Inilah 9 Badan Intelijen Terbaik Dunia

1 tahun, by blogunik

Daftar Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah

Setiap negara pastinya memiliki badan yang menangani urusan intelijen, dimana agen rahasia ini memiliki segudang tugas mulai dari menggali informasi, mencuri data, menjadi mata-mata bahkan menjalankan operasi khusus demi kepentingan bangasnya sendiri. Karena agen rahasia ini memiliki pekerjaan yang rahasia sehingga agen rahasia ini biasanya dirahasiakan keberadaannya dari masyarakat umum. Di seluruh dunia pastinya setiap negara memiliki agen rahasia tersendiri dan ada beberapa negara yang dikenal memiliki agen rahasia terhebat sepanjang sejarah dan tentunya kamu harus mengetahui agen rahasia dari mana sajakah itu. Berikut ini daftar agen rahasia terhebat sepanjang sejarah

1. CIA – Amerika Serikat

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - CIA

Photo via en.wikipedia.org

CIA ( Central Intelligence Agency) adalah salah satu badan intelijen atau agen rahasia pemerintah Amerika Serikat, sebagai lembaha eksekutif CIA ini berada dibawah Director of National Intelligence. Markas CIA ini teletak di Langley, Virginia yang berada di sebelah barat Washington D.C. CIA ini memiliki 3 aktivitas utama yaitu mengumpulkan informasi seputar pemerintah asing, perusahaan dan individu, menganalisis informasi tersebut beserta hasil intelijen dari badan intelijen A.S lainnya untuk menghasilkan penilaian intelijen keamanan nasional yang diajukan kepada para pembuat kebijakan senior Amerika Serikat dan melaksanakan atau mengawasi aktivitas tertutup dan beberapa operasi taktis oleh karyawannya sendiri, anggota militer AS atau rekan lainnya atas permintaan Presiden Amerika Serikat.

2. MI6 – Inggris

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - MI6 Logo

Photo via commons.wikimedia.org

MI6 (Military Intelligence, Section 6) atau dikenal sebagai Secret Intelligence Service adalah sebuah badan intelijen eksternal Britania Raya, dimana agen rahasia ini bekerja dibawah arahan Komite Intelijen Gabungan dan bekerja sama dengan Dinas Keamanan, Markas Komunikasi Pemerintah dan Staf Intelijen Pertahanan. MI6 ini dibentuk pada tahun 1909 sebelum perang dunia kedua dan bermarkas di gedung SIS Building, London. MI6 ini hampir sama dengan CIA yang suka mencampuri urusan negara lain dan kemudian melakukan trik-trik agar hal tersebut berbuah keuntungan bagi negeri sendiri. Ada salah satu misi kontroversial mereka yaitu penggulingan Iran ketika itu menasionalisasi tambang minyak yang kepemilikannya ada di tangan seorang Menteri Inggris. MI6 pun melancarkan strateginya hingga akhirnya berbuah runtuhnya pemerintahan Mossadeq.

3. ISI – Pakistan

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - ISI

Photo via soldiers.pk

Pada tahun 1947 Pakistan membentuk dua lembaga intelijen dimana Intelligence Bureau (IB) dan Military Intelligence (MI). Lemahnya kinerja MI dalam pertukaran informasi intelijen antara Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara mendorong dibentuknya ISI (Inter Services Intelligence). ISI (Inter Services Intelligence) adalah badan intelijen terbesar dan terkuat di Pakistan, badan intelijen ini personilnya terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. ISI awalnya berperan dalam pengumpulan intelijen internal dengan pengecualian dari North-West Frontier dan Azad Kashmir. Kemudian didalam perkembangannya ISI mengkhususkan diri dalam pengumpulan, analisis dan penilaian intelijen eksternal baik militer ataupun non-militer. Pada tahun 1950-an kerika Pakistan dipimpin oleh Ayub Khan, peran ISI dan MI semakin diperluas termasuk di dalam melakukan pemantauan terhadap para politisi oposisi dan mempertahankan kekuasaan militer di Pakistan.

4. BND – Jerman

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - BND

Photo via en.wikipedia.org

BDN atau Federal Intelligence Service adalah badan intelijen luar negeri Republik Federal Jerman, dimana BND saat ini menjadi pemain kunci dalam perekonomian, politik, kelompok pertahanan dan populasi yang semuanya berujung pada peningkatan kesejahteraan hidup Eropa. BND ini menetapkan prioritas utama dalam cakupan tugasnya yaitu penggunaan teknologi, terorisme internasional, kejahatan internasional, peredaran senjata internasional dan imigrasi illegal. Tak hanya itu saja, BND juga dilengkapi dengan kewenangan penegakan hukum dalam memerangi terorisme dan ancaman lainnya. BND juga memberikan kontribusi penting bagi keamanan luar negeri, termasuk memberikan jaminan perlindungan bagi warga negaranya yang menetap di luar negeri dan memberikan dukungan bagi militer Jerman dalam menjalankan misinya di luar negeri. BND juga bertugas memberikan informasi dan nasihat kepada Pemerintah Federal terutama dalam masalah politik dan kebijakan luar negeri yang berbasis pada kepentingan global dan integrasi kerjasama internasional.

5. GRU – Rusia

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - GRU

Photo via worldinfacts.blogspot.com

GRU adalah singkatan dari bahasa Rusia ГРУ yang merupakan singkatan dari “Гла́вное Разве́дывательное Управле́ние” (Glavnoje Razvedyvatel’noje Upravlenije) yang artinya Dirrrektorat Intellijen Utama. GRU sendiri adalah badan intelijen terbesar Rusia, dimana badan ini memiliki enam kali jumlah agen di luar negeri dibandingkan dengan SVR yang merupakan penerus dari KGB. GRU ini dibentuk pada tahun 1918 dan sudah melakukan ratusan bahkan ribuan kali aksi spionase dan dalam melakukan tugasnya GRU selalu mempunyai dukungan kuat, bukan hanya dari tentara-tentara spesial Rusia namun juga peralatan canggihnya. GRU sendiri sering disebut-sebut oleh Amerika Serikat dan Eropa sebagai biang keladi dari aksi peretasan. GRU sendiri memiliki lambang kelelawar hitam yang terbang diatas bola dunia, GRU sendiri beroperasi pada malam hari diseluruh dunia secara rahasia.

6. RAW – India

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - RAW.jpg

Photo via en.wikipedia.org

RAW ( Research and Analysis Wing) adalah agen intelijen yang menaruh fokus dalam spionase terhadap Cina dan Pakistan. Agen intelijen ini dibentuk atas kekecewaan India terhadap kualitas intelijen yang masih tertinggal dengan negara lain terutama Tiongkok. Pada tahun 1968 agen ini dibentuk sebagai lembaga spesial dan independen yang fokus untuk operasi intelijen internasional. Agen intelijen yang dipimpin pertama kali oleh Rameshwar Nath Kao, RAW berkembang pesat menjadi salah satu dinas agen yang paling berpengaruh di dunia.

7. Mossad – Israel

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - Mossad

Photo via en.wikipedia.org

Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim adalah dinas rahasia Israel dan sering disingkat dengan Missad, operasinya terutama mengawasi bangsa-bangsa dan organisasi Arab di seluruh dunia. Mossad sendiri menjadi salah satu dinas intelijen terbaik dan tersukses di dunia dimana ia mampu mengacak-acak negara. Lembaga ini bertanggung jawab untuk intelijen, misi penyamaran dan kontra teroris dan Mossad juga bertanggung jawab atas pemindahan warga Yahudi keluar dari Suriah, Iran dan Ethiopia. Selain itu, agen-agennya juga aktif dalam pembentukan sejumlah negara komunis di Barat dan PBB.

8. MSS – China

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - MSS

Photo via en.wikipedia.org

Ministry of State Security (MSS) adalah agen rahasia Tiongkok yang paling terkenal dan paling kuat dan bisa dikatakan lembaga yang paling tertutup di dunia. MSS ini melakukan aksi mata-mata dengan cara meretas komputer dan pada tahun 2018 Departemen Kehakiman Amerika Serikat menangkap dua peretas yang bertindak atas nama MSS yang telah mencuri data rahasia negara. MSS ini bisa dikatakan perpaduan antara FBI dan CIA karena melakukan operasi domestik maupun asing atas nama keamanan nasional dan MSS ini tidak memiliki daftar kontak apapun dan situs web resmi. MSS ini memiliki tugas utama untuk melacak dan menghilangkan musuh-musuh Partai Komunis China dan agen rahasianya ini juga menyamar dengan sangat baik sebagai pengusaha, pegawai bank hingga jurnalis di hampir semua titik diseluruh dunia.

9. NSA – Amerika Serikat

Agen Rahasia Terhebat Sepanjang Sejarah - NSA

Photo via en.wikipedia.org

Nasional Security Agency atau NSA adalah agensi kriptografi milik Amerika Serikat dimana bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis komunikasi negara lain serta melindungi informasi milik Amerika Serikat. NSA mengkoordinasi, mengarahkan dan menjalankan aktivitas-aktivitas istimewa bertujuan untuk mengumpulkan informasi intelijen dari luar negeri terutama menggunakan kriptoanalisis. Tak hanya itu saja, NSA juga melindungi komunikasi pemerintah dan sistem informasi di AS dari agensi lainnya yang melibatkan kriptografi tingkat tinggi. NSA juga merupakan komponen kunci dari Komunitas Intelijen Amerika Serikat yang dipimpin oleh Direktur Intelijen Nasional.

Itulah beberapa daftar agen rahasia terhebat sepanjang sejarah, di Indonesia sendiri juga terdapat badan intelijen yang bernama BIN. Meskipun saat ini kita belum bisa masuk ke daftar diatas, tapi bukan tidak mungkin nanti suatu saat kekuatan agen intelijen Indonesia bisa bersaing dengan agen-agen rahasia diatas.

Artikel Terkait