Berbagai Pertimbangan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

3 bulan lalu

Setiap orang yang sedang menjalin sebuah hubungan percintaan, pastinya tidak ingin ada kata berpisah. Kita pastinya memiliki rencana indah bersama berdua, namun terkadang rencana tersebut tidak berjalan seperti apa yang kita inginkan. Dalam setiap hubungan percintaan pastinya juga ada kemungkinan untuk putus. Putusnya sebuah hubungan percintaan memang wajar terjadi, hubungan yang kandas ini juga selalu menyakitkan, ada rasa kehilangan, rasa tak biasa dan rasa aneh yang akan menyerang. Rasa tersebut semakin parah apalagi kita menjalin hubungan percintaan selama bertahun-tahun lamanya. Siapa yang tidak sedih, kehilangan seseorang yang selama ini menemani kita sehari-hari dalam suka maupun duka. Kita juga merasa aneh karena orang yang dulu sangat kita cintai berubah menjadi orang asing. Meskipun sudah putus tak bisa dipungkiri jika ada kemungkinan untuk balikan lagi. Terkadang mantan juga tiba-tiba meminta kita balikan lagi, apakah kita harus menerimanya lagi atau kita acuhkan saja? Sebelum memutuskan untuk menjalin kisah cinta kembali, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal dulu, daripada kamu balikan terus putus lagi

1. Ingat Kembali Alasan Kalian Berdua Putus

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : http://sonchongnong.info

Sebelum balikan lagi dengan mantan, coba deh kamu ingat-ingat lagi kenapa dulu kalian bisa putus. Putusnya hubungan pastinya memiliki berbagai macam alasan dan setiap orang harus mempertimbangkan apa yang membuat hubungan tersebut putus. Jika hubungan kalian putus karena sama-sama emosi atau pertengkaran kecil maka kamu dapat mempertimbangkannya lagi. Tapi jika putusnya hubungan kalian karena berbeda prinsip ada baiknya kamu mengurungkan niat untuk balikan. Karena jika prinsip sudah berbeda nantinya jika kamu balikan dengannya lagi maka kamu akan mengalami kehancuran lagi seperti sebelumnya.

2. Mengapa Kamu Ingin Kembali Padanya?

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.koreaboo.com

Tanyakan pada dirimu sendiri kenapa kamu ingin balikan lagi sama mantan. Apa karena kamu masih cinta atau karena kamu tidak ingin kesepian? Rasa kesepian pastinya ada karena biasanya kemana-mana kamu ada yang menemani. Tapi apakah karena kesepian menjadi alasan kamu untuk balikan? Daripada kamu balikan karena untuk menghilangkan rasa kesepian lebih baik kamu berusaha untuk menghadapi semuanya sendiri dulu. Kuatkan dan beranikan diri untuk menghadapi semuanya tanpa pasangan, setelah kamu cukup tangguh yakinlah nantinya akan ada orang yang sama tangguhnya yang datang dan menjadi pasanganmu.

3. Apa dia benar-benar sudah berubah?

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.lovingonpurpose.com

Jika penyebab putusnya hubungan kalian karena sifatnya yang tidak kamu sukai, coba untuk memastikan apakah sifatnya itu sudah berubah? Jangan percaya dengan kata-katanya saja tapi lihatlah sendiri apalah tindakannya sudah benar-benar berubah. Jika dia sudah memperbaikinya itu bisa menjadi dampak yang positif buat hubungan kalian. Tapi kamu juga harus tahu, jika ada beberapa sifat orang yang sulit dihilangkan karena dia tumbuh dengan kebiasaan itu, dididik oleh lingkungannya untuk menjadi seperti itu. Seberapa besar pun cintanya padamu dan betapa kuatnya dia berjanji untuk berubah, itu takkan cukup. Jika ada sifat dasarnya yang tidak kamu sukai ada kemungkinan hubungan tersebut akan terulang seperti sebelumnya.

4. Apa kamu sudah siap untuk memaafkan?

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.relrules.com

Hal yang sangat penting dan kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk balikan lagi dengan mantan adalah apakah kamu sudah benar-benar memaafkannya ? Apakah kamu sudah siap menerimanya lagi untuk melangkah bersama? Apalagi jika saat putus kamu menjadi pihak yang tersakiti, apakah kamu sudah siap menerima orang yang dulu pernah menyakiti hatimu. Jika kamu masih menyimpan rasa sakit hatimu dan balikan dengannya, nantinya kamu akan selalu mengungkit-ngungkit permasalahan yang lalu ketika kamu sedang bertengkar dengannya. Jika kamu belum bisa memaafkannya, lebih baik kamu jangan balikan dulu dengannya karena hatimu belum sepenuhnya mampu menerimanya.

5. Kamu berharap jika balikan dengannya akan datang keajaiban

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://mindfullivingnetwork.com

Kamu sebenarnya sadar jika kamu dengannya tidak cocok dan banyak sekali hal yang selama ini kamu pendam dan berusaha untuk memahaminya. Memang cinta yang menyatukan kalian, tapi jika dilanjutkan tentunya hubungan tersebut tidak akan jalan kemana-mana. Dengan kamu mengambil langkah untuk kembali padanya kamu berharap semua ketidak cocokan itu akan terselesaikan. Padahal kembalinya kamu ke sisi mantan tidak akan membawa keajaiban apapun kecuali kalian memang mau berubah.

6. Kamu masih sayang atau kamu hanya malas memulai dengan orang lain?

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.naukrinama.com

Merasa sudah sangat nyaman terkadang membuat kita ingin kembali kepada mantan, hal tersebut memang wajar terjadi karena kita dengan mantan sudah saling mengenal satu sama lain. Kalian pun tidak perlu lagi menyesuaikan kebiasaan, tapi apa karena merasa nyaman saja kalian ingin balikan? Kamu harus tahu terlalu nyaman dengan seseorang tidak selamanya pertanda baik, malahan ini bisa membuatmu tidak berkembang. Tapi jika kamu memang ingin balikan karena tidak ingin memulai lagi dengan yang lain, maka kamu harus menanggung resikonya sendiri dan hidup seperti itu-itu saja.

7. Pandangan keluarga dan teman-temanmu terhadap hubungan kalian

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.yahoo.com

Setelah kamu putus inilah saat yang tepat untuk menilai secara objektif bagaimana pendapat keluarga dan sahabatmu soal hubunganmu dengannya. Disadari atau tidak terkadang orang-orang terdekat kita mempunyai insting yang tepat soal masa depan hubungan kita. Dan terkadang pendapat mereka tidak disampaikan karena mereka menghargai privasi kamu. Selain itu, karena mereka sudah mengenalmu jauh sebelum mantanmu, jadi mereka lebih mengerti dan memahami kamu luar dalam. Jika mereka menganggap berakhirnya hubungan kalian adalah hal yang terbaik, tidak ada salahnya hal ini bisa dijadikan pertimbangan dan begitu pula sebaliknya.

8. Kamu tidak sanggup melihat dia bersama orang lain

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://www.christianitytoday.com

Terkadang alasanmu untuk balikan sama mantan karena kamu nggak sanggup patah hati melihat dia dengan orang lain. Karena masih sayang dan tidak mau itu terjadi jadinya kamu menawarkan pilihan untuk kembali saja. Wajar sekali kamu merasa patah hati ketika mantanmu sudah bisa memulai bersama orang lain sementara kamu masih berusaha menata hati yang retak. Tapi kamu harus tahu, setiap orang mempunyai waktu dan cara sendiri untuk menyembuhkan luka patah hati. Bisa jadi dia memang membutuhkan orang lain untuk melupakanmu sementara kamu butuh waktu lama untuk menerima seseorang. Dia yang sudah memulai membuka hatinya lebih dulu belum tentu bahagia, semua sudah ada jalannya, kamu yakini saja.

9. Pikirkan lagi jika mantanmu pernah selingkuh atau melakukan kekerasan padamu

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://hellosehat.com

Coba pertimbangkan lagi jika kamu ingin balikan dengan mantan, apalagi mantanmu pernah selingkuh atau melakukan kekerasan padamu. Pasangan yang pernah selingkuh cenderung akan mengulangi perbuatannya lagi. Begitu juga jika dia pernah melakukan kekerasan padamu baik kekerasan secara verbal, mental maupun fisik. Jika kamu menerimanya kembali, bisa jadi dia akan menyakiti kamu lagi.

10. Kamu ingin balikan hanya karena rasa kasihan

Pertimbangan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memutuskan Untuk Balikan Sama Mantan

Photo via : https://womantalk.com

Kamu tidak tega melihatnya berjuang untuk mendapatkan kamu kembali hingga jungkir balik dan apapun dia lakukan agar kamu mau kembali padanya. Karena melihat dia seperti itu terkadang mendorong kita untuk menerimanya kembali. Hubungan cinta yang dibangun berdasarkan rasa kasihan tidak akan menjadi sebuah hubungan yang sehat, sehingga kamu tidak bisa mencurahkan perasaan sayangmu secara tulus dan perlakuan romantismu bukan karena cinta. Seseorang tidak berhak dikasihani hanya untuk mendapatkan cinta dari orang lain, jika kamu memang benar-benar sayang padanya maka kamu akan memilih untuk melupakannya.

 

Itulah beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum kamu memutuskan untuk balikan lagi dengan mantan. Meskipun perpisahan itu berat tapi memang ada beberapa hubungan yang memang harus kamu sudahi demi kebaikan kalian berdua. Dengan melepaskannya pergi, yakinlah nanti jika sudah saatnya kamu akan mendapatkan yang lebih baik darinya yang akan membuatmu bahagia.

Baca Juga