Fakta Unik Dan Menarik Pulau Komodo

    Traveling, Gaya Hidup, Alam

Indonesia memiliki ribuan pulau, salah satunya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo terletak di wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki potensi wisata yang sangat besar, selain itu menjadi satu-satunya habitat asli bagi komodo. Pulau komodo menjadi salah satu tujuan wisatawan dalam negeri atau luar negeri. Selain sebagai destinasi wisata, Pulau Komodo juga memiliki sejuta pesona yang akan membuat kamu terpana. Berikut ini fakta unik dan menarik Pulau Komodo :

1. Habitat Hewan Purba

Photo via : https://www.pitara.com

Pulau Komodo merupakan habitat bagi hewan purba yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, salah satunya adalah Komodo. Di Pulau Komodo terdapat sekitar 2.500 ekor komodo yang masuk dalam IUCN Red List of Threatened Species.

 

2. Situs Warisan Budaya

Photo via : http://blog.reservasi.com

Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu warisan dunia. Hal ini didasari atas keindahan bentang alam di Pulau Komodo yang memiliki fenomena dan estetika yang langka. Pada tahun 1977, Pulau Komodo juga ditetapkan sebagai salah satu Cagar Manusia dan Biosfer.

 

3. Tujuan Wisata dan Penelitian

Photo via : http://www.thejakartapost.com

Keindahan alam di Pulau Komodo, menjadikan Taman Nasional Komodo ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai tempat wisata, pulau ini juga dijadikan lokasi dan objek penelitian para ilmuan dari berbagai negara. Para ilmuan ini tertarik untuk meneliti perkembangan ecolusi komodo dari masa ke masa.

 

4. Salah Satu Dari 7 Keajaiban Dunia

Photo via : asiawebdirect.com

Pulau Komodo ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia pada tahun 2011. Hasil ini ditetapkan berdasarkan hasil voting yang diikuti oleh seluruh masyarakat dunia. Bahkan Pulau Komodo mendapatkan suara terbanyak.

 

5. Sangat Mudah Menemukan Komodo

Photo via : http://whatkateandkrisdid.com

Namanya saja Pulau Komodo, jadi pastinya kebanyakan hewan inilah yang ada. Binatang ini biasanya berada di sekitar pantai atau pinggir jalan. Jangan pernah kamu berjalan sendirian dikawasan ini karena berbahaya, jika ingin melihat komodo mintalah kepada pemandu tur disana untuk membantu kamu.

 

6. Termasuk Dalam 10 Besar Destinasi Terbaik Di Dunia

Photo via : http://loyalkomodotour.com

Majalah National Geographic edisi Juli 2017 menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu destinasi terbaik di dunia. Pulau Komodo termasuk dalam 10 besar dari 100 destinasi di dunia.

 

7. Memiliki Garis Pantai Yang Indah

Photo via : flickr.com

Pulau Komodo juga memiliki wisata pantai yang tak kalah indahnya, salah satunya adalah Pantai Merah atau Pink Beach. Biasanya di pantai berpasir coklat atau putih, namun disini berwarna pink. Di dunia hanya ada 7 pantai yang berpasir pink salah satunya Pulau Komodo. Warna ini katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur.

 

8. Memiliki Perairan Laut Yang Dingin Sekaligus Panas

Photo via : youtube

Pulau Komodo merupakan pulau tempat bertemunya air mengalir ke Utara dan Selatan. Perairan Utara adalah wilayah perairan hangat dari pertemuan antara Laut Banda dan Laut Flores sedangkan perairan Selatan merupakan perairan dingin dari arus Samudera Indonesia.

 

9. Memiliki Ekosistem Laut Yang Kaya

Photo via : http://info-tujuanwisata.blogspot.co.id

Keindahan Pulau Komodo juga terlihat dari pemandangan bawah lautnya, Pulau Komodo merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyelam. Hal ini karena banyaknya biota laut yang ada disana. Kamu bisa melihat sekitar 253 spesies karang pembentuk terumbu, 70 spesies sponge dan lebih dari 1.000 spesies ikan. Selain itu terdapat juga hewan langka seperti dugong, jiu, 14 jenis paus, lumba-lumba dan beberapa jenis kura-kura.

 

10. Pulau Komodo Memiliki Campuran Spesies Asia dan Australia

Photo via : http://www.wildernesstravel.com

Pulau Komodo memiliki campuran spesies hewan yang berasal dari Asia dan Australia karena berada satu lempeng yang sama. Setidaknya ada 277 spesies diantaranya 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, 37 spesies reptil dan 25 spesies hewan darat dan burung. Spesies-spesies tersebut termasuk kedalam kelompok yang diindungi karena jumlahnya sangat terbatas..

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >