Tipe Pasangan Yang Cocok Dengan Kepribadianmu

    Cinta & Asmara

Saat ini usiamu sudah memasuki masa cocok untuk “menikah”, namun sampai saat ini kamu belum juga menemukan belahan hati kamu. Mungkin kamu sempat berpikir, kapan jodoh kamu akan datang menjemputmu dan membawamu ke pelaminan. Terkadang kamu juga penasaran, kira-kira nantinya jodohmu seperti apa ? Sebenarnya pertanyaan seperti ini bisa kamu jawab sendiri, karena jodohmu mencerminkan kepribadianmu sendiri. Kamu bisa menilai pasangan mana yang cocok untuk menemanimu sehidup semati dengan melihat kepribadianmu sendiri tentunya.  Mencari pasangan yang sesuai dengan kepribadianmu itu bukanlah mitos. Menurut studi Enneagram, ada sembilan tipe kepribadian yang umumnya dimiliki manusia dan belum tentu semuanya cocok satu sama lain. Berikut tipe kepribadian kira-kira kamu cocok dengan yang mana ya ?

 

1. Perfeksionis

Photo via : http://www.daftarmenarik.com

Tipe perfeksionis merupakan tipe orang yang sulit menerima dirinya ketika ia melakukan sebuah kesalahan, sekalipun kesalahan itu tidak sengaja. Tipe ini cenderung memiliki standar yang tinggi terhadap sesuatu dari hal yang kecil sampai hal yang umum sekalipun, ia akan menjalani hidupnya dengan benar sesuai dengan standar yang ia miliki. Kelebihan tipe ini adalah sangat memegang etika, bisa diandalkan, produktif, bijaksana, adil, jujur, teratur dan disiplin. Kekurangannya sangat obsesif kompulsif, terlalu serius, gelisah, mudah iri, suka mengkritik, ingin menguasai, tidak luwes alias kaku dan mudah menghakimi.

Tipe yang cocok : Petualang, karena tipe kepribadian seperti ini bisa mengajak tipe perfeksionis untuk menjalani hidup lebih santai.
Tipe yang tidak cocok : Romantis, karena apapun yang dilakukan selalu saja belum cukup untuk memenuhi ekspetasinya.

 

2. Penolong

Photo via : amazonaws.com

Tipe penolong adalah tipe orang yang sangat murah hati dan senang membantu orang lain. Namun kemurahan hatinya itu tidak sepenuhnya benar-benar tulus ingin menolong, bisa saja karena merasa tidak enak untuk menolak. Secara umum orang dengan tipe ini adalah orang yang sangat menyenangkan, banyak orang yang menyenangi dirinya. Selain itu ia mudah bergaul dan pandai membina relasi pertemanan, orang dengan tipe ini juga peka akan orang lain dan tahu apa yang orang lain butuhkan.

Tipe yang cocok : Pejuang, karena tipe  kepribadian seperti ini bisa mengajarinya untuk mengemukakan pendapatnya.
Tipe yang tidak cocok : Romantis, karena tipe kepribadian seperti ini akan memanfaatkan tipe penolong untuk kepentingannya sendiri.

 

3. Pengejar prestasi

Photo via : http://michellemackintosh.com

Tipe orang seperti ini berambisi meraih kesuksesan, ia akan menghindari kegagalan terutama jika berhubungan dengan pekerjaan. Tipe ini percaya bahwa tidak ada rintangan yang tidak bisa dihancurkan, selain itu ia yakin bahwa berbagai pekerjaan yang ia lakukan akan berbuah baik. Terkadang ia akan melakukan segala cara untuk meraih kesuksesan, ia akan kompetitif dan bisa menjadi sangat manipulatif.

Tipe yang cocok : Petualang, karena tipe kepribadian ini bisa mengajak tipe pengejar prestasi untuk bersenang-senang
Tipe yang tidak cocok : Pengalah, karena tipe kepribadian ini akan menganggap tipe pengalah tersebut malas dan tidak punya motivasi.

 

4. Romantis

Photo via : https://www.rd.com

Tipe orang romantis atau melankolis adalah orang yang sangat hangat, berbelas kasih, introspektif, ekspresif, lembut, cerdas dan juga kreatif. Tipe ini memiliki hati yang amat halus sehingga jika ada hal-hal yang mengerikan maka hatinya tidak kuat untuk melihat hal-hal seperti itu. Tipe ini juga sering kali merasa tidak ada yang bisa memahami apa yang sedang ia rasakan, ia merasa sedang berjalan sendirian.

Tipe yang cocok : Perfeksionis, karena tipe kepribadian ini mengajari tipe romantis untuk lebih realistis.
Tipe yang tidak cocok : Penolong, karena akan membuatnya ketergantungan.

 

5. Pengamat

Photo via : http://unknowntomillions.blogspot.com

Tipe orang ini sangat analitis dan memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi. Ia juga amat tepat untuk bisa memetakan permasalahan itu dan secara bijaksana ia pun akan mencari berbagai alternatif jawaban yang sangat masuk akal untuk bisa memecahkan masalah tersebut. Kekurangan tipe ini adalah sok pinter, agak kikir, keras kepala, menjauhkan diri, suka mengkritik orang lain, mudah menyerah dan sering bertentangan dengan orang lain. Namun kelebihannya orang-orang ini memiliki pendirian yang teguh, sensitif, bijaksana, mudah memahami, mandiri dan analitis.

Tipe yang cocok : Petualang, karena tipe pengamat akan lebih luwes, fun dan berpikiran terbuka
Tipe yang tidak cocok : Pejuang, karena akan memancing kemarahan satu sama lain.

 

6. Tipe Pencemas

Photo via : http://purplecentre.com

Tipe orang ini selalu menginginkan rasa aman dalam hidupnya. Tipe ini sulit untuk memasrahkan hidupnya pada alam semesta atau orang lain karena ia tidak mudah percaya. Tipe pencemas mudah khawatir akan sesuatu, ia tidak akan merasa nyaman jika ada sebiah masalah yang belum diselesaikan. Namun ia termasuk orang yang setia, perhatian da hangat, selain itu ia juga memiliki rasa welas asih yang besar kepada semua makhluk dan senang membantu orang lain.

Tipe yang cocok : Pembawa Damai, karena akan mengajarkan si pencemas untuk menjalani hidup yang lebih santai.
Tipe yang tidak cocok : Pengejar Prestasi, karena orang yang bertipe pencemas akan merasa terlupakan.

 

7. Petualang

Photo via : http://www.bromotravelindo.com

Tipe petualang merupakan tipe orang yang menyenangkan, spontan dan tidak akan pernah bisa membosankan temannya. Tipe ini mampu membuat orang yang bersamanya selalu merasa senang. Ia juga tidak akan tahan jika harus terus-menerus berada pada satu tempat yang sama dengan kegiatan yang sama juga. Tipe ini juga dikenal dengan happy virus karena ia mampu menyenangkan orang dan menciptakan kedamaian dan kebahagiaan.

Tipe yang cocok : Pengamat, karena tipe ini akan memahami orang yang ber-tipe petualang
Tipe yang tidak cocok : Perfeksionis, karena tipe petualang akan memganggap tipe ini sebagai penghalang untuk bersenang-senang.

 

8. Pejuang

Photo via : https://www.armytimes.com

Tipe ini adalah tipe seseorang yang amat percaya diri dengan kemampuannya. Ia yakin segala sesuatu bisa ia kerjakan sendiri karena ia yakin memiliki kemampuan. Ia memiliki semangat yang tinggi dan memiliki pengendalian diri yang luar biasa, ia tidak ingin orang lain melihat kelemahannya. Selain itu tipe ini sangat mandiri dan tidak ingin bergantung pada orang lain.

Tipe yang cocok : Penolong, karena tipe ini mampu mengajarkan rasa kepedulian dengan orang lain.
Tipe yang tidak cocok : Pengamat, karena tipe ini akan menimbulkan rasa tidak percaya.

 

9. Pendamai

Photo via : https://www.thestonecircle.info

Tipe ini terlihat selalu tampil tenang, tidak menyukai adanya persaingan, berusaha keras untuk mewujudkan lingkungannya tetap tenang dan damai dan selalu menghindari konflik sehingga tampak terkadang sikapnya kurang tegas.

Tipe yang cocok : Pekerja keras, karena tipe kepribadian pendamai akan makin produktif dan efisien
Tipe yang tidak cocok : Pejuang, karena akan membuat tipe pendamai makin kaku dan sering cemas.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >