Pilihan Franchise Makanan dan Minuman Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil di Indonesia

Dibuat oleh blogunik

Hanya mengandalkan penghasilan bulanan rasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang kian meningkat seperti sekarang ini. Apalagi penghasilan yang kita terima setelah sebulan bekerja tergolong pas-pasan, sehingga hanya cukup untuk membayar cicilan dan kebutuhan pangan sehari-hari saja.

Nah salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan yang kini kian banyak peminatnya adalah dengan menjalankan bisnis franchise. Bisnis franchise sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki bisnis sampingan namun tidak memiliki ide dan tidak bisa meluangkan semua waktu kamu karena main job yang kamu geluti.

Buat kamu yang belum tahu, bisnis franchise atau dikenal juga dengan nama bisnis waralaba ini sendiri merupakan sistem atau metode ketika kamu membuka bisnis baru, namun menggunakan merek dagang atau brand yang sudah ada. Misalnya McDonald’s, Dunkin’ Donuts, 7-Eleven, Pizza Hut, Circle K dan lainnya.

Dengan menggunakan merek atau brand yang sudah ada, memungkinkan kamu untuk lebih mudah mengembangkan bisnis. Bahkan bisa dibilang bisnis franchise ini merupakan cara cepat untuk mendapat keuntungan, tanpa harus repot dengan kegiatan membangun brand.

Namun walaupun bisnis franchise kelihatannya mudah karena kamu tidak perlu menyiapkan semuanya sendiri, namun tetap ada modal yang harus kamu keluarkan untuk membayar nama dan bahan-bahan yang sudah disediakan. Modal yang dikelaurkan pun bervariasi ada yang memang besar ada pula yang bermodal kecil namun menguntungkan.

Buat kamu yang memiliki modal kecil dan tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, berikut ini Blog Unik berikan beberapa pilihan bisnis franchise makanan dan minuman paling menguntungkan dengan modal kecil di Indonesia. So let’s check it out guys!

16 Franchise Makanan dan Minuman di Indonesia

1. Mister Jagung Manis – Rp 3,5 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via franchisejagungmanismister.blogspot.com

Bisnis franchise makanan dengan modal kecil namun menguntungkan yang bisa kamu coba adalah bisnis franchise Mister Jagung Manis. Mengingat harga jagung yang lumayan terjangkau dan sebagian besar penduduk Indonesia menyukai jagung apalagi jagung pipilan yang telah diberi aneka topping, tentu bisnis kuliner satu ini sangat menjanjikan. Terbukti, hingga saat ini, Mister Jagung Manis masih tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Untuk dapat menjalankan bisnis satu ini, kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp 3,5 juta. Dengan biaya Rp 3,5 juta, kamu akan mendapatkan sebuah booth, baner standing, kompor, panci, peralatan membuat cupcorn, serta bahan baku awal lengkap dengan toppingnya. Bisnis satu ini mengklaim setiap mitranya mampu kembali modal dalam waktu tiga bulan dengan estimasi menjual 35 cup per hari. Omzet yang diperoleh pun nggak main-main, kamu diperkirakan akan mendapat sekitar Rp 3,3 juta dengan laba bersih sekitar 40%.

2. Dokar (Donat Bakar) – Rp 7,5 juta – Rp 9,3 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via elianryanta.blogspot.com

Sepertinya tak ada yang bisa menolak kelezatan donat. Apalagi saat ini ada begitu banyak varian donat dengan berbagai topping dan isian. Salah satu model donat yang digemari banyak pecinta kuliner manis adalah Donat Bakar alias Dokar. Yup Dokar merupakan pioner donat bakar yang menyajikan donat yang tak hanya digoreng, namun juga dibakar sebelum disajikan.

Bisnis franchise Dokar ini telah ada sejak 2008 dan telah memiliki lebih dari 66 cabang di seluruh Indonesia. Gerai donat ini menyediakan donat bakar dengan 42 varian rasa yang tentunya akan memanjakan lidah. Mengingat kuliner manis ini sangat digemari, tentu bisnis franchise Dokar sangat menjanjikan untuk kamu coba.

Untuk bisa bergabung sebagai mitra, kamu harus mengeluarkan budget mulai Rp 7,5 juta – Rp 9,3 juta. Paket usaha yang ditawarkan ini telah mencakup peralatan berjualan, seperti booth, x-banner menu, kompor, tabung gas, seragam karyawan, hingga bahan training. Kamu tinggal menjalankan usahanya saja. Dengan bahan baku berkualitas, Dokar mengklaim setiap mitranya mampu meraup Rp 11 juta – Rp 15 juta per bulan. Wow, menggiurkan bukan?

3. Bakso Benhil – Rp 4 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via traveloka.com

Nah buat kamu pecinta bakso, nggak ada salahnya membuka bisnis sesuai dengan makanan yang kamu suka. Salah satu franchise bakso yang menguntungkan dengan modal yang kecil adalah Bakso Benhil. Sesuai namanya, produk utama yang dijual Bakso Benhil adalah bakso dan bakmi ayam. Untuk menu bakso-nya meliputi bakso daging/halus, bakso urat, bakso besar, bakso super jumbo. Sedangkan untuk menu lainnya meliputi mie ayam, bakmi yamin, bakmi ayam, ayam goreng hingga bebek goreng.

Buat kamu yang berminat dengan bisnis franchise Bakso Benhil ini, kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp 4 juta. Kamu akan diberikan pelatihan dalam menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan profit, hingga strategi promosi. Menariknya, kamu tidak diwajibkan menggunakan perlengkapan memasak dari paket franchise, sehingga bisa menghemat banyak biaya. Itulah mengapa biaya franchise Bakso Benhil terhitung terjangkau. Selain itu, kamu tidak akan dikenakan biaya royalti saat bermitra dengan Bakso Benhil.

Jangan takut kena masalah izin, pasalnya Merek dagang Bakso Benhil telah terdaftar di Ditjen HKI (hak kekayaan intelektual). Izin sertifikat halal dari MUI pun telah dikantongi, jadi lebih terpercaya.

4. Candy Crepes – Rp 6,7 juta- Rp 9,8 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via bukalapak.com

Bisnis waralana selanjutnya yang menjanjikan keuntungan besar adalah Candy Crepes. Crepes sendiri merupakan camilan favorit banyak orang karena teksturnya yang renyah dan beragam topping menggugah selera. Jadi bisnis franchise Candy Crepes ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin memulai bisnis kuliner.

Dengan modal awal Rp 6,7 juta hingga Rp 9,8 juta, Candy Crepes menawarkan 3 paket usaha yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih mana paket usaha yang paling sesuai dengan keadaan budget kamu. Yang jelas, kamu akan mendapatkan perlengkapan hingga training sampai kamu siap jualan.

Menariknya Candy Crepes menawarkan sistem no royalty fee alias bebas biaya royalti. Dimana artinya semua keuntungan hasil penjualan 100% milik kamu atau tidak ada sistem bagi hasil.

5. Kuch2hotahu – Rp 8,5 juta – Rp 10 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via marketing.co.id

Tahu goreng krispi dengan bumbu pedas merupakan jajanan favorit para milenial zaman sekarang. Jadi jangan lewatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis kuliner dari tahu. Salah satu bisnis franchise tahu yang bisa kamu pilih adalah Kuch2hotahu. Kuch2hotahu merupakan waralaba tahu goreng spesial yang telah mendapatkan beragam penghargaan. Salah satunya adalah Franchise & Business Opportunity Fastest Growing 2012. Berdiri sejak tahun 2011, franchise tahu yang satu ini kini memiliki lebih dari 700 mitra.

Jika kamu ingin bergabung, maka kamu dapat memilih pilihan paket usaha Kuch2Hotahu reguler dengan harga Rp 8,5 juta atau paket mini Kuch dengan harga Rp 10 juta. Semua paket kerjasama Kuch2Hotahu juga free royalty fee alias bebas biaya royalti. Menariknya, Kuch2hotahu juga menyediakan aplikasi perhitungan BEP (break even point), sehingga kamu dapat memperkirakan kebutuhan penjualan serta lamanya waktu yang diperlukan hingga bisa balik modal.

6. Tahu Benjo – Rp 4,8 juta – Rp 5,8 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via tahubenjo.com

Selain Kuch2Hotahu, kamu juga bisa bergabung dengan bisnis franchise Tahu Benjo yang merupakan salah satu franchise paling menguntungkan dengan modal kecil di Indonesia. Bisnis waralaba tahu goreng kekinian ini telah memiliki lebih dari 250 outlet di Indonesia.

Franchise Tahu Benjo ini menawarkan 3 jenis paket yakni paket portable dengan modal Rp 4,8 juta. Dimana harga tersebut sudah termasuk paket booth lengkap dengan peralatan masak, bahan baku, gratis 200 paket. Sedangkan untuk paket premium portable kamu harus mengeluarkan modal sekitar Rp 5,8 juta dimana harga tersebut sudah termasuk paket meja lipat exclusive dilengkapi neon box yang mudah dibonkar pasang, bahan baku, gratis 200 paket. Ada juga paket sultan dengan modal Rp 8,4 juta yang cocok ditempatkan di area indoor seperti swalayan, mall, ruko, hingga cafe. Dengan modal yang terjangkau, bisnis franchise tahu satu ini mengklaim mitranya mendapat omzet puluhan juta perbulannya.

7. Tahu Gila – Rp 5,7 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via waralabaku.com

Bisnis waralaba dengan bahan utama tahu berikutnya yang populer dipenjuru Indonesia adalah Tahu Gila. Tahu gila menawarkan tahu goreng dengan racikan bumbu kekinian yang tentunya sangat lezat. Nggak heran kalau gerai Tahu Gila selalu ramai dengan pembeli.

Dengan modal yang terjangkau mulai Rp 5,7 juta, kamu sudah bisa bergabung sebagai mitra bisnis franchise Tahu Gila. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan perlengkapan secara lengkap, outlet siap buka, hanya saja tanpa booth. Bisnis franchise ini juga bebas biaya royalti dimana semua keuntungan 100% milik kamu. Franchise Tahu Gila juga mengklaim mitranya dapat meraih omzet hingga Rp 45 juta setiap bulannya.

8. Chicken Bite – Rp 4,2 juta – Rp 5,4 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via peluangusahaku.id

Selain tahu, bisnis ayam goreng sebagai cemilan praktis juga banyak digemari oleh banyak orang. Buat kamu yang tertarik berbisnis ayam popcorn crispy, franchise Chicken Bite bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Bisnis waralaba ini menawarkan dua paket yang bisa kamu pilih yakni paket broze dengan modal Rp 4,2 juta dan paket silver dengan modal Rp 5,4 juta. Kedua paket tersebut sama-sama mendapatkan seragam, bahan baku awal, alat pendukung, media promosi. Perbedaannya hanya terdapat pada paket silver mendapatkan booth reguler, sedangkan paket bronze mendapatkan booth kontainer.

9. Popchick Chicken – Rp 7,9 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via instagram.com/popchick_chicken

Popchick Chicken juga bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang tertarik dengan bisnis waralaba. Dengan modal yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 7,9 juta Popchick Chicken menklaim mitranya mampu meraih omzet 40 juta/bulan.

Popchick Chicken sendiri merupakan waralaba chicken popcorn yang telah memiliki lebih dari 500 mitra. Dengan modal mulai dari Rp 7,9 jt, kamu akan mendapatkan gratis 100 bahan baku dan segala perlengkapan secara lengkap dan siap untuk berjualan. Jadi tidak perlu pusing dan khawatir dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Menariknya, semua hasil laba penjualan yang diperoleh adalah seratus persen milik kamu alias, no royalti fee.

10. Magu Magu Chicken – Rp 4,6 juta – Rp 11,3 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via instagram.com/magumaguchicken

Ingin memiliki bisnis sampingan namun budget pas-pasan? Tenang, kamu bisa mempertimbangkan bisnis waralaba Magu Magu Chicken sebagai pilihan berbisnis yang tepat. Magu Magu Chicken merupakan waralaba ayam goreng krispi dengan enam pilihan rasa.

Magu Magu Chicken menawarkan 4 jenis paket kemitraan mulai dari Rp 4,6 juta hingga Rp 11,3 juta. Untuk paket paling murah saja, kamu sudah bisa mendapatkan gerobak, peralatan penunjang, bahan baku awal, kemasan sejumlah 50 pcs, sarana promosi, serta satu buah seragam karyawan. Apalagi usaha waralaba Magu Magu Chicken ini mengklaim mitranya mampu balik modal hanya dalam waktu 1-2 bulan.

11. Pisang Nugget Kece – Rp 5,8 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via instagram.com/pisangnuggetkece

Pisang nugget adalah jajanan kekinian yang bisa membuat kamu ketagihan. Memiliki banyak penggemarnya, bisnis pisang nugget menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Kalau nggak mau ribet, bisnis waralaba Pisang Nugget Kece bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pisang Nugget Kece menawarkan paket franchise mulai dari Rp 5,8 juta. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan seragam, peralatan masak, perlengkapan jualan, hingga buku panduan resep dan tips sukses berbisnis. Menariknya lagi, kamu tidak perlu membayar royalti dan tak ada sistem bagi hasil ke pada pihak Pisang Nugget Kece. Artinya keuntuhan dari hasil penjualan 100 % masuk ke kantong kamu.

12. Martabak Mini Africa Waka-waka – Rp 3,1 juta – 12,9 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via fjb.kaskus.co.id

Buat kamu yang doyan dengan martabak mini yang manis, kamu bisa mencoba bisnis waralaba Martabak Mini Africa Waka-waka. Bisnis waralaba ini telah memiliki lebih dari 380 mitra yang tersebar mulai Aceh hingga Papua. Kelebihan lain dari martabak mini africa adalah variasi rasa nya yang mencapai 100 jenis resep berbeda.

Martabak Mini Africa Waka-waka menawarkan 5 jenis kemitraan berbeda yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Pilihan paket yang bervariasi tersebut dimulai dari harga 3,1 juta hingga 12,9 juta. Dimana kamu akan mendapatkan perlengkapan berjualan hingga bahan-bahan. Pokoknya kamu hanya tinggal jualan saja.

13. Mr.John Roti John – Rp 8 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via roti-john-singapore.business.site

Roti John merupakan roti berukuran panjang dengan beragam isian, seperti telur dadar, sayuran, ham, serta mayonaise dan saus sambal. Roti satu ini tengah populer di kalangan penggemar kuliner Indonesia. Dan kemungkinan besar akan terus diminati hingga waktu yang lama.

Buat kamu yang ingin mencoba bisnis Roti John, maka kamu bisa bergabung ke bisnis waralaba Mr.John. Bisnis franchise ini merupakan usaha kuliner di bawah CV Adhiwa Innovation. Hingga kini, Mr.John telah memiliki puluhan mitra di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan modal Rp 8 juta, kamu sudah mendapatkan perlengkapan berjualan serta bonus bahan baku sebanyak 50 porsi. Potensi omzet yang didapatkan untuk satu outlet Mr.John mulai dari Rp 9-18 juta per bulan. Jika dalam sehari kamu mampu menjual setidaknya 25 porsi roti John, diperkirakan outletmu sudah bisa balik modal dalam waktu kurang dari 2,5 bulan. Tertarik mencobanya?

14. Mobo Thai Tea – Rp 4,5 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via instagram.com/mobothaitea

Buat kamu yang doyan dengan minuman boba dan thai tea, tentu sudah nggak asing dengan brand minuman Mobo Thai Tea. Mobo Thai Tea adalah salah satu franchise minuman kekinian yang sedang booming di Indonesia. Dengan mengusung konsep minuman boba dan thai tea franchise minuman yang satu ini memikiki potensi pasar yang sangat besar dikalangan anak muda.

Buat kamu yang tertarik bergabung dalam kemitraan bisnis waralaba Mobo Thai Tea, tersedia, dua paket usaha yang bisa kamu pilih sesuai budget yang kamu miliki, yakni Paket Istimewa dan Paket Special. Paket Istimewa Mobo Thai Tea dihargai Rp 4,5 juta saja dengan menggunakan konsep booth portable. Cocok buat kamu yang ingin jualan thai tea di event event atau berpindah pindah tempat. Sedangkan paket Special Mobo Thai Tea dihargai Rp 8,5 juta yang membedakan adalah pada paket special booth yang digunakan berupa gerobak dengan tampilan kekinian dan bahan baku premium. Dengan modal yang rendah, Mobo Thai Tea mengklaim para mitranya mampu balik modal setelah 2 bulan, dengan keuntungan berkali-kali lipat.

15. Lima Warna – Rp 5,9 juta

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman modal kecil

photo via limawarna.com

Lima Warna adalah merk minuman yang membawa konsep minuman segar yang menggabungkan dalgona dan boba dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Nah buat kamu yang tertari memiliki bisnis minuman boba, maka Lima Warna bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lima Warna membuka kemitraan dengan paket yang tergolong terjangkau. Paket franchise yang ditawarkan juga terbilang lengkap dan ada 3 kategori sehingga dapat menyasar segala kalangan. Harga yang ditawarkan berkisar dari 5,9 Juta; 9,8 Juta dan 18 Juta itu semua sudah ALL IN, kamu hanya perlu menyiapkan lokasi dan karyawannya saja. Keunggulan lain bergabung dalam kemitraan franchise Lima warna adalah para mitra tidak dibebani biaya fee franchise, jadi seratus persen keuntungan yang kamu peroleh akan menjadi milik kamu.

16. Cho Cho Thai Tea – Rp 5,5 juta

franchise makanan dibawah 10 juta

photo via instagram.com/sna.drink

Selain Lima warna, salah satu usaha franchise minuman yang patut kamu coba adalah Cho Cho Thai Tea. Harga jual yang mulai dari Rp 10 ribu, membuat Thai Tea ini sangat laris manis dipasaran baik di mall atau pinggir jalan. Kamu bisa memulai franchise ini dengan modal Rp 5,5 juta dan memperoleh booth, perlengkapan berjualan, bahan baku impor Thailand. Bisnis franchise Cho Cho Thai Tea ini juga mengklaim mitranya dapat meraih omzet mulai Rp 7 juta/bulan.

Itu dia beberapa pilihan bisnis franchise makanan dan minuman paling menguntungkan dengan modal kecil yang bisa kamu pilih sesuai dengan kekuatan finansialmu. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *