Tips Main PUBG Untuk Pemula Agar Menjadi Pro

by blogunik
 0  

Tips main PUBG untuk pemula

Penggemar game mana sih yang nggak atau PUBG? Game Battle Royale satu ini memang sangat populer dikalangan penggemar game, bahkan saking populernya, mereka yang awam tentang dunia game saja pasti pernah mendengar selentingan tentang PUBG. PUBG sendiri merupakan game genre Battle Royale yang mengharuskan pemain selamat atau menjadi the last man standing.

Jika dilihat sekilas, game besutan Tencent ini ini sekilas terlihat seperti sebuah game tembak-tembakan biasa. Namun jika sudah memainkannya, kamu perlu yang namanya strategi untuk menghadapi musuh dan bertahan hidup. PUBG Mobile tergolong survival games yang cukup sulit untuk dimenangkan karena melibatkan 100 orang sekaligus di dalam arena. Sehingga nggak heran kalau banyak orang mencari cara untuk menjadi pro player PUBG. Jika kalian masih newbie, berikut ini merupakan tips bermain PUBG agar menjadi Pro. So let’s check it out guys!

1. Mendaratlah di lokasi yang tepat

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via reddit.com

Tips bermain PUBG untuk pemula yang bisa kamu lakukan pertama adalah mendarat di lokasi yang tepat. Seperti yang kita tahu, di awal permainan, kita akan berada di sebuah pesawat bersama 99 orang lainnya dengan rute penerbangan yang berbeda pada setiap pertandingan. Nah agar tak salah langkah, kamu harus memperhatikan map sebelum terjun untuk melihat arah jalan pesawat ini dan menentukan titik pendaratan yang tepat. Pastikan kamu memilih lokasi pendaratan yang tidak dihampiri oleh banyak musuh. Usahakan juga untuk turun di tempat yang dipadati banyak rumah. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan looting.

2. Segera looting

cara main pubg pro

photo via tipsmake.com

Setelah mendarat dengan mulus, segeralah melakukan looting. Bagi kalian yang belum tahu, looting atau nge-loot sendiri merupakan proses pengumpulan item dalam game seperti senjata, helmet, vest, med-kit, ammo/peluru, dll. Lakukan looting dalam bangunan yang ada disekitarmu. Pada saat permulaan game, kamu tidak perlu terlalu memilih senjata. Meskipun hanya sebuah pistol, kamu bisa mengoleksinya untuk berjaga-jaga pasalnya, disaat kamu lootin, bisa saja musuh sudah ada di depan kamu, sehingga kamu bisa langsung menembaknya. Untuk tips looting bagi pemula, sebaiknya kamu memilih benda-benda yang dibutuhkan saja. Kalian dibatasi 2 senjata utama yang dipakai, maka jangan looting semua jenis peluru, pasalnya tas yang digunakan looting terbatas kapasitasnya.

3. Kelola inventori

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via guides.gamepressure.com

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, setelah loot item, sebaiknya kamu mengelola inventori atau mengelola barang bawaan supaya bisa dipanggul dalam tas yang kamu bawa. Tas yang kamu bawa dalam permainan PUBG ini memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga hanya beberapa item yang bisa kamu tenteng. Untuk itu, pengelolaan inventoris perlu dilatih agar kamu bisa memprediksi senjata yang sekiranya benar-benar kamu perlukan dalam pertempuran. Kamu bisa membuang item yang tidak diperlukan seperti ammo dari senjata yang tidak kamu gunakan di permainan. Sebagai gantinya, kamu bisa membawa item bom yang akan berguna sewaktu-waktu.

4. Pahami karakteristik setiap senjata

cara main pubg pro

photo via reddit.com

Tips bermain PUBG untuk pemula agar menjadi PRO selanjutnya adalah mengenali karakteristik setiap senjata. Dalam gim ini, ada banyak jenis senjata yang dibedakan dalam beberapa kategori misalnya Assault Rifle, Shotgun, Submachine Gun (SMG), dan pistol. Ada juga Designated Marksman Rifle (DMR), dan Bolt-Action Rifle yang bisa atau biasa disebut sebagai sniper.

Agar menjadi lebih PRO, setidaknya kamu harus menghafal seluruh karakteristik senjata. Misalnya, shotguns dan pistols cocok untuk tembakan jarak dekat, dan SMG cocok untuk area tertutup. Assault rifle bisa digunakan untuk jarak dekat dan jauh (lebih tepatnya mid-range). Padukan dengan SMG untuk kombinasi yang kuat. Untuk sniping, AWM adalah pilihan terbaik atau bisa juga menggunakan SLR. Jadi pilih senjata tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

5. Gunakan fitur auto seperlunya

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via youtube.com (Gaming with T2)

Bagi kalian yang bermain menggunakan iOS dan Android maka kamu bisa memanfaatkan fitur auto yang khusus dikembangkan untuk mobile esports. Fitur auto ini akan mempermudah gameplay pemainnya. Misalnya dengan adanya fitur seperti Auto Sprint, Free Look dan Auto Loot untuk mengambil item looting secara otomatis. Ada juga fitur auto pickup yang memperbolehkan kamu untuk otomatis menukar kits dengan level yang lebih tinggi. Tentu dengan mengaktifkan beberapa fitur ini, kamu dapat lebih waspada dengan keadaan di sekitar tanpa harus ribet mengambil item atau menahan tombol analog virtual.

6. Utamakan item defense dan medical kit

cara main pubg pro

photo via dapat-copas.blogspot.com

Masih menyangkut senjata dan peralatan yang dibutuhkan, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan level tas yang digunakan. Hal ini karena tas yang kamu gunakan memiliki kapasitas yang terbatas. Jangan terlalu banyak mengambil amunisi dan item yang tidak terlalu perlu. Dan pastikan juga kamu membawa medical kit, bandage, energy drink dan painkiller dalam perbekalan. Medical kit ini berfungsi untuk mengembalikan darah, sementara energy drink dan painkiller akan menambah bar di atas darah dan memberikan kamu kecepatan tambahan saat berlari. Tak hanya itu, kamu juga harus meningkatkan item defense, seperti helm dan vest.

7. Selalu perhatikan peta

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via rankedboost.com

Tips berikutnya agar kamu lebih jago bermain PUBG adalah dengan memperhatikan peta. Jangan sampai kamu lalai dalam memperhatikan peta atau map. Seperti yang kita tahu, PUBG memiliki mekanisme map seperti Blue Zone, Red Zone, dan Safe Zone. Blue Zone merupakan area terlarang yang dapat mengecil dan memberikan damage saat kamu berada di luar. Sementara Red Zone adalah daerah berbahaya yang bakal dijatuhi bom dan bisa saja membuat kamu mati seketika. Sedangkan Safe Zone alias zona aman yang ditandai dengan lingkaran berwarna putih sebagai area aman. Nah buat kamu yang masih pemula, pastikan kamu berada di zona yang aman dan pantau selalu kondisi peta sehingga kamu mengetahui daerah mana saja yang aman kamu lewati.

8. Tutup pintu bangunan

cara main pubg pro

photo via gurugamer.com

Salah satu tips agar kamu tidak cepat ditemukan atau dibunuh oleh musuh adalah dengan menutup pintu bangunan segera setelah kamu masuk atau keluar dari sebuah bangunan. Hal ini dilakukan agar tidak memberi kode pada lawan kalau bangunan itu sudah di-looting atau kamu berada di dalamnya. Cara lain agar kamu bisa memasuki bangunan dengan aman tanpa memberi kode pada lawan adalah dengan masuk melalui jendela, pasalnya semua jendela pada PUBG Mobile tidak dilengkapi dengan kaca.

9. Ambil kendaraan

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via app4vn.com

Terkadang mungkin kamu nge-loot di tempat yang jauh dari zona aman, untuk kembali ke zona aman dengan cepat kamu bisa mengambil kendaraan. Dengan kendaraan kamu bisa bergerak cepat dan membuat kamu tetap survive. Biasanya, kendaraan ini bisa ditemukan di tempat-tempat strategis seperti di sepanjang jalan dan dekat kota besar. Tapi pastikan kamu mengecek sekitar sebelum mendekati kendaraan karena bisa saja pemain lawan sedang mengincar kendaraan itu juga.

10. Lari secepatnya dan gunakan free look

cara main pubg pro

photo via howtoremoveit.info

Nah kalau kamu belum memiliki kendaraan, maka yang bisa kamu lakukan untuk menuju zona aman adalah dengan lari secepat-cepatnya. Untuk mempercepat sprint, tips nya adalah kamu bisa membuang senjata dan berlari dengan tangan kosong.

Dalam keadaan seperti itu, kamu bisa bisa menggunakan tombol free look yang berada di sebelah kanan atas dekat peta untuk menggerakan kamera melihat keadaan sekeliling, hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih waspada dengan keadaan sekitar. Jika ada musuh sedangkan kita tidak memegang senjata setidaknya kita bisa bersembunyi.

11. Jangan diam di satu tempat

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via bluestacks.com

Meski kamu disarankan untuk berada di zona aman, bukan berarti kamu harus diam di satu tempat. Jadi segeralah bergerak untuk mencari keberadaan musuh jika perbekalanmu sudah siap. Dalam mencari keberadaan musuh ini, jangan fokus berlari saja, tetaplah waspada dengan keadaan sekitar dan jangan biarkan musuh mendekat ataupun melihat kamu.

Sedangkan jika kamu bermain bersama 4 orang sekaligus, kamu bisa berbagi tugas. Perintahkan teman se-team kamu yang berposisi sebagai sniper untuk memantau keamanan di sekitar kalian. Pasalnya, seorang sniper biasanya dilengkapi oleh scope besar, seperti 8x atau 6x sehingga bisa menyerang dari jarak jauh.

12. Sembunyi dan mengintip kemudian tembak

cara main pubg pro

photo via pubglitemobile.com

Untuk bermain PUBG setidaknya kamu harus tau strategi umum yang digunakan agar tidak cepat terbunuh oleh lawan. Strategi umum tersebut adalah sembunyi dan terkam. Jangan lalai dengan melakukan looting di tempat terbuka tanpa memperhatikan keadaan sekitar karena kondisi ini bisa membuat kamu menjadi sasaran empuk untuk musuh kamu. Jadi pastikan ketika nge-loot, kamu juga harus berhati-hati dan bersembunyi di bebatuan dan di pepohonan atau juga bisa tiarap di rerumputan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan opsi Peek and Fire agar bisa mengintip dari dalam bangunan.

13. Gunakan senjata sesuai kondisi

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via gamespot.com

Jika kamu sudah mengetahui karakteristik senjata, maka hal penting selanjutnya adalah mengetahui kebutuhan dan kondisi terbaik dalam menggunakan senjata di situasi tertentu. Ketika bermain dalam jarak dekat, ada baiknya kamu menggunakan senjata seperti shotgun. Sedangkan untuk jarak menengah gunakan submachine gun, dan untuk jarak jauh gunakan assault rifle atau sniper rifle.

14. Maksimalkan royal pass

cara main pubg pro

photo via themagicrain.com

Tips bermain PUBG untuk pemula selanjutnya adalah dengan memaksimalkan royal passs. Royale pass (RP) sendiri merupakan cara yang paling utama agar para gamer PUBG bisa mengikuti event, memperoleh hadiah baik berupa item, uc (unknown coin), skin, dance, dan lainnya dengan mudah. RP pada game ini memiliki dua jenis yaitu free pass dan elite pass. Sesuai dengan namanya free pass bisa diperoleh oleh semua pemain sedangkan elite pass hanya bisa diperoleh dengan cash yaitu 600 uc. Pihak Tencent Games juga memberikan fitur tambahan dimana pass yang ada memiliki rangking tersendiri. Ranking ini bisa diupgrade dengan cara memperoleh poin RP. Nah dengan memaksimalkan fitur royal pass ini, maka level RP permainan kalian dapat naik dengan cepat dan memperoleh item yang bagus.

15. Gunakan headset

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via headphonesty.com

Untuk bermain PUBG agar lebih PRO, jangan lupa untuk menggunakan headset. Headset adalah sebuah perangkat yang sangat penting untuk mempertajam indra pendengaran saat kamu bermain game PUBG Mobile ini. Dengan menggunakan headset, maka kamu bisa mendapatkan detail suara permainan yang lebih jelas, seperti mendengarkan arah tembakan, arah datangnya kendaraan, pesawat yang membawa perbekalan ataupun langkah dari gerak-gerik musuh. Yang terpenting, kamu juga bisa mendengar jejak langkah datangnya musuh baik dari sisi kiri maupun kanan, sehingga kamu bisa lebih waspada saat bermain.

16. Atur kualitas grafis yang sesuai

cara main pubg pro

photo via fanbyte.com

Kamu nggak akan bisa menjadi PRO jika saat bermain PUBG sering nge-lag. Nah untuk mencegah lag terjadi, kamu bisa mengatur setting grafis yang dioptimalisasi sesuai dengan spesifikasi perangkat kamu. Caranya dengan menggunakan setting Graphics Smooth untuk mendapatkan gameplay yang lancar.

17. Bermain bersama teman

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via uhdpaper.com

Meskipun PUBG menyediakan mode Solo, Duo, dan Squad yang terdiri dari 4 pemain dalam satu tim. Namun buat kamu yang masih pemula, sebaiknya memilih mode Duo atau Squad. Selain lebih seru, kamu juga bisa mengatur strategi lebih matang dengan melakukan komunikasi dengan teman. Kamu bisa berbagi tugas dimana setiap orang memiliki role atau peran yang berbeda, antara lain Marksman, Sniper, Flex dan Breacher yang masing-masing berperan sebagai penembak dari jauh, jarak dekat, looting item medis dan peluru serta leader. Sebagai tips, bila kalian bermain di tempat yang berbeda pastikan berhubungan via microphone in-game.

18. Jangan langsung habisi musuh yang knocked down

cara main pubg pro

photo via unitline.blogspot.com

Ketika bermain dalam mode Duo atau Squad, musuh yang kamu tembak biasanya tidak akan langsung mati dan terlebih dahulu memasuki status knocked down. Nah ada baiknya, jangan langsung menghabisi musuh tersebut, gunakan kondisi tersebut untuk memancing anggota tim musuh agar keluar menyelamatkan nyawa rekannya. Saat mereka keluar dari persembunyiannya, kamu bisa menyerang mereka dari jarak yang tepat.

19. Bermain di ujung lingkaran

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via youtube.com (AxoBix)

Selalu bermain di ujung lingkaran adalah salah satu tips buat kamu yang masih pemula dan belum memiliki banyak strategi. Seperti yang kalian tahu, border putih menunjukkan zona nyaman dan border biru adalah zona terlarang. Jadi ketika kamu bermain PUBG, jangan langsung masuk ke tengah area safe zone karena musuh bisa datang dari segala sudut. Sebaiknya bermain di ujung lingkaran, karena kalian hanya perlu memastikan sisi depan aman. Selain itu, kamu juga bisa mengawasi musuh yang menghindari lingkaran biru. Ketika ada musuh yang sekarat, kamu bisa memborbardirnya dengan assault rifle atau sniper rifle, yang punya range serangan jarak jauh.

20. Hindari zona merah

cara main pubg pro

photo via quora.com

Seperti yang kita tahu, zona merah adalah zona berbahaya dimana kamu bisa mati seketika saat mendarat di zona tersebut. Dalam game PUBG, area ini sangat berbahaya karena diliputi oleh bom yang datang dari udara secara tiba-tiba. Zona ini ditandai dengan adanya serangan artileri. Jika kalian masih ada di dalam zona tersebut, kalian akan langsung mati. Hindari mendarat di zona ini dan kalaupun kamu berada di zona ini maka segera cari bangunan untuk berlindung.

21. Seringlah bermain secara individu agar skill semakin terlatih

Tips Main PUBG Untuk Pemula

photo via forums.tomsguide.com

Meskipun bermain dengan team lebih menyenangkan, namun bagi para pemula, kamu bisa berlatih terlebih dahulu secara individu untuk melatih skill. Termasuk berlatih dalam hal memilih tempat pendaratan yang tepat, memilih item yang paling efektif dan efisien, hingga kemampuan menyerang yang mumpuni. Jika sudah terlatih ketika bermain secara individu, pasti kamu sudah siap untuk terjun dalam sebuah team.

Nah itu dia beberapa tips bermain PUBG untuk pemula agar menjadi lebih Pro. Kalau kalian memiliki tips dan strategi lainnya yang lebih ampuh jangan ragu untuk berbagi lewat kolom komentar ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait