap hal tersebut suatu penghinaan. Nah jika kamu mengikuti jamuan minum dengan warga Korea, kamu harus tahu satu hal ini. Jika orang yang lebih tua menuangkan minuman ke gelas kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah memegang gelas dengan kedua tangan.

5. Italia – Dilarang Meminta Tambahan Keju

photo via : life1019.com

photo via : www.mafengwo.cn

Orang Italia terkenal dengan kecintaan dan penghargaan mereka terhadap makanan. Jika kamu menghadiri jamuan makan di Itali, dan saat kamu ditawari makan pertama kali, maka tolaklah, namun jika ditawari lagi untuk yang kedua kalinya, maka kamu harus menerimanya. Namun satu yang harus kamu perhatikan. jangan sekali-kali meminta tambahan keju karena akan menyinggung perasaan si pemilik rumah. Sudah rahasia umum bahwa di Italia menambahkan ekstra keju di makanan adalah dosa besar. Mau pada pizza, pasta, atau yang lebih buruk lagi jika kamu menambahkan keju di hidangan seafood. Ini dianggap sebagai hinaan pada Chef yang memasak hidangan tersebut.

6. Thailand – Dilarang Memasukan Makanan Ke Dalam Mulut Dengan Garpu

photo via : lustervilleandlobsters.com

photo via : www.videoblocks.com

Masyarakat Thailand biasa menyantap makanan mereka dengan sendok dan garpu. Hampir sama dengan cara makan orang Indonesia kebanyakan, namun yang membedakan adalah, kalau kita makan steak pasti garpu yang kita gunakan untuk memasukan daging ke mulut. Tapi orang Thailand ternyata adalah tindakan yang tidak sopan jika memasukan makanan ke mulut dengan garpu. Di sana garpu hanya digunakan untuk membantu mendorong makanan ke sendok. Selain itu, penggunaan sumpit juga jarang ditemukan karena dianggap repot. Wah bahaya nih kalau makan steak di Thailand!

7. China – Wajib Bersendawa Setelah Makan

photo via : www.thedailymeal.com

photo via : macaulay.cuny.edu

Berbeda dengan Indonesia yang menganggap bersendawa setelah makan adalah tindakan yang tidak sopan, namun bagi masyarakat China, hal itu sangat disarankan. Bersendawa setelah selesai menyantap makanan dianggap sebagai bentuk kepuasan seseorang terhadap makanan yang mereka santap. Bersendawa secara tidak langsung juga merupakan pujian kepada sang Chef. Di China juga diharuskan menyisakan sedikit makanan untuk menunjukkan bahwa sang Chef telah menyediakan makanan yang lebih dari cukup untuk kamu. Selain itu bila kamu makan nasi dengan sumpit di China, jangan pernah menusukkan sumpit kamu di nasi dalam keadaan tegak. Sebab itu akan mengingatkan mereka pada makanan yang diletakkan di depan altar.

8. Spanyol – Tradisi Sobremesa

photo via : www.qraved.com

Di Spanyol punya tradisi unik yang dilakukan setelah makan selesai. Tradisi tersebut dinamakan sobremesa yang dalam bahasa Inggris diartikan sebagai after dining atau setelah makan. Artinya masyarakat Spanyol percaya dan memegang teguh tradisi bahwa setelah menyantap makanan, mereka tak diperbolehkan langsung meninggalkan meja makan melainkan harus diam dulu hingga dirasa makanannya benar-benar telah masuk perut. Sembari menunggu makanan benar-benar turun ke perut, mereka biasanya mengobrol atau menceritakan sesuatu. Tradisi ini memang sudah sejak lama dilakukan masyarakat Spanyol, apalagi jika menikmati makan bersama bisa dipastikan semuanya akan sobremesa setelah makanan habis.

9. Jerman – Menghancurkan Kentang Dengan Garpu

photo via : www.wsj.com

Jerman memang dikenal sebagai negara yang menjadikan roti dan kentang sebagai makanan pokok. Dan salah satu keunikan tata cara makannya orang Jerman terletak pada waktu menyantap kentang. Kentang yang seringkali direbus sebelum disantap harus dihancurkan menggunakan garpu. Dan jika ada yang menghancurkan kentang dengan menggunakan pisau maka dianggap tidak memiliki sopan santun.

10. Inggris – Menyantap Asparagus Dengan Tangan

photo via : www.otherside.gr

Memang tak semua orang bisa dan mau makan dengan menggunakan tangan kosong, namun di Inggris yang semua penduduknya memang makan menggunakan sendok, garpu dan pisau untuk makan, ada satu jenis makanan yang harus mereka makan menggunakan tangan kosong. Makanan tersebut adalah asparagus. Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang sering diolah menjadi makanan di Eropa. Mereka memotong bagian pangkal asparagus yang memang teksturnya lebih keras dibandingkan yang lain dengan tangan kemudian mengunyah bagian lainnya. Sementara asparagus dinikmati, bagian pangkal yang telah dipotong tadi tetap ditaruh di atas piring hingga makan selesai. Tata cara seperti ini sudah sejak lama dipakai oleh masyarakat Britania Raya, Inggris.

11. Rusia – Dilarang Menaruh Siku Tangan Di Pangkuan

photo via : www.cbs.com

Dirusia, menaruh siku tangan di pangkuan saat makan akan dianggap tidak sopan. Maka dari itu jika kalian berkunjung kesalah satu restoran di Rusia jangan lupa untuk selalu menaruh siku tangan diatas meja. Selain itu pastikan kalian meletakkan garpu di tangan kiri dan pisau ditangan kanan.

12. Ethiopia – Makan Bersama-sama Dari Satu Piring Ukuran Besar

photo via : www.nazret.com

Di Ethiopia sepertinya tidak ada warganya yang akan sendirian dan kesepian saat makan. Pasalnya di negara ini makanan selalu disajikan dengan satu piring besar, di mana semua orang menyantap makanan dari piring tersebut bersama-sama dengan menggunakan tangan. Sedangkan jika menyantap makanan menggunakan piring individual dianggap mengotori piring dan menyia-nyiakan makanan.

13. Portugal – Dilarang Meminta Tambahan Garam Dan Merica

photo via : www.lostateminor.com

Kalau kalian beli nasi goreng ataupun beli bakso, sudah biasa jika rasanya kurang dilidah, kalian akan meminta tambahan sambal atau garam. Namun berbeda dengan Portugal. Di negara ini, jika garam dan merica tidak tersedia di meja, jangan memintanya kepada pelayan. Hal tersebut akan menyinggung sang Chef karena kamu dianggap tidak menghargai kemampuannya dalam membumbui masakan.

14. Belanda – Mendahulukan Wanita

photo via : jollybright.com

Makan malam merupakan kegiatan yang dianggap spesial oleh orang Belanda. Saat jamuan makan di Belanda, pria umumnya tetap berdiri sampai semua wanita telah duduk di kursi masing-masing. Inikah yang dinamakan ladies first?

15. Meksiko – Makan Taco Harus Menggunakan Tangan

photo via : downtrend.com

Meksiko terkenal dengan makanan khasnya yaitu Taco, hidangan ini mirip seperti burger namun menggunakan roti prata. Dalam menyantap Taco, ada hal yang harus kamu perhatikan. Di Meksiko, taco harus dimakan menggunakan tangan, jika ada yang makan taco menggunakan sendok atau garpu, orang itu akan dianggap aneh.

16. Tanzania – Jangan Datang di Jamuan Makan Malam Tepat Waktu

photo via : www.jewajua.com

Di Indonesia orang yang suka datang ngaret pasti di cap tidak profesional ataupun di cap jelek dengan orang-orang sekitarnya. Begitupula dengan di Tanzania. Di Tanzania menghadiri jamuan makan malam dengan tepat waktu itu dianggap kurang sopan. Maka dari itu masyarakat Tanzania akan menghadiri jamuan makan malam sebelum jam janjian kira-kira 15 atau 30 menit sebelum acara dimulai.

17. Chile – Makan Harus Pakai Sendok dan Garpu Atau Pisau

photo via : www.thedailymeal.com

Etika makan orang-orang Chile mangharuskan kamu malan menggunakan garpu, sendok atau pisau. Memang tak ada yang aneh secara orang Indonesia juga makan dengan sendok dan garpu. Namun di Chile makan dengan sendok dan garpu itu wajib hukumnya dan kamu juga gak boleh makan dengan tangan secara langsung walaupun kamu sedang makan kentang goreng.

18. Arab Saudi – Makan Bersama-sama Menggunakan Wadah Besar

photo via : www.ohmymedia.cc

Mirip dengan Ethiopia, Masyarakat Arab Saudi juga sangat menyukai makan menggunakan wadah besar, kemudian mereka makan secara rame-rame di meja yang sangat panjang, dan salah satu kebiasaan lain ialah makan sambil ngobrol. Mereka menganggap jika makan sambil ngobrol sangat terasa hangat antara ikatan sesama sehingga rasa makanan pun terasa lebih nikmat.

19. Filipina – Harus Menunggu Ajakan Makan

photo via : philippinesnow.com.ph

Mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk menerima ajakan makan di salah satu warga Filipina, Pasalnya di Filipina, kamu tidak boleh sembarang makan jika belum diminta untuk makan malam. Kamu juga harus menunggu untuk diberi tahu di mana tempat duduk makan dan menunggu lagi untuk diberi tahu kapan harus mulai makan. Jika kamu ingin menambah makanan, kamu juga harus menunggu sampai tuan rumah menawarkan tambahan.

20. Perancis – Dilarang Meletakkan Tangan Di Bawah Meja

photo via : www.ateliersavoirvivre.com

Senada dengan Rusia, Kebiasaan meletakkan tangan d​i bawah meja merupakan perbuatan yang kurang sopan bagi warga Perancis. Letakkan kedua tangan di atas meja, sehingga semua orang dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh tangan kamu. Saat tangan tidak memegang sendok atau garpu, sebaiknya tetap meletakkan tangan di​ ​atas meja. Pastikan siku tangan tidak ikut menempel kebagian atas meja.