Jangan Anggap Remeh, Pekerjaan Yang Sering dipandang Sebelah Mata Ini Memiliki Penghasilan Yang Lumayan Di Indonesia

1 tahun lalu

Salah satu alasan seseorang tekun bekerja salah satunya karena gaji yang diterima. Kita juga tau, betapa banyaknya pegawai kantoran yang rela lembur sampai malam hanya demi mendapatkan bonus. Seseorang yang bekerja di kantoran sering dianggap keren karena memiliki gaji yang besar. Tapi, kamu tahu tidak beberapa profesi yang sering dianggap remeh dan bahkan tidak menghasilkan apa-apa, justru mempunyai pendapatan yang rata-rata sama dengan karyawan kantoran. Penasaran ? berikut ini beberapa profesi yang dianggap remeh tapi gajinya tak kalah dengan orang kantoran

 

1. Tukang sampah

Photo Via : http://poskotanews.com

Apa pendapatmu tentang tukang sampah ? yang setiap hari bergumul dengan tumpukan sampah. Di Amerika, gaji seorang tukang sampah sangat tinggi. Namun di Indonesia, profesi ini bergajih dibawah UMR. Tapi beberapa tahun belakangan ini, gaji tukang sampah sudah lebih tertata. Sebelumnya, Ahok juga menegaskan jika gaji tukang sampah setara dengan UMP, di Jakarta UMP sekitar 3,1 juta perbulan. Ada kemungkinan gaji disetiap daerah berbeda-beda. Kalian juga harus tahu, sebenarnya mereka juga tidak menginginkan menjalani profesi tersebut, tapi demi kelangsungan hidup mereka , anak dan keluarga mereka mengambil profesi tersebut. Bayangkan saja jika profesi ini tidak ada ? berapa sampah yang akan menumpuk ? Jadi jangan pernah remehkan profesi ini.

 

2. Tukang Parkir

Photo Via :http://kupang.tribunnews.com

Profesi ini memang di anggap remeh, cuma mengatur kendaraan di parkiran. Pekerjaan ini cuma bermodal rompi dan peluit. Tukang parkir ini tidak memerlukan tenaga yang ekstra, selain itu profesi ini juga cukup menjanjikan. Bayangkan, kita membayar sekitar 2000 rupiah untuk setiap kendaraan roda dua yang kita titipkan. Nah, jika dalam sehari ada ribuan kendaraan yang dititipkan, bisa kalian hitung berapa pendapatanya ? bisa melebihi para pekerja kantoran.

 

3. Kuli panggul di pelabuhan

Photo Via : oneimages.wordpress.com

Pernahkah kalian melihat kuli panggul ? para laki-laki ini mesti menyiapkan tenaga ekstra buat pekerjaan mereka yang begitu berat. Pekerjaan ini jarang dilirik orang, namun dibalik beratnya kerjaan ini mereka mendapatkan bayaran yang lumayan setiap harinya. Setiap kuli panggul memiliki tarif tersendiri, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu tergantung dari berat dan waktu pengakutannya. Saat musim liburan, biasanya tarif kuli angkut lebih murah karena banyak yang menggunakan jasa.

 

4. Pedagang Asongan

Photo via : http://www.republika.co.id

Profesi ini sangat banyak di beberapa kota di Indonesia, tapi banyak yang mengganggap remeh mereka. Berjualan semaunya, tapi coba kalian bayangkan ketika para pejalan kaki yang tidak memiliki kendaraan berada di terik panas, merekalah yang dapat menghilangkan rasa haus atau bagi mereka yang merokok disinilah mereka mendapatkan barang tersebut. Jadi jangan pernah anggap remeh mereka.

 

5. Laundry

Photo Via : www.rd.com

Mungkin pekerjaan ini dianggap sepele, namun seiring dengan tingkat kesibukan yang makin menggila jasa ini sangat dibutuhkan. Mereka yang tak lagi sempat untuk mencuci dan menyetrika baju sangat dibantu dengan adanya jasa ini.

 

6. Supir Truk

Photo Via : Boombastis

Tahukah kamu ? profesi ini ternyata mendapatkan gaji yang lumayan besar lho. Gak percaya ? coba kamu bayangin saja, untuk satu kali perjalanan bongkar muat, supir truk full box dibayar dengan harga kisaran 150 ribu, jika dalam sehari supir truk full box bisa melakukan 4 kali perjalanan bolak-balik maka dalam sehari supir truk ini bisa mengantongi uang sebesar 600 ribu. Nah itu hanya dalam sehari bisa mengantongi uang sebesar itu, jika dalam sebulan mereka bisa menghasilkan uang sebesar 3 juta – 12 juta perbulannya. Gimana tertarik jadi supir truk ?

 

7. Pengepul Sampah

Photo Via : metro.sindonews.com

Mungkin dalam benak kalian pekerjaan ini dianggap merendahkan harga diri seseorang. Namun jika sudah kehabisan uang, tak ada salahnya menjadikan ini sebagai bisnis. Memang dari penampilan para pengepul sampah ini memiliki tampilan yang tidak bisa seperti kotor dan bau. Namun jika kalian tanyakan tentang penghasilnya, bisa dikatakan bersaing dengan penghasilan seorang PNS S1. Seorang pengepul sampah yang mempunyai satu truk besi lalu dijual dan dijual ke pabrik peleburan besi bisa mendapatkan upah kira-kira 15 juta. Memang penampilan depannya terlihat kumuh namun lihatlah dari penghasilan yang didapatkan, sangat menggiurkan kan ?

 

8. Pencucian Motor

Photo Via : afifmotor.wordpress.com

Pekerjaan ini mungkin bisa kamu jadikan sampingan, namun pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk memiliki modal, seperti tempat dan mesin penyemprot air. Untuk penghasilannya sendiri, kamu bisa bayangkan satu motor dipatok dengan harga Rp. 7000 sampai dengan Rp. 10.000 per motor, nah 5 motor saja kamu sudah mendapatkan Rp. 50.000. Pekerjaan ini cocok untuk musim hujan, karena banyak orang malas mencuci motornya dan biasanya melirik ke tempat penyucian motor atau mobil.

 

9. Warung Kopi

Photo via : ngalam.co

Untuk membuka satu warung kopi, tentu saja diperlukan modal yang cukup. Sebagian dari orang memandang rendah pekerjaan ini dan dianggap memiliki penghasilan yang sedikit dan tidak menentu, itu diukur jika warung berada di desa atau tempat yang sepi. Jika kalian ingin membuka warkop, ada baiknya survei tempat dahulu carilah tempat yang ramai dan jika sudah bangunlah warkop disana. Modal untuk membangun warung dan yang lainnya akan cepat kembali dan keuntungan juga bisa mengalir kepada kalian.

 

10. Penjual Makanan Pinggir Jalan

Photo via : http://pklprigen.blogspot.co.id

Kamu pastinya pernah dong beli makanan di pinggir jalan ? kamu tahu tidak ternyata penjual makanan pinggir jalan ini memiliki pendapatan yang lumayan besar lho, bahkan melebihi rata-rata penjaga kantoran yang tingkat pendidikannya lebih tinggi. Gimana ada niat berbisnis makanan pinggir jalan ?

 

11. Bisnis Online

Photo via : daily.oktagon.co.id

Di zaman sekarang ini internet sangatlah berguna, dengan adanya internet hampir semua bisnis bisa dilakukan secara online. Di dunia yang serba online ini menawarkan kemudahan yang tidak dimiliki dunia bisnis rill, seperti izin usaha dan tidak perlu bayar pajak. Apa saja kamu bisa jual asal kamu jeli melihat peluang. Kamu bisa menjual aksesoris, kaos, makanan, spare part, barang bekas, kosmetik, skincare dan yang lainnya. Kamu juga harus tahu lho, ternyata banyak yang sukses dengan adanya bisnis online ini, sehingga pada akhirnya memiliki bisnis rill dengan modal usaha jualan online. Rahasia dari kesuksesan bisnis online ini adalah bisa dipercaya, respon cepat ketika ditanya dan barang yang dijual sesuai dengan yang di iklan kan. Gimana tertarik berbisnis online ?

 

12. Tukang Bangunan

Photo via : http://properti.kompas.com

Nah, ini dia pekerjaan yang biasanya dipandang sebelah mata, Tukang Bangunan. Tahukah kamu jika tidak ada mereka, siapa yang akan membangun rumah, kantor, pabrik dan yang lainnya ? memang seorang arsitek berperan penting dalam membangun sebuah rumah, namun jika tidak ada profesi ini maka tidak ada yang membangun. Karena rumah tidak bisa berdiri sendiri tanpa ada yang membangunnya.

 

13. Tukang Tambal Ban

Photo via : http://www.aaronguing.com

Profesi ini lumayan banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan raya. Profesi jangan kamu anggap remeh lho, kamu bisa bayangkan jika satu ban dipatok dengan harga Rp. 15.000 berapa rupiah didapatkan jika 5 ban motor bocor setiap harinya.

 

14. Tukang Cukur

Photo via : http://regional.kompas.com

Profesi ini hanya bermodalkan gunting dan sisir, bayangkan saja satu kepala dihargai 10.000 sampai dengan 15.000, jika ada sekitar 10 pelanggan pemasukannya bisa mencapai 100.000 dalam sehari. Jika dalam sebulan pemasukannya bisa mencapai Rp. 3.000.000. Penghasilannya gak kalah dengan pegawai kantoran.