Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Suka nggak pede pakai makeup gara-gara memiliki kulit sawo matang? Takut dempul, takut belang? Tenang, tips makeup untuk kulit sawo matang ini bisa kamu coba agar hasil makeup jadi lebih flawless dan nggak belang.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Sesuai namanya, warna kulit sawo matang ini dicirikan dengan warna coklat seperti warna buah sawo ketika sudah matang. Warna kulit ini juga sering disebut dengan warna tan dan memiliki daya tarik penampilan yang eksotis dan elegan.

Sayangnya banyak orang Indonesia yang justru merasa tidak percaya diri dengan warna kulit sawo matang yang mereka miliki, padahal banyak orang luar negeri yang justru ingin memiliki warna kulit sawo matang alias tan.

Lantas apa yang menyebabkan banyak orang merasa kurang percaya diri dengan kulit sawo matangnya? Apakah karena sulit memilih produk makeup yang cocok?

Seperti yang kita tahu dalam memilih produk makeup, pemilik kulit sawo matang memang harus lebih tricky. Pasalnya, jika salah memilih makeup, maka pemilik kulit sawo matang akan terlihat lebih kusam dan lesu bahkan bisa terlihat belang dan tidak sedap untuk dipandang. Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya, kali ini, Blog Unik akan membahas beberapa tips makeup untuk kulit sawo matang agar penampilan terlihat lebih fresh dan flawles! Berikut ulasannya!

1. Pilih warna foundation yang sesuai dengan tone kulit kamu

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via ebay.com

Untuk pemilik warna kulit sawo matang, pemilihan warna foundation yang tepat merupakan salah satu step paling penting. Pasalnya, produk ini akan menjadi base untuk membuat warna kulit wajahmu rata, halus dan juga tidak belang.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar kulit sawo matang biasanya memiliki tone warm. Sehingga, dalam memilih foundation, kamu harus mencocokkan lebih dulu tone foundation dengan tone kulitmu. Dan tone foundation yang cocok untuk kulit sawo matang adalah yang warm atau kekuningan.

Nah agar memastikan produk foundation yang kamu pilih tidak membuat wajahmu menjadi belang, maka sebelum memilih, kamu harus menyesuaikannya dengan warna kulit kamu. Caranya kamu bisa memilih setidaknya 3 jenis warna foundation terbaik yang paling mirip dengan warna kulit kamu.

Kemudian oleskan ke bagian leher dan kamu bisa melihat perbedaannya pada pencahayaan yang alami agar lebih jelas. Warna foundation yang bisa menyatu dengan warna kulit merupakan warna yang tepat buat kamu.

Yang paling penting, jangan memilih warna foundation yang memiliki tingkat warna yang jauh lebih cerah dari warna kulitmu, selain bisa membuat belang, hal tersebut juga dapat membuat penampilan kamu menjadi tidak natural.

2. Gunakan translucent powder untuk hasil yang lebih alami

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via ubuy.co.id

Agar foundation yang digunakan bisa tahan lama, kamu perlu menggunakan bedak tabur. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan jenis bedak tabur yang digunakan karena terlalu fokus dengan foundation. Padahal bedak tabur sangat penting, selain membuat foundation jadi tahan lama, bedak tabur juga bisa membuat tampilan yang cerah dan segar.

Nah bagi pemilik kulit sawo matang, jenis bedak tabur yang cocok digunakan oleh jenis transculent powder atau bedak transculent. Dengan menggunakan bedak translucent, kamu bisa mendapatkan tampilan yang cerah dan segar, dan riasan kamu tetap akan terlihat natural. Jenis bedak transculent sendiri tidak akan meninggalkan warna pada kulit sehingga riasanmu akan semakin cantik alami.

3. Hindari warna-warna nude untuk eyeshadow

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via charlottetilbury.com

Dalam makeup, eyeshadow juga menjadi salah satu produk makeup yang penting apalagi bagi wanita. Pasalnya eyeshadow dapat memberikan dimensi dan mempertegas mata. Nah untuk pemilk warna kulit sawo matang, hindari warna-warna eyeshadow yang nude atau serasi dengan warna kulit karena dapat membuat mata terlihat lesu dan wajah menjadi lebih kusam.

4. Pilih eyeshadow berwarna lebih gelap atau warna-warna lembut

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via youtube.com (Priya’s Runway)

Untuk pilihan warna makeup mata untuk eyeshadow, kulit sawo matang sangat pas menggunakan warna-warna yang lebih gelap dan sedikit lebih cerah.

Untuk tampilan sehari-hari yang alami, kamu bisa bermain dengan warna-warna lembut seperti pink, coral, copper, atau sheer metallic untuk memberi kesan tegas pada mata. Sedangkan jika ingin tampilan yang lebih mewah, pilihan yang tepat adalah eye shadow berwarna keemasan atau bronze yang dipadu dengan sedikit warna merah bata atau pink.

Warna-warna tersebut dapat memberikan hasil elegan dan natural, apalagi dengan shimmer emas akan menjadi pelengkap yang bisa membuat mata dari pemilik kulit sawo matang terlihat lebih segar.

Sebagai tips, kamu juga bisa menggunakan eye shadow base sebelum mengaplikasikan eyeshadow agar mata terkesan lebih cerah dan bercahaya.

5. Pilih warna peach untuk blush on

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via ninhgiang.gov.vn

Agar pipi terlihat lebih merona dan segar, pemakaian blush on sangatlah wajib. Namun nggak semua warna blush on cocok untuk pemilik warna kulit sawo matang.

Seperti yang kita tahu kulit sawo matang atau cokelat ini memiliki warna dasar gelap. Jadi disarankan untuk menggunakan blush on dengan warna yang warm. Carilah blush dengan undertone oranye atau merah bata, seperti warna peach atau coral. Warna-warna ini bisa memberikan kecerahan pada wajah dan menciptakan penampilan natural dan fresh.

Perlu diingat bagi pemilik kulit sawo matang, hindarilah warna-warna blush on seperti coklat dan nude karena bisa membuat penampilan jadi kusam.

6. Pakai highlighter warna gold

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via allure.com

Biar kulit sawo matang kamu terlihat shining shimmering splendid, kamu juga perlu menggunakan highlighter. Namun jangan salah memilih warna highlighter. Pasalnya, highlighter yang warnanya lebih terang akan membuat makeup berwarna abu-abu, sedangkan highlighter dengan warna terlalu gelap akan terlihat garis highlighter pada wajah sehingga tidak lagi terlihat natural.
Jadi warna highlighter apa yang cocok untuk kulit sawo matang? Pemilik kulit sawo matang akan sangat cocok jika menggunakan highlighter warna gold ataupun warna champagne. Kamu bisa mengaplikasikan highlighter pada bagian-bagian paling menonjol seperti tulang pipi, dahi, hidung, dagu, juga pada area bibir. Hal ini akan membantu menambahkan dimensi pada wajah dan membuat kulit sawo matang terlihat makin eksotis.

7. Hindari lipstick matte

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via reddit.com

Tips makeup untuk kulit sawo matang berikutnya adalah dengan menghindari lipstick berwarna matte. Lipstick warna matte mungkin cocok digunakan untuk seseorang dengan kondisi kulit yang berminyak. Namun lipstick matte sangat tidak disarankan digunakan oleh pemilik kulit sawo matang. Pasalnya lipstick matte dapat membuat wajah pemilik kulit sawo matang terlihat kusam.

8. Gunakan lipstick dengan kesan mengkilap atau glossy

Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

photo via colourpop.com

Untuk pemilik kulit sawo matang dengan catatan tidak memiliki kondisi wajah berminyak, sangat disarankan untuk memilih jenis lipstick dengan kesan mengkilap atau glossy. Lipstik dengan kesan mengkilap atau glossy dapat membuat wajah menjadi lebih segar.

Kamu bisa memilih warna-warna lipstick nude, namun pilihlah yang memberikan kesan glossy agar lebih terlihat menarik di wajah kamu. Penggunaan lipstick berwarna nude atau soft akan lebih memancarkan warna kulitmu karena terlihat lebih alami.

Selain warna nude, kamu juga bisa memilih warna lipstik dengan nuansa cerah seperti warna orange atau merah bata. Sementara untuk keperluan acara yang lebih formal, pilihan warna wine merah, plum, atau burgundy bisa jadi alternatif pemilik kulit sawo matang agar terlihat lebih stunning.

Nah itu dia beberapa tips makeup untuk kulit sawo matang. Dengan tips diatas, diharapkan kamu nggak bakal kebingungan lagi dalam memilih makeup yang cocok untuk warna kulitmu yang eksotis. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *