Tips Solo Traveling Untuk Wanita, Asik Tapi Tetap Aman

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ketika pikiran dan tubuh sudah lelah dengan berbagai macam aktivitas yang selama ini selalu menghampiri, mungkin sudah saatnya untuk kamu berlibur. Tak mesti beramai-ramai, kamu pun juga bisa melakukan perjalanan wisata sendirian meskipun kamu seorang wanita.

Dengan berlibur seorang diri, kamu bisa merasakan ketenangan tanpa gangguan apapun dan kamu juga bebas menentukan tujuan wisata. Tapi untuk melakukan solo traveling terlebih kamu seorang wanita, memang ada banyak keraguan atau rasa takut.

Namun kini kamu tak perlu mengkhawatirkan hal itu, sebab kamu juga bisa berlibur dengan aman dan nyaman jika mempersiapkan hal-hal berikut ini. Apa saja itu? Berikut ini tips solo traveling untuk wanita

1. Mencari Informasi Tujuan Traveling

Tips Solo Traveling Untuk Wanita

photo via oretzz.com

Sebelum kamu memulai perjalanan, lebih baik cari tahu dulu informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan. Kamu bisa mencari tahu tentang seperti apa tempat yang akan kamu kunjungi, bagaimana cara mengakses transportasi umum disana, dimana restaurant yang enak, dimana letak toko klontong, seperti apa cuaca disana, jam berapa biasanya sepi, cari juga kebudayaan penduduk setempat dan lainnya.

Jika kamu sudah mengetahui hal-hal seperti itu setidaknya kamu sudah memiliki bayangan ketika berada disana dan menghindari kamu dari penipuan sebab banyak sekali orang-orang setempat yang menyasar wisatawan terlebih jika kamu mengalami kebingungan di perjalanan. So, tetaplah percaya diri dan jangan panik.

2. Pilih Penginapan Terpercaya

Ketika kamu akan solo traveling, memilih penginapan terpercaya sangat penting apalagi kamu seorang perempuan. Sebab ini menyangkut keamanan dan kenyamanan. Ketika kamu mencari penginapan, kamu bisa melihat fasilitas apa saja yang ditawarkan.

Ketahui juga tempat menginap itu dekat dengan apa saja, lalu bandingkan harga penginapan. Melihat ulasan dari para pengunjung ketika menginap juga perlu kamu perhatikan. Yang terpenting lagi, pastikan kamu menginap di daerah yang tidak terpencil dan hindari penginapan yang berada di gang. Akan lebih baik jika kamu memilih penginapan yang berada di samping jalan besar.

3. Cari Teman Seperjalanan

Tips Solo Traveling Untuk Wanita

photo via herbagswerepacked.com

Walaupun kamu solo traveling, bukan berarti perjalananmu harus selalu sendirian saja. Kamu juga bisa mencari teman seperjalanan dengan tujuan yang sama. Sebab dengan adanya teman seperjalanan, kamu tidak akan bosan karena ada teman ngobrol.

Selain itu, kalian juga bisa meminta pertolongan ketika ingin mengabadikan momen. Jika kamu gemar bertemu orang banyak, kamu juga bisa mencari teman rombongan lain. Tak hanya lebih aman, mencari teman seperjalanan juga bisa menambah lingkaran pertemananmu. Yah, siapa tahu saja diantara mereka ada yang akan menjadi teman bisnis atau malah jodoh-mu.

4. Hindari Pulang Malam dan Jalan Sepi

Pada umumnya wanita lebih rentan menjadi korban kejahatan. Maka dari itu ketika berwisata ada baiknya kamu juga memperhatikan waktu, usahakan untuk pulang tidak terlalu larut malam karena sangat berbahaya. Terlebih kamu berada di wilayah asing yang belum pernah kamu kunjungi. Lalu sebisa mungkin hindari melewati jalan yang gelap dan sepi karena lebih beresiko. Maka dari itu sangat penting mengetahui keadaan disekitar tempat yang kamu kunjungi.

5. Jangan Menggunakan Perhiasan Yang Mencolok

Tips Solo Traveling Untuk Wanita

photo via antaranews.com

Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok karena bisa mengundang para pelaku kejahatan. Lebih baik tinggalkan perhiasanmu di rumah agar kamu bisa menikmati solo traveling tanpa rasa takut.

6. Gunakan Pakaian Yang Tepat

Tips solo traveling untuk wanita selanjutnya yaitu gunakan pakaian yang tepat. Gunakan pakaian tepat di tempat yang tepat. Usahakan juga tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka agar lebih aman ketika berjalan sendirian.

7. Jangan Membawa Banyak Tas

Tips Solo Traveling Untuk Wanita

photo via practicascanada.com

Membawa banyak tas akan menyulitkanmu untuk bergerak dan dapat membahayakan diri sendiri. Sebaiknya bawahlah tas seminimal mungkin dan bawalah barang-barang penting yang sekiranya diperlukan jika terjadi hal darurat.

8. Simpan Kontak Darurat

Hal yang tak boleh kamu lupakan ketika solo traveling yaitu simpan kontak darurat. Menyimpan nomor dan kontak lainnya saat darurat sangat penting sekali.

Setidaknya ada empat kontak tujuan yang wajib kamu miliki di ponsel atau catatan yaitu keluarga, local emergency contact di kota atau negara setempat, rumah sakit hingga Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tujuan. Selain itu, penting juga untukmu mengirimkan itinerary kepada keluarga atau kerabat agar mereka mengetahui tujuanmu.

9. Jangan Mudah Percaya Orang Baru

Ketika berkunjung ke kota atau negara yang asing, tetaplah waspada terhadap orang asing yang baru dikenal. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

10. Manfaatkan Teknologi

Dizaman yang sudah canggih ini, semuanya bisa diakses lewat smartphone. Ini juga akan memudahkan diri sendiri ketika solo traveling. Kamu bisa membeli simcard lokal dan WiFi portable sebagai alat pendukung. Unduh offline maps yang akan memudahkanmu ketika berpergian ketika berada di daerah yang sulit sinyal. Selain itu, memesan tiket dan lainnya menggunakan aplikasi atau situs web juga akan menghindarimu dari penipuan.

 

Itulah beberapa tips solo traveling untuk wanita yang bisa kamu lakukan. Awalnya mungkin kamu sedikit ada rasa gugup, tapi yakinlah kamu bisa melewati itu semua dan bersenang-senang untuk melepas penat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.