Hiii.. Ngeri!! Seremnya Hantu-Hantu dari Berbagai Belahan Dunia. Kalau Kamu Berani, Silahkan Lihat Langsung

2 tahun lalu

Mungkin jika kalian mendengar tentang cerita hantu, beberapa diantara kalian akan merasa takut, atau malah bersemangat untuk mendengara atau mencari cerita-cerita hantu atau pun tempat-tempat berhantu. Cerita hantu tidak hanya marak di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.  Hampir setiap negara memiliki cerita tersendiri tentang hantu dan berbagai makhluk supernatural menyeramkan lainnya.  Biasanya, cerita ini dibumbui dengan berbagai kisah pembunuhan, foto-foto penampakan, dan penuturan langsung dari saksi mata setempat.  Jika di Indonesia kita cukup familiar dengan sosok seperti pocong, kuntilanak, dan sundel bolong, bagaimana dengan di luar negeri?, Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan tentang hantu-hantu yang tersebar didunia ini.

1. Jiang Shi vampir versi China

Vampir adalah salah satu hantu paling legendaris di dunia. Kalau di Cina, vampir dikenal dengan istilah jiang shi yang berarti mayat kaku. Jiang shi adalah mayat hidup yang bergentayangan dengan melompat-lompat dan membunuh makhkluk hidup yang ditemuinya. Menurut keyakinan masyarakat Cina, jiang shi tercipta ketika jiwa seseorang gagal meninggalkan tubuhnya yang telah mati. Salah satu ciri khas hantu ini adalah kulitnya yang berwanya putih kehijauan karena ditumbuhi jamur yang menempel di tubuh mereka.

2. Drakula (Rumania)

Nama hantu drakula pertama kali muncul dalam novel karya Bram Stoker. Menurut mitos yang berkembang, drakula berasal dari Kota Transylvania, sebuah kota di Rumania yang dikenal angker. Drakula digambarkan dalam bentuk manusia kelelawar yang memiliki taring dan sayap. Sampai saat ini masih banyak yang memperdebatkan, apakah drakula itu hantu atau bukan. Sebab, jauh sebelum novel karya Bram Stoker itu muncul, drakula sudah dikenal sebagai salah satu tokoh penting yang terlibat dalam Perang Salib.

3. Zombi (Amerika)

Zombie sering digambarkan dalam wujud yang mengerikan. Meskipun tubuhnya tidak utuh lagi, mereka masih bisa berjalan untuk mencari mangsa. Cara zombie membunuh mangsanya juga sangat mengerikan. Mereka menggigit daging, merobek lapisan kulit, dan menarik keluar isi perut mangsanya. Satu gigitan zombie bisa membuat mangsanya berubah menjadi zombie seperti mereka. Tapi, banyak juga yang tidak setuju kalau zombie disebut hantu. Mereka menyakini zombie adalah monster yang terlahir karena kegagalan rekayasa genetik.

4. Flying Dutchman (Belanda)

Berbeda dari hantu-hantu populer lainnya, hantu yang satu ini tidak berwujud sosok manusia yang menyeramkan, tapi kapal raksasa yang mengarungi lautan. Menurut mitos yang berkembang, flying dutchman adalah kapal hantu yang selalu menghantui para pelaut. Menurut beberapa sumber, legenda flying dutchman berasal dari Belanda. Kapal hantu itu dikemudikan oleh kapten Bernard Fokke yang mengarungi lautan untuk mengelilingi dunia. Tapi, dalam pelayarannya kapal itu diterjang badai dan tenggelam.

5. Annabelle atau Raggedy Ann (Amerika)

Nama hantu Annabelle terkenal lewat film yang terinspirasi dari kisah nyata. Boneka porselen bergaun pengantin putih itu sebetulnya bernama Raggedy Ann. Menurut cerita yang beredar, boneka itu bisa bergerak sendiri karena dirasuki makluk gaib penghuni sebuah apartemen di Amerika. Makhluk gaib itu diketahui bernama Annabelle. Annabelle adalah seorang gadis yang terbunuh di sebuah apartemen di Amerika. Rohnya bergentayangan dalam wujud boneka yang bisa bergerak sendiri dan menghantui semua penghuni apartemen.

6. Pocong (Indonesia)

Ada banyak jenis hantu di Indonesia. Tapi setuju nggak setuju, pocong adalah hantu paling legendaris di negeri ini. Menurut cerita masyarakat, kisah pocong bermula dari meninggalnya seseorang yang dimakamkan tanpa melepas tali pengikat kain kafannya. Sejak saat itu, muncul keyakinan bahwa mayat yang tidak dilepas tali pengikatnnya sewaktu dimakamkan akan membuatnya bergentayangan. Saking tenarnya, pocong hampir selalu ada di film-film Indonesia bergenre horor. Sama seperti vampir, pocong gentayangan sambil melompat-lompat.

7. Sadako (Jepang)

Sadako adalah sosok hantu legendaris asal Jepang yang digambarkan dalam wujud wanita berkulit pucat, berambut panjang acak-acakan, memakai baju berwarna putih, dan berjalan melayang. Menurut cerita yang beredar, sadako bergentayangan untuk menuntut balas dendam atas kematiannya. Tapi ada juga yang bilang bahwa sadako mati bunuh diri dengan terjun ke dalam sumur. Sosok sadako mirip dengan kuntilanak yang tenar di Indonesia. Seperti hantu-hantu lainnya, nama sadako mendunia karena sering muncul dalam film horor.

8. La Llorona (Meksiko)

Di Amerika Latin sana, ada sesosok hantu wanita bernama La Llorona. Sosok ini sering diceritakan sebagai arwah penasaran yang ditolak ke surga sehingga bergentayangan. Sesuai namanya, la llorona (hantu menangis) selalu bergentayangan sambil menangis mencari anak-anaknya. Menurut cerita lokal di Meksiko, la llorona membunuh anak-anaknya dengan menenggelamkan mereka ke dalam danau. Saat menghadap tuhan, la llorona ditanyai keberadaan anak-anaknya. Tapi dia tidak tau, jadi disuruh kembali ke dunia untuk mencarinya.

9. Aswang (Thailand dan Filipina)

Meskipun berasal dari negara tetangga kita Filipina, hantu Aswang mungkin tidak teralu terkenal di Indonesia. Aswang adalah hantu tradisional yang digambarkan dalam wujud seperti beruang berwajah manusia. Menurut mitos yang beredar, Aswang punya taring dan cakar yang tajam. Pada siang hari, Aswang menampakkan diri dalam wujud seorang manusia yang misterius dan pendiam. Dia akan berubah menjadi hantu yang kejam dan menyeramkan saat malam datang. Sosok ini mirip dengan genderuwo di Indonesia.

10. Banshee

Di Indonesia, Banshee mungkin bisa diibaratkan sebagai Kolong Wewe. Yap, Banshee adalah makhluk mitologi barat yang memiliki penampakan sangat mirip seperti Kolong Wewe, wanita telanjang dengan wajah menyeramkan dan rambut panjang berantakan. Banshee dikenal sebagai sosok yang mengabarkan kematian, di mana biasanya ia akan muncul dan menangis di halaman belakang orang yang akan segera meninggal. Banshee juga membawa pakaian orang yang akan meninggal. Pakaian itu berlumuran darah, dan si Banshee akan mencoba mencucinya dengan air matanya.

11. Bloody Mary

Sebut namanya di depan cermin tiga kali, maka ia akan menghantui anda. Legenda Bloody Mary dikenal menjadi salah satu mitos misteri paling populer di dunia barat. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa Bloody Mary bisa dipanggil untuk membunuh orang-orang tertentu. Sosok Bloody Mary dikabarkan adalah seorang ibu muda yang dituduh mengorbankan anaknya untuk sebuah ritual hitam. Masyarakat pun marah dan menyiksa hidup-hidup sosok ibu tersebut hingga meninggal dunia. Setelah kematiannya, arwahnya pun bergentayangan sebagai Bloody Mary.

12. Leak Bali (Indonesia)

Leak adalah seorang manusia yang sedang mempraktekkan ilmu hitam dan memiliki perilaku kanibalisme. Dikatakan bahwa Leak terbang sekitar mencoba mencari seorang wanita hamil untuk menghisap darah bayi atau anak yang baru lahir, untuk melengkapi kemampuan magis nya. Ada tiga Leak legendaris, dua perempuan dan satu laki-laki. Kebocoran dengan keterampilan sihir yang besar dapat berubah menjadi Rangda, ratu ilmu hitam. Leak dikatakan menghantui pemakaman, memakan mayat, memiliki kekuatan untuk mengubah diri menjadi binatang, bahkan dia berbentuk monyet dengan emas atau gigi tikus besar, sebuah bola dari api dan bahkan raksasa gundul. Dikatakan bahwa dia memiliki lidah yang sangat panjang dan taring besar. Di siang hari ia muncul sebagai seorang manusia biasa, tapi pada malam hari kepalanya dan isi perut membebaskan diri dari tubuh mereka dan terbang di sekitar. Musuh yang kuat nya adalah Barong, karakter dalam mitologi Bali. Dia adalah raja dari roh-roh, pemimpin tuan rumah yang baik. Barong dan Rangda ada di urutan alam kosmos dan mewakili Baik dan Jahat. Baik Barong dan Rangda yang disemen dalam legenda Bali.

13. Harionago (Jepang)

Harionago merupakan hantu perempuan yang memiliki rambut sangat panjang. Seramnya, dia memiliki kemampuan di rambutnya yang mirip seperti ular. Selain rambutnya yang seperti ular dan punya tentakel, rambutnya juga sangat berduri dan tajam seperti pisau. Kebiasaannya adalah memangsa pemuda di malam hari. Ia akan mencari pemuda tampan dan juga kaya. Kalau mereka memberikan senyuman kepada hantu Harionago, maka ia akan mencekik leher mereka dan menusukkan rambut tajam ke dada korban. Kemudian hantu ini akan mengkaitkan rambutnya untuk memotong tubuh korbannya.

14. Cheonyeo Gwishin (Korea Selatan)

Yang paling terkenal dari Korea adalah gwishin cheonyeo (처녀 귀신), hantu perawan (gadis) . Sejak lahir seorang wanita di Korea secara tradisional cukup kesulitan, karena mereka diajari bahwa kebajikan terbaik adalah untuk melayani ayahnya, suaminya, dan anaknya. Cheonyeo yang mati berarti ia tidak memenuhi tujuan hidupnya dan tidak mungkin untuk merobek diri dari dunia ini. Hanbok putih yang di pakai gwishin ini adalah sobok (소복), pakaian berkabung tradisional. Rambut mereka terurai penjang kebawah, karena tidak menikah, mereka tidak memiliki hak untuk memasang kondenya.

15. Kuchisake Onna (Jepang)

Kuchisake-onna (口裂け女) atau wanita bermulut robek adalah sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban Jepang. Ia berwujud seorang wanita yang menutup mulutnya yang robek dengan kipas, syal atau masker operasi (versi yang paling populer). Ia sering muncul di jalan-jalan yang sepi dan bertanya pada orang yang ditemui apakah dirinya cantik. Bila orang itu menjawab tidak atau ketakutan melihat wujud seramnya ia akan membunuh orang itu

Facebook Comments

Baca Juga