Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan

2 minggu lalu

Guys, siapa nih yang malem-malem biasanya bermasalah dengan nyamuk? Lagi nyenyak-nyenyaknya tidur, malah terganggung dengan suara nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar telinga. Siapapun pasti akan merasa terganggu dan sangat kesal.

Meskipun obat anti nyamuk selalu tersedia dirumah setiap saat, tapi yang namanya nyamuk pasti akan selalu datang dan datang lagi, walaupun bukan di dalam rumah tapi nyamuk bisa saja menggigit dan menghisap darahmu ketika diluar rumah.

Sebenarnya tak masalah jika gigitan nyamuk tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh manusia. Namun nyatanya gigitan nyamuk sangat meresahkan manusia. Selain dapat membuat kulit merah-merah, bentol dan gatal-gatal, beberapa jenis nyamuk bahkan dapat menularkan virus penyakit seperti demam berdarah, malaria dan lain-lain yang sangat berbahaya.

Hal ini membuat kita selalu mencari cara untuk memusnahkan nyamuk. Berharap kalau nyamuk tidak akan berkembang biak dan populasinya akan menghilang selamanya, sehingga manusia tidak akan digigit nyamuk lagi dan tidak akan tertular dengan penyakit-penyakit yang ditularkan oleh nyamuk-nyamuk tersebut.

Tapi pernahkah kamu membayangkan bagaimana dunia ini berjalan tanpa adanya nyamuk? Apakah manusia akan bebas dengan bentol-bentol kemerahan dan rasa gatal dikulit? Atau penyakit demam berdarah, malaria atau penyakit lainnya yang identik dengan nyamuk juga akan ikut menghilang? Atau jangan-jangan ekosistem dan rantai makanan yang terjadi di bumi ini akan rusak jika nyamuk benar-benar musnah?

Karena, biar bagaimanapun, nyamuk juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan, pastilah ada alasan tersendiri kenapa Tuhan menciptakan nyamuk berdampingan dengan manusia. Bahkan banyak ilmuan berpendapat bahwa nyamuk sangat berperan sekali dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi ini.

Nah untuk itu, kali ini Blog Unik akan berbagi pada kalian tentang fungsi nyamuk yang sebenarnya bagi kehidupan baik untuk manusia maupun untuk makhluk hidup lain yang jarang diketahui orang. Penasaran seperti apa fungsi nyamuk yang mengesalkan ini? Langsung saja cek ulasannya dibawah ini!

1. Nyamuk berperan untuk membantu proses penyerbukan tanaman khususnya tanaman coklat

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-membantu-proses-penyerbukan-tanaman

photo via steemit.com

Bukan hanya lebah, namun nyamuk juga termasuk sebagai salah satu serangga yang dapat membantu proses penyerbukan tanaman. Bagaimana bisa? Karena pada faktanya, nyamuk adalah pemakan nektar bunga, baik itu jantan dan betina.

Namun hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah guna mendapatkan manfaat protein untuk tujuan perkembangbiakan. Sedangkan nyamuk jantan dewasa menggantungkan diri para nektar sebagai energi. Sehingga nyamuk jantan harus pergi dari tumbuhan satu ke tumbuhan lain untuk mencari makanan mereka. Proses inilah yang membatu penyerbukan pada tanaman tersebut.

Apalagi diketahui kalau nyamuk adalah penyerbuk utama pada tanaman coklat. Bisa dibayangkang jika tak ada nyamuk maka tanaman coklat tidak akan mudah berbuah. Mungkin bisa dibilang memusnahkan nyamuk sama saja dengan membuat dunia tanpa coklat.

2. Nyamuk dapat berfungsi sebagai pendeteksi adanya gangguan kesehatan pada manusia

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-sebagai-pendeteksi-adanya-gangguan-kesehatan

photo via hodor.lol

Guys, saat kamu sering digigit nyamuk, jangan buru-buru mengutuk nyamuknya, namun cobalah untuk melihat diri sendiri dulu. Kenapa hanya kamu yang digigit nyamuk sedangkan orang-orang yang berada disekitarmu tidak digigit? Jika hal tersebut terjadi pada kalian, bisa saja hal tersebut menandakan ada gangguan kesehatan pada tubuhmu yang tidak kamu rasakan.

Pasalnya nyamuk dapat dijadikan indikator dini bagi permasalahan kesehatan manusia. Hasil penelitian terakhir dari studi entimologi university of Florida menyatakan bahwa nyamuk akan mendeteksi dan memilih darah yang akan disedot. Nyamuk biasanya menyukai darah yang berbau asam, misalnya asam laktat dan asam urat, serta darah yang berbau kolesterol yang menjadi favorit para nyamuk.

Nyamuk akan memindai zona darah yang akan dihisap dengan mengandalkan pengelihatan dan sensor panas. Selanjutnya, nyamuk akan menghisap darah yang banyak mengandung kolesterol dan vitamin B, karena nyamuk tidak dapat memproduksi senyawa tersebut. Bila kamu sering menjadi target gigitan nyamuk, ada kemungkinan jika darahmmu mengandung kolesterol yang tinggi yang sangat berbahaya bisa tak segera ditangani.

Selain itu, nyamuk juga jago dalam mendeteksi panas tubuh akibat nyeri otot. Otot yang kekurangan oksigen ketika perubahan energi dari gula yang dibawa oleh darah maka akan menyebabkan nyeri di otot, hal ini bisa terjadi apabila seseorang tidak melakukan warming up ketika olahraga. Otot yang terasa nyeri biasanya akan terasa lebih panas dari bagian lain apabila diraba dengan kulit tangan. Namun, nyamuk memiliki sensor yang lebih canggih untuk mendeteksi hal ini agar darah di area tersebut dapat terdeteksi olehnya.

3. Nyamuk berfungsi untuk mengurangi populasi mikroorganisme dan bakteri

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-mengurangi-populasi-mikroorganisme-dan-bakteri

photo via agrilife.org

Guys, perlu kamu ketahui, ternyata telur nyamuk adalah larva itu membantu membersihkan air dari populasi mikroorganisme dan bakteri lho! Hal ini terjadi karena untuk dapat bertahan hidup larva membuat pusaran kecil di dalam air, dengan menggunakan dua anggota badan yang berbulu dan mirip kipas angin. Dengan cara bergantung terjungkir di dalam air, larva bernapas melalui pipa udara yang mirip “snorkel” yang digunakan para penyelam. Pusaran ini juga membuat bakteri atau mikroorganisme lainnya mengalir ke mulutnya sebagai makanan.

Memang nyamuk akan memilih air yang kotor untuk bertelur, karena air kotor lebih mengandung banyak mikroorganisme dan bakteri daripada air bersih dan ini baik untuk makanan bagi larva nyamuk. Jadi bisa dibilang, manfaat keberadaan nyamuk dalam air kotor adalah untuk mengurangi populasi mikroorganisme dan bakteri terutama bakteri parasit yang terdapat pada air kotor. Yang secara tidak langsung memberikan kebaikan untuk manusia.

4. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-menghasilkan-zat-nitrogen-yang-bermanfaat-bagi-tanaman

photo via thoughtco.com

Bukan hanya membantu dalam proses penyerbukan, namun nyamuk tepatnya saat berwujud sebagai larva, juga memiliki peranan penting untuk menghasilkan zat nitrogen bagi tanaman disekitarnya. Pasalnya jika ada serangga lain yang ternggelam di kubangan air yang merupakan sarangnya, maka nyamuk akan memakan bangkainya sementara sementara larva akan mengolah sisa bangkai tersebut menjadi nitrogen yang diperlukan tanaman.

5. Nyamuk memiliki peran penting dari segi ekonomi

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-memiliki-peran-penting-dari-segi-ekonomi

photo via youtube.com (DANSER #46)

Secara tidak disadari ternyata nyamuk punya andil cukup besar dibidang ekonomi lho guys! Pasalnya, karena keberadaan nyamuk, ada banyak lapangan pekerjaan yang tercipta seperti pabrik obat nyamuk, serta pabrik-pabrik yang menciptakan benda anti nyamuk lainnya seperti kelambu, raket nyamuk dll. Benda-benda inipun sangat laris dipasaran karena konsumen sangat membutuhkannya untuk mengusir nyamuk. Jadi bisa dibilang, nyamuk mendatangkan rezeki pada sebagian masyarakat.

Coba bayangkan kalau nyamuk didunia ini benar-benar musnah, pastinya pabrik-pabrik obat nyamuk dan benda anti nyamuk lainnya akan mengalami kebangkrutan karena produknya sudah tak lagi diperlukan. Otomatis orang-orang yang bekerja didalamnya akan kehilangan pekerjaannya dan pengangguran akan semakin bertambah.

6. Nyamuk mendorong manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan selalu berinovasi

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-mengembangkan-ilmu-pengetahuan-dan-selalu-berinovasi

photo via caribbeannationalweekly.com & techno.web.id

Selain dari segi ekonomi, nyamuk juga memiliki andil besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Kenapa? Sebab, dengan adanya nyamuk membuat manusia terus berusaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan baik dari sisi kedokteran maupun dari sisi yang lain. Dari sisi kedokteran, manusia khususnya para peneliti-peneliti, didorong untuk menciptakan dan mengembangkan obat-obatan yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit akibat nyamuk. Seperti demam berdarah, malaria, cikungunya dan lain-lain.

Manusia juga dibuat semakin kreatif dengan mengembangkan berbagai produk dan obat anti nyamuk yang kita tahu selalu memiliki inovasi yang baru. Jika dulu obat anti nyamuknya berbentuk lingkaran dan dibakar, dimana asapnya membuat kita sesak nafas, kini kita bisa menggunakan obat anti nyamuk semprot dan juga obat anti nyamuk eletrik yang tentunya tidak mengeluarkan asap yang mengganggu.

7. Kehadiran nyamuk mendorong manusia untuk hidup bersih

Fungsi-dan-manfaat-Nyamuk-Dalam-Siklus-Kehidupan-mendorong-manusia-untuk-hidup-bersih

photo via kiriko.es

Satu lagi guys, fungsi nyamuk dalam siklus kehidupan manusia adalah nyamuk mendorong manusia untuk hidup lebih bersih. Seperti yang kita tahu, nyamuk menyukai tempat-tempat yang kotor, lembab dan terdapat genangan air yang kotor. Karena kita selalu waspada terhadap nyamuk, hal itu mendorong kita untuk selalu menjaga rumah agar tetap bersih. Selain itu kita juga selalu memastikan bahwa dihalaman rumah kita tidak ada air yang menggenang dengan niatan tidak ada nyamuk yang bersarang di genangan tersebut. Jadi bisa dibilang, nyamuk membuat kita termotivasi untuk hidup lebih bersih.

Nah itu dia beberapa fungsi nyamuk dalam siklus kehidupan. Bagaimana menurut kalian guys? Pastinya, nggak ada yang menyangka kan kalau serangga kecil penghisap darah satu ini ternyata memiliki andil yang cukup besar dalam siklus kehidupan? Meskipun nyamuk itu meresahkan karena sering mengigit manusia bahkan mengakibatkan penyakit berbahaya, namun satu yang harus kita ingat bahwa Tuhan menciptakan nyamuk dengan fungsinya sendiri. Jadi jangan takut dengan nyamuk dan jangan terlalu fokus mencari cara untuk memusnahkannya. Cukup pastikan lingkungan sekitar kamu bersih maka nyamuk akan menjauh dari hidupmu. Semoga artikel ini bermanfaat guys!

Baca Juga