Tukang Cukur Presiden Indonesia Dari Waktu Ke Waktu



Potongan rambut rapi selalu kita lihat pada tatanan rambut para pejabat negara khususnya Presiden. Dan tentunya kesan rapi dan menarik itu muncul berkat keahlian tangan sejumlah penata rambut yang telah menjadi langganan mereka. Penasaran siapa saja yang pernah menjadi penata rambut alias tukang cukur para Presiden di Indonesia? Berikut Tukang Cukur Presiden Indonesia Dari Waktu Ke Waktu.

1. Presiden ke-2 RI, Soeharto – Pak Yos

photo via : http://kaltim.tribunnews.com

Siapa sih yang gak tahu Presiden Indonesia ke 2? pastinya sobat Blog Unik tau semua dong. Nah mantan presiden Soeharto ini memiliki tukang cukur langganan yang beliau selalu gunakan jasanya mulai dari beliau menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) hingga menjadi Presiden RI.

Tukang cukur langganan beliau ini akrab disapa dengan nama Pak Yos. Pak Yos adalah tukang cukur keliling yang sering mangkal dibawah pohon di jalan H Agus Salim. Setiap kali Soeharto ingin memangkas rambutnya, beliau akan memanggil Pak Yos untuk datang ke Rumah Cendana. Walaupun banyak yang menyarankan agar Soeharto mengganti tukang cukurnya, namun beliau tidak mempedulikan anjuran orang lain dan tetap setia dengan Pak Yos.

2. Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie – Muhammad Nasim

photo via : www.jpnn.com & myabdurrohim.blogspot.com/

Mantan Presiden RI B.J. Habibie memang dikenal sangat mencintai sang istri yaitu Ibu Ainun. Nah selama bertahun-tahun Habibie selalu dicukur oleh istrinya, Ainun. Namun setelah Ibu Ainun meninggal beliau kebingungan mencari tukang cukur yang tepat. Suyatim Habibie alias Timmy yang merupakan adik dari B.J.Habibie, lantas memperkenalkan Nasim kepada sang kakak. Mulai saat itu, Muhammad Nasim menjadi tukang cukur langganan Pak Habibie. Kini setiap dua bulan sekali, ajudan mantan presiden Habibie datang menjemput Nasim untuk mencukur rambut sang mantan Presiden. Setiap kali selesai mencukur Habibie, Nasim membawa pulang Rp 500 ribu, lebih dari enam kali lipat ongkos mencukur di Pax Wijaya yang adalah tempatnya bekerja.

3. Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid – Yusuf Soebari

photo via : id.wikipedia.org & www.merdeka.com/

Kalian penasaran siapa yang berani memegang kepala mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur selama bertahun-tahun? Nah orang itu adalah Yusuf Soebari. Yusuf Soebari adalah tukang cukur yang memiliki tempat cukur Barber Shop International di lantai IV Blok II Pasar Senen, Jakarta Pusat. Gus Dur memilih tempat cukur itu bukan hanya karena hasil cukuran Yusuf yang dianggap Gus Dur bagus, melainkan tempat itu juga terbilang tidak terlalu jauh dari kantor mantan Ketua Umum PBNU ini. Jarak Kantor PBNU dengan Pasar Senen tidak sampai dua kilometer.

Setelah Gus Dur diangkat menjadi Presiden, Gus Dur sempat berhenti berlangganan pada Yusuf karena diharuskan menggunakan tukang cukur kepresidenan. Namun saat Gus Dur lengser dari jabatan Presidennya, beliau kembali berlangganan dengan Yusuf Soebari. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono – Agus Wahidin

photo via : x.detik.com

Saat Susilo Bambang Yudhoyono baru enam bulan dilantik menjadi Presiden Indonesia, ia menggunakan jasa tukang cukur bernama Agus Wahidin. Agus Wahidin berasal dari Kampung Parung, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Bantarjati. Kedua kampung yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, ini memang dikenal sebagai kampungnya tukang pangkas rambut. Sudah hampir 12 tahun SBY menggunakan jasa tukang pangkas Agus Wahidin.

Bagi Agus Wahidin, yang mengawali profesinya sebagai tukang potong rambut keliling di wilayah Pondok Pinang dan Pondok Indah pada 1988, mendapat kepercayaan presiden merupakan bayaran yang tak bisa dinilai dengan apa pun. Sampai saat ini Agus masih sering dipanggil untuk mencukur rambut SBY.

5. Presiden ke-7 RI, Joko Widodo – Herman

photo via : http://sumut.pojoksatu.id & http://parstoday.com

Sebelum hebohnya berita Pak Jokowi potong rambut di Bogor, ternyata tatanan rambut Jokowi terlebih dahulu telah dirapikan oleh Herman selama bertahun-tahun. Herman merupakan seorang tukang cukur yang berasal dari Kampung Bantarjati, Banyuresmi, Garut, Jawa Barat. Herman telah dipercaya lebih dari 3 tahun menjadi tukang pangkas rambut orang nomor satu di negeri ini, sejak Presiden Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Herman bekerja di Shortcut Barberia, Grand Indonesia, dimana Putra Bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep merupakan langganan tetap di Shortcut Barberia jika dirinya sedang berada di Jakarta. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Wakil Presiden ke-5 & 7 RI, Jusuf Kalla – Abdul Latif

photo via : http://wartakota.tribunnews.com

Abdul Latif, pria berusia 58 tahun yang tinggal di Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, menjadi tukang cukur rambut pribadi Wakil presiden RI Jusuf Kalla. Latif saat ini bekerja di sebuah tempat cukur rambut di kawasan Jakarta Selatan. Lokasi kerjanya tak berjauhan dengan kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya. Kurang lebih sebulan dua kali, Latif selalu diminta datang untuk mencukur rambut JK.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >