Keren! Deretan Lagu Hasil Collab Idol Kpop Yang Harus Kamu Dengerin

Lagu Hasil Collab Idol Kpop

Kolaborasi antara idol kpop merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu para penggemarnya, baik itu kolaborasi antara para idol lainnya maupun musisi barat lainnya. Mendengar mereka akan melakukan kolaborasi saja, sudah membuat para penggemar deg-degan karena penasaran musik seperti apa yang akan disuguhkan. Karena terkadang kedua belah pihak memiliki jenis musik yang berbeda. Rasa penasaran para penggemar pun semakin menjadi-jadi ketika hari H sudah tiba. Tak heran jika beberapa lagu kolaborasi antar idol kpop menjadi no 1 di beberapa tangga lagu. Kira-kira kolaborasi idol kpop mana saja sih yang keren? Agar kamu tidak semakin penasaran, berikut ini beberapa deretan lagu hasil collab idol kpop yang harus kamu dengerin.

1. BTS x Nicki Minaj – IDOL

Pertama diduduki oleh kolaborasi keren dari BTS dan Nicki Minaj dengan lagu berjudul IDOL. Lagu yang baru saja dirilis ini bahkan memecahkan rekor video musik yang paling banyak ditonton di YouTube dalam kurun waktu satu hari saja. Wow….memang sudah tidak perlu diragukan lagi deh. Meskipun berkolaborasi dengan penyanyi barat, lagu IDOL masih memiliki elemen yang mencerminkan warna musik negara asal mereka yaitu Korea Selatan. Hanya saja untuk mengimbanginya dan dapat diterima luas, BTS menambahkannya dengan elemen musik EDM.

2. BTS x Zara Larsson – A Brand New Day

Selain berkolaborasi dengan Nicki Minaj, BTS juga berkolaborasi dengan Zara Larsson. Penyanyi asal Swedia Zara Larson mengatakan jika lagu “A Brand New Day” yang dibawakan bersama BTS ini dikerjakan selama lebih dari setahun. Lagu A Brand New Day ini merupakan soundtrack kedua untuk mobile interactive game BTS WORLD. Yang menarik dari lagu ini yaitu mereka menampilkan alat musik tradisional Korea bernama daegum. Lagu ini pun disambut hangat oleh penggemar dan menjadi trending topic di Twitter.

3. BLACKPINK x Lady Gaga – Sour Candy

Selanjutnya ada Sour Candy yang merupakan kolaborasi antara BLACKPINK dengan Lady Gaga. Lady Gaga mengaku kagum terhadap idol kpop satu ini dan menghubungi BLACKPINK langsung untuk mengajaknya berkolaborasi. Lagu kolaborasi BLACKPINK dan Lady Gaga ini pun langsung meroket di tangga lagu iTunes di 57 negara di dunia. Tak hanya di tangga lagu, video klip-nya pun sempat merajai trending di YouTube.

4. BLACKPINK x Dua Lipa – Kiss and Make Up

Pada tahun 2018 lagu Kiss and Make Up hasil dari kolaborasi Dua Lipa dengan BLACKPINK dirilis. Orang pertama yang mengusulkan kolaborasi ini adalah Dua Lipa. Lagu Kiss and Make Up sebenarnya dipersiapkan untuk album kedua, namun Dua Lipa berpikiran jika akan terdengar hebat jika dinyanyikan bersama BLACKPINK. Saat itulah mereka saling berkomunikasi dan BLACKPINK mengubah beberapa lirik bahasa Inggris dari Kiss and Make Up menjadi Bahasa Korea. Dan lihatlah ketika dirilis, lagu tersebit mancapai nomor 1 di tangga lagu iTunes banyak negara.

5. NCT Dream x HRVY – Don’t Need Your Love

Next ada kolaboras apik antara NCT Dream dan HRVY dengan judul lagu berjudul Don’t Need Your Love. Don’t Need Your Love ini merupakan lagu yang dirilis melalui proyek SM Entertainment bertajuk STATION 3. Di lagu ini HRVY menyanyikan lirik lagu dalam bahasa Inggris sedangkan NCT dream menyanyikan liriknya yang berbahasa Korea, lengkap diiringi dengan musik EDM house. Jika dilihat dalam MV-nya, HRVY terlihat seperti anggota baru dari NCT Dream kan?

6. BLACKPINK x Selena Gomez – Ice Cream

Lagu kolaborasi antara BLACKPINK dan Selena Gomez ini memang sudah banyak dinantikan oleh para BLINK dan Selenator. Sehingga ketika dirilis pada 28 Agustus 2020, lagu ini banyak merajai tangga lagu dan trending di YouTube. Meskipun lagu ini dibuat dikala pandemi Covid-19, baik BLACKPINK dan Selena Gomez selalu terhubung dan mereka mengobrol mengenai lagu ini. Kolaborasi ini juga menampilkan MV yang menarik dimana mereka menyuguhkan dance performance video in ZEPETO.

7. Hwasa MAMAMOO x Dua Lipa – Physical

Sebelumnya Hwasa sempat membawakan lagu New Rules dalam ajang Mnet Asian Music Awards 2019 di Jepang. Kala itu, Dua Lipa juga turut tampil di panggung yang sama. Kemudian tak lama setelahnya, Hwasa berkesempatan berkolaborasi dengan penyanyi papan atas ini. Hwasa dan Dua Lipa berkolaborasi dalam lagu berjudul Physical yang menjadi salah satu lagu terbaru Dua Lipa dalam album kedua “Future Nostalgia”.

8. Monsta X x French Montana – Who Do U Love?

Who Do U Love? merupakan salah satu lagu yang ada di dalam album Monsta X “All About Luv”. Lagu ini merupakan kolaborasi antara Monsta X dengan French Montana rapper asal Amerika Serikat. Lagu ini secara keseluruhan menggunakan Bahasa Inggris dan dirilis pada tanggal 21 Juni 2019.

9. Super Junior x Leslie Grace – Lo Siento

Berbeda dengan lagu kolaborasi lainnya, lagu berjudul Lo Siento ini menggunakan tiga bahasa sekaligus yaitu bahasa Korea, Bahasa Inggris dan Spanyol. Single Super Junior yang berkolaborasi dengan Leslie Grace ini diperkaya dengan irama rancak dan petikan dawai gitar khas musik Latin. Lagu ini juga merupakan pertemuan antara berbagai budaya yang berbeda.

10. Wendy Red Velvet x John Legend – Written in The Stars

Written in The Stars merupakan lagu kolaborasi antara Wendy Red Velvet dengan John Legend. Lagu ini dirilis dalam rangka kolaborasi artis-artis SM Entertainment dengan musisi-musisi di luar manajemen SM yang semuanya digabungkan dalam album STATION X 0. Single ini merupakan lagu ballad yang liriknya menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan. Untuk genrenya sendiri masuk kedalam genre R&B dengan alunan gitar yang smooth dan bercerita tentang sepasang kekasih yang saling mencintai meskipun waktu terus berlalu dan jarak terkadang memisahkan.

11. Monsta X x Steve Aoki – Play It Cool

Lagu hasil collab idol kpop lainnya yang enak di dengarkan yaitu Monsta X dengan Steve Aoki dengan judul lagu Play It Cool. Kolaborasi ini memang telah lama diinginkan oleh Steve Aoki. Karena sebelumnya Steve Aoki sempat berharap bisa berkolaborasi dengan Monsta X. Lagu kolaborasi ini memiliki dua versi yaitu Bahasa Korea dan Bahasa Inggris. Menariknya MV yang dirilis dalam bahasa Inggris, dirilisnya MV ini pun disambut hangat oleh para penggemar.

12. Far East Movement x Marshmello ft Chanyeol EXO & Tinashe – Freal Luv

Sebelumnya, mereka sudah beberapa kali memberikan kode dan menggoda para penggemar mengenai kolaborasi mereka. Dan akhirnya Far East Movement merilis lagi kolaborasi antara Chanyeol EXO bersama DJ Marshmello dan Tinashe berjudul Freal Luv. Kolaborasi ini memang banyak sekali yang menunggu, Freal Luv menampilkan suara indah dari Tinashe dipadukan dengan rap dari Far East Movement dan Chanyeol EXO. Dalam rap-nya ini Chanyeol menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris, diketahui rapnya ini menggunakan dua bahasa yaitu Inggris dan Korea.

13. Chung Ha x R3HAB – Dream of You

Chung Ha merilis sebuah single berjuudl Dream of You yang berkolaborasi bersama R3HAB melalui 88RISING / 12Tone Music. Lagu ini memiliki energi dinamis dan mengajak pendengarnya untuk menikmati lagu sambil nge-dance. Single ini dirilis bertepatan dengan bergabungnya Chung Ha dengan 88RISING.

14. K-391x Alan Walker ft Julie Bergan & Seungri – Ignite

Mungkin tidak ada yang mengira ternyata lagu ini merupakan kolaborasi antara Seungri dan Alan Walker. Kerjasama antara mereka berdua ini menghasilkan single berjudul Ignite. Seungri sendiri mengisi bagian vokal dan berduet dengan penyanyi Nowergia Julie Bergan. Dalam lagu ini Alan Walker mengubah musiknya bersama produser K-391 dan ini menjadi single kolaborasi pertama dari label EDM milik Seungri “Liquid State”.

15. IU feat Suga BTS – Eight

Kolaborasi antara IU dan Suga BTS ini sempat trending pada masanya, dari kolaborasi ini menghasilkan lagu berjudul Eight. Lirik lagu Eight ini mengungkapkan kesulitan yang IU dan Suga hadapi di masa lalu untuk mencapai tempat mereka saat ini. Ketika dirilis, lagu Eight ini langsung meledak dipasaran dan langsung menduduki peringkat 1 di Melon, Genie, Bugs dan Soribada. Lagunya yang indah pun dikombinasikan dengan MV yang indah, mereka mengkombinasikannya dengan animasi yang bagus.

16. B.I x Destiny Rogers x Tyla Yaweh – Got It Like That

Siapa yang tidak mengenal kim Hanbin atau dikenal juga dengan B.I, B.I kembali dengan karya musiknya yang terbaru yaitu Got It Like That. Di lagu ini B.I tidak sendirian karena ia juga berkolaborasi dengan Destiny Rogers dan Tyla Yaweh. Mereka bertiga memiliki warna khas masing-masing namun berbaur menyajikan musik yang enak didengarkan.

17. SM Artis – Dear My Family

Dear My Family merupakan lagu yang wajib dibawakan pada saat seluruh artis SM Entertainment melakukan tournya yaitu SM Town. Lagu ini memiliki makna yang dalam karena berkisah tentang bagaimana perjalanan panjang para artis SM Entertainment dari treniee hingga saat ini. Mereka juga menggambarkan semua yang ada di dalam agensi ini merupakan keluarga bukan sekedar teman.

18. BTS x Steve Aoki – Waste It On Me

Steve Aoki merilis sebuah lagu berjudul “Waste It On Me” yang merupakan hasil kolaborasinya dengan BTS. Lagu ini menjadi singel pertama dari album Steve Aoki yang bertajuk “Neon Future III”. Waste It On Me ini bukanlah lagu pertama kolaborasi mereka karena sebelumnya mereka sempat berkolaborasi juga. Tapi bagi BTS Waste It On Me menjadi lagu pertama yang seluruhnya menggunakan bahasa Inggris.

19. Jason Derulo, LAY, NCT 127 – Let’s Shut Up & Dance

Lagu ini merupakan kolaborasi antara Jason Derulo bersama Lay EXO dan NCT 127. Let’s Shut Up & Dance ini merupakan sebuah proyek persembahan atau tribute bagi Michael Jakson yang dirilis pada tahun 2019. Disini kalian juga dapat melihat Lay, NCT 127 dan Jason Derulo yang tengah menari dengan latar lagu Let’s Shut Up & Dance. Jika kalian melihat MV-nya, kalian akan teringat tentang sosok Michael Jackson. Beberapa koreografi dan kostum di MV-nya juga mencerminkan ciri khas dari sang legenda.

20. Friendship Project – You Are A Miracle

Angkatan lawas kpop pasti mengenal lagu satu ini, lewat SBS Gayo Daejun 2013 Friendship Project ada setidaknya 125 penyanyi kpop bersatu dalam single dan MV “You Are A Miracle”. Hasil dari keuntungan lagu ini akan disumbangkan ke badan amal SBS. Para penyanyi yang ikut berpartisipasi di lagu ini di antaranya ada IU, Sung Si Kyung, A Pink, Girls’ Generation, SHINee, EXO, 2NE1, Kim Heechul, 2PM, f(x), Lee Hyori, G-Dragon, Taeyang, miss A dan Park Jin Young. Acara ini dipandu oleh Sung Si Kyung, Heechul dan Sandara Park. Mendengarkan lagu ini, seakan membawa kita kembali ke kenangan waktu dulu.

Itulah beberapa deretan lagu hasil collab idol kpop yang bisa kamu dengarkan. Lagu hasil kolaborasi idol bersama penyanyi luar negeri atau dalam negeri ini begitu enak didengarkan dan beberapa lagunya pun membuat kita ingin nge-dance. Dari deretan diatas, lagu kolaborasi mana yang kamu sukai?

Artikel Terkait