30 Jenis Bakso Unik Dan Kreatif Yang Hanya Ada Di Indonesia

1 tahun lalu

Indonesia punya beragam kuliner yang sudah terkenal ke penjuru dunia, bukan hanya sate dan nasi goreng saja yang terkenal sebagai makanan khas Indonesia. Si bulat bakso juga merupakan kuliner legendaris asal Indonesia yang digilai mulai dari kalangan bawah hingga atas sekalipun dan rasanya itu dijamin selalu maknyus. Usut punya usut, bakso sebenarnya makanan asli dari negeri tirai bambu alias China. Walau begitu bakso sudah mendarah daging di Indonesia, tak heran hampir setiap daerah punya bakso khas, seperti bakso Malang, bakso Solo, bakso Wonogiri, dan lain-lain.

Ngomongin soal bakso yang ada di Indonesia itu mungkin hampir sama kayak kita ngomongin ada berapa banyak suku di Indonesia, saking banyaknya jenis yang ada, mulai dari Bakso khas Solo, Bakso Malang, Bakso Urat dan lain-lain.

Namun bukan orang Indonesia juga kalau nggak kreatif, bakso yang normalnya disajikan dengan mie dan kuah pun kini mengalami inovasi sampai tecipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Penasaran apa saja bakso unik tersebut? langsung dicek aja yuk!!

1. Bakso Boedjangan

photo via : www.tanahnusantara.com

Weiitss!! dari namanya jangan-jangan bakso ini cuman boleh dinikmati sama mereka yang masih bujangan??, tapi tenang saja sobat, bakso ini bisa dinikmati oleh siapa saja kok gak milih-milih status. Gerai bakso unik satu ini bisa kalian temukan di seluruh kawasan Jabodetabek, tapi asalnya dari Kota Kembang, Bandung. Bakso ini menawarkan segala macam isian mulai dari keju, cabai rawit dan telur utuh. Namun yang paling menarik perhatian adalah yang isi keju karena rasanya sangat gurih dan nikmat. Satu mangkoknya dijual dengan harga mulai dari 20 sampai 30 ribuan Rupiah.

 

2. Bakso Penyet

photo via : travelingyuk.com

Ayam penyet, tempe penyet masih wajar lah ya dan sering kita jumpai dipinggir-pinggir jalan, tapi ini bakso penyet?? Yap nyatanya memang ada loh bakso unik satu ini. Diberi nama bakso penyet karena disajikan diatas cobek dan dimakan dengan sambel ulek persis seperti kamu makan ayam atau tempe penyet. Bisa dibayangkan, rasanya pasti pedas gurih bikin nagih deh!. Gerai bakso ini bisa kamu temukan di tempat makan bernama Warung Bu Kris yang terletak di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan. Harganya juga lumayan terjangkau cuman 22 ribu Rupiah per porsinya.

 

3. Bakso Comberan

photo via : jualmesinbakso.com

Wiihh!! Siapa nih yang bingung dengan bakso unik satu ini?? Jangan salah sangka dulu ya!, karena bakso ini bukan buka dicomberan atau pakek kuah comberan, melainkan kenapa dinamai bakso comberan karena kuahnya yang berwarna hitam pekat mirip air comberan. Tapi tunggu deh sampe kamu nyobain sendiri, karena dari segi rasa, bakso ini bisa dibilang enak banget karena kuah hitam kelam tersebut berasal dari kuah rawon yang kemudian dicampur mie, potongan tulang dan daging yang banyak banget. Pak Bewok sang pemilik memadukan rasa kluwak dengan gurihnya bakso agar rasa yang ditawarkan semakin gurih dan segar. Satu porsi Bakso Comberan ini dijual dengan harga mulai dari 12 ribu Rupiah. Lokasinya berada di depan pintu masuk Universitas Indonesia.

 

4. Bakso Moncrot

photo via : dagelan.co

Salah satu bakso paling unik di Indonesia mungkin cocok diberikan pada bakso moncrot ini. Bagaimana tidak, bakso ini dibuat dari tomat yang dikosongkan isinya lantas digantikan dengan adonan bakso. Meskipun aneh, tapi jangan ragukan rasa dari bakso unik ini karena perpaduan rasa asam tomat dengan gurihnya bakso sangatlah cocok apalagi saat dinikmati kala hujan.Gerai Bakso Moncrot yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan menghidangkan menu bakso tomat ini dengan harga Rp 24.500 per porsi.

 

5 Bakso Bola Tenis H.M.Nasir

photo via : pinterest.com

Ingin makan bakso rame-rame bareng temen dan keluarga?? bakso ini cocok deh buat pilihan kalian, karena ukurannya yang besar hampir melebihi ukuran kepala bayi. Adapun, bakso tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal yakni 100 ribu Rupiah per mangkoknya dan hanya bisa ditemukan di daerah Universitas Pamulang.

 

6. Bakso Kerikil

photo via : mulpix.com

Kalau yang tadi adalah bakso dengan ukuran besar, maka bakso unik satu ini berukuran kecil layaknya kerikil-kerikil dipinggiran sungai. Meski begitu, adonan yang digunakan untuk membuat bakso ini tetaplah sama dan rasanya pun nikmat. Buat yang tertarik mencobanya, kamu bisa mampir ke kedai aslinya yang berada di Yogyakarta. Satu porsi biasanya akan diisi dengan 3 hingga 6 bakso kecil yang dijamin bakal bikin ketagihan.

 

7. Bakso Barbel

photo via : www.kompasiana.com

Dengan melihatnya saja kita sudah bisa menebak jika bakso ini mempunyai bentuk yang antimainstream! Bukannya bulat kayak biasanya, bakso ini berbentuk barbel. Tidak hanya baksonya saja, tapi ternyata semua peralatan juga berbentuk barbel. Gerai bakso yang ditempatkan di Jalan Riau 205, Bandung tersebut memang menawarkan bakso berbentuk barbel, karena sang pemilik yang ternyata adalah Agung Hercules sengaja menciptakan jenis ini karena kecintaannya terhadap bidang olahraga tersebut.

 

8. Bakso Beranak

photo via : makaronitobat99.blogspot.co.id

Inovasi di dunia bakso terus berkembang. Setelah bakso dengan berbagai ukuran dan isian yang bermacam-macam, kini hadir bakso beranak. Maksud dari bakso beranak adalah bakso yang ada di dalam bakso. Begitu membelah bakso ukuran besar, kamu bisa mendapatkan bakso ukuran kecil atau isian lain seperti tahu atau siomay. Bakso yang satu ini kiranya sudah menghebohkan para pecinta kuliner karena selain menawarkan bakso dengan ukuran yang sangat besar (melebihi ukuran mangkok) namun juga bisa menghasilkan bakso-bakso kecil di dalam bakso raksasa tersebut. Buat yang mau mencoba Bakso Beranak ini, 1 porsinya dijual dengan harga 30 ribu Rupiah, dan berlokasi di daerah Sentul, Bogor.

 

9. Bakso Bakar Malang

photo via : food.idntimes.com

Malang adalah surganya bakso yang terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Kalau kamu datang ke Malang cobalah aneka olahan bakso mulai yang standar hingga bakso bakar yang memiliki cita rasa menggoda iman. Bakso bakar ini akan ditusuk menjadi mirip sate lalu dibakar dengan bumbu kecap dan bawang serta sambal yang rasanya sangat nendang. Buat yang ingin mencoba rasa orisinal dan autentik, kamu bisa mampir ke sebuah kedai yang berada di dekat SMPN 2 Malang atau Jalan Pahlawan Trip.

 

10. Bakso Mangkok

photo via : www.dinastipoker99.com

Bakso Mangkok adalah jenis bakso yang memiliki berat hingga 2 kilogram, Hmm.. besar sekali ya! Saking besarnya, belum ada orang yang mampu menghabiskannya seorang diri. Bahkan dimakan 4 orang saja masih akan tersisa banyak. Kalau kamu ingin mencoba bakso raksasa ini, silahkan mampir ke kedainya yang terletak di Jalan Sukawarna, Cicendo, Kota Bandung. 1 porsi Bakso Mangkok dijual dengan harga 25 ribu Rupiah (untuk versi bakso yang lebih kecil atau sebesar genggaman tangan orang dewasa) serta 150 ribu Rupiah untuk versi jumbo.

 

11. Bakso Aci

photo via : wisatakuliner09.blogspot.co.id

Kalau bakso di berbagai daerah di Indonesia kebanyakan menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan bakunya. Lain ceritanya di Garut, di daerah tersebut ada gerai bakso yang menggunakan aci atau pati menjadi bahan baku membuat bakso. Meski tanpa embel-embel daging, bakso yang satu ini tetap nikmat dan menjadi buruan banyak orang. Rasanya yang gurih serta kuahnya yang nikmat akan membuat Anda tidak bosan menyantapnya terus menerus.

 

12. Bakso Pentol Budi Mulya

photo via : www.gramdude.com

photo via : www.gramdude.com

Kalau kamu mampir ke kota Surabaya, jangan lupa untuk mencoba nama kedai bakso bernama Pentol Budi Mulya. Kedai bakso ini setidaknya memiliki banyak varian bakso yang patut kamu coba, mulai dari bakso pedas, telur puyuh, tahu baso, siomay hingga gorengan. Selain itu yang membuatnya menarik adalah Bakso Pentol Budi Mulya menghadirkan semua jenis bakso tersebut dengan saus kacang. Wah! yang penasaran langsung saja mampir ke kedainya di Jalan Karimun Jawa, Depan Jamsostek, Surabaya.

 

13. Bakso Mercon

photo via : lookinsta.com

Bakso yang satu ini nih pas banget buat kamu yang suka makanan pedas. Yap bakso mercon ini memiliki isi daging cincang dan potongan cabe rawit atau sambal super pedas yang pedesnya minta ampun. Yakin deh keringet kamu akan bercucuran saat makan bakso ini, ditambah lagi mulutmu gak akan bisa mingkem saking pedasnya. Bakso Mercon bisa ditemui di kedai makanan yang berlokasi di Karet Pedurenan, Kuningan. Jakarta.

 

14. Bakso Setan

photo via :  www.yukepo.com

Wah!! diliat dari namanya kok ngeri ya? sapa sih yang mau makan bakso setan?? tapi jangan salah bakso setan ini malah menjadi incaran para pencinta bakso loh!. Bakso yang satu ini bisa kamu temui di daerah Puncak, Bogor. Beratnya mencapai 500 gram dan harga per porsinya mencapai 50 ribu Rupiah. Walau harganya relatif mahal namun kedai in tidak pernah sepi pembeli dan pelanggannya terus datang. Hal ini dikarenakan, Bakso Setan ini mudah dimakan, kenyal dan daging gilingnya terasa empuk. Adapun kuahnya bisa disajikan terpisah, dicampur dengan mie atau sebagai pelengkap.

 

15. Bakso Balon dan Kotak

photo via :  lampung.tribunnews.com

Kalau kamu ingin mencari jenis bakso yang lebih unik dan kekinian, coba deh mampir ke kedai makanan bernama Warung Mie dan Bakso Kotak 60 di Bandar Lampung. Disini kamu bakal menemukan bakso dengan bentuk yang tidak biasa bernama Bakso Balon dan Kotak. Sebagai informasi, bakso berukuran besar ini dibuat bukan dengan bahan baku karet balon melainkan dengan kuning telur pada bagian luar yang sebelumnya sudah dimatangkan terlebih dahulu.

 

16. Bakso Rambutan

photo via :  wanitaindonesia.co.id

photo via :  www.diahdidi.com

Bakso Rambutan ini cuma bisa kamu temukan di Warung Pak Bas yang terletak di Jalan Danau Sentani Raya H1-B41 Sawojajar, Malang. Yang membuatnya menarik adalah penampilannya yang begitu menggugah selera serta terbuat dari daging sapi dan ayam pilihan. Lalu, isi bagian dalam bakso tersebut biasanya berisikan telur puyuh. Bakso rambutan ini beda dengan bakso-bakso yang lain karena bisa disajikan dengan ataupun tanpa kuah. Bakso ini dilapasi dengan mie keriting yang super crunchy sehingga pas untuk cemilan soremu.

 

17. Bakso Kurma

photo via :  baksoagung.blogspot.co.id

Kalau biasanya isian baso selalu diiisi dengan potongan daging cincang, cabai atau telur, nah bakso satu ini diisi dengan kurma. Yap, kurma buah yang sering ditemukan saat bulan puasa ini dijadikan isian bakso ini. Sang pemilik yang memang keturunan Arab, ingin menciptakan sensasi makan bakso dengan rasa yang berbeda. Soal ukuran, bakso ini hadir dengan porsi yang normal dan dijamin bikin kamu puas. Bakso super unik ini bisa kamu temui di sebuah Food Court di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

 

18. Bakso Klenger

photo via :  bijibersemi.com

Jenis bakso yang satu ini, Bakso Klenger, kiranya disajikan dengan ukuran yang extra yakni mulai dari 250 gram hingga super jumbo yang memiliki berat 5 kg. Wow! besar sekali ya? Saking besarnya, bakso ini bisa buat hidangan saat arisan loh!, isi dari dalam bakso tersebut pun bermacam-macam, dari ada yang berisi telur, daging sapi, daging ayam, telur puyuh, daging cincang dan lain sebagainya. Buat yang pengen mencoba Bakso Klenger, kedai mereka tersedia di daerah Yogyakarta.

 

19. Bakso Hitam

photo via :  pergikuliner.com

Normalnya, orang bakal menemukan bakso dengan warna putih pucat atau abu-abu. Tapi kalau di kedai yang satu ini, kamu bakal menemukan bakso dengan warna hitam pekat seperti batu arang. Adapun, terobosan unik nan ekstrem ini dibuat oleh seorang pedagang bakso di kota Surabaya bernama Sigit Prihanto. Ia mengaku bahwa untuk membuat daging bulat tersebut memang memerlukan aktif charcoal atau arang bambu Jepang sebagai bahan baku pembuatan baksonya. Wow patut dicoba nih!

 

20. Bakso Rusuk

photo via :  baksourataslisolo.blogspot.co.id

Bakso Rusuk yang berada Jalan Semar kawasan Pasir Kaliki, Bandung ini menyajikan satu porsi bakso dengan tulang rusuk. Katanya sih karena sang istri pemilik kedai yang kebetulan berasal dari Makasar ini gemar menyantap Sop Konro. Meskipun dagingnya sedikit namun satu mangkok di Bakso Semar ini tetap bikin nagih untuk digigit. Harga bakso disini pun bervariasi mulai dari 10 ribu sampai 20 ribuan Rupiah.

 

21. Bakso Permen

photo via :  luezhat.blogspot.co.id

Bakso ini unik karena bentuknya yang menyerupai permen, mungkin harus ada sedikit ketelatenan untuk membuat bakso ini. Karena bentuknya yang lucu tentu ini bakal disukai oleh anak-anak kecil

 

22. Bakso sarang burung

photo via : cookpad.com

Kalo bakso yang satu ini benar-benar bakso yang menyehatkan. Dinamakan bakso sarang burung karena bakso ini dibentuk bulat kecil dan diisi dengan sayuran sehingga terlihat seperti telur burung puyuh. Bakso ini disajikan dengan soun sehingga bentuknya semakin mirip dengan sarang burung.

 

23. Bakso Telur Setengah Matang

photo via : baksoagung.blogspot.co.id

Kalau bakso yang isinya telur rebus matang sih itu sudah biasa, nah yang ini isinya bikin para pecinta telur setengah matang jatuh cinta. Yap, ini adalah bakso telur setengah matang dan dari gambarnya saja kamu bisa lihat kuning telur yang masih meleleh-leleh. Pecah banget deh rasanya!

 

24. Bakso Kelapa Muda

photo via : anakjajan.com

Rasa bakso yang asin sangat cocok dengan rasa daging kelapa muda yang manis. Ini memberikan cita rasa tersendiri bagi para penggemar bakso. Buat kamu yang sudah nggak sabar mencicipi bakso ‘kekinian’ ini, langsung aja datang ke Rumah Makan DM di Pasar 8 Blok RH No. 2, jalan Alam Utama, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan. Jika kamu berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kedai bakso ini tentunya masih bisa dijangkau.

 

25. Bakso Montet

photo via : instaview.xyz

Terletak di Jalan Raya Brayublandong no 184, Dawarblandong, Mojokerto. Bakso yang satu ini dikenal akan kuahnya yang banyak gajih atau lemak daging. Jumlahnya yang banyak siap bikin kamu kekenyangan. Harganya mulai Rp 10 ribu.]

 

26. Bakso Gulung

photo via : travelingyuk.com

Umumnya bakso memiliki bentuk yang bulat dan tekstur yang kenyal namun berbeda dengan bakso yang dijajakan di Kedai Terminal Bakso. Bakso di kedai ini memiliki bentuk yang tak biasa yaitu berbentuk gulung seperti sosis. Menu yang disediakan tak hanya bakso gulung saja, namun masih ada beberapa menu bakso lainnya yang bisa dipilih mulai dari bakso rawit, bakso jamur, bakso keju, bakso puyuh, dan lain sebagainya. Kedai ini berada di Jalan Proklamasi No. 12, Gresik dan buka mulai pukul 17.00 WIB.

 

27. Bakso Buaya

photo via : netz.id

photo via : www.hipwee.com

Diliat dari namanya bukan berarti bakso satu ini terbuat dari olahan daging buaya ya!.Bakso ini dinamakan bakso buaya karena dari segi bentuknya bakso ini dibuat menyerupai buaya dengan ukuran yang cukup besar. Karena ukurannya yang cukup besar, bahkan bakso ini bisa dimakan beramai – ramai dengan teman atau keluarga. Nah, jika kamu ingin mencicipi Bakso Buaya ini maka kamu bisa datang ke Warung Bakso Rusuk Joss Narogong yang lokasinya berada di Jalan Raya Siliwangi (Narogong) km 7 Ruko Gardenia pesona metropolitan blok RB 1 – 2 Bojong Rawalumbu, Bekasi.

 

28. Bakso Kuburan Mantan

photo via : travelingyuk.com

Menu ini ditujukan bagi Anda yang baru patah hati. Sehingga bisa menyalurkan kekesalan pada mantan lewat makanan. Penyajian Bakso dibuat mirip dengan kuburan. Berbeda dengan Bakso pada umumnya yang berbentuk bulat. Bakso Kuburan Mantan ini berbentuk kotak memanjang. Supaya makin nikmat, adonan Bakso yang padat diisi dengan telur puyuh dan sosis sapi. Kuliner unik ini terasa makin sempurna ketika disajikan bersama pelengkapnya seperti kuah kaldu gurih, sayuran, bihun, dan mi kuning. Bakso unik ini bisa kamu temukan di Jalan Pajagalan Nomor 49 RT 007/RW 003, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

 

29. Bakso Genderuwo

photo via : instagram.com/baksomamanktse

Ihh!! Dari namanya serem ya?, Bakso Genderuwo adalah bakso berukuran besar dengan mie kuning yang menancap ke dalam bakso, mirip seperti rambut. Di dalamnya ada daging cincang, tersaji dengan bakso kecil-kecil. Bakso unik ini bisa kamu temukan di kawasan jalan sumpah pemuda no 56 Surakarta.

 

30. Bakso Tumpeng

photo via : www.imgrum.org

Jika bentuk bakso biasanya bulat, bakso ini berbentuk kerucut atau tumpeng. Bakso ini biasa disebut bakso tumpeng oleh penikmatnya. Warung bakso unik ini berada di Desa Campurjo, Bojonegoro. Warung yang buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB ini, menyajikan bakso isi telur yang menggoda selera.