10 Negara Terkecil Di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Berikut ini adalah 10 negara terkecil di Dunia berdasarkan luas wilayahnya , dimana sebagian Negara-negara tersebut menjadi objek wisata :

1. Grenada

Grenada hanya memiliki luas wilayah 344 kilometer persegi. Negara yang berada di kepulauan Karibia ini juga dikenal sebagai “The Island of Spice”. Negara yang terletak di barat laut Trinidad and Tobago ini dulunya dijajah oleh Perancis pada tahun 1649 – 1763.

Dan pengaruh tradisi dan budaya Perancis sangat kuat di Negara ini. Grenada menjadi tujuan wisata yang sangat popular, kalian akan menemukan pengaruh dari Negara Perancis pada arsitektur dan seni yang berada di sekitar pulau.

 

2. Malta

Malta memiliki luas wilayah 316 kilometer persegi. Negara kepulauan yang terletak di laut Mediterania ini terdiri dari 3 kepualauan yakni Gozo, Comino, dan Malta. Negara kecil ini memiliki populasi lebih dari 450.000 penduduk dan menjadikannya salah satu Negara yang paling padat penduduknya di dunia.

Malta termasuk destinasi wisata yang sangat popular di dunia, apalagi ketika musim panas lebih dari 7000 wisatawan per tahunnya.

 

3. Maladewa

Maladewa memiliki luas wilayah 300 kilometer persegi. Salah satu tujuan wisata popular di Samudera Hindia. Maladewa menjadi Negara terkecil di Asia dalam hal luas wilayah dan juga populasi penduduknya.

Ada sekitar 1.192 pula-pulau karang tersebar di Maladewa menjadikannya salah satu destinasi wisata favorit dunia. Dan Negara ini pernah menjadi koloni banyak kerajaan, seperti Negara Portugis, Belanda, dan Inggris, akan tetapi mereka merdeka pada tahun 1965.

 

4. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis memiliki luas wilayah 261 kilometer persegi. Negara dengan 2 pulau ini adalah tempat singgah pertama orang Eropa. Tak lain karena keindahan dunia bawah lautnya. Ekonominya sangat bergantung pada sektor pariwisata, pertanian, dan industri kecil lainnya.

Negara ini menjadi eksportir gula selama berabad-abad, tapi saat ini perkebunan tebu yang dulunya sangat luas, sekarang sudah menjadi hotel dan juga resort.

 

5. Liechtenstein

Liechtenstein hanya memiliki luas wilayah 261 kilometer persegi. Negara yang berbahasa Jerman ini, menjadi salah satunya Negara di dunia yang berada di Pegununga Alpen. Terletak diantara Negara Swiss dan Austria. Liechtenstein menjadi salah satu Negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita, dengan tingkat pengangguran terendah yakni berada di kisaran level 1,5%.

Untuk masuk ke Negara ini cukup susah, karena Negara ini tidak memiliki bandara. Jadi jika kalian ingin mengunjungi Negara ini harus melalui Swiss terlebih dahulu baru bisa memasuki Negara yang hingga saat ini masih diperintah oleh seorang Pangeran.

 

6. San Marino

Negara yang memiliki luas wiayah 61 kilometer persegi ini sepenuhnya dikelilingi oleh Italia. Negara ini mengakui sebagai Negara berdaulat dan sebagai Negara tertua di dunia. Dan juga sebagai salah satu Negara terkaya di dunia dalam PDB per kapita. Negara terkecil ke 3 di Eropa ini memiliki populasi hanya 30.000 penduduk dan menjadikannya salah satu Negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.

 

7. Tuvalu

Tuvalu memiliki luas wilayah 26 kilometer persegi. Tuvalu terletak di Samudra Pasifik sebelah timur laut Australia. Ada sekitar 10.000 jiwa dan hanya memiliki jalan sepanjang 8 km dan hanya memiliki 1 rumah sakit di pulau utama.

Tuvalu sangat sulit untuk dikunjungi dan tingkat pariwisatanya pun hanya ada 2.000 pengunjung yang datang ke Tuvalu dan dari total 65% pengunjung hanya melakukan bisnis saja.

 

8. Nauru

Nauru hanya memiliki luas wilayah 21 kilometer persegi dan negara ini terletak di sebelah timur Australia. Pada tahun 1980 pertambangan fosfat sangat booming di Negara ini tetapi sekarang sumber fosfat sudah habis membuat Negara ini memiliki tingkat pengangguran 90% dan 10% sisanya bekerja di pemerintahan.

Nauru juga dikenal sebagai Negara dengan orang-orang paling gemuk di dunia hampir 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas. Oleh sebab itu Nauru juga dikenal dengan penderita diabetes tertinggi di dunia dengan total 40% dari populasi menderita diabetes.

 

9. Monaco

Monaco yang terletak di French Riviera hanya memiliki luas wilayah 2 kilometer persegi. Meski Negara ini terbilang sangat kecil tapi dijadikan rumah sebagian besar jutawan dan miliarder dunia. Monaco juga dikenal dengan industri barang dan juga jasa perjudian. Yang akhirnya menjadikannya sebagai Negara favorit bagi orang-orang kaya dunia yang ingin berjudi.

Monaco berbatasan dengan Perancis dan Laut Mediterania, dan sebagian besar penduduk Monaco berahasa Perancis. Dengan luas wilayah yang hanya 26 kilometer persegi dan dihuni oleh 36.000 jiwa menjadikan Monaco sebagai salah satu Negara yang paling padat penduduknya di dunia. Acara tahunan yang paling popular adalah balapan Formula 1 dengan trek yang melewati jalan-jalan kota.

 

10. Vatican

Luas Vatican hanya 0.444 kilometer persegi yang akhirnya menjadikannya Negara terkecil di dunia. Negara ini terletak pas di ibukota Italia, Roma dan merupakan pusat Gereja Katolik, dan merupakan rumah gereja terbesar di dunia, Basilika Santo Petrus.

Pendapatan teresar Negara ini berasal dari sumbangan sukarela lebih dari 1 miliar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Dan sisa pendapatannya berasal dari penjualan perangko, souvenir wisata, dan biaya masuk museum.

 

Sumber :

https://www.vebma.com/wow/Negara-paling-kecil/409

 

 

Save

Save

Save

Save

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.