Perayaan Natal Paling Unik Di Dunia

    Unik, Aneh & Lucu, Budaya
Iklan

Setiap tahun kita pasti bertemu dengan yang namanya Natal dan Tahun Baru, bagi mereka yang berumat Kristiani, bulan Desember mungkin akan menjadi bulan yang penuh dengan suka cita karena mereka akan menyambut 2 perayaan yang besar yaitu Natal dan Tahun Baru. 

Dari jutaan orang yang tersebar di seluruh dunia, mereka mungkin menganggap makna dari perayaan Natal adalah sama namun mereka merayakannya dengan cara yang berbeda, sesuai kepercayaan dan kebudayaan yang biasa mereka lakukan, dan pastinya sangat bervariasi.

Nah berikut beberapa tradisi Natal yang unik dan aneh dari seluruh dunia, Yuk cek langsung!!

 

1. Parrandas, Kuba

Photo Via : www.smithsonianmag.com

Setiap tahun pada malam Natal, kota Remedios di Kuba menjadi tempat Parrandas, sebuah karnaval religius yang dimulai 200 tahun yang lalu ketika seorang imam mengirim anak buah altar ke jalan sambil membenturkan panci dan wajan untuk membuat orang terbangun pada misa tengah malam.

 

2. Krampus dan Perchta, Austria

Photo Via : pinterest.com

Menurut cerita rakyat Austria, Santo Nikolas dan temannya Krampus berkunjung ke rumah warga saat Natal. Krampus merupakan sebuah makhluk yang berwujud setengah kambing dan berbadan besar serta berbulu. Santo Nikolas akan memberikan kado bagi anak-anak yang bersikap baik sedangkan Krampus akan memberikan hukuman bagi anak-anak yang nakal. Bahkan Krampus memasukan anak-anak yang nakal dalam karung dan menyeretnya ke neraka jika mereka jahat. Bukan hanya itu karena kalian akan sangat ketakutan sampai terbawa mimpi buruk jika Perchta datang dan akan merobek perut anak-anak nakal, mengeluarkan isi perut mereka, dan mamakannya hingga habis.

 

3. La Befana, Italia

Photo Via : bimbiarimini.it

Kalau kamu sedang berada di Italia, rasanya kurang cocok deh kamu meminta hadiah dari sinterklas. Karena di Italia, ada seorang penyihir tua bernama Befana (pemberi hadiah) yang mengatur siapa mendapatkan kado apa. Pada malam hari, orang tua mewajibkan menyajikan satu piring makanan yang biasanya terdiri dari brokoli dan sosis beserta anggur untuk Befana. Lalu, Befana akan terbang ke setiap rumah melalui Jendela memberikan kado bagi anak-anak yang baik. Sehari setelah itu, anak-anak akan gembira melihat hadiah yang diberikan Befana.

 

4. Skating dan Toe Tags, Venezuela

Photo Via : worldbeyondworld.blogspot.co.id

Jika kalian berada di Caracas, Venezuela, kalian akan menemukan suatu cara perayaan Natal yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Saat Natalan, sebagian besar jalanan di kota Caracas ditutup karena ratusan warga akan meluncur menggunakan sepatu roda menuju gereja. Nah terkadang saat malam sebelumnya anak-anak juga akan mengikat tag yang diikat disalah satu jarinya dengan seutas tali dan dibiarkan jatuh menjuntai keluar jendela. Keesokan harinya dalam perjalanan ke gereja para skater akan menarik tag yang mereka lihat tergantung dari jendela guna membangunkan anak-anak untuk menyaksikan para skater yang akan beraksi.

 

5. Mortar Bavaria, Jerman

Photo Via : drinksomewhere.com

Untuk memberitahukan awal kapan libur natal akan dimulai pasukan Bavaria Highlander akan mengenakan pakaian tradisional mereka dan akan menembakkan mortir genggam ke udara.

 

6. Kallikantzaroi, Yunani

Photo Via : yahoo.com

Yunani juga masih memiliki kepercayaan akan adanya roh jahat yang tinggal di bumi. Untuk mencegah datangnya roh jahat tersebut perlu diadakan suatu ritual atau tradisi pada waktu tertentu, tepatnya di hari natal. Merupakan suatu tradisi yang wajib dilakukan selama 12 hari natal dimana masyarakat Yunani akan meletakkan rahang babi di bawah cerobong asap rumah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah datangnya roh jahat. Roh jahat tersebut dikenal dengan nama Kallikanzaroi.

Photo Via : clubebrasileirodetrensfantasmas.blogspot.co.id

Menurut cerita rakyat Yunani, Kallikantzaroi atau monster penghuni bawah tanah ini akan menggergaji pohon yang menunjang bumi agar bumi terjatuh dan menjadi miliknya. Namun selama 12 hari sebelum puncak natal tiba mereka akan muncul ke permukaan untuk membuat kerusuhan. Setelah natal berakhir dan mereka kembali ketempatnya, mereka akan menemukan pohon yang selama ini mereka gergaji akan untuh kembali, dan mereka akan mengulang tindakan jahat mereka dari awal.

 

7. Papa Noel, Perancis dan Lousiana

Photo Via : laskowitzpictures.org

Papa Noel atau Pere Noel sendiri dikenal sebagai sosok pemberi hadiah dari negera Perancis. Digambarkans sebagai sosok yang sangat mirip dengan Sinterklas modern ini namun bedanya adalah ia bukan menunggangi rusa melainkan keledai yang bernama Gui.

Anehnya adalah kepercayaan tradisi ini tidak hanya untuk Perancis namun juga Lousiana, AS. Demi mengundang Papa Noel untuk datang ke rumah mereka, orang-orang yang tinggal di bagian Selatan Louisiana selalu melakukan suatu tradisi natal yang bisa dibilang sangat aneh. Mereka memiliki tradisi untuk menyalakan api unggun yang sangat besar di dekat daerah sungai dengan kepercayaan agar Papa Noel dapat menemukan dan datang ke rumah orang-orang Louisiana. Membawa hadiah tentunya.

 

8. Zwarte Piet, Belanda

Photo Via : www.nytimes.com

Di Belanda, Santa Claus (lebih sering disebut “De Goede Sint” ) dibantu oleh seorang budak, yang disebut Zwarte Piet (“Piet Hitam”). Biasanya digambarkan sebagai anak muda dengan rambut hitam dan rambut keriting, kulit hitam dan bibir merah. Beberapa kisah melukiskan Zwarte Piet memukul anak nakal dengan tongkat atau memasukan mereka ke dalam karung dan membawa mereka ke Spanyol. Ada juga yang menyebutkan kalau Zwarte Piet bertugas untuk meletakkan hadiah ke sebuah rumah melalui cerobong asap, makannya si Zwarte Piet itu memiliki kulit hitam

 

9. Jaring laba-laba, Ukraina

Photo Via : pinterest.com

Keunikan tradisi di Ukraina dimulai dari legenda perayaan natal seorang gadis kecil dan keluarganya yang miskin. Menurut cerita, mereka tidak mempunyai biaya untuk mendekorasi rumah. Keesokan paginya, keajaiban pun terjadi. Sorot cahaya pagi pertama yang masuk ke dalam rumah membuat sarang laba-laba berubah menjadi emas dan silver. Cerita turun menurun ini memunculkan kepercayaan jika melihat sarang laba-laba di pagi hari natal akan membawa keberuntungan. Akhirnya, warga Ukraina menghiasi pohon natal mereka dengan sarang laba-laba yang dibuat dari benang-benang halus.

 

10. Lomba Renang, London

Photo Via : metro.co.uk

Setiap tahunnya, sebagai perayaan hari Natal, warga London akan berkumbul di Danau Serpentine di Hyde Park, London, Inggris, untuk menonton atau mengikuti lomba renang di danau yang dingin. Tradisi ini rutin dilakukan setiap tahun untuk merayakan hari Natal.

 

11. Lempar Sepatu, Republik Ceko

Photo Via : snappa.press.net

Menurut kepercayaan lokal orang Ceko, tradisi saat natal ada hubungannya dengan peruntungan dalam meraih pernikahan. Ketika Natal tiba, Perempuan Ceko berdiri membelakangi pintu rumah dan melemparkan sepatu ke belakang melewati bahu mereka. Jika sepatu mendarat dengan ujungnya (ujung jempol) mengarah pada pintu, itu berarti bahwa perempuan tersebut diramalkan akan menikah dalam 12 bulan. Selain itu, ada juga kebiasaan lainnya yang terkait dengan pernikahan saat Natal yaitu para perempuan Ceko merendam batang pohon ceri dalam air pada tanggal 4 Desember. Nah kalau berbunga pada malam Natal, hal itu berarti dia akan menikah tahun depan.

 

12. Pergi Ke Pantai Bondi, Australia

Photo Via : www.elledecor.com

Jika kalian berada di Australia, saat perayaan Natal kalian akan menemukan banyaknya warga setempat pergi mengunjungi pantai Bondi untuk merayakan Natal, baik berenang maupun berjemur.

 

13. Menyembunyikan Sapu, Norwegia

Photo Via : expatliving.hk

Jika kalian ingin berkunjung ke Norwegia di hari natal, perlu diketahui bahwa negara ini memiliki salah satu satu tradisi natal paling aneh di dunia saat natal. Disana, orang-orang Norwegia masih memiliki kepercayaan akan adanya penyihir dan juga roh jahat yang tinggal di bumi. Kepercayaan tersebut membuat orang-orang Norwegia menjadi memiliki kebiasaan aneh yang harus mereka lakukan yakni tradisi menyembunyikan sapu saat natal.

Tradisi aneh ini berasal dari kepercayaan adanya keberadaan sosok penyihir yang dapat mencuri roh manusia. Sebagaimana penyihir sangat dikaitkan erat dengan sosok yang menaiki sapu, maka dari sinilah tradisi menyembunyikan sapu berasal.

 

14. Tio de Nadal, Spanyol

Photo Via : bombabar.com.au

Inilah salah satu tradisi natal paling aneh yang berasal dari negara Spanyol. Di Catalonia, Spanyol, sudah menjadi tradisi rutin bagi setiap keluarga untuk mengisikan permen atau mainan ke dalam pohon kayu yang sudah dilubangi serta digambarkan wajah. Tradisi aneh ini dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 8 Desember sebelum menyambut natal.

Setiap harinya, anggota keluarga akan memasukkan permen dan mainan ke dalam kayu pohon tersebut. Kayu ini juga diberikan baju layaknya manusia agar tidak kedinginan, kemudian pada saat malam natal, seorang anggota keluarga akan mengambil sebuah tongkat kayu kemudian mulai memukul kayu pohon tersebut sambil menyanyikan lagu natal. Kayu pohon tersebut akan terus dipukul sampai isi yang ada di dalamnya keluar. Barulah permen dan mainan yang keluar dari kayu tersebut dianggap sebagai hadiah natal bagi mereka.

 

15. Mari Lwyd, Inggris

Photo Via : www.southwalesargus.co.uk

Mari Lwyd yang dalam bahasa Inggris dissebut dengan Gray Mare atau dalam bahasa Indonesia berarti kuda betina, merupakan suatu tradisi natal aneh yang dilakukan oleh orang-orang Welsh, negara bagian Inggris. Tradisi natal yang terbilang cukup aneh ini melibatkan beberapa orang yang secara khusus memakai selembar kain putih sambil memegang tengkorak kuda (tulang kepala kuad) di atas sebuah tiang, dengan beberapa per, dan juga sebuah bel.

Sederhanya tradisi yang terlihat cukup aneh ini bertujuan untuk mencari uang. Caranya adalah dengan berjalan di tengah kota dan menggigiti menggunakan tengkorak kuda. Orang yang digigit tersebut harus membayar sejumlah uang di dalam sebuah ember. Walaupun terdengar aneh dan tidaklah masuk di akal, namun kepercayaan akan tradisi seperti ini sudah dipercayai oleh orang-orang Welsh dan memang dilakukan.

 

16. Menyantap Kiviak, Greenland

Photo Via : modernfarmer.com

Di Greenland, Anda akan disajikan menu makanan berupa Auk, sejenis burung yang berada di daerah Greenland. Burung ini dibungkus dengan kulit anjing laut yang dikubur di bawah bebatuan yang beku, berbulan-bulan sebelum natal datang. Pada saatnya tiba, Auk ini akan digali, mengeluarkan semua isi perut, dan kemudian dimakan. Menurut beberapa orang yang telah mencobanya, mereka mengatakan bahwa tradisi memakan burung Auk tersebut memiliki rasa yang tajam seperti memakan Keju Stilton.

 

17. El Caganer, Catalonia-Spanyol

Photo Via : www.benholbrook.com

El Caganer adalah sosok petani yang pada bagian kepala ditutup kain berwarna merah layaknya Santa Klaus namun sedang dalam posisi membuang kotoran alias BAB. Pada saat natal, hampir semua tempat di daerah Spanyol akan dihiasi dengan figur El Cagane. Tradisi aneh ini sudah menjadi tradisi wajib yang tidak bisa dihilangkan.

 

18. Makan Di KFC, Jepang

Photo Via : metro.co.uk

Pada saat natal datang, terdapat satu tradisi aneh yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang. Tradisi aneh tersebut adalah makan di restoran ayam terkenal KFC. Outlet KFC menjadi tempat yang paling populer bagi orang asing yang tinggal di Jepang untuk mengisi waktu natal mereka. Hal ini disebabkan juga karena pada saat natal di Jepang sangat sulit menemukan kalkun ataupun ayam. Jadi KFC adalah satu-satunya tempat untuk mendapatkan daging ayam. Tradisi aneh ini sudah menjadi sangat populer di Jepang sejak tahun 1970-an.

 

19. Membuat Kambing Buatan, Swedia

Photo Via : www.todayifoundout.com

Setiap tahun seluruh penduduk desa di kota Swedia akan membangun semacam patung kambing raksasa dari jerami setinggi 12 meter. Di kota kecil bernama Gavle ini pembuatan patung kambing dari jerami merupakan bagian dari tradisi Natal. Sayang, sejak tahun 1966 orang-orang setempat selalu menghancurkan patung ini dengan berbagai cara yang brutal. Mereka pernah membakar kambing ini, menabrak dengan mobil, bahkan hampir mencuri kambing tersebut dengan helikopter.

 

20. Berziarah, Finlandia

Photo Via : dappledthings.org

Bermula dari kejadian saat perang dunia pertama, masyarakat Finlandia berziarah ke kuburan korban perang. Saat berziarah, mereka menyalakan lilin atau lampu pada kuburan. Tradisi ini lama-kelamaan dilakukan juga pada saat Natal. Mereka berkunjung ke kuburan kerabat dengan menyalakan lilin.

Adapun tradisi lain yang dilakukan, yaitu makan siang dengan menu bubur yang didalamnya terdapat kacang almond. Jika kamu dapat menemukan kacang almond itu, kamu harus nyanyi. Suasana makan siang semakin hangat dengan adanya hiburan nyanyian dari anggota keluarga dan kerabat dekat.

 

21. Saling Adu Musik, Zimbabwe

Photo Via : www.three.fm

Kalau kamu suka musik, cocok banget menghabiskan waktu Natal di Zimbabwe. Perayaan Natal di Zimbabwe dimulai dengan pelayanan gereja. Setelah itu, masyarakat saling bersilaturahmi ke rumah-rumah dan saling berbagi kado dan makan bersama. Nah sewaktu Natal, masyarakat memasang speaker di luar rumah untuk memancarkan musik-musik yang mereka suka dengan suara yang keras. Bukan hanya lagu-lagu Natal, mulai dari lagu-lagu tradisional Afrika hingga kontemporer juga dimainkan.

 

22. Membakar Iblis, Guatemala

Photo Via : antiguadailyphoto.com

Menjelang minggu pertama atau kedua pada Bulan Desember, masyarakat Guatemala membersihkan jiwa mereka dengan membakar patung iblis. Perayaan Natal belum bisa mulai sebelum membakar iblis itu loh! Jadi mereka selalu membakar patung iblis itu sebagai simbol pembersihan jiwa dari roh-roh jahat dan energi negatif untuk acara perayaan selanjutnya. Mereka merayakan Natal dalam kondisi jiwa yang bersih dan siap untuk bersuka cita menyambut akhir tahun.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >