Kilas Balik 2020: Dari Bencana Alam, Meninggalnya Sejumlah Artis Hingga Covid 19

4 minggu, by blogunik

Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun tersulit untuk umat manusia seluruh dunia. Bukan hanya karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan menjatuhkan ratusan ribu korban jiwa dan melumpuhkan perekonomian dunia. Tapi di tahun 2020 ini juga ada begitu banyak peristiwa dan bencana yang terjadi di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang tidak bisa kita lupakan begitu saja.

Untuk itu, sebelum kita menyambut tahun baru 2021, ada baiknya kita kilas balik sejenak, untuk mengingat berbagai peristiwa besar yang terjadi sepanjang tahun 2020. Berikut ulasannya!

1. Jabodetabek dilanda banjir besar – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via viva.co.id

Di awal tahun baru tanggal 1 Januari 2020 banjir menyapa warga Jabodetabek. Meski banjir di Jakarta sama sekali tidak mengejutkan, namun bencana kali ini merupakan yang terburuk selama dekade terakhir. Sebanyak 308 kelurahan terendam banjir dengan ketinggian air maksimal 6 meter. Lebih dari 92 ribu jiwa mengunggsi dan 60 orang meninggal dunia.

2. Kebakaran hutan di Australia – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via news.detik.com

Peristiwa besar lainnya yang terjadi pada Januari 2020 adalah kebaran hutan di Australia. Kebakaran hutan di Australia ini sudah menghancurkan seperlima hutan di benua tersebut tepatnya sekitar 47 juta hektar. Tercatat bahwa sekitar 34 orang meninggal dunia dan lebih dari 2000 rumah hancur terbakar. Diperkirakan sekitar 500 juta hewan mati dan bencana ini membuat koala dalam keadaan rentan terhadap kepunahan. Kebarkaran yang terjadi dari September 2019 hingga Januari 2020 ini dikatakan sebagai peristiwa terburuk sepanjang masa.

3. Tewasnya Jenderal Iran, Qasem Soleimani dan ketakutan akan terjadinya Perang Dunia III – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via tempo.co

Peristiwa yang menggegerkan dunia di tahun 2020 berikutnya adalah kematian Jenderal Iran, Qasem Soleimani. Beliau tewas dalam serangan rudal milik AS. Rudal itu tepat mengenai sasaran dan menewaskan dua orang penting Iran, yaitu Qasem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis.

Sebagai aksi balasan, Iran kemudian memborbardir pangkalan militer AS dengan rudal pada Rabu, 8 Januari 2020 dan mengakibatkan sejumlah pasukan AS terluka. Hal ini memicu kekhawatiran tentang Perang Dunia III karena saat itu terjadi ketegangan antara Iran dan Amerika.

4. Pesawat Boeing 737 Ukraina Jatuh dan Meledak di Iran – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via investor.id

Masih di tanggal yang sama yakni 8 Januari 2020, pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines terjatuh dan meledak di Iran. Peristiwa itu terjadi beberapa jam setelah Iran menyerang dua pangkalan udara Amerika di Irak, sebagai pembalasan atas pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani. Sebanyak 176 penumpang dan awak wafat saat pesawat maskapai Ukrainian International Airlines jenis Boeing 737-800 jatuh sesaat setelah lepas landas dari Teheran menuju Kiev, Ukraina. Beberapa pejabat AS, sebagaimana dikutip CBS, meyakini bahwa pesawat itu dihantam oleh rudal.

5. Letusan gunung berapi Taal, Filipina – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Pada 13 Januari 2020, gunung berapi, Taal di Filipina meletus. Gunung Taal meletus dengan mengeluarkan abu setinggi 14 kilometer ke udara. Menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) di Kota Quezon, letusan uap juga diikuti oleh munculnya air mancur lava yang memancar. Akibat kejadian tersebut setidaknya 10.000 orang dilaporkan mengungsi. Bandara internasional Manilla, sekolah dan kantor diperintahkan untuk ditutup saat awan abu bertiup lebih dari 100 kilometer ke utara.

6. Pebasket dunia Kobe Bryan meninggal karena kecelakaan helikopter – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via kompas.com

Berita yang menggemparkan dunia berikutnya yang terjadi di bulan Januari 2020 adalah berita meninggalnya pebasket dunia, Kobe Bryan. Kobe Bryan tewas dalam kecelakaan helikopter di California, AS pada Minggu 26 Januari 2020. Ia tewas bersama 7 orang lainnya, termasuk putrinya Gianna Bryant. Disebutkan bahwa Kobe dalam perjalanan menuju ke Mamba Academy untuk latihan basket.

7. Rencana damai Palestina dan Israel oleh Trump – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via internasional.kompas.com

Masih dibulan yang sama, Presiden Donald Trump mengumumkan rencana perdamaian Palestina-Israel yang disebutnya sebagai “kesepakatan terbaik abad ini”. Dalam rencana perdamaian ini, AS mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan Yerussalem Timur sebagai ibukota Palestina. Dalam kesempatan itu juga, Trump menunjukkan peta baru Palestina yang terdiri dari wilayah Gaza dan Tepi Barat. Menurut Trump, rencana perdamaian itu memberi kesempatan bagi Palestina untuk mendapatkan negara independen sesuai kehendak mereka. Rencana Trump ini pun mendapat penolakan dari warga Palestina di sejumlah kota di Palestina dan beberapa negara kawasan. Tentu rencana Trump ini menjadi berita hangat dunia dibulan itu.

8. Munculnya Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire – Januari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via ayobogor.com & news.detik.com

Sepertinya bulan Januari 2020 menjadi bulan yang penuh kejutan untuk masyarakat terutama Indonesia, selain karena musibah banjir, Indonesia juga dihebohkan dengan munculnya Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire. Keraton Agung Sejagat mulai muncul sejak awal tahun 2020. Dua orang raja ratu Keraton Agung Sejagat bernama Totok Santoso Hadiningrat dan Fanni Aminadia. Totok bertindak sebagai raja dengan sebutan sinuwun, sementara Fanni dipanggil Kanjeng Ratu Dyah Gitarja. Pengikut Keraton Agung Sejagat ini disebut-sebut mencapai 450 orang. Tak tanggung-tanggung, Totok mengklaim kerajaan menguasai seluruh dunia. Ia bahkan mengatakan beberapa lembaga internasional yang kita kenal sekarang tak lain adalah kelengkapan kerajaan. Lembaga itu termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Belum usai dengan kasus Keraton Agung Sejagat, muncul komunitas tidak terdaftar di Bandung yang disebut Sunda Empire. Kelompok ini muncul di media sosial tak lama setelah Keraton Agung Sejagat diamankan. Sunda Empire memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera. Namun pada akhirnya, Rangga dan petinggi Suda Empire lainnya ditetapkan tersangka dengan dugaan kasus penyebaran berita bohong dan kabar tidak pasti untuk keonaran di masyarakat.

9. Brexit – Februari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via kompas.com

Peristiwa besar yang patut kita catat selanjutnya adalah keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE). Mulai 1 Februari 2020 lalu, Inggris secara resmi telah meninggalkan Uni Eropa (UE) setelah lebih dari tiga tahun referendum yang membuat negara itu terpecah belah.
Dengan resminya Brexit (Britain Exit) ini pun mengakhiri pertikaian politik yang telah bergulir selama bertahun-tahun, bahkan kadang hingga melumpuhkan kota Westminster. Peristiwa ini mengakhiri dualisme kepemimpinan meninggalkan parlemen United Kingdom (UK).

Namun, meski telah keluar dari UE, Britania Raya masih harus menunggu 11 bulan ke depan untuk transisi hingga akhirnya UK sepenuhnya bebas dari blok UE. Masih ada negosiasi perdagangan yang berkepanjangan dengan UE.

10. Wabah belalang terburuk menyerang Afrika dan Asia – Februari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via news.okezone.com

Melihat satu atau 2 ekor belalang, mungkin biasa saja, namun pada Februari 2020, ratusan miliar belalang gurun menyerang Afrika Timur dan Asia Selatan. Wabah belalang ini telah menginvasi dalam kelompok besar di belasan negara, termasuk Kenya, Ethiopia, Uganda, Somalia, Eritrea, India, Pakistan, Iran, Yaman, Oman, dan Arab Saudi. Peristiwa ini disebut sebagai terburuk selama seperempat abad yang mengancam tanaman dan mata pencaharian. Dampak paling parah dirasakan di Kenya, dimana tercatat 200 miliar belalang di Kenya dapat menghabiskan bahan makanan senilai 84 juta dalam sehari.

11. Meninggalnya Ashraf Sinclair – Februari 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via radarcirebon.com

Pada 18 Februari 2020, dunia hiburan Indonesia dikejutkan dengan kabar duka meninggalnya Ashraf Sinclair, suami dari Bunga Citra Lestari. Pesinetron asal Malaysia Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada Selasa 18 Februari 2020, di kediamannya kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Suami Bunga Citra Lestari tersebut diketahui tidak memiliki riwayat penyakit. Justru Ashraf merupakan pria yang rajin berolahraga untuk menjaga kebugarannya. Bintang sinetron Catatan Hari Seorang Istri tersebut pergi meninggalkan istrinya, Bunga Citra Lestari dan anak semata wayangnya, Noah Sinclair.

12. Kasus Covid-19 pertama Indonesia – Maret 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via halodoc.com

Seperti yang kita tahu, virus corona muncul pada Desember 2019, namun saat itu, tidak ada yang mengantisipasi dampaknya terhadap dunia. Tetapi ketika Covid-19 secara resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret, orang mulai mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang seberapa parah virus ini. Di Indonesia sendiri, pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada 2 Maret 2020. Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun. Dari Maret 2020 hingga kini, sebanyak lebih dari 600 ribu orang terkonfirmasi positif corona di Indonesia dengan lebih dari 19 ribu orang diantaranya meninggal dunia. Hingga saat ini, detik ini, Indonesia dan negara lainnya di dunia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.

13. Letusan Gunung Merapi – Maret 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via jateng.idntimes.com

Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia, meletus dan menyebabkan pihak berwenang bersiaga tinggi pada 3 Maret 2020. Letusan tersebut memuntahkan gumpalan abu setinggi 6.000 meter di atas puncaknya, melapisi seluruh wilayah sekitar dengan debu dari abu vulkanik. Masih bulan yang sama terjadi letusan selama 3 hari berturut-turut. Pada 27 Maret pukul 21.46 WIB terjadi erupsi yang berpotensi adanya luncuran awan panas dari reruntuhan kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

14. Meninggalnya Glenn Fredly – April 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via tabloidbintang.com

Di bulan April, berita mengejutkan kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Penyanyi legendaris berdarah Ambon, Glenn Fredly meninggal dunia pada hari Rabu 8 April 2020 di RS Setia Mitra, Jakarta. Penyanyi berusia 44 tahun tersebut meninggal dunia karena penyakit meningitis yang diidapnya selama beberapa hari terakhir, bahkan saat bernyanyi untuk konser amal, ia menahan rasa sakitnya. Glenn Fredly pergi meninggalkan istrinya Mutia Ayu dan anak perempuannya berusia 40 hari, Gewa.

15. Erupsi Gunung Anak Krakatau dan dentuman misterius – April 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via kompas.com

Pada April 2020, Indonesia kembali digegerkan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Saking hebohnya, Badan Antariksa Amerika (NASA) sampai merilis gambar gunung itu saat erupsi pada 12 April 2020 dari jarak dekat menggunakan satelit Terra. Berdasarkan bidikan kedua metode tersebut, terlihat gumpalan plume (fase asap) yang menjulang tinggi dan berwana putih bersih. Asap berwarna putih itu mayoritas berisi uap dan gas. Lalu muncul juga material berwarna merah yang ditandai dengan infrared signature yang diyakini merupakan batuan cair Anak Krakatau.

Tak hanya erupsi Gunung Anak Krakatu, ada juga peristiwa dentuman misterius yang terjadi saat keenam gunung berapi melakukan erupsi, tetapi hanya terdengar masyarakat yang tinggal di wilayah Jabodetabek. Sampai saat ini, suara dentuman masih belum bisa terpecahkan para ahli. Banyak kalangan yang menilai dentuman berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

16. Meninggalnya Didi Kempot – Mei 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via newsmaker.tribunnews.com

Mei 2020, Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka atas meninggalnya penyanyi campursari Didi Kempot. Didi Kempot meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Mei 2020 pukul 07.30 WIB. Didi Kempot diketahui meninggal dunia pada usia 53 tahun . Kepergian Didi Kempotpun meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan para penggemarnya.

17. Gerhana matahari cincin (GMC) – Juni 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via notif.id

Fenomena alam, gerhana matahari cincin (GMC) juga meramaikan deretan peristawa besar yang terjadi sepanjang tahun 2020. Gerhana matahari cincin terjadi pada 21 Juni 2020, bersamaan dengan dimulainya titik balik matahari. Fenomena ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi terletak pada garis sejajar. Namun Bulan berada sangat jauh dari Bumi sehingga tak bisa sepenuhnya menutupi cahaya Matahari. Menurut LAPAN, GMC hanya terjadi di Afrika dan Asia saja.

18. Ledakan di Beirut Lebanon – Agustus 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via sofrep.com

Berita menghebohkan lainnya datang dari Beirut Lebanon. Sebuah ledakan besar terjadi pada tanggal 4 Agustus 2020 di Beirut, ibu kota Lebanon yang telah menewaskan lebih dari 200 orang. Ledakan tersebut diduga kuat karena 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di salah satu gudang di kawasan pelabuhan. Presiden Lebanon Michel Aoun, dalam postingan media sosial Twitternya, mengatakan penyimpanan bahan kimia amonium nitrat dengan tidak aman selama enam tahun yang mengakibatkan terjadinya ledakan ini tak dapat dimaafkan. Ia mengatakan, siapa pun yang bertanggung jawab akan ledakan tersebut harus mendapatkan hukuman yang berat.

19. Kebakaran Kantor Kejaksaan Agung Jakarta – Agustus 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via wartakota.tribunnews.com

Berita cukup menghebohkan lainnya yang terjadi di Indonesia ditahun 2020 adalah kebakaran Kantor Kejaksaan Agung di Jakarta. Gedung Kejaksaan Agung mulai terbakar pada Sabtu petang, 22 Agustus 2020 lalu, dan baru bisa dipadamkan keesokan harinya, Minggu pagi, 23 Agustus 2020. Polisi mengatakan kebakaran disebabkan puntung rokok pekerja bangunan yang menyambar cairan pembersih lantai.

20. DPR mengesahkan Omnibus Law hingga demontrasi besar-besaran – Oktober 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via news.detik.com

5 Oktober 2020 DPR mengesahkan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja, Pengesahan Omnibus Law dinilai terlalu terburu-buru, pengesahannya dinilai cacat hukum. Buntut disahkannya UU Cipta Kerja membuat banyak pihak melakukan gelombang penolakan melalui aksi demontrasi hingga berakhir ricuh. Lebih dari 1.000 orang yang terdiri dari kelompok mahasiswa dan buruh menggelar unjuk rasa dan pawai di Jakarta, Selasa 20 Oktober 2020 menolak Undang-Undang Cipta Kerja. Tak hanya di Jakarta, sejumlah kota lainnya di Indonesia juga menggelar demonstrasi secara serentak menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

21. Planet Mars berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi – Oktober 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via cnnindonesia.com

Planet Mars berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, Selasa 6 Oktober 2020. Mars berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, sehingga ia tampak begitu jelas sehingga fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang. Mars yang berwarna merah dapat dilihat di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar.
Fenomena ini hanya terjadi setiap 15 tahun sekali. Jika kamu melewatkannya saat itu, maka kamu baru akan melihatnya lagi pada September 2035.

22. Omnibus Law resmi berlaku – November 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via ininusantara.com

Meski mendapatkan banyak penolakan, namun terhitung 2 November 2020 Omnimbus Law resmi berlaku menjadi Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sejumlah pihak menemukan kesalahan atau kejanggalan. Salah satu yang mencuat pertama adalah kejanggalan pada Pasal 6 yang merujuk pada Pasal 5. Naskah UU Ciptaker yang diunggah ke situs resmi Setneg itu berjumlah 1.187 halaman, lebih banyak dibandingkan yang disetor DPR pada medio Oktober lalu yakni 812 halaman. Draf dan jumlah halaman yang selalu berubah-ubah membuat undang-undang ini terus menjadi kontroversi.

23. Joseph Robinette Biden Jr. terpilih sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat – November 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via kompas.com

Hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-59 tahun 2020 berakhir sengit dengan melibatkan Donald Trump vs Joe Biden. Dimana Joe Biden keluar sebagai pemenangnya. Joe Biden yang berpasangan dengan Kamala Harris akhirnya menang serta terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-46, mengalahkan pasangan Donald Trump dan Mike Pence. Joe Biden memenangkan Pilpres AS 2020 dengan raihan 290 electoral votes. Adapun Donald Trump hanya memperoleh 214 suara.

24. 1,2 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia – Desember 2020

 Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2020

photo via liputan6.com

Seperti menemui secercah harapan, pada tanggal 6 Desember 2020 kemarin, sebanyak 1,2 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Tanah Air. Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, vaksin Covid-19 Sinovac China yang tiba di Indonesia belum lama ini hanya tahap awal. Karena akan ada sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Sinovac China yang akan tiba di Indonesia pada akhir Desember 2020. Sekalipun ada pergeseran waktu, paling lambat vaksin tersebut tiba di Indonesia pada Januari 2021. Pemerintah juga telah memesan 3 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk finish product yang nantinya akan diprioritaskan untuk tanaga medis.

Itu dia beberapa peristiwa besar yang terjadi sepanjang tahun 2020. Selain peristiwa dan bencana diatas, sebenarnya masih ada beberpa peristiwa besar yang terjadi seperti, tertangkapnya Menteri Kelautan dan Perikanan oleh KPK karena diduga menerima hadiah dalam kasus ekspor benih lobster. Selain itu, yang menghebohkan masyarakat Indonesia lainnya adalah Menteri Sosial, Juliari Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi bantuan sosial Covid-19 pada 6 Desember 2020 lalu. Tahun 2020 mungkin tahun yang cukup suram, namun ada baiknya, kita menjadikan tahun ini sebagai pelajaran agar kita bisa menjadi individu yang lebih baik di tahun selanjutnya.

+3
Artikel Terkait