Mengerikannya Keganasan Ombak di Berbagai Daerah di Indonesia

1 tahun lalu, by blogunik

Akhir – akhir ini, di beberapa wilayah di Indonesia khsusunya di peseisir pantai mengalami berbagai cuaca buruk. Dengan angin yang kencang dan gelombang air laut yang tinggi dan besar membuat berbagai fasilitas umum beserta rumah warga yang ada di sekitar panti rusak parah. Menurut badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, cuaca pesisir pantai selatan Indonesia memang sedang mengalami hal yang sama hampir di sepanjang pantai selatan Indonesia.

Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya faktor perubahan musim antara musim hujan dan musim kemarau. BMKG juga mengatakan, puncak perubahan musim ini terjadi pada bulan Juli hingga Agustus 2018 ini. Dan amat terasa dengan adanya gelombang tinggi di wilayah Indonesia bagian selatanseperti Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Fenomena alam ini sendiri ditandai dengan adanya udara dingin dan kering dari Australia yang menyebabkan minimnya tingkat curah hujan namun kecepatan angin semakin meningkat.

Kondisi tekanan udara yang tinggi yang berada di Samudra Hindia tepatnya di bagian barat Australia inilah yan gmemicu adanya berbagai gelombang tinggi di sepanjang perairan selatan Indonesia. Tingginya gelombang atau ombak yang menerpa wilayah pesisir selatan pantai di Indonesia membuat berbagai fasilitas umum, rumah warga maupun bangunan – bangunan yang ada di pesisir pantai menjadi rusak berat.

Adapun beberapa contoh vuava buruk ini bisa kita lihat di berbagai video berikut ini :

1. Karangasem Bali

Dalam video ini terlihat detik detik bagaimana terjadingan gelombang besar di wilayah banjar dinas Tukad Tiis, Seraya Timur, Karangasem Bali. Gelombang yang terjadi diperkirakan memiliki tinggi kurang lebih 10 meter. Kerugian materiil yang paling terlihat adalah hilangnya 4 buah perahu jukung dan 76 Jukung mengalami kerusakan dengan nilai hampir 400 juta rupiah. Untung saja dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa yang terjadi.

2. Selat Bali

Dalam video dibawah ini, terlihat bagaimana situasi yang terjadi di Selat bali pada tanggal 10 Juli 2018 yang lalu dimana lautan mulai bergoyang. Angin keras dan gelombang ombak laut yang besar, membuat alat transportasi di laut menjadi sulit untuk beroperasi.

3. Jogja

Selain di bali, daerah lain di Indonesia yang mengalami peristiwa ini adalah di pantai – pantai di daerah Jogja. Bhakan dalam video ini bisa terlihat jelas bagaimana keganasan ombak yang menerjang pantai yang amat tinggi yang terjadi di berbagai pantai di jogja dan gunungkidul pada lima hari terakhir bulan juli 2018. Beberapa pantai yg terkenal keindahanya seperti pantai baron, pok tunggal, jungwong, ndrini dan bahkan pantai timang yg terkenal dengan jembatan gantung ikut terendam air laut yang mencapai ketinggian 7 sampai dengan 8 meter.