Bikin Ngiler! Inilah Makanan dan Minuman Khas Betawi Yang Siap Menggoyang Lidahmu

3 bulan lalu

Jakarta merupakan kota metropolitan yang juga merupakan ibukota dari Indonesia, Jakarta sendiri terkenal memiliki gedung-gedung yang tinggi, kemacetan dimana-mana dan juga polusi udara. Selain itu Jakarta juga termasuk ke dalam kota yang memiliki biaya hidup tinggi. Meskipun begitu, kota Jakarta juga memiliki tempat wisata yang pastinya banyak orang baik itu dari lokal maupun luar Jakarta mengunjunginya. Jika berkunjung ke Jakarta tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi beraneka ragam makanan dan minuman khas Betawi. Nah, makanan dan minuman khas Betawi apa saja ya? Berikut ini makanan dan minuman khas Betawi yang siap menggoyang lidahmu.

 

1. Es Goyang

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Es Goyang

Photo via : https://www.minumkopi.com

Es goyang adalah salah satu es khas Betawi, dimana bahan-bahannya sangat sederhana yaitu santan, gula pasir, perasa dan tepung hunkue. Es ini diberi nama goyang karena cara pembuatannya dengan cara menggoyangkan cetakan es krimnya. Es ini biasanya kita temui pada tahun 90an disekolah-sekolah.

 

2. Selendang Mayang

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Selendang Mayang

Photo via : https://resepkoki.id

Es selendang mayang merupakan salah satu es khas Betawi. Dimana terdiri dari sirup gula Jawa, santan dan potongan es batu. Selain itu es ini juga terdapat agar-agar yang berwarna-warni, es ini juga terbuat dari tepung beras. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

3. Es Doger

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Es Doger

Photo via : https://review.bukalapak.com

Es Doger merupakan salah satu es khas Betawi yang harus kamu coba. Es ini merupakan campuran es dengan susu kelapa. Selain itu, es ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa, tape, ketan hitam, alpukat dan lainnya. Ketika cuaca panas, sangat nikmat rasanya mencicipi es doger ini.

 

4. Bir Pletok

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Bir Pletok

Photo via : https://resepkoki.id

Bir Pletok merupakan salah satu minuman khas Betawi yang terbuat dari beberapa rempah-rempah seperti jahe, daun pandan wangi dan serai. Minuman ini sangat menyegarkan dan biasanya dikonsumsi pada malam hari untuk menghangatkan tubuh. Warna dari bir pletok ini berasal dari kayu secang yang memberikan warna merah ketika diseduh.

 

5. Kerak Telor

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kerak Telor

Photo via : https://lifestyle.okezone.com

Kerak Telor merupakan makanan asli Jakarta, dimana kerak telor ini terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi yang disangrai kering ditambah bawang goreng. Setelah itu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir. Keunikan dari makanan ini yaitu cara memasaknya, cara memasaknya yaitu dengan dipanaskan diatas tungku arang dimana wajannya menghadap panas arang.

 

6. Ketoprak

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Ketoprak

Photo via : https://www.youtube.com

Ketoprak adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan ketupat sebagai bahan utamanya. Ketoprak ini terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge dan tahu. Ketoprak ini disiram dengan sambal kacang yang gurih dan enak. Sebagai tambahan, ketoprak ini dilengkapi dengan kerupuk yang renyah.

 

7. Soto Betawi

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Soto Betawi

Photo via : https://review.bukalapak.com

Soto Betawi merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang terbuat dari soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi atau ayam. Selain jeroan, biasanya diserttakan juga organ-organ sapi seperti mata dan hati. Soto yang memiliki daging empuk dan kuah yang gurih ini sangat cocok disantap bersama nasi putih yang hangat.

 

8. Semur Jengkol

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Semur Jengkol

Photo via : https://travelingyuk.com

Semur Jengkol merupakan salah satu makanan khas Betawi. Namun biasanya kebanyakan orang tidak menyukai bau dari jengkol ini karena baunya sangat menyengat. Untuk menghilangkannya biasanya jengkol direndam di air kapur. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

9. Nasi Uduk

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Nasi Uduk

Photo via : https://resepkoki.id

Nasi Uduk adalah salah satu makanan khas Betawi, dimana cara masaknya berbeda dengan nasi putih biasa. Nasi uduk ini diaron dengan air santan, daun salam, daun jeruk, serai dan laos. Aroma nasi uduk ini gurih dan memiliki aroma tersendiri dan biasanya nasi uduk ini disajikan dengan tempe orek, tahu, ayam goreng, daun kemangi dan sambal goreng.

 

10. Bubur Ase

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Bubur Ase

Photo via : https://www.kompasiana.com

Bubur Ase merupakan salah satu bubur, dimana bubur ini topping berbeda dari bubur lainnya. Bubur ini memiliki kuah yang gelap karena merupakan kuah semur daging khas Betawi. Selain itu bubur ini ditambah dengan topping potongan daging sapi dan kentang. Bubur ini sangat cocok dijadikan sarapan di pagi hari.

 

11. Sayur Besan

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Sayur Besan

Photo via : https://shopee.co.id

Sayur besan merupakan salah satu makanan yang biasanya disajikan di pernikahan adat Betawi. Sayur besan ini mirip dengan sayur lodeh yang rasanya juga tidak berbeda. Sayur ini kuahnya putih dengan berbagai macam sayuran di dalamnya seperti kentang rebus, petai, daun bawang, bawang goreng dan cabai.

 

12. Gabus Pucung

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Gabus Pucung

Photo via : https://resepkoki.id

Gabus Pucung merupakan salah satu makanan khas Betawi yang bahan utamanya menggunakan ikan gabus dan buah pucung. Kuah yang berwarna hitam ini berasal dari pucung dengan campuran kluwak. Makanan ini biasanya dijadikan makanan yang diantar oleh anak kepada orang tua atau dari menantu ke mertua menjelang bulan puasa dan lebaran.

 

13. Nasi Ulam

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Nasi Ulam

Photo via : https://deskgram.net

Nasi Ulam merupakan salah satu makanan khas Betawi yang menjadi favorit banyak orang. Nasi ini biasanya menggunakan nasi pera yang disiram dengan semur kentang/ semur tahu/ semur telur. Nasi ulam ini biasanya disajikan kering ataupun basah tergantung dari selera. Nasi ulam biasanya ditambah dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris dan perkedal kentang.

 

14. Asinan Betawi

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Asinan Betawi

Photo via : https://www.tokopedia.com

Asinan merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang disukai oleh para penikmat kuliner Jakarta. Asinan Betawi ini terdiri dari sayur-sayuran seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng dan tahu putih. Setelah itu sayuran tersebut didiram dengan bumbu kacang yang enak dan dicampur cuka dan cabai dengan kerupuk mie besar berwarna kuning.

 

15. Soto Tangkar

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Soto Tangkar

Photo via : https://www.pengusahasukses.com

Soto Tangkar merupakan makana khas Betawi yang bisa diblang mirip dengan soto Betawi. Makanan ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, orang Betawi hanya mampu membeli iga sapi yang sedikit, kemudian mereka menyulapnya menjadi soto yang enak. Saat ini, soto tangkar bisa ditambahkan dengan isian berupa kikil ataupun jeroan sapi.

 

16. Ketupat Babanci

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Ketupat Babanci

Photo via : https://jakartan.id

Ketupat Babanci atau sayur babanci merupakan salah satu makanan khas Betawi yang saat ini mulai jarang ditemukan, bahkan sayur babanci ini bukanlah sayur karena tida ada sayuran didalamnya. Makanan ini diracik dengan bahan dan rempah-rempah yang sudah sulit ditemukan di Jakarta. Nama sayuran ini diambil karena sayur ini tidak jelas usulnya karena tidak termasuk gule, kare ataupun soto.

 

17. Roti Buaya

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Roti Buaya

Photo via : http://traveltodayindonesia.com

Roti Buaya merupakan salah satu makanan yang penting dalam pernikahan adat Betawi. Makanan ini memiliki panjang sekitar 50cm, dimana roti buaya ini dibawa oleh pihak laki-laki untuk diberikan ke pihak perempuan. Roti buaya ini memiliki makna sebagai ungkapan kesetiaan pasangan menikah.

 

18. Sengkulun

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Sengkulun

Photo via : http://berandadevi.blogspot.com

Sengkulun merupakan salah satu jajanan khas Betawi yang mirip dengan kue keranjang. Kue ini bertekstur lunak, kenyal dan lembut. Kue sengkulun ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah dengan tambahan santan, sehingga rasanya manis dan gurih.

 

19. Kue Geplak

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Geplak

Photo via : https://www.indonesiakaya.com

Kue Geplak adalah salah satu kue khas Betawi, kue ini terbuat dari tepung beras pera dimana beras digiling hingga menjadi tepung kemudian disangrai. Setelah itu dicampur dengan kepala parut yang disangrai, lalu adonan ini dicampur dengan gula pasir.

 

20. Kue Lupis

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Lapis

Photo via : http://resephariini.com

Kue Lupis merupakan salah satu kue yang terbuat dari beras ketan yang dibalut dengan daun pisang. Pada umumnya kue ini disajikan dengan siraman kuah gula aren yang manis. Kue ini cocok disajikan pada pagi hari sebagai teman untuk nge-teh atau kopi.

 

21. Kembang Goyang

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kembang Goyang

Photo via : https://cookpad.com

Kembang goyang merupakan salah satu kue khas Betawi yang patut kamu coba. Kue ini bentuknya seperti bunga kembang dan dibuat dengan cara digoyang-goyang sehingga diberi nama kembang goyang. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan untuk rasanya ada original dan manis. Namun saat ini sudah banyak varian yang bisa kamu coba.

 

22. Kue Ape

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Ape

Photo via : https://www.indonesiakaya.com

Kue Ape merupakan kue tradisonal Betawi, kue ini bisa dibilang mirip dengan kue cucur. Kue ini didominasi dengan warna hijau yang merupakan hasil dari paduan tepung beras atau terigu dengan air daun suji. Kue ape ini biasanya sering kita jumpai dipinggiran jalan.

 

23. Kue Pancong

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Pancong

Photo via : http://www.resepasia.com

Kue Pancong merupakan salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, kelapa dan garam. Kue pancong ini berbentuk setengah lingkaran, selain itu kue ini sangat enak menemani di sore hari sambil ditemani dengan teh hangat. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

24. Roti Gambang

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Roti Gambang

Photo via : http://inarciss.blogspot.com

Roti Gambang adalah kue khas Betawi yang bentuknya mirip seiert alat musik tradisional Betawi yaitu gambang. Roti gambang ini berbahan dasar tepung terigu dan gula merah, sehingga warnanya coklat. Selain itu roti ini juga menggunakan bubuk kayu manis. Roti ini bertekstur lembut dan memiliki aroma kayu manis.

 

25. Kue Cente Manis

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Cente Manis

Photo via : http://www.pasarindukbali.com

Kue Cente Manis merupakan salah satu kue khas Betawi, dimana kue cente manis ini terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula dan sagu mutiara yang sudah matang. Adonan ini dibungkus dengan plastik dan siap untuk dihidangkan. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

26. Kue Talam

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Talam

Photo via : https://www.bukalapak.com

Kue talam merupakan salah satu jajanan khas Betawi yang memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, terpung beras atau tepung tapioka. Kue ini banyak dijual di pasar-pasar yang menjual aneka kue-kue basah. Kue ini cocok disajikan sebagai teman untuk minum teh dan biasanya dijadikan makanan pembuka pada saat berbuka.

 

27. Kue Rangi

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Rangi

Photo via : https://www.cekresep.com

Kue Rangi merupakan salah satu kue tradisional Betawi. Dimana kue ini terbuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus diatas tungku kecil. Kue ini biasanya disajikan dengan saus gula merah dengan tambahan tepung kanji agar sedikit kental. Kue rangi ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis dari gula merah.

 

28. Putu Mayang

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Putu Mayang

Photo via : http://dapurmenel.com

Putu Mayang merupakan kue tradisional khas Betawi, kue ini mempunyai cita rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal. Kue putu mayang ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie, santan kelapa dan gula merah. Kue ini biasanya disajikan dengan kuah gula merah.

 

29. Dodol Betawi

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Dodol Betawi

Photo via : https://www.republika.co.id

Dodol Betawi merupakan makanan khas Betawi yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Dodol Betawi ini berwarna hitam kecoklatan dan rasanya bervariasi seperti ketan putih, ketan hitam dan durian. Dodol ini terbuat dari kelapa dan ketan sehingga lengket dan kenyal. Dodol Betawi ini bisa dibilang makanan yang tidak bisa dinikmati setiap harinya karena dodol ini ada hanya pada saat Idul Fitri, Idul Adha atau pesta khas Betawi.

 

30. Kue Cucur

Makanan dan Minuman Khas Jakarta - Kue Cucur

Photo via : https://review.bukalapak.com

Kue Cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi. Kue ini memiliki bentuk yang pipih dengan warna yang coklat. Kue ini memiliki rasa yang manis, gurih, legit pada bagian tengah dan renyah pada bagian pinggirnya. Kue ini berbahan dasar beras dan gula merah dimasak dengan cara digoreng.

Baca Juga