Tips Memilih Warna Cat Rambut Yang Sesuai Dengan Warna Kulit

2 minggu lalu, by blogunik

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

0

Sebenarnya tak ada aturan khusus yang mengatur kita dalam memilih warna rambut. Kita bisa bebas memilih warna rambut yang kita inginkan sesuai dengan tujuan yang kita miliki. Mulai dari menutupi uban, bosan dengan warna hitam yang mainstream, hingga demi mengikuti tren yang sedang hits. Apa pun alasannya, tak ada aturan yang mengikat kalau kita harus menggunakan warna rambut ini dan itu.

Hanya saja, ada satu hal penting yang harus kamu ketahui yaitu, enggak semua warna rambut cocok dengan warna kulit kita. Jadi kalau kamu memilih warna rambut secara sembarang, tanpa memperhatikan warna kulit, hal itu justru akan membuat penampilan kamu terlihat aneh. Padahal tujuan mewarnai rambut adalah agar mendapatkan penampilan yang berbeda dan dapat terlihat lebih segar serta lebih outstanding. Tapi kalau kamu salah memilih warna rambut, penampilan kamu justru dapat terlihat kucel, kusam dan aneh.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih warna cat rambut yang sesuai dengan warna kulit. Check it out guys!

1. Kenali Warna Kulit

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

photo via sensient-cosmetics.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mewarnai rambut adalah mengenali warna kulit dan rona warnanya. Apakah kamu termasuk yang memiliki warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang atau gelap? Mengenali warna kulit ini sangat penting untuk menghindari warna rambut yang terlihat sama dengan warna kulit yang justru dapat membuat penampilan menjadi kusam.


2. Kenali Rona Warna Kulit/Undertone

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

photo via loveisallcolors.com

Selain warna kulit, kamu juga harus memperhatikan dan mengenali apa rona warna kulitmu. Apakah hangat/warm, sejuk/cool atau netral? Secara kasat mata mungkin cukup sulit untuk membedakannya, namun kamu dapat melihatnya dari warna pembuluh darah yang dimiliki.

Jika pembuluh darah didominasi warna biru keunguan, kamu mempunyai rona warna kulit sejuk. Jika sebagian besar warnanya hijau, kamu mempunyai rona warna kulit hangat, dan jika warna urat nadi bercampur antara keduanya, kamu mempunyai rona warna kulit netral.

Selain mengenali rona warna kulit dari pembuluh darah, kamu juga bisa memastikan rona warna kulit dengan memperhatikan seberapa mudah kulit kamu terbakar jika terkena sinar matahari. Jika kulit kamu mudah terbakar dan warnanya cenderung kemerahan jika berjemur dibawah sinar matahari, maka kamu memiliki rona warna kulit yang sejuk. Sebaliknya, jika kulit kamu mudah menggelap, maka rona warna kulit kamu adalah hangat.

Ketika kamu sudah tahu apa rona warna kulit atau warna dasar kulit kamu, selanjutnya kamu akan mudah memilih warna rambut sesuai warna kulit. Prinsipnya adalah memilih warna yang bertolak belakang dengan warna dasar kulit. Misalnya, warna dasar kulitmu hangat, maka kamu bisa memilih warna-warna rambut yang dingin, begitu juga sebaliknya.

Bersyukurlah kamu yang memiliki rona warna kulit yang netral, pasalnya rona warna kulit satu ini akan cocok dengan berbagai jenis warna rambut.

  1. Warna Cat Rambut Yang Cocok Untuk Kulit Putih

    Pada dasarnya, memilih warna rambut untuk perempuan berkulit putih cukup mudah. Kamu bisa memakai berbagai warna terang, pastel, ombre, atau ashy hasil perpaduan dengan warna abu-abu. Pilihan warna paling hits saat ini adalah ash blonde, ash pink, dan ash purple. Pilihan warna yang lebih lembut dapat menjadikan penampilanmu lebih feminin sekaligus stylish.

    Kulit putih dengan tone hangat – warna rambut coklat madu dan karamel

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via http://cookingruthie.ru/

    Jika kamu memiliki kulit putih pucat ataupun kulit putih merona dengan tone yang hangat, pilihlah warna rambut yang tidak terlalu mencolok. Sebisa mungkin hindari memilih rambut berwarna merah atau pirang. Sebaiknya gunakan warna rambut coklat madu atau warna coklat karamel. Warna rambut ini akan membuat kulit putihmu terlihat segar dan menawan.

    Kulit putih dengan tone sejuk – warna rambut coklat, merah hingga pirang

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via thevitalityshow.wordpress.com

    Buat kamu yang memiliki warna kulit yang putih dengan tone yang sejuk biasanya memiliki kulit putih yang terlihat pucat. Untuk menyeimbangkannya, kamu bisa menggunakan warna rambut coklat yang kuat. Warna rambut coklat pirang hingga warna cat rambut merah juga cocok untuk kamu gunakan. Kamu juga bisa menambahkan highlight berwarna honey-wheat atau keabuan. Ini akan membantu mengontraskan rona kulitmu yang cenderung pucat agar terlihat lebih segar dan merona.

  2. Warna Cat Rambut Yang Cocok Untuk Kulit Kuning Langsat

    Kuning langsat menjadi salah satu warna kulit yang cukup umum dimiliki oleh perempuan Indonesia. Tidak sulit memilih warna rambut untuk kulit ini, kamu dapat memadukan warna asli rambut dengan highlight berwarna terang. Kamu juga bisa memilih warna-warna ombre yang trendi dari kelompok warna cokelat dan merah.

    Kulit kuning langsat dengan tone hangat – warna rambut pirang madu, pirang, kastanye atau moka

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via guwuji.com

    Buat kamu yang memiliki warna kulit kuning langsat dengan tone atau rona hangat, pilihlah warna rambut yang lebih cerah, dengan warna keemasan sebagai dasarnya. Seperti warna pirang madu, pirang, kastanye atau mocca. Jika ingin menambahkan highlight, cobalah highlight warna merah hangat agar dapat memancarkan rona warna kulit hangat kamu.

    Kulit kuning langsat dengan tone sejuk – warna rambut abu-abu, platinum, tembaga atau merah keunguan

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via m.yandex.by

    Jika kulitmu kuning langsat dengan tone atau rona yang sejuk, pilihlah warna rambut kekinian yang mampu mempertegas warna kulitmu yang indah. Kamu bisa memilih warna-warna seperti warna abu-abu, platinum, tembaga, atau merah keunguan. Warna ini akan membuat kulit kuning langsatmu yang merona tampak lebih bersih dan segar.

  3. Warna Cat Rambut Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

    Kilau yang dimiliki oleh perempuan berkulit sawo matang akan cocok jika menggunakan warna cokelat, warna tembaga, atau warna kayu manis. Pilihan tersebut memberikan tampilan yang lebih segar pada kulit sawo matang dan membuat warna kulit kamu jadi lebih menonjol daripada sebelumnya.

    Kulit sawo matang dengan tone hangat – warna rambut biru, ungu, atau beige

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via instagram.com/salsalhair

    Untuk pemilik warna kulit sawo matang dengan tone hangat/warm, sebaiknya menggunakan warna-warna yang terkesan dingin seperti biru, ungu, atau beige dan sebaliknya tidak menggunakan tone warna hangat, karena akan membuat kulit terlihat semakin kusam.

    Meskipun begitu kamu tetap bisa menggunakan warna hangat seperti warna coklat hangat, coklat keemasan, atau warna-warna gradasi seperti orange dan merah. Jika belum terlalu percaya diri menggunakan cat rambut ke seluruh bagian rambut, beralihlah ke teknik highlight dengan warna emas dan macam-macam warna coklat dengan menggunakan dasar kemerahan.

    Kulit sawo matang dengan tone sejuk – warna rambut hitam, coklat keabu-abuan (beige), dan platinum

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via naturalmakeup.selmila.com

    Buat kamu yang memiliki warna kulit sawo matang dengan tone yang sejuk/cool, terdapat beberapa pilihan warna cat rambut yang dapat diaplikasikan seperti hitam, coklat keabu-abuan (beige), dan platinum.

    Dan sangat disarankan untuk menghindari warna-warna hangat seperti kuning, emas, kuning, dan perunggu. Karena warna-warna rambut tersebut hanya akan membuat kamu terlihat makin pucat. Jika kamu tertarik memberikan highlight pada rambut, coba pilihlah warna taupe atau kuning muda yang terlihat alami.

  4. Warna Cat Rambut Yang Cocok Untuk Kulit gelap/hitam

    Pemilik warna kulit yang gelap cenderung memiliki aura eksotis yang kental. Agar penampilan rambut kamu jadi lebih sempurna, pilihlah warna-warna yang juga gelap seperti hitam pekat, cokelat tua, auburn atau dark chestnut. Agar lebih standout, tambahkan highlight yang sedikit lebih terang.

    Kulit gelap dengan tone hangat – warna rambut kastanye/chestnut atau coklat muda

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via instagram.com/allyiahsface

    Buat kamu yang memiliki warna kulit yang cenderung gelap dengan tone hangat, kamu bisa memilih warna rambut yang bernuansa penuh warna seperti warna kastanye atau biasa disebut dengan warna chestnut, atau kamu juga bisa menggunakan warna coklat muda. Warna-warna ini akan membuat kulitmu terlihat semakin cerah dan segar.

    Kulit gelap dengan tone sejuk – warna rambut coklat gelap dan hitam

    Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

    photo via instagram.com/blvck_gurls

    Jika kamu memiliki kulit berwarna gelap dengan tone yang sejuk, kamu bisa membuat penampilan kamu menjadi eksotis dengan menggunakan warna-warna rambut seperti coklat gelap ataupun hitam. Kamu bisa mewarnai rambutmu dengan teknik highlight dengan warna-warna hangat untuk mencerahkan rambut kamu.


3. Pilih warna rambut 1-2 tingkat lebih cerah atau lebih gelap dari warna kulit kamu

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

photo via sunlight.blog

Setelah mengetahui macam-macam warna rambut yang cocok untuk kulit kamu, kamu juga perlu memeperhatikan tone warna yang ingin kamu gunakan. Pilihlah warna rambut yang 1-2 tingkat lebih cerah atau lebih gelap dari warna kulit kamu. Misalnya kulit kamu cocok menggunakan warna coklat, pilihlah coklat muda jika warna kulit kamu gelap, sebaliknya jika warna kulitmu putih pucat, kamu bisa menggunakan warna rambut coklat tua untuk menyeimbangkan penampilanmu agar tidak terlihat semakin pucat.


4. Pertimbangkan warna rambut kamu saat ini

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

photo via bluegate.co.za

Tips dalam memilih warna cat rambut sesuai dengan warna kulit selanjutnya adalah kamu harus mempertimbangkan warna rambut kamu saat ini. Jika kamu memiliki rambut yang sangat gelap, mencari tone yang jauh lebih terang mungkin membutuhkan banyak usaha dan merusak rambut kamu dalam prosesnya seperti mengharuskan kamu untuk bleaching rambut yang tentu dapat merusak rambut. Untuk itu, pilihlah warna yang dekat dengan rambut alami kamu. Idelanya kamu tetap memilih warna rambut yang 1- 2 tingkat lebih terang atau lebih gelap.

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit

photo via lomen.con-text.co

Daftar warna rambut yang cocok untuk kulit putih

  1. Platinum
  2. Abu-abu
  3. Coklat
  4. Blonde
  5. Hitam
  6. Burgundy
  7. Silver brown

Daftar warna rambut yang cocok untuk kulit kuning langsat

  1. Platinum blonde
  2. Warna copper atau tembaga
  3. Honey copper
  4. Warna pelangi
  5. Highlight pelangi
  6. Pink pastel
  7. Cokelat
  8. Ashy brown
  9. Ashy chesnut
  10. Ginger brown
  11. Pirang atau blonde
  12. Ashy blonde
  13. Caramel blonde
  14. Merah
  15. Biru pastel

Daftar warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang

  1. Mahoni
  2. Gold brown
  3. Amber
  4. Honey
  5. Cinnamon
  6. Mocca
  7. Caramel
  8. Cocoa
  9. Burgundy
  10. Warna pastel

Daftar warna rambut yang cocok untuk kulit gelap

  1. Hitam
  2. Coklat tua
  3. Chestnut
  4. Caramel
  5. Chocolate brown
  6. Ashy dark brown
  7. Gold
  8. Espresso
  9. Warna pastel

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih warna cat rambut yang sesuai dengan warna kulit yang kamu miliki agar penampilan kamu lebih segar dan menawan.

0
Artikel Terkait