Film Animasi Terbaik Indonesia, Yang Gak Kalah Dari Animasi Luar Negeri

1 tahun lalu

Film animasi memang memiliki daya tariknya tersendiri untuk menghibur para penggemarnya. Dari anak-anak hingga dewasa, semua menyukai film animasi walaupun berbeda cerita dan genre. Dari sekian banyak animasi, beberepa negara telah mengeluarkan masing-masing animasi khas mereka yang sukses dikancah dunia, seperti Malaysia dengan Upin dan Ipin dan sebagainya, India dengan Shiva dan sebagainya, Jepang dengan Doraemon dan sebagainya, Sedangkan Amerika dengan berbagai jenis film animasi yang kita tahu dari 2D hingga 3D, seperti Toy Story, Finding Nemo, Minions, Frozen dan masih banyak lagi.

Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia juga telah mulai berani menunjukan kemampuannya dalam memproduksi film animasi. Walaupun tak setenar film animasi dari negara lain, namun film animasi produksi Indonesia ini pantas di apresiasi dan patut dibanggakan. Pasalnya, film-film animasi Indonesia yang kini ikut meramaikan program tv Indonesia ini bukan hanya sekedar imajinasi dan fantasi, namun juga secara tak langsung mengajarkan budi pekerti yang baik untuk para penontonnya. Nah animasi Indonesia apa saja itu? Yuk cek langsung!

1. Adit & Sopo Jarwo

photo via : http://www.mdentertainment.co

Film animasi Indonesia yang hingga kini masih tayang di salah satu satsiun tv swasta Indonesia ini memang sangat menarik untuk ditonton. Mengangkat tema kehidupan sehari-hari yang khas dari sebuah perkampungan di Indonesia membuat film animasi karya anak bangsa ini mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Selain itu ceritanya yang penuh pesan moral juga menjadi salah satu daya tarik kenapa Adit & Sopo Jarwo pantas di tonton dan disebut sebagai salah satu film animasi Indonesia terbaik. Kalau kamu punya adik atau anak yang masih kecil, maka tontonan yang paling tepat untuk mereka adalah Adit & Sopo Jarwo.

2. Meraih Mimpi

photo via : www.bukalapak.com

Film animasi yang rilis tahun 2009 silam ini merupakan film animasi 3D pertama Indonesia berjenis musical yang tayang di leyar lebar. Film animasi Meraih Mimpi ini merupakan lokalisasi dari film Sing to the Dawn (2008) yang pertamakali rilis di Singapura. Versi film lokalisasi ini diisi suaranya oleh banyak orang terkenal di Indonesia. Mulai dari Uli Herdinansyah, Surya Saputra, Shanty, Cut Mini Theo, Indra Bekti, Jajang C. Noer, Gita Gutawa dan Patton Otlivio Latupeirissa. Film Meraih Mimpi ini sendiri mengisahkan tentang seorang anak perempuan dan keluarga yang menyayangi binatang dan lingkungan dengan tidak pernah berhenti untuk bermimpi dan berjuang.

3. Battle Of Surabaya

photo via : www.mldspot.com

Siapa yang udah nonton film animsi Battle Of Surabaya pasti setuju bahwa film animasi satu ini layak disebut sebagai salah satu film animasi produksi Indonesia terbaik. Battle of Surabaya sendiri mengisahkan tentang Musa, pemuda tukang sepatu yang menjadi kurir bagi para pejuang Surabaya saat peristiwa 10 November 1945. Ceritanya memang hanya fiksi, namun banyak juga pahlawan nasional yang ikut tampil atau disebut dalam film ini. Film yang digarap oleh MSV Pictures ini memiliki kualitas grafis yang memukau, sehingga bisa meraih berbagai penghargaan di dunia perfilman Internasional. Termasuk berbagai penghargaan di ajang INAICTA 2012 dan International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013. Walaupun dari segi visual dan cerita belum sempurna, namun film ini masih sangat direkomendasikan untuk ditonton sebab film animasi Indonesia satu ini sangat penuh pesan morah dan kental tentang semangat cinta tanah air dan perdamaian.

4. Pada Suatu Ketika

photo via : youtube.com

Pada Suatu Ketika mungkin tidak bisa dikatakan sebuah film, pasalnya, animasi ini hanya berdurasi 4 menitan. Walaupun merupakan animasi pendek, namun animasi karya anak bangsa ini bukan hanya sukses di dalam negeri, namun juga mendapatkan banyak review positif dari dunia Internasional. Pada Suatu Ketika berlatar belakang kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari pasar, pemukiman padat penduduk dan berbagai peristiwa di dalamnya. Yang menjadi daya tariknya adalah, Pada Suatu ketika menyelipkan konsep unik di mana bajaj, kopaja dan bus bisa berubah menjadi robot seperti Transformer. Tidak mengherankan apabila Pada Suatu Ketika pantas masuk dalam daftar film animasi Indonesia terbaik.

5. Petualangan Si Adi

photo via : http://lspainaki.com

Petualangan Si Adi merupakan film animasi yang mengisahkan tentang Adi, siswa SMK yang memiliki jiwa mandiri dan tagas. Adi berusaha menyadarkan ayahnya yang berubah menjadi jahat setelah pergi merantau. Film ini berdusari sekitar 90 menitan dan sempat tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Petualangan Si Adi merupakan film animasi lokal yang digarap oleh 50 siswa terpilih dari 10 SMK di Indonesia. Tapi walaupun bukan dibuat oleh orang-orang profesional, namun film ini masih layak ditonton dan tidak kaku.

6. Hebring

photo via : bastiancupu.blogspot.co.id

Kalau di Amerika punya The Power Puff Girls, maka Indonesia punya Hebring. Super hero Hebring, mungkin telah dikenal oleh sebagian orang yang mengikuti ceritanya di komik cetak maupun online. Main Studios selaku kreator Hebring, juga mengangkat cerita ini dalam video animasi 3D. Film animasi Hebring ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang menemukan baju super di luar desanya. Baju super tersebut ternyata dapat mengeluarkan potensi dan harapan Hebring yang terbesar, yaitu menolong orang lain. Dengan baju tersebut Hebring pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya. Ditemani teman-teman yang baru ditemuinya, mereka menjadi rekanan dalam menumpas kejahatan di ibukota. Hebring yang awalnya hanya berupa video singkat di youtube, akhirnya berhasil tayang menjadi serial pendek yang sempat tayang stasiun TV Indonesia dengan judul “Hebring Shoryudo”.

7. Tendangan Halilintar

photo via : http://sp.beritasatu.com

Film animasi karya anak bangsa selanjutnya adalah Tendangan Halilintar. Film animasi ini diproduksi oleh MD Animation, mengsahkan tentang dua orang kakak beradik yang sering bermain bola di atas papan permainan. Namun bukan bermain bola beneran, melainkan hanya permainan ‘bola-bolaan’ yang menggunakan imajinasi mereka. Dari imajinasi merekalah tercipta kekuatan-kekuatan unik yang mereka gunakan ketika bermain bola. Salah satunya adalah tendangan halilintar.

8. Uwa & Friends Indonesia

photo via : youtube.com

Jika di luar negeri punya Dora the explorer, maka Indonesia punya Uwa Dan Rimba yang penuh dengan edukasi. Uwa dan Rimba Indonesia adalah animasi yang sangat cocok untuk ditonton anak-anak. Film animasi edukasi ini mengisahkan tentang tiga Satwa khas Indonesia, yaitu Orang Utan, Badak Bercula Satu dan Harimau Sumatera. Selain memberikan banyak edukasi terkait flora dan fauna di Indonesia, Uwa dan Rimba juga memiliki cerita yang sangat seru dan menghibur. Banyak juga pesan moral yang bisa didapatkan anak-anak dengan menonton Uwa dan Rimba Indonesia. Penggambaran tokoh animasinyapun sangat lucu dan menarik.

9. Binekon

photo via : www.kaorinusantara.or.id

Satu lagi karya Animasi buatan Animator lokal Indonesia. Dengan mengusung spirit idealisme Nusantara dengan ideologi Pancasilanya yang mampu mempersatukan seluruh budaya yang terdapat di bumi khatulistiwa ini. Binekon atau Bhinneka Ikon, adalah sebuah serial animasi yang didedikasikan untuk anak-anak. Memberikan pilihan dan sekaligus menyadarkan para orang tua, agar memilih hiburan dan tayangan yang layak bagi anak-anak mereka. Dipenuhi pesan moral dan kaya akan konten lokal. Bertujuan untuk membangun generasi penerus yang jujur dan penuh percaya diri, serta menghargai sesama. Mengenalkan budaya bangsa Indonesia ke mancanegara, dengan sebuah format baru dan unik.

10. Kuku Rock You

photo via : youtube.com

Kukurockyou menceritakan kisah seorang ayam bekisar bernama Jagur yang berprofesi sebagai penyanyi rock. Meskipun hasrat dan jiwanya menggebu, Jagur sebenarnya terbilang rocker pemula. Bersama Siyap, pengelana gembel yang menjadi kawan setianya, jagur semakin percaya diri untuk mengukuhkan gelarnya sebagai seorang rockstar sejati, meskipun pesaing muncul bertebaran dimana-mana. Animasi series ini sangat layak di tonton, karena sangat menghibur.

11. Keluarga Somat

photo via : http://www.indosiar.com

Siapa nih yang setiap pagi nonton Keluarga Somat? Film animasi Indonesia satu ini memang sudah tayang disalah satu stasiun tv swasta Indonesia. Ceritanya yang ringan dan lucu membuat film animasi seri ini cocok ditonton bersama keluarga. Keluarga Somat mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari keluarga Bapak Somat, Bu Inah dan kedua anaknya, yaitu Dudung dan Nunung. Tak kalah dengan Adit & Sopo Jarwo, Keluarga Somat juga cukup populer karena mengangkat kisah kehidupan sehari-hari yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Ditambah balutan komedi dan pesan moral, membuat animasi Keluarga Somat pantas untuk kamu tonton.

12. Si Entong

photo via : http://www.mncanimation.com

Entong adalah serial animasi Indonesia buatan MNC Animation yang ditayangkan oleh MNC TV. Serial animasi ini diadaptasi dari sinetron Si Entong yang pernah ditayangkan di TPI. Animasi Entong dibalut komedi khas Betawi yang kaya dengan slaptick. Entong mengisahkan kehidupan bocah berusia 10 tahun yang tinggal di salah satu kampung di Jakarta, anak seorang janda bernama Fatimah. Entong sehari-hari selalu menghadapi Memet cs yang sering menjahilinya.

13. Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir

photo via : http://www.21cineplex.com

Si Juki merupakan film animasi Indonesia terbaru yang diproduksi oleh Falcon Pictures. Film animasi ini tayang pada 28 Desember 2017 di seluruh bioskop Tanah Air. Siapa yang udah nonton nih? Si Juki sendiri mengisahkan tentang Juki yang mempunyai karakter yang anti mainstream sebagai hero Indonesia. Diceritakan, Juki dan teman-temannya akan pergi ke luar angkasa untuk menghancurkan asteroid yang akan menghantam bumi. Walaupun tidak seterkenal Sailor Moon, dari Jepang, namun Si Juki sangat layak untuk ditonton, dan tak kalah menarik dengan animasi dari luar negeri lainnya.

Facebook Comments

Baca Juga