Inspirasi Desain Ruang Makan Yang Simple Minimalis

Dibuat oleh blogunik

Selain ruang keluarga, ruang makan juga menjadi tempat favorit bagi sebuah keluarga untuk berkumpul sambil menikmati beragam hidangan yang dibuat oleh ibu untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Jadi meskipun keberadaannya tidak terlalu diprioritaskan seperti dapur, namun ruang makan mampu menambah kesan homie pada hunian. Jadi nggak heran kalau saat ini ada banyak orang yang ingin memiliki desain ruang makan yang nyaman dan menarik.

Namun perlu kalian ketahui, dalam mendesain ruang makan, kamu tidak harus terpacu dengan bentuk rumah dan luas lahan, pasalnya hal tersebut bisa disiasati dengan cara mendesain interiornya dan pemilihan furniturenya. Beberapa ruang makan biasanya disatukan dengan dapur untuk menyiasati lahan yang sempit. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan desain ruang makan yang bagus dan indah.

Nah buat kamu yang sedang ingin mendesain ulang ruang makan, atau ingin memiliki ruang makan impian, berikut ini merupakan beberapa inspirasi ruang makan yang simple dan minimalis, yang bisa kamu tiru. So let’s check it out guys!

1. Desain ruang makan kecil untuk keluarga kecil

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via domino.com

Desain ruang makan simple dan minimalis pertama yang bisa dengan mudah kamu tiru adalah desain ruang makan yang menggunakan meja dan kursi dari kayu. Furniture dari kayu memang bukan hal yang baru, namun material kayu dapat membuat ruangan menjadi lebih homie. Selain itu, jika kamu hanya memiliki keluarga kecil yang terdiri dari sepasang orang tua dan sepasang anak, maka kamu bisa menggunakan meja berbentuk circle dengan 4 kursi yang mengelilinya. Selain memberikan kesan dinamis, furniture seperti ini juga membuat ruang makan yang sempit menjadi lebih menarik. Apalagi dengan tambahan tanaman hias di sudut ruangan dan lampu gantung yang unik.

2. Desain ruang makan minimalis dengan nuansa alam

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via caraloren.com

Nah buat kamu yang memiliki ruangan yang lebih luas, kamu bisa mendesain ruang makan yang terpisah dengan dapur. Dengan memanfaatkan furnitur bernuansa alam, kamu bisa menciptakan ruang makan yang nyaman dan cantik. Warna kayu dari kursi, rak hingga lantai membuat ruang makan memiliki kesan hangat. Meja makan memanjang memungkinkan lebih banyak family member yang bisa bergabung, sedangkan pemililan beberapa kursi kayu hingga sebuah bangku memanjang, membuat ruang makan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Penempatakan karpet dan pemilihan lampu gantung dari rotan juga membuat ruang makan terlihat lebih cantik.

3. Desain ruang makan yang menyatu dengan dapur

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via myhome.ru

Memiliki lahan yang terbatas, pilihan paling tepat memang menyatukan dapur dengan ruang makan tanpa adanya sekat yang betul-betul memisahkan dua area tersebut. Namun kamu bisa menjadikan contoh desain ruang makan diatas sebagai inspirasi. Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan warna-warna cerah pada dapur dan ruang makan kamu. Menggunakan kursi yang menempal pada dinding juga menjadi cara untuk menghemat tempat. Tak hanya itu, adanya jendela yang cukup sebagai sumber cahaya alami juga sangat penting agar ruangan yang sempit terasa lebih segar.

4. Desain ruang makan kecil yang minimalis

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via roomclip.jp

Kalau satu ini merupakan contoh ruang makan yang menyatu dengan dapur lainnya. Meskipun terlihat menyatu namun dengan adanya kitchen bar, area dapur dan area ruang makan menjadi terlihat terpisah. Desain ruang makan satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang memiliki lahan yang sempit. Kamu bisa menggunakan furniture minim detail dan mengaplikasikan warna yang kalem seperti warna putih atau warna krem pada seluruh ruangan. Dengan begitu, ruangan yang sempit akan terlihat lebih luas. Aktivitas di ruang makanpun menjadi lebih nyaman.

5. Desain ruang makan dengan tema industrial yang minimalis

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via charrell.be

Industrial style belakangan ini memang sangat digandrungi oleh sebagian orang. Kalau kamu salah satunya dan memang sedang ingin desain ruang makan industrial, maka kamu bisa mengikuti inspirasi desain ruang makan simple satu ini. Meskipun menggunakan meja kayu memanjang dan tiga pasang kursi berwarna senada dengan warna kayu, namun kesan industrial sangat kental terlihat. Dimana kaki-kaki meja dan kursi terbuat dari baja atau besi hitam yang menjadi ciri khas dari gaya idustrial. Selain itu, pemilihan lampu gantung dengan gaya industrial juga semakin menyempurnakan penampilan ruang makan. Dengan perabotan yang minim, ruang makan kamu akan terlihat keren.

6. Desain ruang makan dengan furniture yang bernuansa chic

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via beckiowens.com

Nah buat kamu yang suka dengan desain ruang makan yang chic dan cantik namun tetap terlihat simple, maka kamu bisa memilih menggunakan meja makan bulat dari material kayu. Untuk kursinya, kamu bisa memilih kursi makan bermaterial rotan dan kayu yang terlihat estetik. Untuk menambah kesan chic, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung bernuansa bohemian yang unik. Untuk menambahkan kesan hidup dalam ruangan, kamu juga bisa menambahkan tanaman hias dibeberapa spot tertentu.

7. Desain ruang makan menyatu dengan dapur yang super homie

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via myparadissi.com

Nggak punya lahan yang luas untuk dapur dan ruang makan? Tenang, meski kecil, ruang makan bisa tetap terlihat homie dengan pemilihan furniture dan penempatan yang pas. Selain menyatukan area dapur dan ruang makan, kamu bisa memilih sofa yang menempel didinding dan berbentuk “L” lengkap dengan beberapa bantalan. Cukup menambahkan 2 kursi lainnya, pada meja makan, dan memilih model meja makan kayu yang minimalis, maka kamu bisa mendapatkan ruang makan simple dan super hommie.

8. Desain ruang makan modern untuk lahan yang sempit

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via clemaroundthecorner.com

Alternatif lain jika memiliki lahan yang sempit adalah dengan memberikan fungsi ganda pada kitchen bar kamu. Selain menjadi kitchen bar, area tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat makan. Jadi kamu memiliki dapur dan ruang makan di area yang sama tanpa adanya sekat. Untuk mengurangi kesan membosankan, kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi yang menarik tanpa membuat ruangan terlihat lebih penuh sesak.

9. Desain ruang makan kontemporer yang didominasi dengan warna putih

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via decorsalteado.com

Nah buat kamu yang ingin memiliki ruang makan yang terlihat minimalis, rapi, bersih dan cantik, maka kamu bisa mendesain ruang makan kamu dengan dominasi warna putih ataupun krem. Warna-warna tersebut ampuh untuk memberikan kesan bersih, rapi dan bahkan lebih luas pada sebuah ruangan. Kamu bisa memilih meja makan minimalis berwarna putih dengan beberapa kursi kayu dengan bantalan berwarna putih. Penambahan aksen kayu dan aksen alam juga akan membuat ruang makan kamu terlihat lebih hidup.

10 Desain ruang makan dengan furniture kayu yang kokoh

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via tuacasa.com.br

Pusing memilih meja makan beserta kursi yang pas untuk ruang makan kamu? Pilihan paling aman kamu bisa memilih meja makan yang terbuat dari material full kayu dan juga sepasang bangku kayu yang dilapisi dengan bantalan sofa. Material kayu hampir selalu cocok ditempatkan dalam desain rumah bertema apapun. Selain memberikan nuansa alam, meja dan bangku kayu yang terlihat kokoh ini juga membuat nuansa ruang makan menjadi lebih hangat.

11. Desain ruang makan sederhana dengan tema klasik namun cantik

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via schoolhouse.com

Buat kamu yang selera interiornya lebih ke gaya mid-century modern, kamu bisa meniru contoh desain ruang makan seperti gambar di atas. Meja makan persegi panjang yang dilapisi dengan taplak meja makan berwarna coklat polos sangat pas dipasangkan dengan kursi kayu klasik. Dengan menambahkan beberapa macam dekorasi yang tepat, kamu bisa memiliki ruang makan yang estetik. Tentunya kegiatan bersantap dengan keluarga akan lebih menyenangkan.

12. Desain ruang makan dengan tone warna yang cantik

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via etsy.com

Ruang makan yang cantik juga bisa kamu dapatkan dengan pewarnaan dinding yang menarik. Kamu bisa mewarnai dinding kamu dengan gradasi warna biru ataupun warna lain yang mudah dipadukan dengan warna lain, seperti contoh desain ruang makan di atas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan meja kayu biasa yang dipadukan dengan kursi makan dengan desain yang lebih cantik. Untuk memperindah ruangan, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung rotan yang terlihat unik. Dengan begitu, tak hanya estetik, kamu bahkan bisa menjadikan ruang makan menjadi tempat favorit kamu di rumah.

13. Desain ruang makan minimalis modern

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via mcgeeandco.com

Memiliki family member yang banyak, tentu meja makan juga harus lebih besar. Dan ini biasanya akan menghabiskan banyak tempat. Namun untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih model kursi dengan kaki-kaki yang kecil. Dengan begitu, kamu masih bisa menghemat tepat. Dan untuk penempatannya, akan lebih baik kamu mendesain ruang makan kamu dengan picture window yang lebar dan besar. Ini akan memberikan kesan semi outdoor sehingga ruangan akan terasan lebih luas. Dengan ini kamu bisa menikmati momen bersantap dengan keluarga sampil menikmati pemandangan luar.

14. Desain ruang makan kontemporer dengan sentuhan alam

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via lekkerhome.com

Nah kamu yang ingin memiliki desain ruang makan yang terlihat mewah dan bergaya kontemporer namun modal pas-pasan. Kamu bisa lho memanfaatkan meja makan dari kayu biasa yang dipadukan dengan kursi minimalis dengan kaki-kaki yang tipis namun tentu saja kuat. Bagian yang terpenting adalah memilih warna kursi, ada baiknya kamu memilih warna-warna yang mengesankan mewah seperti warna emerald green, dark purle dll. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung dengan nuansa emas untuk menambah kesan mewah pada ruang makan kamu. Untuk memberikan kesan hidup, tentu tanaman hias bisa sangat membantu.

15. Ruang makan minimalis yang menyatu dengan ruang keluarga

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via interieur-lifestyle.com

Banyak desain rumah yang bagian ruang tamu, ruang makan dan dapurnya tidak memiliki sekat. Nah kamu bisa menciptakan ruang makan diatara dapur dan ruang keluarga kamu. Tak banyak furniture yang diperlukan. Kamu bisa memilih meja makan dengan bentuk oval maupun persegi panjang sesuai kebutuhan dengan beberapa kursi dengan desain minimalis. Lampu gantung yang unik juga akan membuat ruang makan kamu lebih cantik. Kuncinya adalah memilih warna yang berbeda antara ruang keluarga dan area tempat makan kamu. Dengan begitu, meskipun tak memiliki sekat namun ruang makan akan memili kesan terpisah dengan ruang keluarga.

16. Desain ruang makan minimalis dengan furniture klasik

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via mcgeeandco.com

Furniture bergaya klasik, belakangan ini memang kembali diganderungi banyak orang. Pasalnya meja ataupun kursi dengan gaya klasik ini justru mampu menciptakan interior yang apik dan nyaman. Seperti contoh desain interior di atas. Hampir semua furniture menggunakan gaya klasik yang justru terlihat cantik. Tak hanya itu, warna-warna kayu yang bernuansa alam juga sangat manis saat disandingkan dengan ruangan yang didominasi warna putih bersih.

17. Desain ruang makan super simple dengan furniture kayu

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via camillestyles.com

Inspirasi ruang makan yang simple dan minimalis berikutnya masih akan memanfaatkan material kayu yang memang mampu berikan kesan hangat. Tak banyak furniture maupun dekorasi yang dibutuhkan. Cukup menempatkan meja makan kayu dengan 3 buah kursi dan satu buah bangku dalam sebuah ruangan yang akan dijadikan ruang makan. Selanjutnya kamu cukup menambahkan tanaman hias di sudut ruangan, lampu gantung dari rotan yang unik dan sebuah dekorasi minimalis di dinding. Desain ruang makan satu ini, tak hanya membuat ruang makan menjadi lebih menarik dan simple namun juga hemat dalam hal biaya jika kalian ingin menirunya.

18. Desain ruang makan yang chic dengan warna yang kalem

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via sugarandcloth.com

Ingin suasana ruang makan yang segar dan nyaman? Selain meja kayu, kamu juga bisa memanfaatkan meja berwarna putih yang padukan dengan kursi-kursi kayu bergaya klasik. Agar lebih hidup, kamu bisa menambahkan beberapa tanaman hias di beberapa spot ruangan. Sedikit dekorasi untuk mempercantik ruangan, dan tentunya jendela yang cukup lebar agar suasana ruang makan menjadi lebih segar, nyaman dan terlihat lebih chic.

19. Desain ruang makan minimalis dengan jenis kursi yang berbeda

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via potterybarn.com

Kebanyakan meja makan pasti menggunakan satu set kursi yang didesain sama. Namun untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berbeda dari biasanya, kamu bisa mendesain ruang makan kamu dengan menggunakan model kursi yang berbeda-beda. Untuk kursi pada ujung-ujung meja, kamu bisa menggunakan sepasang kursi dengan model kursi sofa. Sedangkan di satu sisi, kamu bisa menggunakan kursi kayu model klasik. Dan untuk sisi satunya lagi, kamu bisa menggunakan sebuah bangku kayu yang memanjang. Sebuah vas di atas meja dan lapu gantung industrial tepat diatas meja makan kayu. Akan lebih baik jika ruang makan memiliki jendela kaca super lebar sehingga suasan ruang makan terasa lebih menyegarkan.

20. Desain ruang makan minimalis bernuansa alam dengan meja kaca

Inspirasi Ruang Makan yang Simple Minimalis

photo via westelm.com

Satu lagi inspirasi desain ruang makan yang simple dan minimalis untuk bisa kamu tiru. Adalah ruang makan yang menggunakan meja kaya serta kursi-kursi klasik yang terbuat dari kayu. Yang menjadikan menarik adalah lantai kayu dan beberapa tanaman hias di beberapa sudut ruangan yang membuat ruang makan menjadi lebih hidup. Penampahan wall decor juga membuat ruang makan menjadi lebih estetik.

Nah itu dia beberapa inspirasi ruang makan yang simple dan minimalis yang bisa kamu jadikan referensi dalam mendesain ruang makan impian kamu. Semoga membantu ya guys!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *