Destinasi Wisata Di Korea Selatan Terpopuler Dan Lagi Hits Banget

1 bulan lalu, by blogunik

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Istana Gyeongbokgung

Negeri ginseng atau Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia yang saat ini sedang boomingnya di seluruh dunia, siapa yang tidak mengenal Lee Min Ho, Super Junior, BTS? Boomingnya negara ini tidak lepas dari kepopuleran para Idol Korea, Drama Korea, Film dan lainnya. Tak hanya dikenal memiliki industri hiburan yang menarik saja, namun Korea Selatan juga dikenal sebagai negara maju yang memiliki perkembangan ekonomi yang sangat pesat.

Selain itu semua, Korea Selatan juga dikenal memiliki pemndangan alam yang indah, budaya dan tradisi yang yang masih terjaga dengan baik sehingga tak heran jika banyak wisatawan dunia yang tertarik untuk mengunjungi negeri ginseng ini. Di Korea Selatan ada banyak sekali terdapat tempat atau destinasi wisata yang sangat populer dan menjadi tujuan para wisatawan dalam negeri sendiri dan juga dari mancanegara. Saking indahnya, beberapa tempat wisata ini juga sering muncul dalam drama atau film-film Korea. Nah, penasaran destinasi wisata terpopuler apa saja yang ada di Korea Selatan yang sedang hits saat ini? Simak ulasan nya berikut ini.

1. Istana Gyeongbokgung

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Istana Gyeongbokgung

Photo via id.hotels.com

Istana Gyeongbokgung

Photo via ivisitkorea.com

Istana Gyeongbokgung adalah istana yang berada disebalah utara kota Seoul, Korea Selatan. Istana Gyeongbokgung ini merupakan salah satu istana terbesar yang dibangun pada Dinasti Joseon. Istana Gyeongbokgung ini adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat korea. Istana ini memiliki 11 titik utama, dimana bangunan utama adalah Balai Geunjeongjeon yang lokasinya tepat berada di satu garis lurus dengan pintu masuk. Selain Balai Geunjeongjeon, terdapat tempat menarik lainnya yaitu Anjungan Gyeonghoeru yang letaknya berada di atas air. Pada masanya tempat ini adalah tempat acara hiburan maupun penyelenggaraan upacara meminta hujan. Di Balai Geunjeongjeon ini juga terdapat upacara pergantian penjaga istana dan acara ini dilakukan pada pagi dan sore hari dibagian tengah kompleks istana.

2. Namsan Seoul Tower

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Namsan Seoul Tower

Photo via klook.com

Siapa yang tak mengenal Namsan Seoul Tower? Namsan Seoul Tower adalah salah satu objek wisata di Korea Selatan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 236,7 meter dan tempat ini berada di pusat kota, sehingga tak heran jika kamu bisa menemukan pemandangan kota Seoul yang indah apalagi ketika malam hari. Untuk mencapai puncaknya kamu bisa menggunakan beberapa akomodasi seperti cable car dan bus. Jika kalian penggemar kdrama pastinya kalian tau, jika di Namsan Seoul Tower ini terkenal dengan gembok cinta-nya. Disini kalian juga bisa menuliskan nama pasangan masing-masing di sebuah gembok lalu menguncinya disini. Mitosnya, ketika menuliskan nama pasangan di sebuah gembok dan kunci gemboknya dibuang maka cintanya akan abadi selamanya. Bagaimana kalian yang sudah memiliki pasangan apakah tertarik mengunjunginya?

3. Pulau Nami

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Pualu Nami

Photo via blog.airpaz.com

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Pulau Nami

Photo via kkday.com

Pulau Nami atau lebih dikenal dengan nama Nami Island adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Korea Selatan bagi para wisatawan, hal ini dikarenakan tempat ini pernah menjadi lokasi syuting drama “Winter Sonata”. Pulau Nami ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah yang juga menjadi pusat acara-acara kebudayaan dan seni di Korea. Pulau Nami ini memiliki hutan dibagian tepinya dan area berumput terbuka di bagian tengah, selain itu di area yang berumput kita juga bisa melihat tupai, kelinci, burung merak, burung unta dan bebek yang berkeliaran.

Tak hanya itu saja, Pulau Nami juga memiliki jalan-jalan yang ditanami dengan barisan pepohonan di kedua sisinya. Pepohonan ini sangat indah pada musim-musim tertentu dan memang tempat ini sering digunakan untuk background foto karena memang indah. Buat kalian para penggemar drama “Winter Sonata” pastinya kalian akan bernostalgia dengan mengunjungi tempat-tempat yang pernah muncul dalam drama tersebut. Bahkan karena saking populernya, Pulau Nami ini dikenal sebagai Pulau Winter Sonata dan di pulai ini terdapat patung pasangan pemeran utamanya.

4. K-star Road

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - K-star Road

Photo via helloohaii.blogspot.com

Buat para penggemar Kpop rasanya tidak lengkap jika liburan ke Korea Selatan tanpa mengunjungi K-star Road. K-star Road ini adalah proyek khusus dari Gangnam Road untuk wisatawan asing yang mencintai budaya Korea dan Hallyu Star. Selain itu K-star Road ini juga pusat yang menghubungkan tempat-tempat penting dan berpengaruh dalam industri Kpop. Salah satu alasan yang menjadikan K-star Road ini sebagai destinasi utama bagi para kpopers adalah di tempat ini ada sejumlah kantor agensi idol terkenal seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, BH Entertainment, FNC Entertainment dan Cube Entertainment. Sebenarnya agensi tersebut bukanlah tempat umum namun jika kamu beruntung kamu bisa bertemu salah satu artisnya.

Dari bagian barat Apgujeong ada Galleria Departemen Store di sepanjang jalur 400 meter yang mengarah ke SM Entertaiment, pengunjung bisa melihat patung lucu yang bergaya bintang Kpop terkenal seperti 4minute, Super Junior, 2PM, FT Island, Shinee, Miss A, CN Blue, TVXQ, Girl’s Generation, EXO, AOA, BTS, B1A4, VIXX, Infinite, KARA dan Block B. Tak hanya itu saja, Apgujeong Rodeo Station dihias dengan seni grafiti di dinding, lantai yang dihiasi dengan nama khusus dan terdapat lempengan dari bintang Hallyu.

5. SMTOWN COEX Artium

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - SMTOWN COEX Artium

Photo via architizer.com

Penggemar kpop siapa yang tidak mengenal SM Entertainment, SM Entertainment adalah salah satu agensi yang masuk kedalam jajaran “Big 3”. Agensi tersebut sadar betul jika artis-artinya ini memiliki penggemar yang sangat besar dan kuat sehingga mereka menciptakan SMTOWN COEX Artium. SMTOWN COEX Artium sendiri berada di pusat kota Seoul tepatnya di kawasan Gangnam dan tempat ini bisa dikatakan surganya bagi para penggemar artis-artis SMTOWN. Jika dilihat SMTOWN COEX Artium ini memiliki bangunan yang terlihat mencolok dari luar. Ketika berkunjung ke dalamnya kalian akan disuguhi dengan motif ornamen hitam-putih setinggi enam lantai, jika dilihat ornamen tersebut bertuliskan nama-nama artis SM Entertainment.

Bangunan yang terdiri dari 6 lantai ini berisi bermacam-macam mulai dari lantai 1F terdapat welcome zone, lantai 2 terdapat giftshop yang menjual barang-barang merchandise bertema artis-artis SMTOWN, lantai 3F terdapat SMTOWN Museum dimana disini terdapat pameran tentang sejarah SMTOWN dan artis-artisnya. Disini juga dipamerkan discograpgy artis-artis tersebut dari debut hingga sekarang, disini juga terdapat foto-foto behind the scene yang belum pernah dirilis dimanapun. Di lantai 4F terdapat cafe dan market, disini barangnya ada beberapa yang sama seperti di lantai dua hanya saja disini menjual makanan kemasan bertema artis SMTOWN. Lantai 5F dan GF adalah SMTOWN Theatre, dimana disini terdapat pertunjukan hologram, 3D mapping bahkan showcase dan fanmeeting.

6. Desa Hanok Bukchon

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Desa Hanok Bukchon

Photo via ohayo.co.id

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Desa Hanok Bukchon

Photo via pinkanholiday.com

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Korea Selatan tanpa mengunjungi tempat satu ini yaitu Desa Hanok Bukchon. Desa Hanok Bukchon adalah kawasan kampung rumah tradisional Korea yang terletak di area Bukchon yang juga merupakan tempat wisata paling populer di Korea Selatan. Tempat ini memiliki banyak gang sempit dan rumah tradisional Korea, tempat ini sengaja dilestarikan untuk mempertahankan suasana perkotaan pada masa dinasti Joseon. Desa Hanok Bukchon ini dikelilingi ikeh Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace dan Jongmuo Shrine. Desa Hanok Bukchon ini dikenal juga sebagai salah satu spot foto yang instagramable di Korea Selatan. Tempat ini sangat terasa tradisionalnya sehingga tidak lengkap rasanya jika kesini tidak menyewa hanbok. Selain itu disni kita juga bisa membeli souvenir yang menarik, tak hanya itu saja buat kamu yang ingin merasakan bagaimana tinggal di rumah tradisional ini kamu bisa menginap. Disini ada beberapa rumah yang memang dijadikan sebagai homestay dan terdapat juga beberapa restaurant yang menjual makanan khas Korea Selatan.

7. The Korean Demilitarized Zone (DMZ)

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - DMZ

Photo via inkoreas.kr

Demilitarized Zone atau DMZ adalah sebuah kawasan yang berfungsi sebagai daerah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang memotong Semenanjung Korea tepat dibagian tengahnya. Kawasan ini dijaga ketat oleh para tentara dengan berpakaian lengkap dan untuk memasuki kawasan ini diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan di pos masuk. Ketika masuk ke kawasan ini kalian tidak diperbolehkan mengambil gambar atau video tanpa seijin tentara Korea Selatan atau Pasukan PBB yang bertugas. Di DMZ ini terdapa tiga lokasi utama yang bisa kamu kunjungi, pertama kamu bisa berkunjung ke Dora Observatory yaitu tempat yang paling dekat dengan Korea Utara. Di Dora Observatory ini kamu bisa melihat wilayah utara dengan mata telanjang atau dengan teropong yang disediakan disana.

Kedua, kamu bisa mengunjungi Terowongan Penyusupan ke-3, terowongan ini dibuat oleh pihak Korea Utara untuk menyerang pusat kota secara tiba-tiba. Namun sebelum hal itu terjadi rencana tersebut sudah diketahui dari empat terowongan hanya satu terowongan saja yang dibuka untuk umum. Ketiga, kamu bisa berkunjung ke Panmunjom, Panmunjom adalah area keamanan bersama dan tempat ini sering dijadikan sebagai tempat melakukan negosiasi antara kedua negara. Hanya di Panmunjom inilah tentara Korea Selatan dan Korea Utara saling berhadap-hadapan menjaga garis perbatasan mereka.

8. Gwanghwamun Square

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Gwanghwamun Square

Photo via saigontourist.net

Gwanghwamun Square adalah ruang terbuka publik atau alun-alun terfavorit dan paling hits di Seoul. Tempat ini hampir tak pernah sepi pengunjungnya dan tempat ini semakin populer karena sempat dijadikan lokasi syuting drama atau film. Gwanghwamun ini sebenarnya berarti Gerbang Gwanghwa yaitu gerbang masuk ke Istana Gyeongbok yang berada di belakang alun-alun ini. Di Gwanghwamun Square ini terdapat patung Yi Sun Shin yaitu seorang laksanama yang sangat terkenal karena jasanya dalam sejarah Korea. Disini juga terdapat air mancur untuk menghormati prestasi Yi Sun Shin dan air mancur ini bernama Air Mancur 12.23.

Selain patung Yi Sun Shin, terdapat patung Raja Sejong. Raja Sejong adalah raja keempat pada masa Dinasti Joseon dan salah satu dari dua raja yang mendapat gelar “The Great”. Raja Sejong mencatat banyak prestasi besar selama kepemimpinannya dan salah satu yang paling utama adalah ia menciptakan aksara Korea bernama Hangul. Di depan patungnya ini, terdapat replikaragam penemuan pada masa pemerintahnya seperti Angbuilgu dan Chugugi.

9. Lotte World

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Lotte World

Photo via klook.com

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Lotte World

Photo via klook.com

Lotte World adalah kompleks rekreasi yang berada di Seoul Korea Selatan. Dimana tempat ini terdiri dari theme park indoor, taman hiburan outdoor, museum rakyat Korea, mall, bioskop sebuah hotel mewah dan fasilitas olahraga. Lotte World ini menjadi salah satu tempat terpopuler di Korea Selatan dan menjadi salah satu taman hiburan kelas dunia yang ada di Asia. Tempat ini terdiri dari dua bagian utama yaitu Adventure di indoor dan Magic Island di outdoor. Adventure terdiri dari 4 lantai dengan wahana yang paling banyak terletak di lantai 1. Disini terdapat Cinderella’s Castle, Alice in Wonderland, bisoskop 3D dan lainnya. Selain itu, di Lotte World juga terdapat Folk Museum dimana disini kita bisa mengetahui tentang sejarah dan kehidupan kuno rakyat Korea. Taman hiburan ini juga sering dijadikan tempat syuting beberapa drama seperti Full House, Hyde and Jekyll, Protect the Boss, Stairway to Heaven dan disini juga kerap dijadikan tempat syuting Running Man.

10. Myeongdong

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Myeongdong

Photo via ifuun.com

Myeongdong adalah salah satu tempat wisata belanja yang ada di Korea Selatan. Sebenarnya Myeongdong ini adalah sebuah kawasan tinggal yang berada di Kota Seoul dan sebagian besar wilayahnya adalah distrik bisnis dan komersil. Sebagai kawasan komersial, Myeongdong menjadi salah satu distrik belanja terbesar di Seoul dan juga tempat wisata utama Seoul. Disini ada banyak sekali toko-toko yang menjual barang produksi dari dalam negeri maupun internasional dengan harga sedang hingga mahal. Namun yang biasanya paling banyak dicari disini yaitu kosmetik salah satunya masker wajah karena biasanya masker dijadikan oleh-oleh bagi para turis. Di sini terdapat beraneka merk-merk terkenal Korea seperti Etude House, The Face Shop, Skin Food, Missha, Nature Republic dan lainnya. Selain itu terdapat juga pakaian-pakaian ala Korea yang menjadi jualan utama di Myeongdong.

11. The Garden of Morning Calm

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - The Garden of Morning Calm

Photo via visitkorea.or.kr

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - The Garden of Morning Calm

Photo via klook.com

The Garden of Morning Calm adalah taman pribadi terbesar di Korea Selatan, dimana disini terdapat 20 bagian taman yang satu sama lain dihubungkan dengan jalan yang dipenuhi dengan bunga yang indah dan cantik. Setiap area di taman ini memiliki maknaya sendiri seperti Sukgeun Garden yang berbentuk menyerupai semenanjung Korea. Disini terdapat bunga yang tumbuh mekar di setiap sisi diarea yang merepresentasikan keinginan untuk menyatukan Korea Selatan dan Korea Utara. Disini terdapat sebuah kolam Seohwayeon yang digambarkan sebagai kolam lotus di dalam istana Raja. Salah satu area taman yang wajib dikunjungi adalah Pond Garden, karena area ini sering menjadi lokasi syuting drama Korea salah satunya “Love in the Moonlight”.

12. Istana Changdeokgung

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Istana Changdeokgung

Photo via lonelyplanet.com

Istana Changdeokgung adalah istana yang berlokasi di Gunung Bukhansan dimana istana ini merupakan tempat kediaman kerajaan kedua yang dibangun setelah Istana Gyeongbukgung. Istana Changdeokgung ini diakui sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada Desember 1997. Istana Changdeokgung ini dikenal memiliki taman belakangnya yang disebut dengan Huwon yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Taejong sebagai tempat peristirahatan anggota keluarga kerajaan. Disini terdapat beberapa pavilium seperti Buyongjeong, Buyongji, Juhabru, Eosumun, Yeonghwadang, Bullomun, Aeryeonjeong dan Yeongyeongdang serta air mancur di taman itu.

13. Common Ground

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Common Ground

Photo via urbantainer.com

Common Ground adalah salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang populer, tempat ini sudah banyak dikenal orang lokal namun masi asing di telinga para wisatawan. Common Ground ini adalah pop-up container shopping mall pertama dan terbesar di Korea Selatan yang terdiri dari 2 bangunan yaitu street market dan market hall dan lantai 3 disetiap bangunannya. Disini adalah hot placenya anak-anak muda di Korea untuk sekedar makan-makan, shopping, melihat pameran hingga foto-foto. Di lantai 1 dan 2 terdiri dari toko-toko baju dan aksesoris yang kebanyakan adalah toko pribadi dari desainer lokal. Untuk lantai 3 beisi restoran-restoran mulai dari makanan Korea hingga makanan Asia.

14. Cheonggyecheon Stream

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Cheonggyecheon Stream

Photo via brunch.co.kr

cheonggyecheon stream adalah salah satu landmark hijau Seoul yang ramah lingkungan sehingga menjadi tempat favorit warga lokal maupun wisatawan. cheonggyecheon stream ini membentang dan melewati lebih dari dua pukuh hembatan cantik dan dari sekian banyak jembatan yang paling terkanal ada dua yaitu Narae Bridge dan Gwanggyo Bridge. Aliran Cheonggyecheon dekat dengan Istana Deoksugung, Seoul Plaza, pusat Sejong, Jalan Insa-dong, Istana Changdeokgung dan Istana Changgyeonggung sehingga memungkinkan pengunjung dengan mudah mengunjungi wisata utama setelah berjalan-jalan di sepanjang sungai ini.

15. Jinhae

Photo via bayubuanatravel.com

Tempat wisata terpopuler di Korea Selatan - Jinhae

Photo via fanpop.com

Jinhae adalah sebuah distrik di kota Changwon provinsi Gyeongsangnam, tempat ini juga dikenal sebagai rumah bagi Festival Bunga Sakura terbesar di Korea. Diperkirakan ada sekitar 340.000 pohon sakura yang menghiasi Jinhae. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan ketika musim semi tiba. Karena pada musim itu tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah ketika bunga sakura berguguran dan memenuhi beberapa sudut kota. Di Jinhae setidaknya ada dua sudut keindahan pada musim seminya yaitu Yeojwacheon dan Jalur kereta api Kyeong-Wha.

16. Istana Deoksugung

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Istana Deoksugung

Photo via genkin.org

Istana Deoksugung adalah salah satu istana di Korea Selatan yang memiliki keunikan yang terletak pada desain istana. Dimana istana ini terdapat modern seal engraving lengkap dengan taman dan air mancur bergaya barat. Ustana Deoksugung ini dibuka pada hari selasa hingga minggu, sehingga para pengunjung diharapkan tidak berkunjung pada hari senin.

17. Pulau Jeju

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Canola Jeju-do

Photo via rove.me

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Pulau Jeju

Photo via applevacations.my

Pulau Jeju adalah salah satu pulau terbesar di Korea yang terletak disebelah selatan Semenanjung Korea. Pulau Jeju ini dijuluki sebagai “Samdado” pulau yang berlimpah dengan tiga yaitu bebatuan, wanitan dan angin karena memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang unik. Pulau Jeju juga menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Korea, selain itu pulau ini juga merupakan satu-satunya provinsi di Korea Selatan yang memiliki otonomi khusus. Pulau Jeju ini memiliki cuaca hangat sepanjang tahun dan pada musim dingin jarang turun salju sehingga tanaman-tanaman subtropis dapat tumbuh disini. Di Jeju ada salah satu hal yang akan kamu temukan hampir dimana-mana di Jeju yaitu batu kakek atau Dol Hareubang. Batu-batu ini terbuat dari batu vulkanik dengan penampilan kakek-kakek yang menyeringai meletakkan tangan mereka diatas perut mereka, mengenakan topi jamur. Patung ini juga dikenal sebagai simbol dari Jeju dan diyakini jika kamu menggosok hidungnya maka kamu akan melahirkan seorang putra. Selain patung, pulau Jeju juga dikenal dengan “Haenyo(wanita laut)” mereka mampu menyelam sedalam 30 meter dibawah air tanpa menggunakan peralatan dan menariknya mereka menangkap makanan laut dengan tangan kosong.

18. Han Gang River

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Han Gang River

Photo via lifestyle.okezone.com

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Han Gang Park
Photo via tourkekorea.net

Han Gang River atau Sungai Han adalah sungai yang memiliki luas sepanjang 514 km dan dulunya sungai ini menjadi jalur perdagangan ke China pada masa pemerintahan 3 kerajaan terkenal di Korea yaitu Goguryeo, Baekje dan Silla. Sungai yang bermuara di laut kuning ini mengalur disepanjang kota Seoul sehingga tak heran jika di sepanjang aliran sungai terbentang jembatan-jembatan yang menjadi penghubung anatara wilayah yang berada di bagian utara dengan bagian selatan kota Seoul. Tak hanya itu saja, pemerintah kota Seoul juga membangun taman-taman di setiap wilayahnya yang dialiri sungai ini dan taman ini pada umumnya menjadi sarana relaksasi bagi warga kota.

19. Seoullo 7017

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Seoullo 7017

Photo via koreaseekers.com

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Seoullo 7017 Sky Garden

Photo via visitkorea.com

Seoullo 7017 adalah tempat wisata di Korea Selatan yang berupa jembatan yang melalui proses peremajaan menjadi sebuah taman kota sepanjang 1.024 km yang didedikasikan untuk pejalan kaki. Tempat ini dilengkapi dengan berbagau fasilitas seperti cafe, pusat informasi, photo zone dan sarana rekreasi seperti kolam kaki hingga trampolin untuk anak-anak. Selain itu disini juga terdapat ratusan pot yang berisi beragam flora. Tempat ini juga ternyata sempat dijadikan salah satu tempat syuting drama Korea lho.

20. Petite France

Wisata Di Korea Selatan Terpopuler - Petite France

Photo via peoples.com

Petite France adalah salah satu destinasi di Korea Selatan, dimana tempat ini terdiri dari bangunan-bangunan indah bergaya Prancis seperti sebuah desa di pegunungan Alpen. Di gerbang utama kita akan melihat patung pangeran petit dan setelah memasuki gerbang disini kita bisa dengan bebas mendapatkan brosur dalam berbagai bahasa. Disini terdapat bangunan cafe, toko pakaian, aksesoris, toko produk herbal dan terdapat beberapa lukisan bertema floral, dedaunan serta binatang pada dinding serta pagarnya. Tahukah kamu jika salah satu drama Korea pernah menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting, srama Korea tersebut seperti Beethoven Virus, Secret Garden dan My Love from Another Star.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *