Robot Hewan Paling Canggih yang Pernah Dibuat Di Dunia

    Teknologi
Iklan

Teknologi memang terus berkembang, apalagi dengan semakin gencarnya penelitian-penelitian baik itu dibidang kesehatan, makanan, dan tak terkecuali dalam robotika. Mungkin pernah kalian lihat asimu, robot asal jepang yang mirip dengan manusia.
Robot itu telah mampu melakukan beberapa gerakan-gerakan yang dilakukan oleh tubuh manusia normal. Selain robot dengan bentuk dan kemampuan mirip manusia, robot dengan bentuk dan kemampuan seperti hewan pun diciptakan. Robot-robot ini diciptakan untuk mengamati dan meniru perilaku hewan tersebut, dimana pergerakanannya yang sedikit lebih sederhana daripada manusia. Pembuatan dan perkembangan robot dengan bentuk hewan inipun diciptakan guna dapat meniru kemampuan unik dari hewan dan digunakan untuk kehidupan sehari-hari nantinya. Berikut ini merupakan perkembangan robot hewan paling canggih di dunia,

1. BionicANTs ( Robot semut )

photo via : newsweek.com

Bionicants merupakan robot yang dibuat menyerupai semut pada umumnya. Dengan jumlah kaki-kakinya yang berjumlah 3 pasang alias enam buah, robot ini mampu berjalan dan bergerak menyerupai pergerakan semut pada umumnya. Dengan kontrol algoritma yang canggih, robot ini memiliki kemampuan untuk bergerak berjalan serta saling bekerja sama untuk menyeselaikan satu tugas secara bersamaan. Robot ini juga dibekali dengan kemampuan jaringan antara robot yang satu dan lainnya, sehingga mereka dapat dengan efektif menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

2. BionicKangaroo ( Robot kangguru )

photo via : www.festo.com

Robot yang satu ini dirancang dengan pergerakan menyerupai kangguru. Seperti pada hewan aslinya, robot ini meniru pergerakan meloncat kangguru dimana setiap gerakan yang dimiliki sangat efisien dan dinamis. Gerakan melompat kangguru amatlah efisien dimana mereka mampu mendapatkan eneri untuk sebuah loncatan, menyimpan energi tersebut dan menggunakannya lagi pada loncatan berikutnya. Sehingga. gerakan kangguru ini amatlah efisien dan sedikit memerlukan enrgi. Bionickangaroo ini dibuat menyerupai pergerakan kangguru asli dengan kontrol yang canggih dimana ia bisa digerakkan dengan gestur tubuh kita. Kontrol canggih yang disematkan pada robot ini pula mampu membuatnya dapat melompat dan mendarat dengan stabail meskipun pada permukaan yang tidak rata.

 

3. Dragonfly ( Robot Capung )

Robot yang satu ini dikembangkan oleh tech jet dimana robot ini dibuat untuk mendapatkan kemampuan yang lebih dari dunia penerbangan dimana robot kecil dan mungil ini dapat terbang diudara layaknya pergerakan sayap capung. ukurannya yang lebih kecil dari drone, membuat robot yang satu ini mungkin akan menjadi sesuatu yang diimpikan oleh banyak orang dan mengalahkan fungsi drone saat ini.

 

4. AquaPenguin ( Robot Penguin )

photo via : www.festo.com

Seperti namanya, robot ini dibuat menyerupai penguin dimana ia dapat berenang layaknya penguin asli di dalam air. Untuk beberapa bagian tubuhnya dapat digerakkan secara lentur ke semua arah pergerakan layaknya penguin asli. Robot penguin inipun telah dilengkapi dengan sonar 3D yang mampu mendeteksi lingkungan sekitarnya untuk menghindari tumbrukan dengan dinding ataupun penguin yang lainnya.

 

5. Bionicopter ( Robot Capung )

photo via : www.festo.com

Berbeda dengan robot capung sebelumnya, robot yang sama-sama terinspirasi dari serangga ini dibuat oleh festo dan telah memiliki rangka dan bentuk yang menyerupai capung asli. Robot ini dikendalikan menggunakan remote kontrol dengan pergerakan masing-masing sayap yang dimiliki mapu bergerak secara terpisah menyesuaikan dengan arah dari laju robot ini. Dengan peregerakannya yang unik, robot ini hampir mampu melakukan segala manuver dan terbang ke semua sudut ruangan uji coba.

 

6. eMotionButterflies ( Robot Kupu-Kupu )

photo via : www.festo.com

Kalu urusan ringan, mungkin robot yang satu ini amt ringan, dengan desain yang amat minimalis, beberapa robot kupu-kupu ini diciptakan. Dengan menggunakan sensor infra merah, robot ini memancarkan sinyal ke pusat komputer untuk mengkoordinasi antara robot yang satu dnegan yang lainnya agar tidak saling bertabrakan. Material yang digunakan dalam pembuatan robot inipun amatlah sedikit untuk meringankan beban dari robot ini.

 

7. SmartBird ( Robot Burung )

photo via : www.festo.com

Mungkin bisa dibilang ini merupakan robot burung yang paling berhasil. Dengan komposisi pembuatan yang seringan mungkin agar dapat terbang dengan sempurna, para ilmuan dari festo juga mampu mereplika pergerakan sayap burung sehinga robot ini dapat terbang dan mendarat dengan sempurna tanpa bantuan alat penunjang apapun. Kepakan sayap dari robot ini juga amat mirip dengan burung seaguel yang menjadi inspirasi dari robot ini diamna pergerakan sayapnya tidak hanya bergerak keaatas dan kebawah saja melainkan dapat melengkung. Dengan pergerakan yang amat mirip dingin burung asli, robot ini memiliki tingkat aerodinamis dan kelincahan yang tinggi, sehingga ia pun hampir dapat menjangkau dan bermanufer dalam segala bentuk.

 

8. MIT Robotic Cheetah

MIT Cheetah merupakan robot yang dibuat untuk menyerupai pergerakan cheeta dalam berlari, dimana cheeta merupakan hewan tercepat di daratan. Melalui robot ini diharapkan ilmuwan dapat meniru elastisitas pergerakan seekor cheeta yang mampu berlari dengan cepat dan mampu berbelok dan melompot tanpa menurunkan kecepatan berlarinya. Dan melalui perkembangannya, robot ini telah mampu melakukannya yakni berlari dan melompat walaupun tidak secepat seekor cheeta yang sebenarnya. robot ini mamu berlari dengan kecepatan 0 sampai 6,4 meter per detiknya.

 

9. Alpha Dog

photo via : s.aolcdn.com

Alpha Dog merupakan robot yang berbentuk seperti seekor anjing besar, tidak peduli jika Anda mengabaikannya, robot ini telah berkembang sepenuhnya menjadi sebuah robot raksasa. Robot yang mampu berjalan dengan kaki dan mampu berdiri hingga setinggi dada orang dewasa ini dikembangkan oleh Boston Dynamics. Selain itu, juga mampu membawa muatan seberat 400 pound atau 181 kilogram dan mampu bertahan tanpa terjatuh meskipun ditendang dengan keras.

 

10. Trandinno

photo via : informazon.com

Biasanya robot-robot pada taman bermain tidak bisa bergerak dan berpindah tempat. Atau bisa bergerak tapi ukurannya tidak lebi besar dari manusia. Berbeda dengan itu semua, di Zetch, Jerman terdapat sebuah robot raksasa berbentuk naga yang dapat berjalan dan menyemburkan api dari mulutnya. Sebuah robot raksasa yang dapat membuat orang yang melihatnya berdecak kagum.

Robot tersebut bernama Trandinno, seekor robot naga yang memiliki panjang 56 kaki atau 17 meter dan bisa berjalan merangkak seperti seekor naga sungguhan. Robot ini telah masuk sebagai pemegang Guiness World Record untuk kategori robot terbesar di dunia.

 

11. Yume Neko Smile

The Yume Neko Smile (“Senyum Kucing Impian”) adalah robot kucing yang unik tidak seperti mainan biasa. The Yume Neko Smile tingginya 13 inci dan berat 4,5 pound. Dilengkapi dengan 5 sensor yang tersembunyi yang bereaksi terhadap sentuhan. Yume Neko tidak akan bisa memburu tikus tapi matanya bisa berkedip, menggerakkan mulutnya, lehernya, menaikkan pantatnya, dan tiduran, serta selalu mendengkur, meong, dan coba tekan ekornya, dia akan marah dan mendesis. Setelah ditinggal dalam satu saat, seperti layaknya kucing sungguhan, dia akan tertidur, mulai mendengkur pelan dan akhirnya diam dalam mode low-power. Tentu saja, kucing ini bulunya tidak bau dan tidak bikin alergi.

 

12. Robot Kecoa

photo via : www.arrajol.com

Ilmuwan dan insinyur di Immanuel Kant Baltic Federal University Rusia tengah menciptakan sebuah robot-kecoa yang tidak hanya secara fisik mirip dengan binatang tersebut, tetapi juga sifat dan tingkah lakuknya. Ini menjadi rekayasa biologi yang menjadi puncak dari penyatuan ilmu-ilmu kehidupan dengan teknik dan ilmu-ilmu fisika. Penciptaan robot kecoa ini dilakukan selama 7 bulan. Sebuah organisasi Rusia yang merupakan pelanggan dari inovasi ini ingin robot memiliki tiga karakteristik utama. Mereka secara penampilan harus mirip dengan kecoa, harus memiliki ukuran fisik seukuran kecoa dan harus memiliki pola perilaku yang mirip dengan kecoa sebenarnya.

 

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >