Jack Ma Segera Pensiun dari Alibaba

2 tahun lalu, by blogunik

Bos dan sekaligus pendiri dari Alibaba Gruoup, Jack Ma yang merupakan salah seorang orang terkaya di asia memutuskan unutk pensiun dari bisnis e-commerce yang ia kembangkan sejak awal tersebut.

Jack Ma dikabarkan mulai pensiun pekan depan yang amat bertepatan dengan ulang tahun Ma yang ke 54. Dalam masa – masa pensiunnya, Jack Ma akan mengabdikan dirinya sebagai filantropi di dunia pendidikan. Dulu sebelum dirinya merintis perusahaan besar Alibaba ini, dirinya pernah berprofesi sebagai seorang guru ahasa Inggris dan dimasa pensiunnya nanti, Ma juga mengatakan akan menghabiskan waktunya di dunia pendidikan.

dilansir dari The New York Times, Ma mengatakan “Saya Mencintai dunia Pentidikan”. Menurut Jack Ma, keputusannya untuk pensiun dini bukanlah sebuah akhir dari segalanya. Justru hal tersebut merupakan sebuah awal dari era baru.

photo via : www.thenational.ae

Diantara rekan sejawatnya, Ma menjadi orang pertama yang pensiun dari industri digital. Dulu Ma juga pernah mengungkapkan dirinya unruk mengikuti jejak bapak Microsoft yakni Bill Gates untuk mendirikan sebuah yayasan atas namanya.

Guna melancarkan keinginannya untuk pensiun, Ma pun telah mendirikan yayasan atas nama dirinya yakni Jack Ma Foundation yang ia dirikan sejak tahun 2014. Dirinya pernah mengatakan lau ia tidak mungkin bisa sekaya Bill Gates, namun ia akan pensiun lebih cepat dari Bill Gates yang dulu dirinya pensiun saat usia Bill Gates 58 tahun.

Jack Ma akan meninggalkan Alibaba yang merupakan bisnis yang ia dirikan semenjak tahun 1999 silam. Namun meskipun ia telah pensiun dari Alibaba, ia tetap akan menjadi mentor manajemen perusahaan tersebut. Seperti yang diketahui, Alibaba merupakan pionir dari bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh yang cukup besar di dunia perdagangan di china dan di dunia.

photo via : fortune.com

Bersama Alibaba Group, Jack Ma bahkan pernah diberi gelar sebagai manusia terkaya di benua Asia, sebelum gelarnya tersebut direbut oleh Mukesh Ambani dari India versi Forbes. Didalam internal Alibaba sendiri, pensiunnya Jack Ma disebut – sebut melengkapi dari transisi jabatan eksekutif. Jack Ma sendiri mundur dari kursi CEO Alibaba di tahun 2013 silam dan digantikan oleh Daniel Zhang.

Setelah dirinya mundur dari jabatan CEO, Jack Ma juga masih menjadi sebuah simbol dari Alibaba Group dan menjadi arsitek dari strategi jangka panjang dari e-commerce tersebut.

Tags:
Artikel Terkait