Fakta Hin Sam Wan, Formasi 3 Batu Berbentuk Paus di Thailand

2 minggu, by blogunik

Batu Paus - Hin Sam Wan, Thailand

Pernah mendengar ikan paus berenang di tengah hutan? Nah fenomena ini bisa kamu temui di Thailad lho! Bukan ikan paus beneran, namun ikan paus di Thailand ini adalah formasi bebatuan yang menyerupai ikan paus jika di lihat dari atas. Namanya adalah Hin Sam Wan yaitu sebuah formasi batuan purba yang mana berbentuk seperti paus.

Hin Sam Wan sendiri artinya Three Whale Rock. Ini merupakan formasi batuan purba berumur 75 juta tahun yang menjorok dengan anggun keluar dari pegunungan. Dinamai Hin Sam Wan atau Three Whale Rock karena memang ada tiga batu raksasa yang menyerupai ikan paus dimana jika dilihat dari sudut pandang yang tepat, formasi batuan purba ini terlihat seperti ikan paus yang tengah berenang di kehijauan hutan. Nah seperti apa pesona Hin Sam Wan ini sebenarnya? Berikut beberapa fakta menarik seputar Hin Sam Wan. So let’s check it out guys!

1. Lokasi Hin Sam Wan

Fakta Hin Sam Wan Thailand

photo via kaskus.co.id

Situs purba berbentuk unik itu terletak di bagian Timur Laut Thailand tepatnya di atas Gunung Hin Sam Wan di Distrik Phu Sing, Provinsi Buengkan Thailand yang merupakan provinsi terbaru di Thailand. Situs ini berada jauh dari Bangkok, dengan jarak sekitar 466 mil (751 kilometer) dari Bangkok.

2. Termasuk ke dalam 7 Greens

Fakta Three Whale Rock Thailand

photo via instagram.com/wildtravelers

Dikutip dari National Geographic, Tourism Authority of Thailand (TAT) telah memasukkan situs bebatuan pruba tersebut ke dalam 7 Greens. 7 Greens sendiri merupakan kumpulan tempat yang termasuk ke dalam keajaiban alam dan budaya unik yang dilindungi oleh pemerintah Thailand. Provinsi Buengkan yang memiliki keindahan alam tiada tara ini sendiri dibangun sebagai contoh yang baik dari jenis tujuan yang ingin dilestarikan dan dilindungi oleh TAT dengan mempromosikan 7 Greens.

3. Bisa dijangkau dengan mudah

Situs purba yang menyerupai ikan paus ini tidak hanya bisa dilihat dari ketinggian pesawat atau dari kaki gunung, kamu pun dapat berdiri tepat di atas bebatuan purba ini dan berswafoto dengan background yang spektakuler. Untuk mencapai punggung bebatuan mirip paus ini, kamu bisa mendaki dengan memilih salah satu dari 9 trek yang tersedia.

Fakta Hin Sam Wan Thailand

photo via instagram.com/shinshin_tarotaro

Selama pendakian, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang memanjakan mata mulai dari pemandangan air terjun, berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

4. Pemandangan yang kamu temui dari punggung Hin Sam Wan

Fakta Hin Sam Wan Thailand

photo via instagram.com/worawat.pansawat

Jika kamu berdiri di punggung bebatuan menyerupai paus ini, kamu dapat melihat keindahan pantai di Mekong, menawannya pegunungan di distrik Pakkading yang berada di Republik Demokratik Rakyat Laos, hingga hijaunya Hutan Phu Wua.

Fakta Three Whale Rock Thailand

photo via instagram.com/nn_iinngg

Punggung paus batu raksasa ini juga merupakan tempat yang tepat untuk melihat matahari terbenam.

5. Life Community Museum

Fakta Three Whale Rock Thailand

photo via belltravel.it

Selain pesona formasi ketiga bebatuan raksasa mirip ikan paus tersebut, para pengunjung juga bisa mengunjungi Life Community Museum. Di museum ini, kamu bisa mempelajari kehidupan dan budaya masyarakat Isan yang menjadi penduduk lokal di kawasan tersebut. Didirikan oleh seorang penata makanan Thailand yang ayahnya tinggal di tempat tersebut, museum ini didirikan sebagai kemitraan antara 45 keluarga yang tinggal di komunitas sekitarnya.

Selain itu, di museum ini, kamu juga bisa melihat gaya arsitektur khas Isan, pasar dan area yang didedikasikan untuk seni jalanan. Seni jalanan lokal yang dipamerkan di sini mencakup representasi unik Naga, roh penjaga Sungai Mekong. Dilukis hampir di seluruh bangunan dan di seluruh properti museum, menjadi tempat ini menjadi instagramable dan indah sebagai background foto.

Itulah beberapa fakta mengenai Hin Sam Wan, formasi 3 batuan purba yang mirip ikan paus yang berenang di atas hutan. Tempat ini merupakan keajaiban alam dengan seni yang sangat mengagumkan. Jika kamu ke Thailand, jangan lewatkan untuk mengunjungi situs purba satu ini.

0
Artikel Terkait