Via Vallen Ditegur Jerinx SID Gara-Gara Cover Lagu, Begini Tanggapan Via Vallen

2 tahun, by blogunik

Biduan dangdut masa kini Via Vallen kembali menjadi sorotan publik, namun kali ini bukan karena membawakan atau mengcover lagu-lagu yang viral, namun karena dirinya baru saja mendapat teguran dari salah satu personil Superman Is Dead atau SID.

Hal ini berawal saat Via Vallen mengcover atau membawakan lagu milik Superman Is Dead yang berjudul Sunset di Tanah Anarki dalam sebuah acara off air, dan lagu tersebut dibawakan dengan apik sesuai ciri khas Via Vallen. Namun sepertinya, selama membawakan lagu tersebut, pihak Via Vallen tak pernah meminta izin terlebih dahulu kepada pihak SID.

Dan hal tersebutlah membuat Jerink, penabuh drum di SID merasa tak terima, sehingga dirinya menuliskan sebuah cuitan yang menyindir sang biduan melaui akun media sosialnya.

Sebelumnya, Jerinx lewat akun Instagram, jrxsid, mengeluarkan sejumlah keberatan atas pelanggaran hak cipta musik. Dalam unggahannya itu, musisi bernama asli I Gede Ari Astina itu menyindir penyanyi yang disebutnya dengan inisal VV yang pernah menyanyikan dan mengedarkan rekaman lagu milik Superman is Dead berjudul Sunset di Tanah Anarki.

Selanjutnya melalui unggahan Jerinx di twitternya pada Jumat, 9 November 2018. Jerinx menyebut kalau tindakan Via Vallen untuk membawakan lagunya yang berjudul Sunset di Tanah Anarki adalah perbuatan yang salah. Dalam tweetannya, Jerinx juga menyebut Via dengan kata-kata yang tak pantas untuk ditujukan kepada seorang wanita.

Seperti salah satu tweetannya, Jerinx menyebut jika Via Vallen memperkaya diri dari hasil karya orang lain, maka ia tak ada bedanya dengan seorang pelacur.

photo via : www.liputan6.com

Menanggapi hal ini, Via yang selama ini hanya diam akhirnya angkat suara dengan memberikan klarifikasi tentang apa yang terjadi sebenarnya sekaligus menampik apa yang dituduhkan oleh Jerinx SID.

Melalui akun instagramnya, Via menanyakan kenapa harus dirinya saja yang mendapat teguran, pasalnya banyak orang yang mengcover lagu tersebut namun tak mendapat teguran dari pihak SID. Ada beberapa poin yang disampaikan Via terkait klarifikasi masalah ini.

photo via : www.instagram.com/viavallen

Pertama ia meminta maaf sebesar-besarnya kepada pihak Jerinx selaku pemilik SID jika memang selama ini tidak berkenan lagunya Via pakai untuk bernyanyi diatas panggung off air dengan irama musik dangdut yang sepertinya merusak ruh dari lagu tersebut.

Kedua, Via Vallen menegaskan kalau lagu Sunset Di Tanah Anarki milik SID tidak pernah direkam dan diedarkan secara resmi oleh label yang menaunginya. Ia mengaku tidak tahu pada akhirnya ada DVD atau VCD karaoke dari lagu tersebut yang dikomersialkan pihak ketiga. Via pun menegaskan kembali bahwa atas setiap rekaman dokumentasi yang kemudian dikomersialisasikan pihak ketiga itu dirinya pun tak pernah menikmati hasilnya.

Menurut Via, VCD/DVD bajakan yang beredar dan mengatasnamakan dirinya tidak dapat dicegah. Namun jika terbukti ada sebuah label yang memproduksi lagu tersebut secara resmi, ia berani untuk menuntutnya karena sama sekali tak pernah merasa untuk diminta menyanyikannya lantas diperjualbelikan dalam bentuk kaset, VCD, atau DVD.

Via Vallen pun merasa tidak terima dengan pernyataan bahwa dirinya telah mencuri lagu sampai memperkaya diri. Via juga menegaskan tidak pernah menerima sepeser rupiah pun dari hasil penonton di YouTube, karena memang tujuannya mengcover lagu untuk diunggah ke YouTube, bukanlah untuk uang. Via juga mengaku, jika rupiah yang ia kumpulkan selama ini hanya dari penampilan off air panggung ke panggung, dan itupun sudah cukup untuk keluarganya.

Dalam kesempatan tersebut, Via juga meminta kepada Jerinx untuk lebih sopan dalam menegur, yakni dengan langsung menghubungi dirinya, bukan justru menulis tudingan dengan bahasa tak pantas di akun media sosial.

Menanggapi klarifikasi dari Via Vallen, Jerinx pun enggan meminta maaf atas perkataan kasarnya kepada Via Vallen yang merasa tak dihargai sebagai seorang perempuan.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Jerinx mengatakan jika ia tak akan pernah meminta maaf karena telah memanggilnya pelacur, menurutnya, siapapun yang menghancurkan integritasnya dan melakukan hal tak terhormat hanya demi uang, layak dicap sebagai pelacur, bahkan seorang Presiden sekalipun.

Walaupun tak mau minta maaf, namun Jerinx mengapresiasi permintaan maaf Via Vallen. Ia bersyukur di Via telah minta maaf, dan ia juga berharap kedepannya kejadian seperti ini tak terulang lagi, dan hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi musisi lain. Pasalnya mencari makan dengan menghancurkan nyawa lagu-lagu orang lain itu tidak bisa ditolerir. Terlebih tanpa seijin penulisnya

0
Artikel Terkait