Berbagai Tips Untuk Cegah Flu di Musim Hujan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Saat musim hujan, kita harus siap dengan segala persiapan untuk kesehatan supaya terhindar dari masalah flu. Pasalnya, cuaca yang kadang panas menyengat lalu berubah menjadi dingin bisa membuat sistem imun jadi kacau. Akhirnya flu dan pilek ini tak bisa dihindari sama sekali.

Kamu juga harus menjaga jarak dari beberapa orang yang terkena flu, karena penyakit ini gampang menular. Ada beberapa cara yang bisa mencegah kamu dari terpapar virus flu. Di antaranya akan dijelaskan di bawah ini!

Istirahat atau Tidur yang Cukup

Tips mencegah flu saat musim hujan

Photo by Ketut Subiyanto via pexels.com

Faktor cuaca, kelelahan ditambah stres juga bisa menjadi penyebab utama kamu terserang flu. Oleh karenanya, jangan menyepelekan waktu istirahat atau tidur. Jika memang tak ada pekerjaan mendesak yang dilakukan, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk tidur agar kamu tidak merasa lelah.

Mendapatkan Vitamin D

Vitamin D bisa didapatkan dengan cara berjemur pagi hari di waktu tertentu. Sinar matahari pagi tak hanya berfungsi menghangatkan saja, tapi juga memberikanmu suplai vitamin D. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin ini dari beberapa makanan dan sayuran, atau bisa juga dalam bentuk suplemen yang dijual di apotik.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Virus, kuman dan bakteri bisa didapatkan dari mana saja. Sehingga hindari menyentuh area wajah jika kamu belum mencuci tangan. Terutama pada wilayah hidung, mulut dan juga mata yang bisa menjadi sasaran empuk bagi virus dan bakteri untuk membuat kita sakit.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tips mencegah flu saat musim hujan

Photo by Karolina Grabowska via pexels.com

Selama musim hujan dan rawan penyakit flu, sebaiknya jaga tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Banyak konsumsi air putih, sup panas dan minuman-minuman yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Ini akan membantu menangkal virus flu yang bisa saja menghinggapi tubuh kita.

Jaga Kebersihan

Baik selama musim hujan atau musim apapun, yang namanya menjaga kebersihan itu adalah hal wajib. Karena jika tidak, maka akan banyak kuman dan virus yang menempel di tubuh kita. Rajinlah mandi, cuci tangan dan kaki, mencuci bersih pakaian dan sebagainya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan ini.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang dimaksud ialah seputar sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Sebaiknya kurangi pula makanan instan seperti junkfood agar kesehatan tidak gampang drop. Mengonsumsinya mungkin boleh, tapi harus dalam batas wajar.

Rutin Berolahraga

Tips mencegah flu saat musim hujan

Photo by mentatdgt via pexels.com

Tubuh harus tetap bergerak agar menjadi lebih kuat, salah satunya dengan sering melakukan olahraga. Namun, olahraga yang dilakukan pun tak perlu yang berat-berat. Cukup yang ringan saja seperti jalan kaki, lari-lari kecil di sekitaran rumah, dan sebagainya. Olahraga juga dapat membuat kita merasa lebih positif dan terhindar dari stres.

Di musim hujan ini, penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Apalagi di masa pandemi yang membuat kita harus berhati-hati dengan lebih baik lagi. Menerapkan tips di atas juga harus dibarengi dengan menjaga jarak dari orang lain. Bukan karena apa, tapi kita kan tidak pernah tahu virus apa yang dibawa orang lain dan dapat membuat kita jadi sakit.

Setidaknya mulailah dari diri sendiri dulu untuk tetap sehat. Memang tidak mudah menerapkan tips-tips di atas, karena teori lebih gampang dibicarakan daripada praktik. Tapi semuanya harus dimulai pelan-pelan dan rutin agar tetap terbiasa. Mulailah untuk mencoba dari satu hal kecil terlebih dahulu agar lebih mudah untuk selanjutnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.