Raihan Medali Kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 Tanggal 21 Agustus Hingga Saat Ini

1 tahun lalu

Melanjutkan perolehan medali Asian games untuk kontingen Indonesia dimana terakhir kami cantumkan dalam artikel sebelumnya pada tanggal 21 Agustus 2018, Indonesia telah memperoleh 8  medali yang terdiri dari 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Untuk saat ini jumat, 24 Agustus 2018, Indonesia telah mengantongi total 24 medali yang terdiri dari 8 medali emas, 6 perak dan 10 perunggu. Dengan perolehan medali ini, Indonesia berada di dalam peringkat ke 5 dalam peroleh medali sementara.

Sejak tanggal 21 Agustus yang lalu, hingga saat ini sudah terdapat 13 tambahan medali. Adapun 13 tambahan medali tersebut didapat dari berbagai cabang olahraga yakni :

1. Paragliding

photo via : tribunnews.com

Dalam cabang olahrga pragliding, Indonesia meraih lumayan banyak medali yakni 4 medali dipersembahkan oleh para atlet dari cabang olahraga Paragliding / paralayang. Adapaun empat medali tersebut terdiri dari 2 emas, 1 perak dan satu lagi perunggu. Untuk 2 emas dari cabang olahrgada paragliding diraih dalam kategori akurasi tim pria dan akurasi pria individu. Untuk kategori tim akurasi pria, didpatkan oleh atlit beregu yang terdiri dari 5 orang altit yang masing – masing adalah : Hening Paradigma, Joni Efendi, Jafro Megawanto, Roni Pratama, Aris Apriansyah. Kelima atlet tersbut mampu tampil dengan sangat baik dan merebut medali emas untuk kontingen Indonesia dalam kategori akurasi tim pria.

Emas lainnya di cabang olahraga paragliding diperoleh dalam kategori individu akurasi pria. Dalam nomor ketepatan mendarat ini, kontingen Indonesia diwakili oleh atlet Jafro Megawanto yang sebelumnya juga ikut serta dalam nomor ketepatan mendarat beregu dan meraih medali emas pula. Selain Jefri, untuk dua medali lainnya yakni Perak dan perunggu diperoleh oleh Jirasak Witeetham dari Thailand meraih perak, dan Lee Chulsoo dari Korea Selatan meraih perunggu. Seperti yang diketahui, untuk cabang olahraga paragliding ini, dari organisasi persatuan yang menaungi paragliding menargetkan untuk mendapatkan 1 emas dan hal tersebut telah dicapai oleh tim beregu sebelumnya. Untuk target lainnya yakni 2 emas yang ditargetkan oleh kementrian pemuda dan olahrga juga dapat dipenuhi.

photo via : tribunnews.com

Selain 2 emas, cabang olahraga paragliding juga menyumbangkan 2 medali lainnya yakni 1 medali perak dan 1 lagi medali perunggu. 1 buah medali perak lainnya dari cabang olahrga paragliding diperoleh dalam nomor ketepatan mendarat beregu wanita. Adapun tim wanita Indonesia terdiri dari Rika Wijayanti, Lis Andriana, Ike Ayu Wulandari. Ketiga wanita tanggu Indonesia tersebut mampu bersaing dengan 39 negara lainnya dalam merebut medali di cabang olahraga ini.

Untuk 1 Medali lagi yakni medali perunggu yang diraih dari cabang olahraga Paragliding ini diperoleh dalam nomor ketepatan mendarat perorangan yang diwakili oleh atlet Indonesia Rika Wijayanti. Rika yang sebelumnya juga ikut serta dalam meraih medali perak dalam nomor ketepatan mendarat beregu putri, mampumendapatkan medali perunggu untuk kategori perseorangan. Pertandingan yang dilakukan di arena Paralayang di Guning Mas, Puncak Kabuparen Bogor, Jawa Barat. Untuk medali emas dan perak dalam nomor ini didapat oleh atlit putri Thailand yakni Nunnapat Phucong dan Lee Da-gyeom atlit Korea.

2. Weightlifting

photo via : tribunnews.com

Di cabang weightlifting atau angkat besi, atlet Indonesia Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan kontestan lainnya. Eko Yuli Irawan yang turun di nomor 62kg, berhasil mengungguli lawan – lawannya dnegan selisih jumlah beban yan glebih banyak yakni seberat 311kg. Sedangkan untuk medali perak dan perunggu di nomor ini diperoleh oleh atlet  asal Vietnam Trinh Van Vinh degnan total angkatan sebesar 299 kg. Sementara untuk medali perunggu di nomor ini diraih oleh atlet Uzbekistan Ergashev Adkhamjon dengan total jumlah angkatan 298 kg. Dengan hasil yang didapat oleh Eko, maka cabang olahraga angkat besi telah menyumbangkan sebanyak 3 medali yang masing – masing terdiri dari 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

3. Wushu

photo via : tirto.id

Untuk Cabang olahrgaa Wushu kembali menyumbangkan medali. Dan tak tanggung – tanggung, wushu menyumbangkan 3 medali perunggu yang masing – masing disumbangkan oleh Achmad Hulaefi, Yusuf Widiyanto, Puja Riyaya. Masing – masing medali yang diraih oleh cabang olahraga Wushu ini didapat di nomor pria Daoshu & Gunshu All-Round diraih oleh Hulaefi Achmad, Sanda pria di kelas 56kg diraih oleh Yusuf, dan sanda Pria di kelas 70kg didapatkan oleh Riyaya Puja.

4. Badminton

photo via : pojoksatu.id

Cabang bulutangkis yang amat diharapkan untuk meraih emas di ajang asian games kali ini, tetap mampu meraih medali yakni 1 perak dan 1 perunggu yang masing – masing dihasilkan dari nomor bulutangkis beregu putra dan bulutangkis beregu putri. Untuk bulutangkis beregu putra, Indonesia diwakili oleh Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Tontowi Ahmad, Ricky Kaandasuwardi, Mohammad Ahsan, Ihsan Maulana Mustofa. Sedangkan untuk tim beregu putri yang mendapat medali perunggu terdiri dari : Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris, Rizki Amelia Pradipta, Liliyana Natsir, Debby Susanto, Ruselli Hartawan, Ni Ketut Mahadewi Istarani.

5. Dayung

photo via : indosport.com

Untuk perolehan medali selanjutnya diperoleh di cabang olahraga dayung yang mendapatkan 2 buah medali yakni untuk nomer pria empat beregu yang terdiri dari Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, dam Isada Ardi. Tim dayung Pria Indonesia ini mampu bersaing dengan tim beregu pria lainnya dan merebut medali perak untuk cabang olahraga dayung nomer dayung beregu pria. Medali lainnya yang di dapat dari cabang olahraga dayung adalah dari nomer dayung berpasangan wanita. Tim dayung putri dayung Indonesia berhasil meraih medali perunggu yang terdiri dari atlet Juliyanti dan rokayah

6. Sepak Takraw

photo via : antaranews.com

Dari cabang Sepak takraw, Indonesia juga mampu meraih 1 buah medali perunggu dengan 1 tim kontingen indonesia mengirimkan 12 atlit sepak takraw terbaiknya yang terdiri dari Herson Mohamad Saipul, Syamsul Akmal, Muhammad Hardiansyah Muliang, Rezki Yusuf Djina, Andi Try Sandi Saputra, Nofizal, Saiful Rijal, Husni Uba, Hendra Pago, Rizky Abdul Rahan Pago, Abdul Halim, Victoria Eka Prasetya.

Baca Juga