Hebat!!! Tim Cosplayer Indonesia Meraih Juara 2 Dunia Cosplay di Nagoya Jepang

1 tahun lalu, by blogunik

Kembali, Indonesia meraih sebuah gelar dalam ajang dunia. Namun kali ini bukan dari ajang akademik ataupun olahraga layaknya olimpik ataupun perlombaan olahraga lainnya.

Kali ini anak – anak Indonesia berhasil meraih gelar juara 2 dalam ajang cosplay dunia atau yang lebih dikenal dengan nama World  Cosplay summit 2018. World Cosplay Summit (WCS) 2018 ini merupakan ajang tahunan yang kali ini diselenggarakan di kota Nagoya, Perfektur Aichi Jepang. Adapun timn Indonesia yang mewakili ajang Cosplay tahun ini di Jepang adalah tim sweX ID yang terdiri dari 2 orang cosplayer asal Yogyakarta yang bernama Yumaki dan Ibun.

photo via : www.kotakgame.com

Perjalanan Yumaki dan iBun untuk menuju Jepang tidaklah mudah ataupun gampang. Karena dirinya harus melewati berbagai seleksi sebelumnya. Yumaki dan iBun dapat mewakili Indonesia dalam ajang dunia tersebut, setelah sebelumnya mereka lolos dalam penyisihan kompetisi Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) yang dilaksanakan di Yogyakarta. Selanjutnya mereka masuk final sebagai wakil Yogyakarta yang diselenggarakan di Jakarta dalam acara Ennichisai 2018 yang digelar bulan Juli 2018 yang lalu.

WCS 2018 di Nagoya ini bukanlah ajang lokal, melainkan memang ajang tahunan yang berskala Internasional yang mengusung budaya Cosplay. Acara utama dalam ajang tersebut adalah parade, Kunjungan Resmi dan Kompetisi. Acara kompetisi cosplay yang berlangsung disini pun mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Nagoya dan departemen pariwisata Jepang. Untuk tahun ini, World Copaly Summit 2018 ini, diikuti oleh 30 negara.

photo via : youtube.com

Beberapa negara yang ikut serta dalam ajang ini antara lain ndonesia, Australia, Bulgaria, Costa Rica, Myanmar, Belgia, India, Swis, Kanada, Swedia, Brazil, Tiongkok, Jerman, Denmark, Spanyol, Finlandia, Prancis, Italia, Jepang, Korea Selatan, Mexico, Belanda, Russia, Singapura, HongKong, Taiwan, Filipina, Vietnam, Portugal, dan Kuwait.

Ajang tahun ini merupakan tahun ke tujuh dari Indonesia dalam mengikuti acara kompetisi cosplay dunia ini. Pertama kali Indonesia ikut serta dalam ajang cosplay ini adalah pada tahun 2012 silam dan bahkan Indonesia pernah meraih juara pertama di ajang World Cosplay Summit 2016. JIka melihat perjalanan Indonesia dalam ajang ini, bisa dibilang prestasi Indonesia cukup disegani oleh dunia, kusunya dunia cosplayer.

photo via : youtube.com

Dalam event Cosplay tahun ini, Yumaki dan iBun memeragakan pertarungan yang terjadi antara Takenaka Hanbe melawan Orochi yang ada pada game Warriors Orochi 3. Tentu saja apa yang mereka lakukan lengkap dengan berbagai koreografi yang memukau. Hal menarik lainnya dari kedua wakil Indonesia ini adalah mereka sempat mengcosplaykan 2 karakter asal Indonesia yakni si Bolang dan si Unyil dalam video perkenalan mereka.

photo via : youtube.com

Selain meraih juara dua dalam ajang cosplay dni ini, Yumaki dan iBun yang tergabung dalam tim sweX ini jug ameraih penghargaan sponsor award dari game Azur Lane selaku sponsor dari ajang World Cosplay Summit 2018 ini dalam kategori Best Armored Costume.

Untuk juara 1 dan juara 3 dari kompetisi ini sendiri, diraih oleh tim Mexico di posisi pertama dan Thailand di posisi ketiga.

 

Artikel Terkait