Kerennya Jalur Bersepeda Di Polandia Yang Dapat Menyala Di Kegelapan

7 bulan lalu, by blogunik

Siapa nih yang suka naik sepeda? Naik sepeda memang menyenangkan selain dapat membuat kita sehat, dengan mengendarai sepeda juga akan mengurangi polusi udara. Sayangnya di Indonesia fasilitas untuk para pengendara sepeda sangat minim. Jalur sepeda sangat jarang kita lihat dijalan-jalan besar bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada.

Hal ini berbanding terbalik dengan negara-negara lain guys. Salah satunya seperti Polandia. Pasalnya pengendara sepeda di negara tersebut sangat dihargai dan dilindungi. Bahkan mereka memiliki trek sepeda sendiri. Jadi warga Polandia sangat nyaman untuk bersepeda kapanpun walaupun pada malam hari. Seperti yang kita tahu, berkendara pada malam hari sangat berbahaya, mengendarai mobil ataupun sepeda motor saja bisa terjadi kecelakaan padahal ada lampu sorotnya apalagi berkendara dengan sepeda yang jarang memiliki lampu. Namun di Polandia pengendara sepeda bisa dengan nyaman berkendara pada malam hari. Bukan karena sepeda mereka dilengkapi dengan lampu sorot, namun karena jalur sepeda mereka dibuat bercahaya sehingga berkendara sepeda dimalam hari bisa sangat aman. Jalur sepeda tersebut dapat menyala dalam gelap seperti glow in the dark sehingga sangat membantu para pengendara sepeda.

photo via : www.huffpost.com

Tepatnya di kota Lidzbark Warminski, utara Polandia, jalur sepeda tersebut dilapisi dengan phosphor. Material sintetis ini akan memberikan cahaya biru setelah disinari cahaya matahari. Jalur sepeda ini diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengendara sepeda yang beraktivitas malam hari agar terhindar dari kecelakaan. Bukan hanya jalur sepeda, namun jalur khusus pejalan kaki juga dihiasi dengan cahaya phosphor tersebut, sehingga pejalan kaki juga dapat berjalan dengan nyaman di malam hari tanpa takut diserempet kendaraan lain.

Jalur sepeda inovatif tersebut baru diterapkan sepanjang 100 meter. Bahan yang digunakan adalah luminofor, suatu bahan kimia buatan yang bisa mengumpulkan cahaya matahari dan menyimpan cahaya untuk dipantulkan saat gelap. Meskipun jalur sepeda bercahaya ini sangat bermanfaat namun biaya prouksinya sangat mahal. Saat ini para peneliti sedang berusaha untuk menurunkan biaya produksi sehingga jalur bercahaya tersebut dapat meluas.

photo via : www.thisiscolossal.com

Semetara itu TPA Instytut Badan Technicznych merupakan institut yang melakukan penelitian terkait jalur sepeda ini. TPA Instytut Badan Technicznych sendiri merupakan pusat kompetensi teknologi bahan untuk aspal, beton, pekerjaan tanah, dan teknik geoteknik. TPA terinspirasi membuat jalur sepeda yang menawan ini dari Starry Night. Starry Night merupakan jalur sepeda yang telah lebih dulu dibuat di Belanda oleh tangan seniman Daan Roosegaarde. Selain Polandia dan Belanda, jalur sepeda yang serupa juga dibuat di Inggris dengan nama Starpath. Wah keren ya guys?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait