Orang-orang Indonesia ini sangat terkenal dan berpengaruh di dunia internasional pada jamannya

2 tahun lalu, by blogunik

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas wilayahnya yang begitu luas. Dengan wilayahnya yang luas, sudah barang tentu banyak sekali penduduk bangsa Indonesa dengan berbagai profesi dan keahlian. Jika pemerintah mampu membuat sebuah sistem pendidikan yang baik, dengan jumlah penduduk yang besar pasti akan mudah untuk mendapatkan para master ataupun ahli dalam bidangnya.

Selain hal itu, bangsa Indonesia juga memiliki banyak anak – anak jenius diluar sana. Namun kurangnya kualitas pendidikan dan pendataan penduduk Indonesia, membuat sulit bisa mengetahui dan mengembangkan bakat mereka.

Padahal apabila kemampuan anak – anak ini terus dikembangkan, mereka dapat menjadi  orang – orang sukses dan tokoh – tokoh yang berpengaruh di dunia. Seperti beberapa orang – orang Indonesia ini yang dikenal di manca negara.

1. Profesor Nelson Tansu

Pria Jenius ahli teknologi nano ini merupakan Pria kebangsaan Indonesia yang lahir pada 20 Oktober 1977. Fokusnya adalah bidang eksperimen mengenai semikonduktor berstruktur nano. Teknologi nano adalah kunci bagi perkembangan sains dan rekayasa masa depan. Inovasi-inovasi teknologi Amerika, yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seluruh orang di dunia, bertopang pada anak anak muda brilian semacam Nelson. Nelson, misalnya, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Sementara sinar laser biasanya perlu listrik 100 watt, di tangannya hanya perlu 1,5 watt.

2. BJ. Habibie

Siapa yang tak akan mengacungkan jempolnya ketika mendengar nama sosok yang satu ini. Baharuddin Jusuf Habibie. Atau yang begitu akrab disapa Pak Habibie. Beliau dikenal sebagai orang pintar pada tahun 80 hingga 90an. Banyak cita-cita anak kecil di Indonesia adalah menjadi seperti Habibi. Ya, dialah seorang yang selalu bergairah dengan apapun yang  berkaitan dengan pesawat terbang. Ia menempuh kuliah di Jerman dan sukses mewujudkan mimpinya membuat pesawat.

Bahkan ada satu teorinya yang begitu bermakna dan selalu dipakai dalam rangka membuat si burung besi tersebut oleh produsen pesawat dunia. Habibie juga pernah menjadi presiden Indonesia. Saat itu dia menggantikan Soeharto yang digulingkan paksa oleh mahasiswa. Namun, Habibie menjabat tak lama, ia benar-benar bukan seorang politis. Ia hanya memimpin Indonesia hingga Pemilihan Umum dimulai.

3. JOHNY SETIAWAN, Ph.D

Johny Setiawan membuat mata dunia tercengang dengan penemuan planet pertama yang mengelilingi bintang baru TW Hydrae. Penemuan itu sangat spektakuler karena dari 270 planet di luar tata surya yang telah ditemukan astronom dalam 12 tahun terakhir, tak satu pun planet yang muncul dari bintang muda. Johny yang memimpin tim peneliti di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Heidelberg, Jerman itu menemukan planet pertama yang disebut TW Hydrae b dan bintang baru TW Hydrae dengan menggunakan teleskop spektrograf F EROS sepanjang 2,2 meter di La Silla Observatory, Chile.

4. Ir. Soekarno

Nampaknya tidak ada orang Indonesia yang tak kenal sosok yang satu ini. Ir. Soekarno atau juga biasa dipanggil dengan sebutan Bung Karno. Dialah presiden pertama Indonesia. Dia jugalah yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Bungkarno begitu dikenal dan disegani tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga dunia.

Bung Karno pernah menggagas gerakan non blok sebagai prinsip bagi negara-negara yang tak mau ikut campur dengan peperangan sengit yang dilakoni oleh Amerika dari blok barat dan Uni Soviet (sekarang Rusia) dari blok timur. Selain itu Bung Karno dikenal dengan sosok yang berani.

Sikap tak kenal takutnya itu bahkan sempat membuat Indonesia keluar dari keanggoaan PBB. Walaupun beberapa tahun berikutnya bergabung kembali. Bung Karno juga berhasil membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno yang kala itu menjadi stadion terbesar dan termegah seantero jagat.

5. March Boedihardjo

Bocah Indonesia, March Boedihardjo, mencatatkan diri sebagai mahasiswa termuda di Universitas Baptist Hong Kong (HKBU). March akan memiliki gelar sarjana sains ilmu matematika sekaligus master filosofi matematika. Karena keistimewaannya itu, perguruan tinggi tersebut menyusun kurikulum khusus untuknya dengan jangka waktu penyelesaian lima tahun(dari 2007). Ketika ditanya tentang cara beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru, March mengaku tidak pernah cemas berhadapan dengan teman sekelas yang lebih tua darinya.

6. Joe Taslim

Masyarakat Indonesia mendadak tercengang ketika mengetahui aktor tampan yang satu ini ikut bermain dalam film Fast and Furious. Bagaimana tidak, film tersebut adalah satu dari sedikit film keluaran holywood yang selalu dinanti sekuel terbarunya. Dan Joe Taslim orang Palembang itu berlakon disana. Bahkan dalam film itu, joe sempat beradu akting langsung dengan dua pemain utama film tersebut. Dalam adegan berantem yang barangkali akan selalu diingat oleh pecinta film di Indonesia.

7. Joey Alexander

Kecil-kecil cabe rawit. Hal itu pantas disematkan kepada bocah yang satu ini. Bagaimana tidak, dia adalah orang Indonesia pertama yang berhasil mencatatkan namanya dalam nominasi Grammy Award ketika usianya masih 12 tahun. Bahkan dia adalah musisi termuda sepanjang sejarah Grammy Award yang namanya masuk nominasi. Dia adalah seorang pianis kenamaan. Jari-jari lentiknya selalu dapat menghipnotis siapapun yang mendengarkanya. Musisi jazz cilik itu kini namanya sudah mulai tidak asing lagi di Amerika.

8. The Tielman brothers

Kalau kamu bertanya-tanya band rock pertama di dunia itu apa? Maka kamu harus tahu jika jawabanya adalah The Tieman Brothers. Ya, bukan The Beatles, Rolling Stones atau Scorpions. Istimewanya, band rock tertua sekaligus pertama di dunia itu adalah band rock asal Indonesia. Betul sekali, The Tieman Brothers ini digawangi oleh orang-orang Indonesia.

Mereka itu arek-arek Suroboyo yang mendapat kesempatan menetap di Belanda. Sejak di Surabaya mereka sudah membentuk band tersebut. Dan tetap bertahan hingga mereka hijrah ke Belanda. Siapa sangka di Belanda, band yang digawangi oleh Andy Tielman (guitar, vocal), Reggy Tielman (banjo, guitar, vocal), Ponthon tielman (double bass, guitar, vocal), Loulou Tielman (Herman Lawrence)(drum, vocal) dan Jane Tielman (Janette Loraine)(vocal) itu sangat diminati di Belanda. Gaya mereka yang atraktif menjadi hiburan tersendiri. Bahkan, usut punya usut, Paul Mc Cartney pentolan The Beatles itu juga membentuk band The Beatles karena terinspirasi dari The Tieman Brothers.

Save

Save

Save

Artikel Terkait