Jajanan Khas Manado Yang Paling Terkenal Dan Cocok Untuk Oleh-oleh

    Traveling, Kuliner

Jalan-jalan ke Manado memang sangat menyenangkan, di kota tersebut kita bisa menikmati spot diving yang indah, terutama di Taman Laut Bunaken. Selain itu kita juga dapat menikmati kuliner khas Manado yang pastinya sangat menggoyah lidah. Tak heran jika Manado selalu dibanjiri oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegar. Mengunjungi Manado belum lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas Manado untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga dirumah. Nah berikut beberapa oleh-oleh khas Manado yang terkenal lezat dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh!.

1. Klappertaart

photo via : http://christineklappertaart.blogspot.com/

Kalian gak akan bisa menemukan kue ini jika bukan di Manado. Jadi kalau kalian ke Manado, jangan lupa untuk mencicipi Klappertaart dan juga membawanya sebagai oleh-oleh orang-orang tersayang dirumah. Klappertaart sendiri adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Namun jika rumah kalian ada di luar kota Manado seperti Jakarta, Bali atau kota lainnya, kue ini mesih bisa bertahan asalkan sampai rumah langsung dimasukan ke dalam lemari es.

2. Halua kenari

photo via : http://anekatempatwisata.com

Oleh-oleh khas Manado lainnya adalah Halua Kenari. Jajanan ini dibuat dengan bahan utama kacang kenari yang dilapisi oleh gula merah yang dicairkan. Rasa dari makanan ini manis serta gurih. Aroma yang dihasilkanpun sangatlah harum serta bisa membuat selera kamu timbul seketika. Tidak sulit bagi kalian untuk menemukan Halua kenari ini, karena saat kamu ke Manado, hampir semua toko oleh-oleh menjual camilan khas Manado ini.

3. Panada

photo via : resepkoki.id

Selain klapertaart yang lembut dan gurih, jajanan yang sosok untuk di jadikan oleh-oleh khas Manado adalah Panada. Jajanan yang bentuknya hampir mirip dengan pastel ini memiliki isian yang berbeda dari pastel, di Pananda untuk isian digunakan ikan cakalang dibumbu panpis. Bumbu panpis sendiri merupakan ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Harga kue ini dibandrol mulai 1.250 Rupiah. Semakin mahal harganya berarti isinya juga semakin banyak.

4. Pala manis

photo via : http://auliaoktavella.it.student.pens.ac.id

Kalau ke Manado gak lengkap rasanya kalau belum nyoba Pala Manis nya. Kudapan khas Manado yang sudah terkenal hingga negara tetangga ini memiliki tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Kamu yang berminat membeli Pala Manis sebagai oleh-oleh orang dirumah, bisa mendapatkannya dengan harga rata-rata 40.000 Rupiah per bungkusnya.

5. Kacang goyang

photo via : kacanggoyang.wordpress.com

Jangan lupa untuk menikmati sensasi manis-manis gurih dari kacang goyang, kacang atom khas Manado. Kacang goyang adalah kacang atom yang berbalut terigu yang kemudian dilumuri gula di lapisan luarnya sehingga memiliki warna yang beragam. Kacang goyang sendiri digunakan karena cara pembuatan kacang ini harus digoyang-goyang. Harga kacang ini berkisar antara 10.000 Rupiah sampai 25.000 Rupiah.

6. Dodol amurang

photo via : ksmtour.com

Siapa bilang kalau cuman Garut yang punya Dodol enak, Manado juga memiliki dodol khas tersendiri yakni dodol amurang. Dodol ini banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol ini terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, santan, kacang, dan kayu manis. Yang menjadikan dodol ini lain dari pada yang lain adalah daun pembungkusnya. Jika selama ini kita melihat dodol dibungkus dengan plastik atau kulit jagung, maka di Manado dodol dibungkus dengan daun kelapa. Harga dodol ini berkisar 500 sampai 5.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

7. Cakalang fufu

photo via : backpackerlee.wordpress.com

Manado memang identik dengan ingan cakalang, salah satu olahan ikan cakalang yang bisa kalian jadikan oleh-oleh adalah cakalang fufu. Ikan cakalang ini mengalami proses pengasapan yang disebut sebagai fufu. Ikan cakalang ini bisa dijumpai di Pelabuhan Nelayan Bitung. Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar antara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.

8. Sambal roa

photo via : www.juraganoleholeh.com

Pecinta sambal, pastinya sudah gak asing lagi dong dengan sambal khas Manado yaitu sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Ikan roa yang telah diasap ini dihancurkan hingga halus. Ikan roa yang sudah halus ini kemudian dimasak bersama bumbu dan minyak. Sambal ini sangat nikmat jika dinikmati dengan nasi panas, gak usah pakek lauk, pakek sambal roa ini aja udah enak banget. Di Manado sendiri, sambal roa biasanya dinikmati dengan bubur Manado. Sambal ini bisa bertahan hingga enam bulan jika berada dalam suhu ruangan, dan bisa mencapai satu tahun jika disimpan di dalam kulkas. Harga sambal ini antara 55.000 sampai 65.000 Rupiah.

9. Kue Lampu-lampu

photo via : http://snap361.com/ig-user/lucysompie

Selain menjadi oleh-oleh khas Manado, kue ini juga menjadi makanan wajib masyarakat Manado di bulan puasa. Bentuk dari kue ini sangat unik dan juga menggugah selera karena ciri khasnya yang manis. Bahan dasar untuk membuat kue ini terdiri dari tepung terigu, santan, tepung beras, dan gula merah. Semua bahan tersebut lantas dimasak dengan cara dikukus sehingga kue ini bebas dari yang namanya kolesterol. Kue ini juga mudah dicari. Para penjualnya bertebaran di jantung kota, yakni perempatan Banjer, Tuminting, Jalan Hasanudin, Boulevard, dan Masjid Firdaus.

10. Cakalang Pampis

photo via : http://www.bungapepaya.com

Kamu gak mau ribet bawa cakalang fufu sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli cakalang pampis untuk oleh-oleh. Cakalang pampis, terbuat dari cakalang fufu namun enaknya, cakalang pampis ini sudah disuir-suir sehingga lebih mudah membawanya.

11. Rica Roa

photo via : http://sambalricaroa.blogspot.com

Selain sambal roa, kamu bisa membeli rica roa yang gak kalah enak dari sambal roa. Rica Roa dikemas dalam botol kecil, sehingga kalian mudah membawanya. Selain itu sambal ini pun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

12. Biapong

photo via : berthanatalia.wordpress.com

Biapong adalah nama khas Manado untuk bakpao. Kudapan khas Manado ini sangat cocok menjadi teman minum kopi ataupun teh. Salah satu tempat menjual Biapong yang paling populer adalah Kawangkoan. Di daerah ini terdapat sebuah rumah kopi tua yang memproduksi Biapong yang sangat lezat.

13. Kacang Kawangkoan

photo via : rinaldimunir.wordpress.com

Masih di Kawangkoan, selain Biapong, kalian juga bisa menemukan kacang kawangkon yang sangat recommended untuk dijadikan oleh-oleh. Kacang kawangkoan ini dibuat tanpa minyak goreng, dan disangrai dengan pasir gunung sekitar 45 menit tanpa henti.

 

 

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >