18 Makanan dan Minuman Yang Dapat Mengobati Galau Akibat Patah Hati

Makanan minuman mengobati galau patah hati

Baru putus cinta dan sedang patah hati? Rasa sedih untuk anak zaman sekarang sih biasa disebut galau. Rasa galau terlebih karena patah hati memang menghancurkan suasana hati hingga membuat seseorang tak memiliki nafsu makan. Makanya rasa galau ini harus segera diobati. Sebab perasaan galau yang berkepanjangan ternyata bisa memicu stres dan bisa berisiko terhadap penyakit.

Untuk menghilangkan rasa galau, selain mendengarkan lagu, menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan, ternyata menyantap makanan tertentu bisa mengobati galau dan membuat mood kamu menjadi baik lho. Menurut beberapa penelitian, ada beberapa jenis makanan yang membuat kita move on dari kegalauan dan mempengaruhi sirkuit saraf tubuh yang dapat mengendalikan emosi, motivasi hingga suasana hati.

Nah buat kamu yang punya kebiasaan ngemil kalau lagi galau, daripada ngemil gorengan, mending ngemil makanan atau minuman yang dapat mengobati rasa galau berikut ini.

1. Dark chocolate

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via friars.co.uk

Mungkin sudah banyak diantara kalian yang mengetahui manfaat coklat untuk memperbaiki suasana hati. Cokelat terutama cokelat hitam atau dark chocolate memang dapat meningkatkan mood secara langsung. Makan cokelat juga dapat membuat pikiran menjadi tenang. Pasalnya saat kamu memakan cokelat, terjadi proses penghilangan galau yang disebut anandamide, dimana saat neurotransmitter diproduksi di otakmu sehingga dapat menahan rasa sakit, depresi, juga kegalauan.

Selain itu, cokelat juga mengandung beberapa bahan yang dapat memperpanjang rasa baik yang diciptakan oleh anandamide. Tak hanya itu, beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine juga dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

2. Es Krim

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via timeout.com

Selain cokelat, es krim juga menjadi senjadi senjata ampuh untuk mengobati galau secara alami. Mengkonsumsi es krim dapat meningkatkan hormon endorphin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Terlebih es krim memiliki rasa yang manis dan disajikan secara dingin membuat siapapun merasa bahagia saat memakan es krim. Selain itu, kandungan gula dan lemak yang tinggi pada es krim dapat merangsang otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter, yang mampu memunculkan rasa senang.

3. Teh herbal dan teh hijau hangat

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via besthealthmag.ca

Daripada minum boba, ketika kamu sedang galau cobalah untuk meminum teh herbal hangat. Mengkonsumsi minuman hangat seperti teh dapat meningkatkan perasaan nyaman dan membuat kamu lebih tenang. Terlebih teh herbal tertentu seperti lavender dan chamomile, yang memang telah terbukti memiliki efek relaksasi sendiri.

Tak hanya teh herbal, secangkir teh hijau yang diseduh juga menjadi pilihan tepat untuk mengusir galau. Teh hijau ternyata mengandung kafein lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Maka dari itu teh hijau juga bisa menjadi pilihan lebih baik dibandingkan dengan kopi jika kamu ingin bersantai.

4. Gandum Utuh

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via id.blog.getfulfilled.co

Gandum utuh adalah sumber karbohidrat yang bisa membantu tubuh membuat insulin, yang pada gilirannya memungkinkan triptofan, asam amino untuk memasuki otak, sehingga membuat kita merasa baik dan tenang. Menurut penelitian, karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati untuk mengurangi stres. Setelah kadar serotonin meningkat, orang-orang yang mengalami stres memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik. Salah satu sumber karbohidrat yang baik adalah gandum utuh.

5. Ikan

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau


photo via telegraph.co.uk

Entah bagaimana cara kalian mengolah dan memakannya, namun ikan merupakan salah satu makanan yang dapat mengobati rasa galau akibat patah hati. Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah pilihan yang bagus karena dapat membuat jantung sehat. Omega 3 yang terkandung didalamnya juga dapat membantu mengurangi depresi karena nutrisinya mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati. Selain itu, kandungan vitamin yang ada dalam ikan juga membantu tubuh untuk memproduksi hormon yang bisa membuat kamu merasa lebih baik. Ikan-ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah tuna, salmon, herring, dan sarden.

6. Susu hangat dan produk susu lainnya

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via health.harvard.edu

Tak hanya teh hangat, susu hangat juga bisa menjadi salah satu jenis minuman yang dapat membuat kamu tenang dan meredakan rasa galau. Meminum segelas susu hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks. Minuman satu ini tidak hanya bagus untuk tulang, namun juga dapat membantu mengurangi depresi.

Susu dan produk susu lainnya seperti yogurt dan keju mengandung kalsium dan tambahan vitamin D yang dapat membantu otot rileks dan menstabilkan suasana hati bahkan ternyata juga dapat meringankan gejala sindrom pra menstruasi. Produk susu juga merupakan sumber probiotik yang baik. Probiotik tak hanya mendukung kesehatan usus dengan melindunginya dari bakteri berbahaya, memperlancar pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Tapi probiotik juga dikenal mampu menurunkan stres, kecemasan dan depresi.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via themanufacturersnews.wordpress.com

Makanan yang dapat dijadikan sebagai obat menghilang rasa galau berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Magnesium yang berada dalam kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi pelopor untuk neurotransmitter seperti serotonin untuk menjadi senjata ampuh dalam meregulasi emosi dan kegalauanmu. Magnesium bermanfaat bagi seseorang yang memiliki tingkat kecemasan ringan hingga sedang. Kacang juga kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B dan asam lemak sehat. Vitamin B adalah bagian penting dari diet sehat dan dapat membantu mengurangi stres.

8. Alpukat

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via goodhousekeeping.com

Alpukat memang enak ketika dicampur es, dijadikan salad hingga menjadi bahan untuk sandwich. Tapi ternyata alpukat juga memiliki manfaat sebagai obat penghilang rasa galau lho! Pasalnya, alpukat juga menawarkan asam lemak omega-3 yang sama kita temukan pada ikan. Asam lemak esensial yang sehat ini dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi serta meningkatkan suasana hati.

9. Blueberry

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via news-medical.net

Meskipun sedikit mahal, namun blueberry bisa menjadi alternatif yang tepat buat kamu yang ingin mengobati suasana hati dengan buah-buahan yang lezat dan sehat. Blueberry mengandung anthocyanins yang membantu otakmu dalam memproduksi dopamine, zat yang sangat baik untuk koordinasi, pengingatan, dan mood. Penelitian juga mengatakan bahwa ketika kamu memakan blueberry maka kamu akan mengalami dorongan dalam sel pembunuh natural yang akan memperbaiki perasaan.

10. Stroberi dan buah tinggi vitamin C

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via yates.com.au

Siapa yang nggak suka stroberi? Buah kesukaan sejuta umat ini memang bisa dengan mudah kita temukan di supermaket hingga pasar. Buah berwarna merah dengan rasa asam, manis nan menyegarkan ini bisa kamu nikmati sebagai obat anti galau. Stroberi memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Dua kandungan ini menjadi kombinasi yang bagus untuk menyembuhkan patah hati dan mengembalikan mood. Buah yang kaya vitamin C tersebut dapat membantu memproduksi endorphin serta warna merahnya yang cerah dapat meningkatkan suasanan hati agar lebih senang.

Selain stroberi, buah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C juga dapat membantu mengurangi tingkat stres. Vitamin C dan vitamin E dapat membantu penurunan signifikan dalam tingkat kecemasan pada kelompok vitamin C dibandingkan dengan kelompok lain. Makan buah-buahan seperti jeruk dan grapefruits adalah jenis buah yang baik untuk dikonsumsi ketika galau.

11. Sayuran berwarna hijau

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via blog.mybalancemeals.com

Bersyukurlah buat kalian menyukai sayuran, karena dengan mengkonsumsi sayuran, kamu bisa meredakan rasa galaumu secara alami. Mengkonsumsi sayur-sayuran terutama sayuran berwarna hijau seperti bayam tidak hanya baik untuk kesehatan tabi baik juga untuk meningkatkan suasana hati. Sayuran berwarna hijau ini kaya dengan folat yang membantu tubuhmu memproduksi neurotransmitter dalam meregulasi mood, seperti serotonin dan dopamine.

Sayuran yang dijadikan salad juga sangat direkomendasikan, pasalnya sayuran mentah dapat membuat kamu terasa energik dan positif. Jadi, saat kamu sedang galau cobalah untuk memakan salad sayur. Selain mood kembali normal, salad juga rendah kalori sehingga tubuh kamu akan jadi lebih sehat.

12. Makanan pedas

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via gotravelly.com

Jangan heran kalau kamu menemukan banyak orang yang sedang patah hati namun melampiaskannya dengan makanan pedas. Karena selain dapat meningkatkan nafsu makan, makanan pedas juga dipercaya dapat mengembalikan mood yang sedang galau. Rasa pedas yang menggigit di lidah dapat menimbulkan reaksi alami tubuh untuk melepaskan hormon endhorphin agar seseorang merasa lebih bahagia. Meski tersiksa akibat kepedasan, namun akan muncul rasa puas yang akhirnya membuat kita bahagia dan mampu move on dari kegalauan. Sengatan rasa pedas juga bisa meningkatkan sistem imun dan berfungsi sebagai pereda rasa sakit.

13. Jahe

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via carolinescooking.com

Meski sangat sulit untuk memakannya secara langsung, namun jahe merupakan rempah dapur yang memiliki banyak manfaat. Selain menghangatkan, jahe juga bisa dikonsumsi sebagai obat anti galau. Jahe memiliki kandungan zat belerang yang dapat membantu meningkatkan dorongan energi dan tubuhmu untuk terus beraktivitas. Minum wedang jahe hangat di pagi atau siang hari sambil rileks bisa mengurangi kegalauanmu.

14. Bawang merah dan putih

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via studyfinds.org

Bawang merah dan putih merupakan bumbu dapur yang paling wajib ada di dapur. Selain enak dijadikan dijadikan bawang goreng, bawang merah dan bawang putih juga bisa diandalkan dalam mengobati galau lho. Pasalnya bawang merang dan bawang putih juga mengandung belerang atau sulfur yang bisa meningkatkan mood secara instan.

15. Kentang

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via thecozyapron.com

Makanan yang dipercaya dapat mengobati galau berikutnya adalah kentang. Berbagai macam olahan kentang bisa kamu nikmati saat kamu sedah sedih atau merasa patah hati. Sebab, kentang memiliki kandungan serat, karbohidrat dan vitamin yang dipercaya bisa menjadi sumber energi dan melepaskan hormon stres dalam tubuh. Kandungan nutrisi pada kentang juga disebut mampu menetralkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko depresi dan mengatasi stres akibat galau serta patah hati.

16. Mac and cheese

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via southernliving.com

Meski tak ada penelitian yang menegaskan kalau mengkonsumsi mac and cheese dapat mengobati galau, namun kelezatan dan rasa gurih serta creamynya dari pasta satu ini memang mampu mencuri perhatian kita dari rasa sedih. Apalagi kandungan karbohidrat pada pasta, dapat membantu meningkatkan ketersediaan neurotransmitter yang dikenal sebagai serotonin. Meningkatnya neurotransmitter dalam tubuh mampu membantu meringankan depresi termasuk stress akibat galau.

17. Kelapa

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via inionline.id

Kalau lagi galau, cobalah untuk meminum segelas es kelapa muda. Pasalnya kelapa mengandung asam lemak rantai medium yang sangat bagus untuk kesehatan otak dan suasana hati. Memakan beberapa potongan daging kelapa muda dipercaya dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

18. Madu

Deretan Makanan yang Dapat Mengobati Galau

photo via girliciousbeauty.com

Madu juga bisa menjadi pilihan aman untuk dikonsumsi saat kamu merasa galau. Pasalnya madu mengandung senyawa kaempferol dan quercetin, yang menjaga otak tetap sehat dan menghilangkan depresi. Madu bisa menjadi pengganti gula yang baik karena madu lima kali lebih manis dari gula biasa. Sehingga kamu bisa menikmati rasa manis yang sama dalam jumlah yang relatif kecil.

Itulah deretan makanan yang bisa kamu coba sebagai pengobat galau akibat patah hati. Selain aneka jenis makanan diatas, kamu juga harus memiliki niat untuk bisa move on dari kegalauanmu. Sebab segala sesuatu yang tanpa didasari dengan niat, tak akan ada hasilnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

0
Artikel Terkait