Pandangan Positif Dan Negatif Orang Asing Terhadap Indonesia



Indonesia adalah tanah kelahiran kita, negara dimana tempat kita bermukim dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari. Sudah sewajarnya jika kita mengetahui seluk beluk tentang Indonesia, seperti tentang masyarakatnya, pariwisatanya, alamnya hingga tentang budaya Indonesia. Namun pernahkah kalian penasaran dengan apa yang dikatakan orang asing tentang negara kita? Seperti yang kita tau, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di dunia, seperti Bali, Raja Ampat dll. Tentu para wisatawan asing tersebut memiliki pandangan tersendiri tentang Indonesia, nah berikut beberapa pandangan orang asing terhadap Indonesia.

1. Indonesia Merupakan Bagian Dari Bali

photo via : http://travelzom.com

Pesona Bali memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan Bali lebih terkenal di dunia dibanding dengan Indonesia. Bahkan lebih parahnya lagi banyak orang asing yang tak mengetahui Indonesia namun mengetahui Bali. Mereka menganggap jika Indonesia adalah daerah bagian dari Bali. Padahal kan sebaliknya, Bali hanyalah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan juga merupakan salah satu provinsi kecil dibanding provinsi lainnya di Indonesia.

2. Indonesia adalah Negara Islam

photo via : chirpstory.com

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga dimata orang asing, Indonesia adalah sebuah negara Islam. Padahal kan Indonesia sendiri menganut paham Pancasila dan mengakui sembilan agama berbeda. Bahkan Bali pun dikenal dengan provinsi dengan mayoritas penduduk beragama Hindu terbesar di Indonesia. Selain itu gereja-gereja dan kuil pun bertebaran di setiap pelosok Indonesia.

3. Penduduk Indonesia Adalah Suku Pedalaman

photo via : ayahkita.blogspot.com

Karena jarang mereka dengar, mungkin itulah yang mengakibatkan orang asing menganggap penduduk yang tinggal di Indonesia adalah suku pedalaman yang tidur masih diatas pohon dan nyaris telanjang dikesehariannya. Memang sih kita masih punya suku asli yang hidup di daerah pedalaman seperti ditengah hutan, namun kebanyakan penduduk Indonesia tinggal diperkotaan. Bahkan yang hidup di desa kecilpun kini tak kalah modern dengan yang tinggal di kota, dimana tv, gadget dan internetpun sudah banyak dijumpai hingga ke desa terpencil.

4. Orang Indonesia Hanya Memakai Pakaian Konvensional

photo via : indonesiafashionweek.id

Karena penduduk Indonesia mayoritas beragama muslim, orang asing menganggap bahwa cara berpakaian kita sama seperti orang Arab. Mereka gak tau aja kalau gaya berpakaian orang Indonesia itu beragam bahkan kebanyakan melek fashion. Di kota-kota besarpun kita bisa melihat banyak remaja yang berpakaian seperti gaya anak muda di luar negeri.

5. Orang Indonesia Cuma Punya Satu Bahasa

Indonesia punya bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia, yang orang luar negeri menyebutnya dengan “Bahasa”. Ban banyak dari mereka yang tak tau kalau sebenarnya kita punya 746 bahasa berbeda dari ratusan suku yang ada di Indonesia.

6. Indonesia Adalah Negara Miskin

photo via : http://elshinta.com

Banyak orang asing yang menganggap negara kita ini adalah negara miskin. Memang sih, di Indonesia ini masih banyak orang yang tak mampu, gelandangan dan pengemis masih menjadi pemandangan sehari-hari di kota-kota besar di Indonesia. Namun kalian harus tahu kalau sebutan negara miskin untuk Indonesia itu benar-benar keliru. Meski kemiskinan merupakan masalah yang sedang diperangi di Indonesia, namun negara kita tetap sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif dan salah satu negara berpendapatan per kapita terbesar di Asia.

7. Indonesia Adalah Negara Sarang Teroris

photo via : www.vice.com

Dari kemunculan Bom Bali yang terjadi di tahun 2002 dan 2005. Dimana Bom pertama menewaskan lebih dari 200 wisatawan dan penduduk lokal. Sedang yang kedua menewaskan 23 orang. Dan yang baru baru ini terjadi berupa bom Surabaya. Hal tersebut memang sangat mengemparkan dunia lantaran kepopuleran Bali yang mendunia sehingga membuat Indonesia di cap sebagai negara teroris. Namun seiring berjalannya waktu bangsa Indonesia secara bersama-sama berusaha untuk menghilangkan stigma bahwa Indonesia adalah sarang teroris. Dan sebagai bagian dari bangsa Indonesia sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga Indonesia dengan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga kita.

8. Makanan Indonesia Sama Dengan Masakan India

photo via : www.indoindians.com

Di peta dunia, tepatnya dibawah kepulauan Indonesia memang terdapat Indian Ocean atau Samudra Hindia. Mungkin karena itulah banyak orang asing yang mengira jika Indonesia adalah India dan karena itu makanannyapun sama. Padahal makanan khas Indonesia dan India benar-benar jauh berbeda. Karena di India tidak ada gudeg, rendang, nasi goreng siomay, bakso dll.

9. Indonesia Sering Disebut Sebagai Wkwkwk Land

photo via : www.inovasee.com

Bagi para netizen luar negeri Indonesia dikenal sebagai Wkwkwk Land. Sebutan ini diambil dari model tertawa orang Indonesia saat di media sosial, atau saat chatingan. Nah mungkin kita semua pernah menggunakan “wkwkwk” sebagai bentuk tawa saat chatingan di medsos. Menurut kita mungkin hal tersebut adalah biasa, namun bagi orang asing, hal itu sangat aneh dan menggelikan. Sebutan Wkwkwk Land ini ramai diperbincangkan kembali saat beberapa waktu lalu pesulap Demian tampil di American Got Talent. banyak pemirsa luar negeri yang terkesan dengan penampilannya. Lucunya, mereka menyebut Demian bukan berasal dari Indonesia tapi dari negeri antah berantah yang disebut ‘wkwkwk land’. Selain itu, ada juga yang menyebut Indonesia sebagai negara Om telolet om yang sempat mendunia beberapa waktu lalu.

10. Indonesia Sering Disangka Malaysia

photo via : breakingnews.co.id

Jika orang Indonesia berbicara dengan Orang Asing, kebanyakan Orang Asing akan menyaka jika kita adalah orang Malay, walaupun Malay itu sebutan orang melayu, namun di Indonesia kebanyakan menganggap sebutan itu untuk orang Malaysia.

11. Indonesia Identik Dengan Rampok

photo via : http://global24jam.com

Tindak kriminal di Indonesia memang tinggi namun belum cukup tinggi daripada Amerika, namun orang asing sudah terlanjur mencap Indonesia identik dengan rampok. Bahkan banyak orang asing yang mengatakan jika kita gak perlu khawatir dan takut saat jalan-jalan sendiri di luar negeri karena orang luar negeri tidak akan merampok orang Indonesia. Yah ambil positifnya saja sobat karena kita akan terhindar dari kejahatan jika itu benar-benar terjadi.

12. Indonesia Dianggap Sudah Terbiasa Dengan Macet

photo via : http://megapolitan.harianterbit.com

Di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta memang tiada hari tanpa macet. Dan hal tersebut membuat orang asing menganggap kita sudah terbiasa dengan macet dan lalu lintas yang kacau balau. Mereka bahkan mengatakan jika kita akan baik-baik saja kemanapun kita pergi karena sudah biasa dengan lalu lintas yang kacau balau. Intinya kita dianggap mudah beradaptasi dengan berbagai macam kroditnya jalanan.


Dari sekian banyaknya komentar negatif tentang Indonesia, namun ada juga loh yang mempunyai tanggapan positif untuk Indonesia, seperti beberapa tanggapan positif orang asing terhadap Indonesia berikut ini.

1. Orang Indonesia Punya Bahasa Inggris Yang Bagus

Orang asing menilai kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia sangat bagus. Walaupun bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu orang Indonesia, namun kemampuan bahasa Inggris kita cukup bagus dimata orang asing, yah lebih mending dari bahasa Inggrisnya orang Jepang dan Korea lah.

2. Indonesia Memiliki Suku Yang Begitu Beraneka Ragam

photo via : /justirwansyah.wordpress.com/

Daya tarik Indonesia bukan hanya pemandangan alam yang bagaikan surga, namun suku yang beraneka ragam juga menarik perhatian para wisatawan asing untuk mengenali lebih dekat Indonesia. Pasalnya suku-suku yang ada di Indonesia ini memiliki keunikan dan budaya yang berbeda-beda yang tak akan mereka temukan di negara mereka.

3. Indonesia Memiliki Keindahan ALam Yang Memukau

photo via : id.wikipedia.org

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia memiliki segudang tempat dan destinasi wisata yang indah dan mampu membuat siapa saja kagum dan terpesona. Dan hal itulah yang disukai oleh para orang asing yang belum pernah melihat candi-candi, rumah tradisional, pantai dan pegunungan khas Indonesia yang selalu mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya menjadi terpukau.

4. Penduduk Indonesia Sangat Ramah

photo via : www.goodnewsfromindonesia.id

Siapa sih yang pernah menyapa turis dengan kalimat “hello mister/mrs?” ditambah dengan senyuman, walaupun turis tersebut baru kita lihat dan sama sekali tak mengenalnya. Tanpa kita sadari hal tersebut membuat mereka berpikir bahwa orang Indonesia itu sangatlah ramah. Orang Indonesia yang memang tak pelit dengan senyuman juga dianggap sebagai tindakan ramah bagi mereka.

5. Indonesia Memiliki Beragam Kuliner Menggugah Selera

photo via : http://resepmasakan-sunda.blogspot.com

Satu lagi nih yang jadi alasan utama turis asing gemar mengunjungi Indonesia, tiada lain tiada bukan adalah karena banyaknya makanan khas Indonesia yang berbeda-beda disetiap wilayah. Beraneka macam makanan yang pastinya enak ini sangat digemari oleh para orang asing karena rasa khas dari rempah dan bumbu khas Indonesia tak bisa mereka dapatkan dinegara mereka.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >