20 Hewan dengan Bentuk Teraneh & lucu di Dunia

    Unik & Lucu, Alam
Iklan

Mungkin di antara kalian banyak yang heran ketika pertama kali melihat binatang ini. Jangankan bertemu, melihat saja mungkin baru kali ini melihatnya. Meskipun bentuknya aneh, tapi bianatang – binatang ini merupakan hewan nyata yang ada dan hidup di Bumi walopun dengan populasi yang tidak terlalu banyak dan penyebaran tempat hidupnya yang tidak merata. Awamnya kita tentang keberadaan hewen – hewan ini juga mungkin dikarenakan jarang diliput oleh awak media ataupun pemberitaannya. Berikut ini adalah daftar hewan – hewan dengan bentuk aneh

 

1. Burung Shoebill.

Burung ini hidup di negara yang ada di bagian timur Afrika seperti Sudan dan Zambia. Salah satu keunikan binatang setinggi 110-150 cm ini adalah bulu-buluya yang berwarna biru.

 

2. Okapi.

Meski bentuknya mirip dengan kuda, hewan mamalia ini masih sekeluarga dengan jerapah. Okapi jadi hewan khas Republik Demokratik Kongo yang berada di Afrika bagian tengah.

 

3. Ikan Pacu.

Ikan dengan bentuk yang menyeramkan ini banyak ditemukan di Amerika Selatan. Yang paling mengerikan dari binatang ini adalah giginya yang mirip dengan gigi manusia.

 

4. Semut Panda.

Walaupun namanya semut, sebenarnya binatang ini masuk dalam spesies tawon. Binatang yang banyak ditemukan di Cili ini dikenal dengan sengatan yang sangat berbahaya.

 

5. Paus Narwhal.

Ikan paus yang hidup di Laut Arktik ini sangat dikenal dengan tanduknya yang panjang. Ukuran badan Paus Narwhal ini bisa lebih dari lima kali lipat orang dewasa.

 

6. Ikan Kelelawar Bibir Merah.

Ikan menakutkan ini banyak ditemukan di laut dekat Kepulauan Galapagos, Ekuador. Ikan ini tdak perenang, tapi hidup di dasar laut dengan siripnya yang aneh.

 

7. Ular Penis.

Ular jenis ini banyak ditemukan di sepanjang Sungai Amazon, Brasil. Banyak orang menyangka ini adalah belut. Tapi kalau dilihat anatomi tubuhnya, binatang ini adalah sejenis ular.

 

8. Hummingbird Hawk-Moth.

Kalau dilihat sekilas, binatang ini tampak seperti kombinasi burung dan ngengat. Padahal, binatang ini adalah serangga lucu pemakan bunga sejenis kupu-kupu.

 

9. Naga Biru.

Binatang laut ini merupakan bagian dari keluarga siput. Naga Biru tidak cuma hidup di dasar laut, tapi juga bisa mengambang ke permukaan. Binatang ini hidup di perairan hangat.

 

10. Udang Mantis.

Binatang ini juga dikenal dengan sebutan belalang laut. Binatang ini bisa memberikan pukulan dengan cakar depannya untuk melindungi diri saat ancaman datang.

 

11. Ngengat Poodle Venezuela.

Sesuai namanya, Ngengat Poodle Venezuela menyerupai anjing puudle. Serangga berbulu tebal ini pernah ditemukan di Venezuela pada 2009.

 

12. Isopoda Raksasa.

Binatang ini adalah salah satu bentuk terbesar dari spesies isopoda. Binatang yang hidup di dasar laut ini terlihat lebih besar dari biasanya karena mengalami gigantisme.

 

13. Ular Bush Viper.

Ular jenis ini hidup di pohon-pohon yang ada di hutan tropis di Afrika. Mereka berburu mangsa pada malam hari. Ular ini tidak besar, panjang maksimalnya cuma 78 cm.

 

14. Ikan Beo Biru.

Ikan yang satu ini berbentuk unik. Ukuran tubuhnya sekitar 30-75 cm, tapi mereka bisa tumbuh sampai 1,2 meter. Sekitar 80 persen waktu dalam hidupnya dihabiskan untuk mencari makan.

 

15. Kodok Ungu India.

Spesies yang satu ini terbilang langka. Ukuran tubuhnya lebih besar dari kodok pada umumnya. Spesies ini punya kepala kecil dan moncong yang berbeda dari biasanya.

 

16. Ikan Salpa Maggiore


Mungkin ini adalah ikan yang paling aneh yang pernah anda lihat. Ikan ini memiliki tubuh transparan yang sangat jernih. Hanya terlihat kerangka tubuh dan juga gumpalan berwarna oranye.

 

17. Horu – Kepiting Kelapa

Ini adalah salah satu dari Spesies Kepiting yang berevolusi. Kepiting Kelapa lah namanya, penduduk Ternate yang sering menyebutnya dengan nama itu. Kenapa dinamakan begitu? Karena Kepiting Berukuran Raksasa ini dapat memanjat Pohon kelapa dan membelah buahnya untuk dikonsumsi.

 

18. Mudskipper

Sekian lama ikan ini membingungkan para ahli. Bentuknya mirip ikan, tapi anehnya, ia bisa berjalan di daratan. Pastinya, mudskipper tak tahan hidup di air lebih dari sehari, meski bisa bernafas di air maupun di darat. Singkat kata, ikan ini butuh keduanya: air dan darat.

Ikan berukuran 6 inchi (15 cm) ini pun berkembang dengan cara unik. Ia mengisi kantung dekat insang dengan air yang cukup sebelum berkelana ke darat. Dengan begitu, insangnya tetap lembab dan terus berfungsi.

Diperkirakan, ada 34 spesies mudskipper. Hidupnya di hutan bakau pantai di Samudera Hindia juga di Afrika, India, Cina, Jepang, Indonesia dan Australia

 

19. Ikan Axolotl

Axolotl merupakan jenis salamander asli dari Meksiko yang tepatnya berada di kompleks danau Xochimilco, dekat Mexico City. Nama ilmiahnya Ambystoma mexicanum merupakan salah satu spesies dari Ambystoma.

Axolotl adalah jenis neotenic, artinya tidak secara rutin bermetamorfosis dari larva ke bentuk dewasa, seperti yang terjadi pada sebagian besar salamander. Yang membuat salamander ini unik ketimbang jenis lainnya adalah adanya insang berbulu merah muda yang menyala dan menonjol di belakang kepala.

Axolotl memiliki kemampuan regeneratif menakjubkan. Jika terluka, atau bahkan sampai kehilangan bagian tubuh, ia akan dengan mudah menyembuhkan dan menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang itu. Ia pun dapat hidup 10-15 tahun. Beratnya dapat mencapai 30 kg dengan panjang tubuh 90 cm.

 

20. Tikus Hidung Bintang

Tikus tanah ini bernama latin Condylura Cristata. Namun, lebih terkenal dengan nama tikus hidung bintang. Sesuai namanya, tikus ini memiliki hidung dengan tentakel-tentakel kecil yang mekar seperti bintang. Jumlah tentakelnya sekitar 22 buah. Selain berhidung unik, tampang tikus ini memang tak mirip tikus biasa. Kakinya besar, ekornya panjang dan tebal, serta matanya hampir buta. Ia ditemukan di bagian tenggara Kanada dan kawasan timur laut Amerika Serikat.

 

Sumber :
http://www.hipwee.com/travel/15-potret-hewan-hewan-dengan-bentuk-paling-aneh-di-dunia-percaya-nggak-percaya-ini-nyata
http://laman22.blogspot.co.id/2015/11/aneh-7-hewan-yang-mungkin-baru-anda-lihat.html
http://www.mongabay.co.id/2015/07/01/7-satwa-mengagumkan-yang-harus-anda-ketahui

Save

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts