Perubahan Nama Facebook Menjadi Meta, Apa Saja yang Berubah?

Dibuat oleh blogunik

Facebook telah resmi menggantinya namanya menjadi Meta Platform Inc, pada hari Kamis malam, waktu bagian AS. Meskipun berita mengenai perubahan ini sudah diumumkan sejak pekan lalu, namun banyak orang yang masih penasaran dengan tujuan perubahan tersebut. Selain itu tidak sedikit orang yang juga mempertanyakan mengenai perbedaan Facebook dengan Meta kedepannya.

Perubahan nama ini sebenarnya hanya berlaku pada perusahaan induknya saja. Jadi, layanan yang berada di bawahnya seperti Facebook, WhatsApp hingga Instagram tidak akan mengalami perubahan apapun. Begitu pun dengan struktur organisasi yang berlaku saat ini.

Tujuan Penggantian Nama Meta & Maknanya

Pada acara Connect 2021 sang CEO mengatakan bahwa perubahan nama ini merupakan salah satu langkah rebranding perusahaan. Dengan perubahan ini, diharapkan perusahaan baru ini dapat mewakili masa depan semua orang selain sebagai menjadi aplikasi sosial.

Jika kini sebagian besar perusahaan teknologi berfokus pada cara seseorang berinteraksi dengan teknologi, maka hal ini akan dibuat berbeda pada perusahaan Meta. Kedepannya Perusahaan Meta akan lebih berfokus pada teknologi yang akan digunakan oleh orang untuk saling berinteraksi dan berkumpul bersama.

Meskipun saat ini belum terlihat perbedaan yang signifikan dari perubahan nama ini, namun Mark Zuckerberg menyatakan bahwa seluruh fokus perusahaan kini terpusat pada metaverse. Selain itu seluruh aplikasinya kini memiliki misi yang baru, yaitu membantu metaverse. Dengan begitu, semua orang bisa melihat luasnya tindakan yang mereka lakukan untuk mencapai visi perusahaan.

Sang CEO juga berharap nantinya Metaverse bisa menjadi versi sempurna dari virtual reality (VR). Namun berbeda dengan VR, metaverse nantinya tidak perlu menggunakan komputer melainkan cukup dengan headset untuk bisa masuk ke dunia virtual. Bahkan sang CEO yakin bahwa suatu saat, peralatan ini akan menjadi hal yang umum dan tersedia dimana layaknya smartphone saat ini.

Untuk mencakup pembangunan Metaverse, Facebook dikabarkan telah menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa pada bulan ini. Nantinya para karyawan diharapkan mampu membangun software hingga hardware yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik dari segi sistem maupun kacamata AR.

Nama meta sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya melampaui. Makna dari kata ini dianggap sejalan dan sesuai dengan visi perusahaan yang ingin memperluas jangkauan ke luar sosial media seperti VR. Selain itu, nama Meta sendiri diharapkan menjadi sebuah berkah untuk memperkuat posisi raksasa perusahaan ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.