10 Lokasi Syuting Film Terindah di Dunia

3 tahun lalu

Latar suatu tempat dalam sebuah film, turut mendongkrak popularitas tempat tersebut. Dengan kata lain film dapat menjadi media promosi yang efektif dalam suatu daerah. Pemilihan lokasi syuting yang tepat sangat berpengaruh terhadap film tersebut. Tak heran jika film-film hollywood mengambil lokasi syuting di negara lain. Berikut adalah lokasi-lokasi syuting film terbaik :

 

1. Alnwick Castle (Harry Potter)

Kastil Alnwick merupakan sebuah kastil tua yang terletak di kawasan Alnwick, kawasan yang masih berupa pedesaan dengan udara yang masih sejuk dan segar. Kastil ini merupakan kastil kerajaan Inggris terbesar kedua setelah Kastil Windsor. Hingga sekarang kastil ini masih menjadi tempat kediaman Duke and Duchess of Northumberland. Selain menjadi tempat tinggal bangsawan Inggris, Kastil Alnwick juga kerap digunakan sebagai lokasi syuting film, salah satunya adalah Harry Potter. Di film Harry Potter, Anda dapat melihat kastil tua ini dijadikan Hogwarts, yaitu sekolah tempat Harry Potter dan teman-temannya belajar sihir.

 

2. Empire States Building (King Kong)

The City Never Sleeps, begitulah julukan kota New York. Kota modern yang merupakan kota terpadat di Amerika Serikat ini juga menjadi pusat berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, media, teknologi, pendidikan, fashion, hingga, hiburan. Tak jarang pula landmark di kota ini menjadi lokasi syuting berbagai film ternama. Salah satunya adalah Empire States Building yang menjadi tempat syuting film box office dunia, King Kong. Anda yang menonton film King Kong, tentunya masih ingat adegan saat hewan buas tersebut memanjat puncak gedung pencakar langit setinggi 443, 2 meter tersebut. Selain film King Kong, gedung ini juga dipakai untuk syuting film Hollywood terkenal lainnya, seperti Sleepless in Seattle, Percy Jackson, dan The Amazing Spiderman.

 

3. The Hobbiton, Selandia Baru (The Hobbit)

Keindahan Selandia Baru semakin mendunia setelah menjadi lokasi syuting The Lord of The Rings dan The Hobbit. Berawal dari kebutuhan syuting film, sebuah desa indah nan asri bernama Desa Hobitton dibangun lengkap dengan lembah hijau serta rumah-rumah mungil para Hobbit terdapat di dalamnya.  Tak heran jika pariwisata di Selandia Baru meningkat pasca dijadikan lokasi pengambilan gambar film The Lord of the Rings dan The Hobbit. Keindahan alamnya memang memiliki daya tarik sendiri bagi siapapun yang melihatnya. Bahkan salah satu aktor di film tersebut, Dominic Monaghan memiliki rumah di Selandia Baru demi menjaga ikatan dengan lokasi syuting film yang telah meroketkan namanya.

 

4. Gunung Avatar, China (Avatar)

Avatar Hallelujah Mountain, begitulah nama gunung indah ini lebih dikenal sekarang. Gunung yang termasuk dalam Taman Nasional Zhangjiejie ini berubah nama menjadi Avatar Hallelujah Mountain setelah menjadi inspirasi film Avatar karya James Cameron. Bukit-bukit lancip yang dihias pepohonan hijau ini merupakan pemandangan nyata dari dunia fiksi Avatar, Planet Pandora. Sebagai salah satu objek wisatsa terindah di China, Taman Nasional Zhangjiejie memiliki pemandangan yang sangat unik. Terlebih saat kabut turun dan menyelimuti area bukit-bukit hijau membuat bukit tersebut seolah melayang di atas kabut. Sejak tahun 2004, Taman Nasional Zhangjiejie masuk ke dalam geopark di UNESCO.

 

5. Wadi Rum/ Bukit Bulan, Yordania (Transformers)

Wadi Rum atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Bulan merupakan sebuah gurun pasir di wilayah selatan Yordania. Lokasinya yang berupa hamparan padang gurun kosong berwarna kemerahan terlihat seperti penampakan permukaan planet luar Bumi. Hal inilah yang menarik para sutradara film Transformers dan Prometheus untuk mengambil syuting gambar di tempat ini. Gurun ini juga merupakan tempat yang cocok untuk pecinta petualangan. Dengan bukit-bukit batu yang menjulang hingga ketinggian 1.700 meter, tempat ini sangat populer di kalangan penggemar panjat tebing. Selain itu, para wisatawan dapat melintasi padang gurun ini dengan microlight atau parasut.

 

6. Vancouver, Canada (Fifty Shades of Grey, The Interview)

Vancouver adalah sebuah kota pelabuhan di Kanada. Kebanyakan orang berfikir bahwa kota ini bisa jadi tempat yang indah untuk tinggal. Benar saja kota ini memang mempunyai landskip alam dan perkotaan yang begitu menggoda. Tapi tahukah kamu jika Vancouver adalah sebuah kota yang mampu berkamuflase dengan baik di beberapa film terkenal? Dalam film Fifty Shades of Grey misalnya, kota ini diubah menjadi Seattle. Dalam film satir berjudul The Interview, penampakan kota-kota seperti New York, pedesaan China dan kota Pyongyang juga diambil di kota ini.

 

7. Pulau Mursala di Tapanuli, Indonesia (King Kong)

King Kong sebuah film ternama yang hingga saat ini masih tertancap di ingatan para penikmatnya ini memang cukup fenomenal. Film yang menceritakan tentang kisah asmara makhluk raksasa King Kong yang memiliki keterikatan batin dengan seorang gadis cantik bernama Ann Darrow (Naomi Watts). Yang menarik dari film ini, selain hubungan absurd itu adalah latar syuting yang digunakan sang sutradara. Film Hollywood yang rilis tahun 2005 ini menggunakan Pulau Mursala, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Indonesia sebagai lokasi awal penemuan sang King Kong, dan beberapa warga pribumi yang mendiami pulau tersebut. Dalam film garapan Peter Jackson ini, Pulau tersebut disebut sebagai Pulau Tengkorak alias Skull Island.

 

8. Hutan Mangrove Kalimantan, Indonesia (Anaconda – The Hunt of Blood Orchid)

Anaconda, siapa yang tidak tau film hollywood yang satu ini? Apalagi bagi Dolaners para pecinta reptil, pasti sudah hafal dengan alur ceritanya. Film besutan Dwight H. di Little ini menceritakan tentang petualangan sebuah rombongan dalam mencari bunga anggrek dengan jenis tertentu yang dipercaya akan bisa membuat awet muda dan abadi. Film yang masuk ke dalam box office internasional ini melakukan syuting di Hutan Mangrove yang ada di Kalimantan, Indonesia. Keindahan alam Borneo sangat apik dibingkai disini, lengkap dengan sungainya yang khas dan atmosfir hutan tropisnya yang lembab.

 

9. Mini Hollywood, Tabernas, Spanyol (Wild Wild West)

Pernahkah anda menyangka Bahwa Film dengan tema koboi ‘Wild Wild West‘ diambil dari sebuah tempat di Spanyol. Tempat ini bernama Mini Hollywood, dibangun pada 1965 dan sekarang juga berfungsi sebagai taman hiburan. Selain ‘Wild Wild West’, tempat ini juga dijadikan lokasi pengambilan gambar di film ‘A Fistful of Dollars’, ‘For a Few Dollars More’, juga ‘The Good, the Bad and the Ugly’.

 

10. Angkor Wat, Kamboja (Tomb Raider)

Angkor Wat, sebuah candi yang berada di Kota Angkor, Kamboja, pertama kali terkenal di kalangan wisatawan dunia setelah muncul dalam film yang dibintangi Angelina Jolie, Tomb Raider. Sejak itu, wisatawan berbondong-bondong datang ke salah satu candi terbesar di Asia Tenggara ini. Dalam film Tomb Rider, Angelina Jolie memerankan Lara Croft, seorang arkeologis yang mencoba memecahkan misteri dengan berlari di antara labirin dan reruntuhan Angkor Wat. Penggambaran yang luar biasa itulah yang menggoda wisatawan untuk segera mengunjungi Angkor Wat. Dalam keadaan sebenarnya, Angkor Wat bahkan terlihat lebih megah dibanding dalam film. Tak heran banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk melihat candi ini. Bahkan katanya, salah satu pemandangan matahari terbenam paling indah di Asia dapat disaksikan di Candi Angkor Wat ini.

 

Sumber :
http://www.panorama-tours.com/blog/5-lokasi-syuting-film-dunia-paling-indah.html
http://travelingyuk.com/lokasi-syuting-film/15847

Save

Baca Juga